Tanda Anak Sehat Anak Aktif Bermain di Luar Rumah

28 February 2019
"Bundaa,, keluar main-main dulu nah, tidak jauh ji ..."

Begitu Maraja minta izin kalau sudah mandi dan pakaian. Biasanya dia lebih pengen main di luar rumah daripada main di ruang mainnya di dalam rumah. Kalau abangzam sih biasanya dia minta nonton, tapi kalau sudah pada sarapan dan mandi, siapa yang duluan minta main di luar, yang satu ngikutin juga. 

Tapi nih biasanya kalau mereka main di luar, saya ngikutin atau minimal ada yang liatin. Hanya saja sejak mereka berusia 3 dan 4 tahun, mereka saya biarin main sendiri di luar. 

Aktifitas mereka kalau main di luar rumah sebenarnya gak terlalu ekstrim amat juga, kalau ketemu teman se kompleks mereka juga cuma lari-larian biasa, atau kalau ada bola main oper-operan aja. 

Maraja lebih suka berlarian, sentra perannya lebih berkembang. Kadang dia berusaha menjadi salah satu tokoh avangers, bikin tinju bayangan sambil lari sendiri. Kalau abangzam dia lebih suka bersepeda atau main scooter, keliling jalanan muter-muter depan rumah. 

Pernah waktu itu mereka lagi asyik main di luar rumah, di sekitar kompleks. beberapa menit kemudian, Maraja lari pulang ke rumah sambil menangis, ternyata dia jatuh. Hahahahaha.. kasian juga sih tapi gak apa-apalah, luka pertama main di luar. 

Saya dan ayahzam termasuk orangtua yang asyik-asyik aja anak-anak main di luar rumah. Kalau mereka kotor emang capek bersihinnya, belum lagi kalau gatel-gatel malam hari hahahahaah. 

Tapi kami tetap konsisten untuk membiasakan anak-anak bermain di luar rumah. Karena banyak banget manfaat yang bisa didapat kalau anak-anak aktif di luar rumah. 

Berikut ya manfaat anak aktif di luar rumah :
  • Pertumbuhan fisik anak lebih optimal 
  • Anak akan lebih kreatif dalam berpikir
  • Memiliki penglihatan yang lebih baik
  • Meningkatkan kemampuan sosial anak
  • Mengurangi resiko obesitas pada anak
  • Konsentrasi dan Fokus anak lebih baik
  • Mendorong untuk berolahraga
  • Tidur jadi lebih nyenyak 
  • Kemampuan motorik anak lebih tinggi 

Memang sih banyak sekali kekhawatiran kalau anak-anak dibiarkan main di luar rumah, pulang-pulang bau apek, keringat bercuccuran, dakit menumpuk, kulit kepalan dan dekil. HAHAHAHAHAHAAH. belum lagi bakteri dan virus yang mengintai di luar rumah, khawatir nanti anak batuk atau apalah.

Kayak anak tetangga tuh, anaknya sih memang masih 2 tahunan, kalau dia main, mamanya selalu ngintilin kemana-mana, tapi sembari nyerocos "Ehhh nak, jangan, kotorrr!!" trus menyergap anaknya sambil ditepuk-tepukin tangan dan bajunya yang berdebu itu.

Protektif memang its okey ya tapi saat anak main di luar ya bebasin shay..  huhehehehe. Entengan banget ya bebasin hihik ya soalnya sudah diproteksi dengan vaksin dan imunisasi lebih dulu, serta di dalam rumah dikasih makanan bergizi, minum multivitamin, dan susu gak lupa.

Faktor makanan  penting untuk menjaga kesehatan anak-anak. Biasakan makan makanan yang sehat dan memiliki gizi seimbang. Saya selalu sediakan Indomilk UHT fullcream untuk melengkapi gizinya.

Susu UHT nya saya pilih Indomilk UHT Kids Full Cream. 
Karena susu UHT Indomilk itu tinggi kalsium dan berasal dari susu sapi segar dan berkualitas. Mengandung nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk asupan tubuh anak. Tidak ada tambahan bahan pengawet dan tidak mengandung gula maupun garam loh bund. 

Silahkan dibaca : Tentang UHT Indomilk rasa fullcream



Setelah bermain di luar ruangan, biasakan anak untuk mencuci tangan secara rutin dan teratur. Mandi dengan sabun antibakteri juga bisa menjadi alat untuk mengantisipasi kuman-kuman masuk dalam tubuh.

Gak susah kan kalau mau anak tetap sehat meski bermain di luar ruangan. Jadi para orangtua sekarang gak perlu deh berlebihan untuk ngelarang anak bermain di luar. Jangan biarkan mereka terkurung terus di dalam rumah.

Kasih kesempatan untuk mereka menjelajahi dunia melalui hal-hal kecil seperti bermain di luar ruangan bersama teman-teman.
21 comments on "Tanda Anak Sehat Anak Aktif Bermain di Luar Rumah"
  1. Anak sehat, aktif dan ceria, ayah ibu bahagia dan bangga..begitu ya mba... Semoga sehat2 selalu anandanya mba...

    ReplyDelete
  2. Waaahhh susunya anak saya ini, favorit banget ama indomilk UHT, apalagi yang fullcream.
    Senengnya si gantengs ini pada aktif main sambil ditemanin susu UHT Indomilk ya, sehat selalu sholehnya mama Qia :)

    ReplyDelete
  3. Seneng banget deh kalau ngeliat anak kecil aktif, ceria, gak bisa diem, kaya hidup mereka gak ada beban gitu. Happy selalu.

    ReplyDelete
  4. Jadi ingat masa kecil dulu, zaman di mana belum ada gadget.
    Bermain bersama teman seperti kecanduan.

    Saat ini, mengajak anak bermain di luar rumah memang membutuhkan kiat tersendiri karena ada banyak godaan di dalam rumah.

    Setuju!
    Banyak banget kebaikan anak main di luar rumah, tapi tentunya tetap dengan memperhatikan rambu-rambu ya.

    Yuk, mari bebaskan anak main di luar rumah!

    ReplyDelete
  5. Melihat anak sehat, ceria dan pandai pasti jadi kebanggaan setiap orang tua ya mbak. Kalau anak sehat jadi bisa bebas bermain dan belajar. Jadi ingat pas zaman dulu suka berpetualang dari kebun ke kebun. Haha

    ReplyDelete
  6. Wahh saya juga qiahh, kalau lagi gak ada ide main bikin-bikin di rumah, pasti kebanyakan kegiatan di luar, klo zaf mah sepedaan yang kadang membuat emanknya ngos-ngosan, dan palingan banyak duduk nungguin dia.. hahaha

    ReplyDelete
  7. Mbak anak2nya cakep2 ya hehe. Bermain di luar itu menyenangkan buat anak-anak, memang setelah itu badan si kecil juga harus dibersihkan agar bebas dari kuman. Nah, untuk proteksi dari dalam maka ada UHT Kids Indomilk, ini juga kesukaan anakku mbak.

    ReplyDelete
  8. Anak-anakku udah mahasiswa aja masih suka minum susu UHT, hihii
    Main di luar rumah itu bikin anak merasa bebas aktivitas ya, cuma kadang harus diawasi juga agar nggak main yang jauh sampai keluar kompleks perumahan kayak anakku dulu

    ReplyDelete
  9. Anak saya sampai usia 5 tahun belum pernah main diluar sendiri, karena kebetulan rumah saya pinggir jalan besar jadi takut kalau dibiarkan sendiri :D tapi tetap diajak main keluar minimal seminggu sekali walau sekedar main di taman dekat rumah :D indomilk kid ini kesukaan anak saya, sekarang disapih gantinya minum ini.

    ReplyDelete
  10. Setuju mbak, berikan kebebasan anak untuk mengenal dunia luar. Biarkan mereka mengeksplore segala sesuatu diluaran sana. Dengan begitu anak akan mampu beradaptasi dengan dunia luar. Jangan takut kotor, karena yang kotor itu membuat anak tahu tentang aneka kehidupan. Dan salah satu cara menjaga imunitas anak, agar ia tahan terhadap dunia luar adalah memberinya susu UHT yang kaya nutrisi.

    ReplyDelete
  11. Paling seneeeeng kalau anak-anak mau dan aktif di luar yaaa mba.. apalagi di usia saat mas pertumbuhan. Semangat main dan minum susunya

    ReplyDelete
  12. Anak-anak sekarang udah susah ya main di luar, maunya main gadget aja di dalam rumah. Padahal aktivitas fisik di luar rumah sangat bagus untuk tumbuh kembangnya.

    ReplyDelete
  13. Seneng banget ya kak kalo anak aktif dan sehat. Didukung pemberian makan minum bergizi dan berjutrisi tingfi

    ReplyDelete
  14. Manfaat anak aktif di luar rumah banyak juga ya dan beruntung banget anakku yang kecil juga aktif main di luar.

    ReplyDelete
  15. Duozam lucuk banget deh mbaa.. seneng yaa kalau punya anak aktif, walaupun untuk itu ibuknya juga harus punya energi ekstra menemani mereka main :))

    ReplyDelete
  16. Bahagia ya Mba lihat anak bertumbuh kembang dengan baik. Apalagi susu UHTnya enak gitu. Hahahah ponakan aku juga aktiv Banget seneng liatnya

    ReplyDelete
  17. Mbak usianya berdekatan ya anak2nya? :D
    Takpikir anakmu masih satu lho hihihi
    Hehe mengawasi main boleh tapi jgn sampai melarang anak eksplorasi ya. Kalau kotor ya ntr cuci tangan :D

    ReplyDelete
  18. Main di luar ini penting banget.
    Anak-anak sering lari-lari di halaman depan...hanya untuk ngejar kucing, capung atau dandelion.
    Uwuwuwu~

    Inget jaman ku kecil.
    Alhamdulillah ada Indomilk yang mendampingi yaa...
    Habis berapa duozam, kak?

    ReplyDelete
  19. Sepakat banget mba untuk membebaskan anak buat bermain di luar, mba. Apalagi skarang main banyak pilihan bermain karna taman-taman yang disediakan banyak di dekat rumah dan biasnaya bagus. Bisa juga bersepeda

    ReplyDelete
  20. Pas masih tinggal di Palopo, anakku hampir ndak pernah main di luar Kak. Tetangga ndak ada yang seumuran, sudah begitu rumah kami dekat sekali dengan jalan raya. Main keluar paling kalau ayahnya libur kerja kodong.

    Sekarang pindah ke Jawa, di desa pula. Beuuuhh, udah kaya ayam lepas dari kandang. Maiiiinn terus maunya, ahahaha. Tapi kubiarkan saja karena memang mereka malah lebih sehat, bugar dan bahagia. Kupastikan saja asupan nutrisinya tercukupi, termasuk memberi mereka susu :)

    ReplyDelete
  21. Duo Zam memang aktif dan sehat ya
    Bikin senang lihatnya
    Salfa juga ini lagi coba Indomilk UHT Kids Full Cream untuk menemani aktivitasnya

    ReplyDelete

Auto Post Signature