Ochicken Ayam Organic Halal dan Higenis

26 January 2019
Salam semua
Yup, pembahasan postingan ini sesuai judul poster postingan ini, ayam chrispy yang bukan junkfood. 
Maksudnya gimana? 
Siapa sih? yang gak suka dengan ayam goreng, atau ayam krispi? Udah jadi makanan nusantara yang gampang banget didapat, bukan cuma outlet besar macam KFC, MCD, dan lainnya tapi sudah banyak sekali yang home made juga. 

Karena gampang didapat, cepat penyajiannya, makanya dinamakan sebagai "junk food" makanan yang tinggi lemak, kolestrol, gula, karbo, dan sodium. Pokoknya minim gizi, ya karena emang "makanan sampah" kan.  Kita kan pengen makan makanan yang bisa ngasih nutrisi, vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesejahteraan tubuh. Sayangnya, gak semua makanan baik bagi kesehatan. . 


Tapi ya gimana, itu ENAKKKK T___T sampai anak saya pun cuma mau makan kalau nasi dengan ayam krispi. Biasanya saya bikin sendiri di rumah, kadang juga dalam sekali sebulan ngajak ke outlet nya langsung. Ya abisnya, anak-anak makannya banyak kalau lauknya ayam krispi. 

Itu yang homemade di pinggir jalan, atau di depan alfamart dan indomaret itu juga masih dianggap junk food loh, sama aja cuma harganya aja lebih murah dari KFC atau MCD dan kawan-kawannya. 

Saya juga sudah sering beli ayam sendiri, trus bikin sendiri di rumah. Tapi euyy rempongnya T__T kalau saya masak ayam krispi, dapur seketika jadi kayak kapal pecah, terigunya mbleber kemana-mana wkwkwkwkw. Bukan itu juga sih, kekhawatiran saya masih berlanjut di soal ayam potongnya. Ayam potong yang di pasaran itu biasanya diberi suntikan-suntikan penggemuk, dicampurin antibiotik ke makanan ayamnya, pokoknya cara merawatnya itu berkesan "curang" dan tentu saja membahayakan lagi buat kesehatan, sama aja, jadinya "Junk Food" juga.

Memang di masyarakat kita ini 20% ayam potong yang beredaritu masih "abu-abu" kurang jelas Halal dan sehatnya, entah bagaimana sistem peternakan dan penyembelihannya.

Dan pada suatu hari, saya diajak ketemuan sama teman lama di sebuah restoran ayam krispi. Namanya O'Chicken, yang lokasinya di Jl AP Pettarani 2 No. 14
Saya gak sendirian, tapi bareng teman-teman blogger juga. Restoran ini sederhana aja tampilannya, tapi luas banget, banyak meja saji, dan beberapa mural tentang tagline O'chicken yang unik membuat ruang resto jadi fresh, meskipun didimonasi dengan warna merah dan hitam. 

Didepan pintu masuk akan terlihat langsung kasir dan lemari penghangat yang di isi dengan ayam krispi yang siap disajikan. Logo restoran dan logo halal MUI terlihat besar sekali, jadi ya jelas langsung mata tertuju ke logo MUI yang berdampingan dengan logo O'cicken ini
Waktu itu cuaca lagi dingin, hujan deras, jadi meskipun sudah sore, perut jadi terasa kosong, dan tetep mesen makanan, ayam krispi dan nasi hangat, siapa yang menolak? hueheuheue.

Sembari makan tadi, kami disamperin pak Teddy, kawan lama yang mengajak ke restoran ini, diperkenalkan juga kami sama owner O'Chicken Makassar ini . 

Beliau adalah Pak Arafah, yang rupanya mitra pertamaO'chicken di Makassar. Jadi Ochicken ini pusatnya ada di Jakarta, dan pak Arafah lah mitra pertamanya di Makassar dengan langsung mendirikan restonya. 


Kami berbincang dengan pak Arafah soal kenapa dia memilih untuk membuka resto ochicken di Makassar?

Alasan pertamanya adalah, karena anaknya suka ayam krispi. 
Sama banget dengan saya!
Trus kenapa dengan ayam krispi kan tinggal beli gitu ya, tapi Pak Arafah menjelaskan lagi tentang perayam-ayaman di Makassar ini.
Menurut Pak Arafah, hanya 20% saja peternakan ayam di Makassar yang mengikuti RPA dan terjamin ke-Halal-annya, jadi 80% sisanya, ayam yang beredar di Makassar ini, abu-abu, maksudnya belum terjamin Halalnya, karena pada saat disembelih, belum mencukupi waktu ayam itu mati, baru dicemplung ke air panas. 

Kalau saya berpikir lagi, memang iya sih, untuk mengejar waktu, biasanya para peternak atau penjual ayam potong melupakan hal itu, ada waktu yang diberikan ke ayam untuk ayam itu betul-betul sudah mati, baru di masukkan ke air panas. Kalau tidak menunggu ayam itu mati, dan langsung dimasukkan ke air panas, kan belum sempurna proses penyemblihannya. 

Hal itu merupakan temuan dari LBPOM MUI. Di Sulawesi Selatan sendiri belum ada RPA bersertifikat halal karena hal itu. 


Selain belum pasti halal, ayam potong yang beredar itu kebanyakan mengandung antibiotik, entah itu dari makanannya yang dicampur antibiotik, ataupun langsung disuntikkan ke tubuh ayam itu sendiri. Ada lagi namanya suntik hormon, itu untuk mempercepat ayam-ayam itu besar, dan gemuk. Karena untuk kepentingan bisnis biasanya ada yang punya ukuran tertentu, semua ayam yang disajikan harus sama ukuran besarnya. 

Dokter sendiri tidak merekomendasikan kita memakan ayam potong sejenis itu, atau biasanya disbut ayam bloiler, karena semua yang ada dalam tubuh ayam itu berdampak tidak baik bagi kesehatan. 

Hal di atas itu yang meresahkan Pak Arafah, karena selama ini ayam tidak sehat itulah yang akan dimakan oleh anaknya nanti. Makanya Pak Arafah langsung memilih Ochicken untuk dipasarkan di Makassar dan untuk keluarganya.
Kenapa musti ayam ochicken?

1. Berasal dari peternakan organik 
Yup, ayamnya berasal dari peternakan organik yang disupervisi BALITNAK, dibudidayakan secara alami tanpa suntikan antibiotik ataupun hormon yang macam-macam. Agar ayamnya sehat, di asupi pangan khusus dan jamu herbal, sebagai pengganti probiotiknya. 

2. Sejak Usia 1 hari, ayamnya di perdengarkan lantunan Murottal Qur'am
Tau gak kalau peternakan ayam itu ternyata harus diperdengarkan musik biar gak keganggu sama suara-suara predator atau biar ayamnya gak setres, jadi harus diputar musik. Saya biasa lewat di beberapa peternakan ayam, musiknya tuh yang ada musik dangdut atau musik yang sesuai dengan selera peternaknya. 
Dan ternyata kalau dipeternakan internal ochicken ini, mereka memperdengarkan murottal quran untuk ruang ayam itu. Pernah dengar soal air yang dibacakan bismillah, air itu menjadi partikel yang indah dibanding air yang gak dibacakan bismillah. Kebayang gimana ayam itu dimakan kita kalau selama dipeternakan itu diperdengarkan murottal. MasyaAllah

3. Disembelih Oleh Hafidz
Ayam ochicken di peternakan internalnya ini di potong secara manual, oleh seorang hafidz, dan sesuai tata syar'i di RPA (Rumah Pemotongan Ayam) dan sudah bersertifikat halal MUI.

4. Kualitas Ayamnya Teruji
Kualitas ayamnya sudah teruji secara berkala di departemen pertanian Bogor dan laboratorium independen lainnya. Dalam pengolahannya pun tidak menggunakan MSG, tapi memiliki bumbu rahasia yang dibuat secara alami, dan lebih enak dibanding MS. Ayam ochicken juga rendah lemak dan kolestrol.
Nah untuk resto Ochicken di Makassar, tidak hanya jual ayam krispy kok, ada banyak aneka menu ayam untuk keluarga. Antara lain :
  • Ayam chrispy
  • Hot chicken cheese
  • Ayam geprek 
  • Ayam bakar
  • Ayam penyet
  • Ayam lada hitam 
  • Chicken Burger

Di restoran Ochicken Makassar ini luas kok, jadi memang bisa banget untuk makan bareng keluarga dan teman-teman dengan aneka menu pilihan ayam yang banyak. Di restoran ini juga menggalang makan sehat gak cuma dari ayamnya yang organik tapi minumannya juga. 

Kalau kita pesan teh manis, itu langsung diambilin di kulkas, gak pakai esbatu, adanya susu bukan soda. Resto tidak mengizinkan menjual soda, karena soda tidak baik buat kesehatan.


Yang jadi favorite saya di sini juga adalah burgernya. Enak bangett,, ternyata roti nya tidak dibakar, langsung saja disajikan dengan ayam dan sayurnya, rasanyaa gak bisa kujabarkan lagi pokoknya kalian langsung coba aja. ini beneran makan yang 'bukan junk food" tapi nikmat enak dan sehat. 
Biar lebih jelasnya kalian langsung datang aja ke resto ochicken 
JL AP Pettarani 2 no 14 
lebih cepet kalau dari Racing centre. 
bisa gofood dan grabfood juga. 
Jangan lupa kalau kesana bilang "Datang karena direkomendasi sama Qiah di blognya" 
kalian bakal dapat diskon lohh.. 
buktiin :)
44 comments on "Ochicken Ayam Organic Halal dan Higenis "
  1. siang siang begini kenapa saya mesti baca blogta. Baruka sudah makan kenapa kayak laparka lagi liat ini gang. penasarankan clba yang lada hitamnya. Btw kalau pesan lewat gofoos trs suruh blng dr blognya kak qia dapat discount nggak yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pakai namaku harus langsung datang ke restonya huehehheheh

      Delete
  2. Senanglu tahu ada outlet Ochicken ini. Bukan hanya kesehatan yang diperhatikan tetapi juga kehalalan. Mantap, Pak Arafah.

    ReplyDelete
  3. Anak-anakku suka sekali makan ayam krispi, kalo ditanya mau makan apa? Pasti bilangnya minta ayam krispi... Duh, karena keseringan minta ayam krispi kadang saya tolak mi.
    Tapi sepertinya kalo besok-besok minta ayam krispi lagi ndak usah pusing lagi karena adami ini OChicken, alhamdulillah...

    ReplyDelete
  4. dulu saya berpikir semua ayam goreng crispy itu termasuk junk food :D
    btw, ndak ada menu mi dih? ka ndak makan ka saya nasi kodong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaa masa ndak makan nasi maq?? diet keto ki?
      deh sama suamiku hahah kentang moo, ada kentang

      Delete
  5. Saya baru dengar nih kalo ada ayam organik. Dan ayamnya diperdengarkan murotal dan disembelih oleh hafidz? Masya Allah.

    ReplyDelete
  6. Istri saya termasuk orang yg sering mengkhawatirkan hal-hal yang seperti dijelaskan pak Arafah, mau sy kasi baca tulisan ini.

    Dan terima kasih infonya kak, bisa dicoba deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap om iyan jangan lupa mampir juga ke restonya , dapat diskon sambil kasih liat blog ini hehehe

      Delete
  7. Penasaranku ke resto ini, kira-kira kalau ke sanaka masih bisa ketemu Pak Arafah kah? Mauka kenalan dan sampaikan terima kasih karena sudah hadir di Makasar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah ada kak
      Pak Arafah juga pendiri sekolah TK kak lupa nama TK nya, dia tiap hari berkantor di ochicken juga

      Delete
  8. Saya jadi penasaran sama peternakan ayam yang ada murottal qur'an. Dan di resto ini berarti gak hanya ada ayam goreng tepung aja, ya. Itu yang ayam bakar kelihatan paling menggiurkan

    ReplyDelete
  9. ayam crispy biasanya identik dengan junk food ya makanya aku tertarik banget nih dengan artikel ini kok bisa dibilang bukan junk food. Ohh ternyata semua bahannya organic ya. Unik juga ya peternakan diperdngerakan murotal Al Qur'an aku baru tau soal ini. Wah aku jadi pingin nyobain nih mbak, di sini belum ada kayanya. Menunya banyak ya bukan cuma ayam goreng tepung aja

    ReplyDelete
  10. Aku kira ochicken itu nama resto ayam baru di Bandung ternyata udah banyak cabangnya ya. Keren banget jadi penasaran pengen cobain soalnya kalau lewat mirip resto ayam yg k** gitu tempatnya gede dan ada playground. Mantap

    ReplyDelete
  11. Sudahlah enak, halal dan Toyib lagi ya mba.. mantuuul... Andai dekat ku langsung langganan deh nih..

    ReplyDelete
  12. MasyaAlloh salfok sama diputarnya murrotal pada ayam-ayamnya mba :) duh ini mah udah jelas ayam crispy yang wajib dicoba semoga ada nih di Cimahi soalna deket rumah belum ada hehehe

    ReplyDelete
  13. Mb saya auto lapar ini hehe ditambah ayamnya di hasilkan dengan cara yang baik, membuat saya tertarik semoga soon di semarang Ada heh

    ReplyDelete
  14. Wow, fakta yang mencengangkan klw benar memang cuma 20% ayam potong yang terjamin kehalalannya.Bisa jadi juga sih kerna di belakang layar kita sebagai konsumen tidak melihat prosesnya langsung. Ini bisa menjadi acuan kepada masyarakat muslim untuk tidak sembarangan memilih ayam untuk dimakan.

    ReplyDelete
  15. Image ayam krispi sama dengan junk food, terbantahkan di sini. Perlakuan khusus kepada ayam-ayam sejak masih "bayi", menghasilkan ayam organik yang tak hanya halal tapi juga thoyyib untuk dikonsumsi sekeluarga. Wajib dicoba nih!

    ReplyDelete
  16. Pankapan mau ajak Ridwan ke sini deh, nanti sa Kasi liat blognya Qiah biar bisa dapat diskon hahahhaa Ridwan ini penggemar ayam krispi, kalau adami menu ini amanmi tapi ya nda bisa sering2 juga dikasinya, ka banyak kekhawatiran yang timbul

    ReplyDelete
  17. nah nanti kalau Saku main ke tempatmu anak ke sini yaaa Mba..keliatannya hena banget, crispy dan yummy tapi organik dan halal ya :)

    ReplyDelete
  18. Kalo bahan dasarnya ayam organik jadi menepis anggapan kalo fried chicken itu makanan junk food ya Qiah. Anakku sampai udah gede aja masih senang jajan fried chicken. Kalo aku malas masak ya udah pilihan makan mereka fried chicken. Tapi aku suruh konsumsi buah tiap hari sih, agar tetap tercukupi asupan vitamin alami

    ReplyDelete
  19. Semenjak baca tentang o'chicken, saya jadi was-was makan ayam di mksr, memang betul, perlu dipertaxakan organik tdknya ayam tersebut, apakah disembeli scra syar'i atau tidak, dan in penting untuk kesehatan. Untungnya saja o'chicken konsepnya bagus sekali, trusted.

    ReplyDelete
  20. Huwaa....buka beginian pas makan siang itu rasanyaaaaa....jadi pengen jilatin layar hape kak. Masha Allah seneng banget ya makanan halal Thoyib yang dipelihara dan disembelih dengan cara yang islami. In sha Allah manfaat buat tubuh dan hati. Menanti di Jogja yang seperti ini mba

    ReplyDelete
  21. wahhh kapan-kapan kalo ke Makassar mau juga ahh menikmati o'chicken organic chicken ini :)

    ReplyDelete
  22. Wah salfok sama bubun lubnah lukman, lagi liburan ke makasar kah? Kami sekeluarga doyan ayam mba. Ayak goreng ayam rica-rica pokoknya ayam. Dan soal ayam organik sejak hamil pengen banget konsisten cuma komsumsi ayam organik tapi apa daya emak ga selalu rajin masak. MasyaAllah banget ada outlet ayam yang kualitas nya terjamin dan terjaga kayak gini ya

    ReplyDelete
  23. Aman dan nyaman ya mba saat mengkonsumsinya.. Anak-anak suka bgt nihh semoga cabangnya banyak yaa

    ReplyDelete
  24. Salah banget nih bacanya tengah malem gini jadi kriyuk kriyuk bunyi perut hahaha
    Btw, bunda cantik iiiih bikin salfok hahaha

    Menanggapi tulisan,
    Yaampun Ujame sering banget liat nih di depan alfamart ada o'chicken.
    Baru tau o itu ternyata organic ya, kirain cuma nama dan sama aja kaya ayam lainnya *kudet*
    Jadi penasaran mau coba juga rasanya, karna jujur belum pernah beliiiiii

    Dan itu ada restaurant-nya juga, variatif ya menunya, gak cuma ayam goreng aja waaaaaah

    ReplyDelete
  25. HAdew lihatnya malam-malam gini, pas gerimis, busui mendadak lapar berat nih. Aku membayangkan ayam hangat dilapisi tepung kriuk dan saos pedas..nom nom

    ReplyDelete
  26. Waah salut dengan bapaknya punya misi keren banget, alasannya sederhana anaknya suka ayam krispi tapi ayam krispi yang dijual tidak jelas kehalalannya, dan si bapa menjual ayam yang berkualitas karena ayam organik, kerennya lagi si aym diperdengarkan muratal Quran, semoga makin banyak pengusaha seperti Pak Arafah, atau ayam krispi ini buka cabang deh di kota lain hehe

    ReplyDelete
  27. Menjawab kekhawatiran para penyuka junk food yang udah mulai enggan konsumsi junk food. Hadirnya ochicken menjawab itu semua .ayam sehat organic yang dimasak ini mantap sekali .Nunggu ochicken ada cabang di Pekalongan ahh

    ReplyDelete
  28. Wah kalau ke o chicken bisa mencicipi hidangan dari ayam ya. Semuanya serba ayam.

    Ayam organic dijaga pemeliharaannya

    ReplyDelete
  29. Barakallahu fiikum....Ochicken.
    Semoga segera buka cabangnya di Pulau Jawa yaa...

    Keren sekali konsepnya.
    Dan suka dengan semua kebaikan yang disebarkan Pak Arafah.

    ReplyDelete
  30. Duh penampakannya luar biasa bikin saya laper hahaha...organik asyik tuh ya jarang yg pke ayam organik

    ReplyDelete
  31. Naahhh iya mbak, bener banget. Banyak yg blm paham kalau menyembelih ayam harus sesuai kaidah agama Islam ya biar halal, tahunya pokoknya ayam ya halal. Salut buat pebisnis yg memperhatikan hal2 kyk gini. Moga sukses buat ochicken.

    ReplyDelete
  32. Waaaahhh, seneng banget ada ayam krispi yang pakai ayam organik ya Mbak. Jelas halalnya juga pula. Duh di sekitar rumah saya belum ada niiii.... Semoga bisnisnya makin luas ya, biar nambah cabang dimana-mana....

    ReplyDelete
  33. Dududu, baca ini pas pagi-pagi belum sarapan, bikin perut manggil-manggil, Mbak. Hehe. Anak saya sukaaa banget ayam krispi. Lebih sehat ya klo pake ayam organik. Semoga bisa nemu di Jogja ini.

    ReplyDelete
  34. Waduh mbaa aku paling ndak bisa lihat foto ayam geprek dengan sambel yang menggoda banget gituuuhhh.. auto ngiler nih hahaa btw ayam organik ya, jadi penasaran rasanyaa apa ada bedanya ya?

    ReplyDelete
  35. Mantap banget nih ayam2nya sampe diperdengarkan murottal juga. Sama mba, aku juga gak bisa masak ayam tepung sendiri. Gak bisa matang sampai dalam.

    ReplyDelete
  36. Ngiler aku Mbk, fotonya bagus-bagus banget. Jadi paham ya berhati-hati beli ayam goreng karena halal atau saat motongnya gimana, baca artikel ini lebih paham.

    ReplyDelete
  37. Aseeek bertambah lagi wishlist spot yang mau saya datangi kalau ke Makassar akhir bulan nanti. Siap siap ke OChicken hehehe

    ReplyDelete
  38. Pak Arafah ini sangat serius ya soal kehalalan dan thoyiban dari ayam crispynya. Enggak main-main, menyiapkan mulai dari farmingnya. Hati jadi tenang ya mba kalau tau cerita di balik usaha O'Chicken ini. Udah yakin banget tentang kehalalan dan sehatnya semua ingredient di ayam crispy tersebut.

    ReplyDelete
  39. Udah Ada di Jakarta belun ya, kepingin bangt nyobain mba dari awal ayamnya Aja udah ayam pilihan pasti enak

    ReplyDelete
  40. ini franchise baru ya ? saya belum pernah coba hehe

    ReplyDelete

Auto Post Signature