Ngobrol Tentang Berbagi Kebaikan Wakaf Tunai Bareng CIMB Niaga Syariah

18 July 2019
Salam semua, beberapa waktu lalu saya dan temen-temen blogger, diinvite untuk hadir di eventnya CIMB Niaga, bertempat di gudang popsa Kota Makassar. Di Event itu saya akhirnya bisa berjumpa dengan para teman-teman saya yang dulunya model muslimah, sekarang udah jadi pengusaha muslimah. 

Event ini dihadiri blogger makassar, komunitas hijabers makassar, dan IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia) Yang tujuan eventnya ini ingin membantu meningkatkan kesadaran umat akan pentingnya wakaf uang. 

Wakaf yang dasarnya kita ketahui bersama itu biasanya tentang yang besar-besar kan ya, barang atau tanah gitu. Nah di event ini kita dikasih tau nih, kalau wakaf sekarang bisa tunai loh.

Awalnya diajak ke event ini, merasa terlalu serius nih pembahasannya berat. Tapi ternyata eventnya dibikin fun sama kehadiran guest star dan para pembicara. 


Ada Ingrid Kansil, ketua umum IPEMI yang bikin seluruh IPEMI di Makassar pengen hadir di event ini untuk ketemu dengan ketua umumnya juga nih, skalian jadi ajang silaturrahim. 

Syakir Daulay, seorang ustad cilik umur 17 tahun yang sekarang udah jadi aktor kecintaan para ibu-ibu dan tentu saja fans sebayanya. Yang bikin orang suka dengar dia sholawatan dan ngaji di instastorynya gak ketinggalan juga cara dia nyapa followernya dengan pantun.

Lalu Cut Mini Theo, aktris senior yang favorite banget pembawaannya, jadi moderator untuk event ini. Gimana kita gak duduk cantik mendengarkan coba? 
Pukul 15.00 sudah banyak banget peserta yang hadir mengisi buku registrasi, didominasi oleh peserta IPEMI dibandingkan blogger dan komunitas hijabers makassar. 

Saat acara dimulai, senang banget Cut Mini menyapa kami semua yang hadir perkomunitas, lalu memulai mempersilahkan Ibu PJ walikota Makassar untuk menyatakan sambutannya dan mempersilahkan pihak CIMB niaga memberikan cinderamata sebagai tanda pembukaan acara.
Ada Ibu Murni dari pihak CIMB Niaga memulai memberikan materi penjelasan mengenai apa sih program baru dari CIMB Niaga ini? khususnya CIMB Niaga Syariah.

Bekerja sama dengan sejumlah Badan dan Lembaga Wakaf, Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) meluncurkan Tabungan Rencana dalam bentuk Program Tabungan  Mapan Wakaf. CIMB Niaga Syariah ingin mengajak dan memberikan pelayanan terbaiknya kepada para nasabah untuk mewujudkan perencanaan modal akherat nasabahnya.

Selain itu, CIMB Niaga Syariah juga ingin membantu meningkatkan kesadaran umat akan pentingnya wakaf uang. Sedekah infaq dan ber wakaf tuh sering dianggap ibadah yang gak apa-apa ditunda karena belum mampu. 

Gak banyak yang menyadari kalau berwakaf itu adalah sebuah kebutuhan hidup

Baik untuk kebutuhan hidup di dunia, maupun, lebih-lebih, untuk kehidupan di akhirat. Kebutuhan hidup di dunia bisa disalurkan melalui pemenuhan kebutuhan jasmani. Misalnya ya makan dan minu, cukup.

Wakaf termasuk ibadah harta, kita keluarin harta benda yang kita punya untuk meningkatkan kualitas ketakwaan di sisi Allah swt. Islam itu ajarannya istimewa banget. Untuk mengukur ketakwaan dan kesalehan penganutnya, barometernya bukan melulu cuma ibadah fisik, melainkan juga ibadah harta.

Setiap ibadah yang dilaksanakan ikhlas karena Allah swt, termasuk ibadah harta, akan direward dengan pahala. “Kalian tidak akan mencapai kebaikan hingga kalian mengeluarkan sebagian harta yang paling kalian cintai,” (QS Ali Imran [3]: 92)

Nah CIMB Niaga Syariah paham banget ini, makanya mau membantu nasabahnya untuk menjaga harta nya di jalan ibadah. Wakaf sekarang gak harus nunggu lama, gak susah dan bingungin juga harus wakaf kemana, karena Cimb niaga memberikan kemudahan cukup dengan mendownload aplikasi Go-mobile dan E-salam. Minimal saldo/tabungan sebesar 10.000 rupiah saja. 
Yup segampang itu sekarang loh berwakaf, cukup modal smarphone kita aja. Dan di event ini juga untuk setiap peserta yang kiranya belum paham cara penggunaannya, Bu Murni dan Cut Mini langsung mentutorialkan cara download dan langkah-langkahnya untuk memulai wakaf tunai dengan aplikasi Go-mobile dan E-salam

Peserta sudah mulai sibuk juga ngambil hapenya dan langsung mendownload, tapi ya sebelum itu harus menjadi nasabah CIMB Niaga Syariah dulu, karena akan ada aku yang harus terdaftar dan saldo yang sama dengan buku tabungan kita di aplikasi tersebut.

Peserta yang hadir ini aktif banget, pertanyaannya pada serius semua, ada yang bertanya soal cerita inspiratif dari guest star, berbagi kebaikan dan sharing tentang impiannya masing-masing.

Ada yang memberikan saran terkait keberlangsungan komunitas para pelaku usaha di Makassar, UKM yang tergabung di IPEMI, dan soalan tekhnis tabungan bersama untuk kesejahteraan komunitas.

Dan dari pihak Hijabers Makassar, Kak Muthe juga memberikan informasi tentang PKM (Pesta Komunitas Makassar) yang sudah sejak lama diadakan dari tahun ke tahun, berharap bisa disupport dengan CIMB Niaga untuk perputaran transaksi yang terjadi saat event PKM berlangsung, karena PKM itu ada kurang lebih 300 komunitas. 
Lanjut lagi tentang isi acaranya, Saya paling suka saat segment sharing cerita inspiratif mengenai mimpi-mimpi dan pengalaman hijrah oleh para guest star. 

Ingrid kansil bercerita kalau dulu sebenarnya dia mualaf, masuk islam diam-diam. dia mempelajari Islam, mengenal dan mau masuk Islam karena dirinya sendiri, padahal orangtuanya non muslim. Mbak Ingrid hidup satu atap dengan keluarga nya yang awalnya menentang dia menjadi muallaf, hidup masing-masing dengan cara dan agamanya. 

Kebayang dong ya, sensi-sensian sama orangtua sendiri, tapi Mbak Ingrid berhasil meluluhkan hati kedua orangtuanya yang akhirnya mereka mualaf juga. Poinnya adalah kalau kita meninggalkan sesuatu karena Allah, Allah akan memberikan yang lebih indah. MasyaAllah ya. 

Dengan begitu, Mbak Ingrid jadi lebih mudah bersosialisasi dan memulai membuka usaha dan membantu para pelaku usaha muslimah yang awalnya jualan di pinggir jalan, sekarang bisa jualan di dalam Mall. Keren IPEMI. 
Gak kalah menginspirasi juga, Syakir Daulay yang punya mimpi besar banget, ya katany akalau mimpi itu harus yang besar-besar, karena kita punya Allah Yang Maha Besar. MasyaAllah

Syakir juga cerita tentang bagaimana orangtuanya mendidik dia sampai dia bisa kayak sekarang, jadi remaja yang meski gaul tetap ngaji dan sholat juga, atau bisa dibilang Syakir ngaji dan sholat gak bolong-bolong, tapi tetap bisa gaul dan bisa terus kejar mimpinya sebagai entertainer yang bersyiar. 

Syakir bilang orangtua jaman sekarang banyak sekolahin anaknya tinggi-tinggi, tapi lupa memperkenalkan anaknya dengan sang pemilik ilmu. Pesannya ke para orangtua muda, kayak saya ini, kenalkan dulu anak sama Allah, sang pemilik ilmu, baru menuntut ilmu setinggi-tingginya. Bentuk dulu aqidahnya, insyAllah kecerdasan mengikuti.

Syakir pun lanjut sholawatan dengan suara merdunya, turun dari panggung dan menyapa peserta sambil tetap nyanyi lagu sholawat bersama, sampai ujung akhirnya dikerubungi mamak-mamak untuk minta foto hahaha.
Di event ini banyak hadiah yang diberikan kepada para nasabah yang membuka rekening CIMB Niaga Syariah dengan nominal 2,5 juta rupiah. 

Hadiahnya tiket nonton konser Noah dan Sheila Madjid di hotel fourpoints yang berlangsung besoknya. Senangnya ya. 

Sebagai penutup acara, Cut mini berpesan ke semua peserta untuk tetap menebarkan kebaikan apapun kondidi yang sedang kita alami, cita-cita dan impian memang harus besar, karena kita punya Allah yang Maha Besar juga, jangan pernah menjauhkan diri dari ibadah, sebab jaman sekarang sudah banyak inovasi dan motivasi yang membuat kita harus makin semangat beribadah. Termasuk berwakaf.
Akhir acara ada dinner sessioan, dan foto bareng tentunya, sambil ngobrol juga dnegan teman-teman komunitas yang sudah lama gak berjumpa dan akhirnya berjumpa di event ini
terimakasih Dream.co.id untuk undangannya dan terimakasih untuk materinya CIMB Niaga 
Semoga kami sebagi umat muslim tidak merasa berat untuk senantiasa beribadah dan tetap berupaya untuk meraih impian-impian kami. 

sampai jumpa di postingan berikutnya
30 comments on "Ngobrol Tentang Berbagi Kebaikan Wakaf Tunai Bareng CIMB Niaga Syariah"
  1. Kenapa acara sekeren ini kagak mampir ke Sby yaakkk

    Edukasi wakaf sangat komprehensif bgt

    ReplyDelete
  2. waaahhh, padahal suamiku kerja di cimb niaga, dan dia ga prnh kasih tau adanprogram sebagus ini di bank nyaa :p. mau dijitak kayaknya :D. Aku juga pgn ikutan kalo bisa wakaf dgn gampang begini mbaa. selama ini aku kira yaaa, wakaf itu ngasih tanah ato rumah utk digunakan org lain misalnya utk mesjid, madrasah dn yg begitu... kalo bisa lwt uang gini, kan lbh gampang dan banyak org seharusnya mampu ngelakuin :)

    ReplyDelete
  3. Acaranya kok bagus begini sih mbak apalagi materinya juga bagus terus ada daulay hehehe

    ReplyDelete
  4. Wah keren sekali acaranya. Semakin gampang buat tetap ibadah yah bisa nabung sekalian wakaf. Luar biasa thank kak infonya.

    ReplyDelete
  5. Bagus banget nih acaranya. Saya jadi tau kalo sekarang CIMB Niaga udah ada yang syariah. Jadinya hati lebih tenang menabungnya ya, bisa berwakaf tunai dengan lebih gampang juga.

    ReplyDelete
  6. Aku punya Tabunganku CIMB Niaga Syariah.
    Acaranya keren ini ya, ada cut mini juga hehe. Edukasi tentang wakaf tentunya bermanfaat sekali bagi teman-teman muslim. Jadi bisa sekalian ini nabung dan berwakaf lewat CIMB Niaga ya.

    ReplyDelete
  7. Yang cerita Mb Ingrid Kansil itu sangat menginspirasi ya. Sedemikian dia hijrah dan justru mengajak orang tuanya.

    Hebat-hebat semua nih bintang tamu yang didatangkan di acara ini. Semoga makin menebar inspirasi untuk berwakaf.

    ReplyDelete
  8. Hidayah tidak pilih kasih ya. Kalau sudah saatnya, tidak hanya Mbak Inggrid, tetapi juga keluarganya turut berhijrah. Alhamdulillah...

    Niatnya mau coba download juga aplikasinya, eh harus punya rekening di CIMB Niaga dulu yernyata ya? Hemmm...

    ReplyDelete
  9. Wakaf sekarang semakin mudah ya. Ada aplikasinya khusus gitu dan minimal saldo mengendapnya juga gak banyak ��

    Btw syakir jadi idola ibu2 juga dong yaa ��

    ReplyDelete
  10. sekarang makin banyak produk bank dan asuransi yang menawarkam fitur wakaf ya, alhamdulillah sih jadi lebih berkah

    ReplyDelete
  11. Mba, foto-foto momen-momen ekspresinya dapat banget ini mba. Seru juga ya kegiatan seperti ini mba. Dukung banget edukasi soal wakaf ini

    ReplyDelete
  12. Wah bintang tamunya semua menginspirasi ya, sepereti kisah Syakir yang gak pernah bolong shalatnya tapi tetap gaul juga. Suka dengan sharing yang menginspirasi seperti ini, jadi bisa diambil hikmahnya

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah yah mbak, sekarang sudah semakin dimudahkan untuk berwakaf, tinggal klik klik via smartphone aja.

    Wah, aku ngefans banget ama Cut Mini nih mbak. Aniwey foto2nya manteb banget sih mbak, kinclong semua :))

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah ikut senang karena wakaf sudah lebih mudah. Btw kak foto2nya bagus2 banget sihh pakai kamera apa ya? Thank you.

    ReplyDelete
  15. Ini bakalan ada di Jogja ga ya. Kaulah aku hahahaha. Aku suka dg perkembangan bank syariah Indonesia DNA ternyata CIMB Niaga unit syariah nya bagus ya

    ReplyDelete
  16. Sejak banyak yang menulis tentang wakaf, saya semakin paham kalau wakaf ternyata bukan sesuatu yang sulit. Gak harus menyumbang tanah atau bangunan. Dengan uang yang dimiliki pun bisa. Insya Allah, jadi amal jariyah

    ReplyDelete
  17. Acaranya seru banget Mbak. Narasumbernya juga bagus semua. Kebayang emak-emak waktu ngerubungin Syakir hihihi, pasti heboh ya.

    Semoga semakin banyak masyarakat yang mau berwakaf ya, karena amalannya bisa terus mengalir meski kita sudah gak ada

    ReplyDelete
  18. Pangling liat mba Cut Mini udah pakai hijab. Wiih bahkan sekarang mau wakaf pun udah bisa secara online ya pakai aplikasi e-salam dari cimb niaga syariah ini. Mana minimal saldonya juga terjangkau, 10 ribu rupiah aja. Aaah senangnya. Ngomong-ngomong aku jadi gagal fokus terus lihat fotonya Syakir. Masyaallah bening, senyumnya manis banget :D

    ReplyDelete
  19. Wah keren. Sekarang berbuat baik sejauh jangkauan jempol aja ya mba. Nice banget. Btw seru ya event disana, venuenya terang jd foto2nya makinnnn bagussss.

    ReplyDelete
  20. Makin mudah berbagi ya Mbak, sekarang.... Semoga manfaatnya pun makin luas terasa ke masyarakat. Aamiin....

    ReplyDelete
  21. Wah Acara as nih ya.. sekarang mau beramal dipermudah banget ya makin banyak yg menawarkan produk spt ini jd banyak alternatif berwakaf nih..

    ReplyDelete
  22. Berasa beruntung saya mba, bisa membaca dan menyaksikan pepotoannya
    Jadi banyak hikmah setelah mengikuti event ini ya Mba, tentang hijrah yang membahagiakan
    Cantik-cantik banget, dresmu lucu banget mba. Gemes.
    Semoga kita selalu dimudahkan dalam kebaikan termasuk berwakaf ya mba

    ReplyDelete
  23. Kini, beribadah semakin mudah dan simpel dengan wakaf tunai CIMB Niaga.


    Baidewei, subway,
    Mba...
    Foto-fotonya keren banget.
    Pengen euy, difoto mba nih
    Biar hasilnya, tjakep!^^


    ReplyDelete
  24. Masyaallah paling menohok dengan pemikirannya Syaqir ya. Bener ceh berasa tertampar loh....maap maap masih kebawa efek baper film dua garis biru. Btw baju ka Qiah lucu deh.

    ReplyDelete
  25. Eventnya seru banget dan bermanfaat yaa

    ReplyDelete
  26. Cimb niaga ini inovatif banget ya produknya bahkan ada wakaf juga

    ReplyDelete
  27. Terus terang aku belum begitu paham memang dengan pengaturan wakaf ini. Kalau ikut acara seperti ini jadi banyak tau yaaa mba

    ReplyDelete
  28. Nabung lebih tenang karena di rekening syariah, mau sedekah pun jadi mudah ya mba pake cimb niaga syariah

    ReplyDelete
  29. Yang berhubungan dengan syariah aku selalu suka mba, hehehe
    sedekah jadi dimudahkan apalagi ada penganturan wakaf, kita jadi lega ya mba
    mengikuti aturan agama gitu. Kalo ada event ini mau ikutan ah, nambah ilmu

    ReplyDelete
  30. Kalau mau wakaf tanah gitu, mesti punya uang langsung banyak, sih. Dengan tunai, bisa mulai sedikit-sedikit.

    ReplyDelete

Auto Post Signature