Grab Makassar Edukasi dan Perkenalan Tentang Grab Express di Event Creative Industrie Talkshow

23 September 2018
Pernah suatu hari mobil saya lagi di bengkel dan hari itu saya harus menghadiri suatu event, dan tau sendiri lah ya kalau wanita udah OOTD-an, gak suka kalau sampai lokasi OOTD nya berantakan, ga mungkin mikir mau naik ojek, lah haha. Kalau naik taxi mahal banget, mana lokasi tujuan termasuk salah satu area macet, argonya pasti jalan terus, ban mobil gak gerak-gerak, tekor deh. 

"Masa' batal datang? naik grab car aja..."
Kata salah satu teman saya yag sudah lebih dulu ada di lokasi. 

Dari dia saya akhirnya mengunduh aplikasi Grab, dan mengikuti instruksi pengunaannya, memilih armada mobil pribadi, seperti memesan taksi tapi biaya perjalanan sudah ditentukan di awal, gak pakai argo. Bahagia! HAHAHA

Cerita itu 2 tahun lalu, dimana pertamakalinya saya menggunakan jasa Grab, dan saya senang. Dan suatu hari lagi, saya udah ready on the way ke suatu tempat, trus saat sampai di lokasi malah ada yang ketinggalan. Saya pernah ketinggalan lensa kamera padahal mau motret event fashion show di suatu mall. Waktu itu bingung banget, mau balik ke rumah, ga mungkin lah, acara sudah hampir di mulai juga. 

Kalang kabut? Minder ?
Itu dulu, haha, sekarang sudah bisa banget mengandalkan jasa delivery barang, dengan aman dan harga murah dibanding yang lainnya. 

Adalah Grab Express. Udah pada tau kan ya tentang Grab sebelumnya, saya yakin 80% masyarakat Indonesia sudah jadi pengguna Grab ini. Sejak 2012 sudah ada dengan nama Grab taxi sampai tahun 2016, hingga sekarang dengan nama Grab masih sering kita gunakan di Aplikasi 

Saya sempat takjub dengan Grab yang kemarin jadi partner official Asian Games 2018. Ini membuktikan kalau Grab benar-benar serius ikut andil membangun dan memajukan trasnportasi negeri, memberikan kemudahan diberbagai lapisan masyarakat. 

Mungkin informasi yang saya dapatkan tentang grab hanya seputar bagaimana menggunakannya saja, tau grab cuma saat butuh pelayanannya, sampai akhirnya di sebuah event minggu lalu, Creative Industries Talkshow yang diadakan oleh kampus STIE Nobel Makassar, di situ Grab menjadi sponsor offcial eventnya. 
Saat Grab sesion, dipersilahkan salah satu perwakilan Grab Office untuk naik ke panggung berbincang dan memperkenalkan tentang Grab Express ini. Sebelumnya kami disapa dan diajak selfie dulu hihehehe, lalu beliau menjelaskan sedikit tentang bagaimana Grab bisa ada di Indonesia

Grab (sebelumnya dikenal sebagai GrabTaxi) merupakan salah satu platform O2O yang bermarkas di Singapura dan paling sering digunakan di Asia Tenggara, menyediakan layanan kebutuhan sehari-hari bagi para pelanggan. Saat ini Grab menyediakan layanan di Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja.

Grab yakin bahwa setiap masyarakat di Asia Tenggara harus mendapatkan keuntungan dari ekonomi digital, dan perusahaan memberikan akses untuk layanan transportasi yang aman dan terjangkau.

Grab ini aman digunakan oleh kaum wanita atau para ibu, karena hal berikut : 
  • setiap pengemudi dan kendaraan akan dicek saat registrasi dan wajib mempertahankan bintang penilaian di atas standar minimum yang telah ditetapkan. 
  • Pelatihan dan Kode Etik untuk memastikan layanan yang terbaik. 
  • Fitur Keamanan, fitur “Share My Ride” yang pertama di industri. 
  • Asuransi & Bantuan 24 Jam melindungi dengan tambahan proteksi Kecelakaan Pribadi, Call Center 24 Jam, dan Tim Tanggap Darurat.

Lebih spesifik lagi, Bapak perwakilan Grab Office memperkenalkan tentang Brab Express. 

GrabExpress adalah layanan kurir secara cepat, pasti dan aman menggunakan GrabBike yang dapat dipesan melalui aplikasi Grab.

Kalau saya sih memang sering nih menggunakan jasa delivery ini, seperti cerita antar lensa kamera tadi, atau ngambil pesanan di toko tertentu. Asalkan sudah dibayar barangnya dan gak ada lagi pembayaran yang dilakukan oleh driver, jadi driver cukup ngambil, antar dan terima tarif perjalanan. itu aja. 

Lebih lanjut lagi Bapak perwakilan Grab Office menginfokan, Grab Express ini bukan hanya sekedar delivery barang saja, tapi juga ikut membantu memajukan ribuan UMKM yang ada di Indonesia.

Misalnya, toko A dulu, hanya mampu memproduksi 20px makanan/barang karena keterbatasan kurir atau pengguna jasa antar yang kemahalan dan susah di tracking, dengan menjadi mitra grab, atau menggunakan Grab Express toko A bisa memproduksi hingga 100px makanan/barang. 

"Kami ingin meningkatkan kualitas hidup mitra kami, dan membantu pelaku UMKM di Indonesia

Begitulah Grab menyebut pengemudinya. Bukan pekerja. Bukan kontraktor. Tapi mitra. Dan Grab ingin Anda memiliki pendapatan yang cukup agar Anda memiliki cukup pilihan dalam hidup.
"Kami ingin mitra pengemudi kami menjadi pengemudi terbaik. gak cuma supaya bisa mendapatkan penghasilan lebih, tapi juga untuk memiliki kebanggaan terhadap profesi mereka"

Grab gak cuma ingin mendapatkan keuntungan, mereka juga mengedukasi para mitranya, para driver, seperti mengadakan pertemuan dengan para komunitas difabel, karena beberapa waktu lalu Grab sempat ada isu buruk tentang penolakan mitra grab terhadap pengguna jasanya seorang difabel.

Sesi tanya jawab pun dimulai, ada seorang perempuan bertanya tentang keamanan pengiriman barang dengan jasa Grab Express ini, misalkan dia mengirim barang yang agak mahal, apakah ada jaminan bahwa barang itu akan aman ?

Bapak perwakilan Grab Office langsung menjawab pertanyaan tersebut. Memang tim Grab tidak bisa memungkiri bahwa mereka bekerja bersama dengan manusia-manusia yang lain yang mempunyai latar belakang maing-masing yang berbeda tentunya.

Dalam hal ini Grab cukup punya pelayanan keamanan tersebut, yang kita bisa gunakan adalah dengan tracking driver yang membawa barang, bisa menelpon dan chat dengan drivernya. Untuk lebih amannya sih memang kita harus teliti. Harus memastikan apakah driver yang datang sesuai dengan yang tertera di aplikasi apa tidak? nomor plat kendaraannya sama atau tidak, kalau ada yang berbeda, silahkan lakukan pembatalan.

Kalau memang ada kejadian barang tidak sampai di tujuan, Grab punya customer service 24 jam untuk menerima laporan, dan kalau tetap tidak ditemukan jalan keluarnya, Grab akan melakukan pergantian barang dengan beberapa S.O.P yang berlaku.
Kemudian penanya kedua, dengan pertanyaan 
"Bagaimana sih cara gabung dengan Mitra Grab, saya ada Usaha jualan makanan"
Dijawab Bapak perwakilan Grab Office : "Cukup langsung datang saja ke Kantor Grab Makassar, di Ruko Mall GTC tanjung bunga Makassar, Masnya nanti dipandu sana front office Grab"

Pertanyaan berikut adalah : "Bagaimana kalau misalnya mau kirim barang tapi barang tersebut ternyata batang yang berbahaya, misalkan narkoba,"

Jawabnya : "Kita berhak memfoto atau membuka suatu paket antaran yang memang mencurigakan bagi dirver, dan driver berhak membatalkan kalau memang barang tersebut barang yang berbahaya."

Pertanyaan terakhir : "Biasanya ada nih kita mau beli makanan tapi ternyata tokonya atau warungnya tutup, dan biasanya ada driver yang bilang tolong jangan dicancel, kalau dicancel bintangnya turun, jadi siapa yang akan dirugikan nih?"

Jawabannya : "Silahkan aja cancel kalau memang tutup, karena akan lebih rumit kalau pesanan itu dianggap selesai tapi tidak ada barang yang kita terima, silahkan dicancel karena itu tidak akan merugikan merchant, pengguna, ataupun drivernya."
Pertanyaan dan jawaban terakhir tadi menutup talkshow yang diakhiri dengan penyerahan plakat sebagai tanda, Grab telah berbagi cerita industri kreatif kepada para peserta yang hadir. 

Pengalaman saya dengan grab menyoal antar barang, syukurnya tidak pernah ada pengalaman buruk atau kecewa dengan driver atau gimana, sejauh ini saya sering deliver barang, semisal, kamera, laptop, projector, dan alat digital tools lainnya dan aman ehheeh. Sudah begitu yang saya suka dari Grab adalah fitur chattingnya, jadi meskipun pulsa habis, kita bisa chattingan pakai paket data aja. 

Sebelum pulang, saya dan teman-teman yang ikutan hadir, mampir di booth grab, di booth grab ada undian yang bisa kita ikuti untuk dapat beberapa marchandise yang lucu-lucu, top-up saldo dan ikut undiannya, hadiahnya banyak. Di booth nya juga kita bisa banyak tanya tentang kemitraan grab dan lain sebagainya. 
Sampai jumpa di postingan selanjutnya ya.
Wassalam
71 comments on "Grab Makassar Edukasi dan Perkenalan Tentang Grab Express di Event Creative Industrie Talkshow"
  1. Konsumen akan merasa aman nyaman ya karena selain data yang mereka berikan, semua driver di Grab juga udah melewati uji berkendara ya

    ReplyDelete
  2. aku baru tahu ada fitur share my ride baru pisan ya mba?jadi bikin aman deh yah tenang tinggal order sampe ke tujuan

    ReplyDelete
  3. Aku pengguna setia grabe express Secara kita bakulan butuhin banget si express ini tapi aku baru tau klo asa share my ride

    ReplyDelete
  4. Iya sukanya naik Grab karena terdeteksi juga di email, dan kita bisa pasang nomor darurat juga

    ReplyDelete
  5. Grab fiturnya termasuk banyak juga. Dengan adanya jasa kendaraan online begini juga saya banyak terbantu. Mau kirim barang juga tenang

    ReplyDelete
  6. Aku juga pengguna Grab garis keras nih, enak kemana2 gausah bingung cari parkir :))

    ReplyDelete
  7. iya sih, di jaman ojek online brand lain mahal, grab tetap konsisten murah. disitu aku suka grab

    ReplyDelete
  8. kesukaan anakku nih grab karena kata anakku grab lebih murah dibanding ojol lain.

    ReplyDelete
  9. Iya ada fitur keamanannya di grab. jd sukaklah sayaaaa.
    Sukses selalu buat grab

    ReplyDelete
  10. Mbak, Bapak perwakilan dari Grab siapa namanya? Hihi..

    Ngomongin soal Grab, karena aku tinggal di daerah pinggiran jadi belum merasakan pelayanannya. Akan tetapi, aku salut kalau mereka punya program untuk mengedukasi driver atau karyawannya. Semoga makin hari makin baik ya pelayanannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah aq lupa namanya karena cuma fokus di apa yg dia jelasin ahhahaha jadinya tulis gitu aja wkwkkw

      Delete
  11. Kalo ada waktu ke Makassar, kayaknya saya juga lebih milih naik grab dibandingkan pete-pete atau taksi. Grab jelas lebih nyaman dari pete-pete, dan grab juga lebih murah dari taxi ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaaaaaaa mbak
      pete-pete sekarang hadohhh sopirnya suka ga attitude kalau berkendara huhuhu

      Delete
  12. Wah semakin mantabs nih fitur Grab yah

    ReplyDelete
  13. Seruuu ya kumpul rame-rame gini mba. Dan frankly aku salah satu fansnya Grab lho hehehe. Membantu banget soalnya!

    ReplyDelete
  14. Wah saya blom pernah nyobain grab express nih .. Trims infonya ya mba..

    ReplyDelete
  15. Sekarang kalau belanja online juga aku suk apakai grab express jadi bisa cepat sampainya

    ReplyDelete
  16. grab mantabb, sayang UInya saya kurang suka :((

    regards,
    www.CHIPPEIDO.co.vu

    ReplyDelete
  17. Grab express ini membantu bangat untuk mengirim barang ataupun belanja online, cepat dan aman lagi.

    ReplyDelete
  18. Baru tau ada fitur ini,, suka deh sama inovasi dari grab yang satu ini.

    ReplyDelete
  19. Aku Grab Lover mbak, apalagi sejak sistem pembayarannya pakai OVO. Dan aku OVO lover juga :)

    ReplyDelete
  20. Hidup zaman sekarang memang memang semakin mudah,apa-apa bisa dipesan hanya dari genggaman. Termasuk jasa kendaraan yang bisa dipesan melalui Grab ini. Saya memang belum pernah coba, tapi sepertinya menarik. Next time jika ada kesempatan dan kebutuhan insyaallah mau coba naik Grab juga..

    ReplyDelete
  21. Baru denger klo ada grab express, ga pernah kirim2 soalnya heheh. TFS ya mba

    ReplyDelete
  22. Belum pengalaman pakai grab, tapi baca tulisan diatas jadi pebgen install grab. Biasa saya pakai jasa kurir konvensional tapi gak bisa dilacak

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar aman pakai grab aja hihihi itu juga kalau lg ga pegang hape pas grab driver udah jalan, kita di SMS loh diinfoin kalau drivernya udah jalan

      Delete
  23. Untung BW ke sini.
    Jadi tahu tentang Grab Express.
    Semoga akan ada acara yang sama di Balikpapan juga

    ReplyDelete
  24. Andalan banget kakaaakkk...kalau aku kepake pas lagi butuh antar anak terapi ke RS trus hujan hehehe...

    ReplyDelete
  25. Walah, sayangnya kalau di Lamongan tempat saya cuma baru ada Grab Car dan Bike. Tapi aplikasi Grab ini jadi andalan saya kalau ke mana saja. Terutama pas liputan ke Surabaya. Udah nggak takut kesasar lagi deh sekarang.

    ReplyDelete
  26. Aku udah sering denger sih soal grab Express ini tapi belum pernah coba... Beneran aman kah Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak GRAB jamin itu katanya karena mereka ada fitur tracking dan cust service 24 jam kalau ada masalah dan akan ada penggantian barang kalau mmg driver GRAB yg salah

      Delete
  27. Grab sudah masuk makassar, keren nih... dulu belom ada grab masuk sini soalnya..

    ReplyDelete
  28. Di Kendari jg sudah ada Grab, termasuk pilihan delivery express ini jg dan yg paling grab food yg bikin orang makin mager utk keluar rumah krna tinggal klik2 semua sudah bisa sampai di tangan, hihihih.

    Klo saya masih jarang pake grab express dan food ini, lebih ke transport saja. Hehehh

    ReplyDelete
  29. Hai Mbak Qiah, mungkin salah satu alasan uring uringan kalau saya gagal berangkat jalan jalan adalah OOTD yak, hehehee. Sekarang mah kalau mau pergi, tak urusan mobil mogok ya, kan ada Grab. Semoga ke depannya Grab lebih memperhatikan kenyaman dari pengemudi sampai pengguna jasa grabnya yak. Saya belum pernah coba nich pesan grab untuk membeli makanan di warung, next coba ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo mbak Astin say hahaha iya kelamaan di Lemari yaa hihihihi
      beneran GRAB membantu buat wanita yg cuma tau pake mobil ga tau rawat mobil hahah
      akku juga setuju diperhatiin aja kenyamanan semuanya, biar win win solution kan ya

      Delete
  30. Grab keren ya gandeng para UKM, bersinergi untuk kemajuan bersama.

    ReplyDelete
  31. Aku kalau ke luar kota dan males naik turun kendaraan karena harus buru2 ya pesan grab. Lumayan cepat layanannya

    ReplyDelete
  32. grab makin keren ya... apalagi yg pake bayar 1 rupiah itu...hehehe jadi ketagihan naik ojol terus...

    ReplyDelete
  33. kalo mau jadi pengusaha yang maju ya harus berinovasi, dan grab sudah melakukannya dengan mengetahui dan memenuhi kebutuhan masyarakat! semoga inovasi yang baik ini dapat memicu para UMKM lebih kreatif juga menghasilkan barang2 sehingga pengiriman dengan grab ekspress tambah banyak deh

    ReplyDelete
  34. Saya pun pengguna grab, apalagi dulu suka antarjemput anak sekolah, pas hujan repot banget, grab jadi andalan,program grab makin keren nih menggandeng para UKM untuk kemajuan bersama

    ReplyDelete
  35. Bener, aku juga sempat ngga percaya Grab nongol di Asian Games kemarin. Btw, aku baru tahu ada Grab Express ini, taunya cuma Grab saja, Mbak. Jadi tahu.

    ReplyDelete
  36. Yang grab aku blum coba nih mba tapi rivalnya udah.. noted deh klo sama amannya dan tarif lbih murah bisa jd pilihan

    ReplyDelete
  37. Saya udah unduh aplikasi grab ini, tapi belum saya gunakan. Baca ini jadi pingin nyobain, ah. Lebih lengkap ya ternyata fiturnya...

    ReplyDelete
  38. Sangat berguna banget nih buat para pelaku UKM atau penjual online dll. Semoga kinerja dari grab express ini selalu bisa diandalkan ya

    ReplyDelete
  39. Yeey senang banget jika Grab sudah semakin banyak di berbagai kota di Indonesia ya mba. Soalnya aku juga senang pakai Grab karena memudahkan untuk mobilitas

    ReplyDelete
  40. Ini salah satu ojol andelan nih. Sangat sangat membantu dengan adanya Grab. Jempol deh!

    ReplyDelete
  41. Aku pengguna setia grab...aplikasi taksi online yg ada di hp cuma grab aja..hehe

    ReplyDelete
  42. Iyaaa, aku pengguna aktif Ojol.
    Karena sekarang yang bantuin di rumah rumahnya jauh...jadi anter-jemput pakai ojol.

    Gak spesifik Grab siih..
    Begitu baca postingan ini, jadi sadar..makin banyak fitur yang disempurnakan.

    ReplyDelete
  43. grab itu memqng memberikan kemudaha yah kak. dengan aplikasi yang ringan namun viturnya keren-keren

    ReplyDelete
  44. Bersyukur hidup dijaman now ya kak.
    Serba mudah dg teknologi.
    Saya pun selalu mengandalkan grab dlm aktifitas saya

    ReplyDelete
  45. Di Lampung juga udh ada Grab nih, klo ga salah si udah setahunan ini. Temanku juga suka send barang pakai Grab.

    ReplyDelete
  46. Saya juga termasuk sering menggunakan Grab. Segalanya memang jadi lebih mudah dan nyaman setelah ada transportasi online seperti Grab.

    ReplyDelete
  47. Anakku paling suka ngeGRAB, klo mau pake jasa ojol pasti maunya GRAB. Hehehe emang kadang lebih murah. Mayan juga jasa anter ekspress, membantu banget.

    ReplyDelete
  48. Bunda kl bepergian paling pake grab krn order yg jarang sekali terlambat.Btw bikin iri aja oadti jago infografis dan Canva. Keren tampilan blognya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bunda yati terimakasih udah mampir2 di blog ku
      semngat dan sehat selalu bunda syg

      Delete
  49. ah, kapan2 kucoba grab express ini, baru tau soalnya. tapi entah udh ada blm ya di Jember. Kl grab nya baru masuk sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. oyah ? kalau baru masuk mungkin maish menyesuaikan kebutuhan juga kali ya

      Delete
  50. Belum pernah coba Grab Express kak, lain waktu deh. Soalnya Grab ku dulu keblokir gatau kenapa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba hubungi cust service nya mungkin diminta ganti nomor akun aja nomor hape gitu

      Delete
  51. Wah perlu ke Makassar ni buat cobain Grab Express.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah emang di tempat mbak blum muncul ya grab express ? :D

      Delete
  52. Oh ini kiriman barang, tho. Ku pikir Grab Bike ganti nama :))
    Kalau seller dekat dan butuh cepat, aku suka pilih kurir motor seperti ini.

    ReplyDelete
  53. Makin inovasi ya layanan dari grab ini. Memudahkan para pengguna kalau lagi butuh.

    ReplyDelete
  54. Kalau pulangka tidak bingungma cari kendaraan online

    ReplyDelete
  55. Kenal sama kendaraan berbasis online termasuk grab itu adalah keuntungan dari manusia zaman sekarang ya. Aku juga ngerasain banget, yg dulunya klo mau kemana2 harus nyediain waktu lebih buat jalan ke depan buat naik angkot, sekarang gak perlu lagi jalan ke depan, krn ojol siap sedia jemput kita di depan rumah. Hehe.. Makin dimanjaa deh aku...

    ReplyDelete
  56. Aku jarang pakai grab buat pergi.
    Seringnya buat pesan makanan, membantu sekali klo tengah malam hehe

    ReplyDelete
  57. saya juga biasa pake grab daripada gojek, kecuali pas grab lagi bermasalah gitu

    ReplyDelete

Auto Post Signature