Memulai Rutin Bersiwak Dengan Pasta Gigi Sasha

31 May 2019

mencoba pasta gigi sasha

Salaam semua
Postingan pertama nih di bulan Ramadan 1440H. Alhamdulillah masih dipertemukan dengan bulan penuh berkah ini. Tahun ke tahun tentunya kita sebagai umat muslim, selalu berharap bisa melakukan perubahan yang lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya ya.

Tahun ini saya sering berkeinginan hadir dibeberapa majelis atau kajian-kajian islam yang ringan. Dan alhamdulillah setiap saya berkeinginan itu, saya akhirnya berkesempatan juga. Misal beberapa waktu lalu saya hadir di event Muslim Festical Makassar yang diadakan komunitas Yukngaji.id di Makassar. 

Saat saya hadir di event itu ada beberapa ustad yang hadir mengisi kajian, banyak banget, dan yang saya hadiri adalah kajian mengenai Hijrah. Di situ hadir seorang aktor lokal, Ikram Nur, dan ustad Adi Wijaya. 

Kesimpulan yang saya dapat mengenai isi materi yang disampaikan mereka, ngasih tau kalau Hijrah itu bukan lagi kita sebut sebagai keinginan, tapi sebuah kebutuhan dan kewajiban tiap umat muslim. Seperti yang sudah dilakukan dan dicontohkan oleh Rasulullah

Hijrah itu gak bisa dilakukan sendirian, sebenarnya, Hijrah harus rame-rame, saling ngajak, saling merangkul untuk bareng-bareng berhijrah. Dan hijrah bukan paksaan, hijrah juga dimulai dari hal kecil dan di lingkungan terdekat kita.

Makna Hijrah 

Hijrah sebagai salah satu prinsip hidup, harus senantiasa kita maknai dengan benar. Secara bahasa hijrah berarti meninggalkan. Seseorang dikatakan hijrah jika telah memenuhi 2 syarat, yaitu yang pertama ada sesuatu yang ditinggalkan dan kedua ada sesuatu yang dituju (tujuan). 

Kedua-duanya harus dipenuhi oleh seorang yang berhijrah. Meninggalkan segala hal yang buruk, negative, maksiat, kondisi yang tidak kondisif, menju keadaan yang lebih yang lebih baik, positif dan kondisi yang kondusif untuk menegakkan ajaran Islam.

Contoh hijrah dalam kehidupan sehari-hari adalah, yang dulunya belum berhijab akhirnya berhijab, yang dulunya berhijab tapi masih suka lepas pasang, akhirnya mantap berhijab paten, yang dulunya jomblo sekarang sudah tidak jomblo lagi. EH! hahaha. Yang penting konteksnya positif ya, kalau karena menikah ya alhamdulillah berarti hijrah. 

Termasuk loh memastikan semua produk yang dipakai untuk tubuh, sudah halal. Seperti halnya makeup kit sehari-hari seorang muslimah, bahan bakunya itu harus cari yang halal. Dan kebiasaan-kebiasaan keseharian kita mulai disesuaikan dengan sunnah Rasulullah. 

Bulan puasa gini identik kan dengan kesehatan dan kesegaran tubuh untuk menjalankan ibadah puasa. Kesehatan perut sampai kesegaran mulut juga harus diperhatikan. Nafas yang segar sepanjang hari bisa didapatkan meski kita berpuasa, caranya dengan cara Rasulullah, Bersiwak. 

Apa dan Bagaimana itu bersiwak?

Dari Hudzaifah ibnul Yaman Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata : “Adalah Rasulullah jika bangun dari malam dia mencuci dan menggosok mulutnya dengan siwak”. [Hadits riwayat Bukhari]

Nah kalau kita baca hadits tersebut, kita jadi ngebayangin siwak itu bagaimana, apakah jaman sekarang masih ada siwak ?
Siwak adalah dahan atau akar pohon Salvadora Persica yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Jelas udah jarang banget dijumpai di tengah masyarakat kita ya, tergantikan dengan sikat gigi biasa. Jadi gimana dong kalau kita pengen mengamalkan sunnah Rasulullah dalam kebersihan dan kesehatan mulut? 

Padahal siwak itu mengandung mineral-mineral alami yang dapat membunuh bakteri, menghilangkan plak mencegah gigi berlubang serta memelihara gusi. 

Pengen dapat manfaatnya, pengen juga memastikan yang kita pakai sebagai gantinya, berbahan dasar herbal, dan Halal. Soalnya kan sebagai ibu rumah tangga, saya yang harus mengajarkan hal-hal dasar yang sesuai sunnah Rasul ke anak-anak saya, ke generasi saya.

Beberapa waktu lalu saya sempat merhatiin feed instagram teman-teman blogger yang lain, pada ngomongin sebuah solusi dari permasalahan yang saya bahas tuh barusan. 

Rupanya, sudah ada pasta gigi pertama di Indonesia dengan Siwak Asli dan Ekstrak Daun Sirih untuk membunuh bakteri penyebab plak dan bau mulut, nafas segar tahan lama. Namanya Sasha Halal Toothpaste. Pasta gigi ini tidak mengandung alkohol dan bahan lainnya yang berasal dari hewan.
Saya langsung kepo dong tentang produk itu, tapi waktu itu pasta gigi sasha ini belum diperjualbelikan di Makassar, saya sempat nyari di beberapa supermarket, belum ada rupanya masih di pulau Jawa aja. Kalau kita pengen, harus melakukan pembelanjaan secara online, dan itu yang bikin saya belum sempat coba waktu itu karena kepikiran soal ongkos kirim juga heehe. 

Nah pertengahan tahun lalu, barulah sasha ini saya dapatin di rak depan indomaret, yeah senangnya. 

Pasta Gigi Sasha, Pasta gigi Pertama Berbahan Herbal dan Mengandung Siwak

Lanjut lagi tentang sasha ini, Selain terbuat dari siwak yang dianjurkan Nabi, 
Pasta Gigi Halal Sasha hadir sebagai wujud komitmen PT Kino Indonesia Tbk dalam mengaplikasikan sistem jaminan halal.

11 kriteria telah dipenuhi oleh Pasta Gigi Sasha ; 
  • bahan, 
  • fasilitas, 
  • produk, 
  • kebijakan halal, 
  • tim manajemen halal 
  • hingga aspek tenaga kerja.
Sertifikasi Halal juga udah langsung dikantongi sejak tahun 2012 dengan nilai “EXCELLENT” dari LPPOM MUI. Alhamdulillah ya. Menurutku ini hal yang luar biasa karena bener-bener diperhatiin semua aspeknya untuk ketenangan konsumen di Indonesia yang mayoritas beragama muslim. MasyaALLAH.

Sasha sendiri ada dua macam varian pasta gigi. 
  • Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial,  Dengan  Siwak Asli dan Ekstrak Daun Sirih, untuk membunuh bakteri penyebab plak dan bau mulut, nafas segar tahan lama.
  • Sasha Toothpaste Whitening, Dengan Siwak Asli, Lemon dan Garam. Memberikan perlindungan ganda dengan membuat gigi tampak putih.
photo from instagram @sashaindonesia
Waktu saya pertamakali mencoba pasta gigi ini, rasanya emang gigi beneran ringan, nafas jadi segar juga, aroma pasta giginya kayak wangi theraphy gitu, trus gak begitu freezy kayak pasta gigi lain, yang agak pedes2 di gusi itu, ya karena ga apakai alkohol kan Sasha ini. Dan saya sukaaa.. Paling juara tuh yang whiteningnya, mau rutin pakainya nih. Produk Halal wajib punya nih di rumah.

Yuk manteman rutin bersiwak, gak ribet lagi soalnya sudah ada pasta gigi HALAL yang mengandung siwak, pasta gigi Sasha, yang sekarang bisa kalian dapatkan di berbagai supermarket terdekat :)

Tetap percaya diri menjalankan puasa dengan nafas segar seharian sambil menjalankan salah satu sunnah yang dianjurakan bersama pasta gigi Sasha Herbal yang mengandung siwak dan daun sirih alami. #WaktunyaHijrah


45 comments on "Memulai Rutin Bersiwak Dengan Pasta Gigi Sasha"
  1. Segar sepanjang hari ya enak setelah pakai Sasha halal bersiwak ini, jadi selama puasa pun gak takut lagi bau mulut

    ReplyDelete
  2. Waaaa, ini sih bahan2nya sesuai dengan sunnah ala Rasulullah
    Makasiiii Sasha!
    https://bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  3. bau nafas segar dengan pasta gigi halal, sasha andalan keluarga

    ReplyDelete
  4. Aku sudah mencoba pakai pasta gigi Sasha ini dan rasanya lebih segar terutama yang rasa siwak

    ReplyDelete
  5. Aku tu pernah makai siwak tapi mungkin krn kurang biasa ya jd gk lanjut. Suamiku yang makai. Aku akhirnya milih makai Sasha soalnya ini pasta gigi yang mengandung siwak asli. Menyegarkan mulut dan bagus buat kesehatan gigi ya insyaAllah

    ReplyDelete
  6. Aku udah pakai dua duanya nih. Fresh banget dimulut dan baru tahu juga tentang siwak yang ternyata bainya khas ya

    ReplyDelete
  7. Aku udah pake pasta gigi Sasha ini fresh banget yah

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah aku make Sasha. Berkah banget make ini, enak seger dan bikin nyaman
    karena ada siwak yang disenangi oleh Nabi kita.

    ReplyDelete
  9. Karena mengandung siwak dan aku juga pakai duka pakai siwak, aku beli juga odol nya sasha yang varian herbal mba. Seger banget di mulut

    ReplyDelete
  10. Wah kebiasaan ibu pakai siwak dirumah sekarang ada alternatif yang lebih praktis. Karena sasha mengandung siwak, bisa saya usulin ke ibu nih supaya pakai siwk di rumah

    ReplyDelete
  11. Terlepas dari banyaknya manfaat, harga Shasa ternyata cukup murah lho. Saya rasanya bakal terus pake Shasa.

    ReplyDelete
  12. Buat yang belum biasa langsung menggunakan siwak, pasta gigi Sasha memang menjadi solusi. Saya paling suka yang putih. Tetapi, pakai keduanya juga cocok

    ReplyDelete
  13. Degan menghadiri kajian kita seperti mengecharge ilmu ya. HIjrah itu kewajiban bukan keinginan ya apalagi yang berkaitan dengan halal wajib banget. Segar ya pakai Sasha terasa di mulutnya

    ReplyDelete
  14. Aku juga udah hijrah pake sashaaa. Kenapa baru tahu ada produk ini ya, padahal udah halal dari 2012. Dan yang lebih nyamannya lagi bisa sekalian nyunnah Rasul karena mengandung siwak asli

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah, saya juga sudah pakai Sasha. Semula whitening dan sekarang herbal. Bagus juga pilihan jenisnya, menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin hijrah secara menyeluruh.
    Sasha nyaman dipakai. Bikin segar dan tidak pedas. Anak saya juga suka. Sasha sahabat keluarga.
    Selamat pakai Sasha juga, ya. Senang sudah ada di Makassar. Semoga masuk pasar di seluruh Indonesia.

    ReplyDelete
  16. saya pernah dengar cerita dari salah seorang teman kalo kita emang disunnahkan memakai siwak untuk membersihkan gigi ya. bagus deh sekarang sudah ada pasta gigi yang bersiwak, jadinya ga susah lagi nyari2 siwak nya kan

    ReplyDelete
  17. selama ini aku pake yg herbal, dan sukaaaaaak banget. udh ga pgn gonta ganti pasta gigi lg deh, sasha ini aja. sblm sasha kluar, aku sempet penasaran gmn cara pakai siwak itu. secara pas umroh ini mah banyaaaaaaak bgt yg jual. tp kan kayak batang kayu gt yaaa. msh blm kebayang caranya bersihin gigi hihihihi.. tp kmudian nonton di yiutube, jd ngerti cara pake siwak. tp aku msh blm tertarik pake siwak yg beneran krn repooot hahahahah.

    untung skr ada si sasha ini, jd msh ttp bisa bersiwak, dgn cara gampang :D

    ReplyDelete
  18. Mba, aku jadi pengin pake nih setelah baca postingan Mba Qiah ini. Seger banget ya tentunya tanpa ada sensasi celekit di gusi karena non alkohol. Alhamdulillah ya mba sekarang sudah ada pasta gigi halal gini.

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah..bersiwak kini makin mudah dan praktis dg Sasha y mba..

    ReplyDelete
  20. Mengikuti sunah Rosul jadi lebih mudah dengan Sasha ya...
    Gak perlu mencari batang siwak, cukup pakai Sasha saja.

    ReplyDelete
  21. Selain menjaga kebersihan gigi dan mulut, menggunakan pasta gigi Sasha ini juga sekaligus melaksanakan Sunnah Rasulullah ya

    ReplyDelete
  22. mau dong pasta giginya, aku penasaran nyoba nih, semoga anakku yang ga doyan pake pasta gigi juga suka

    ReplyDelete
  23. pasta gigi yang oke banget sudah menyegarkan dan halal pula. Seru banget ya bisa memiliki pasta gigi ini.

    ReplyDelete
  24. Untung sekarang dah ada versi pasta gigi. Ingat dulu pernah coba yg asli aku ga cocok, baunya terlalu menyengat untukku, terus rasanya aneh. Kalau sasha kan dah dimodifikasi dan harumnya pas

    ReplyDelete
  25. Yuhuuu sekarang emang udah waktunya hijrah ya mba. Bisa mulai dari mana saja, termasuk mengganti pasta gigi yang berkandungan (yang klaimnya) bagus dan halal.

    ReplyDelete
  26. ini sih pasta gigiku, Mbak. Aku udah pakai Sasha dari tahun lalu. Awalnya coba-coba eh ternyata cocok.

    ReplyDelete
  27. Iya...
    Ummat Islam Indonesia itu ibarat buih di lautan. Ringan dan cepat menghilang meskipun banyak.
    Salah satunya karena hijrah sendirian.

    Semoga dengan tulisan ini, kita bisa mengajak pembaca untuk hijrah bersama menggunakan produk halal, Sasha pasta gigi Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sasha bikin hidup menjadi lebih berkah, karena menggunakan produk yang terjamin kehalalannya.
      Barakallahu fiik~

      Delete
  28. Aku juga pakai Sasha yang herbal 😄 alhamdulillah rutinitas sikat gigi jadi lebih bermakna yaaa kalo ngikutin sunnah Nabi

    ReplyDelete
  29. Enak banget pake Sasha. Mulut jadi segar dan wangi segar. Aku juga sudah cobain.

    ReplyDelete
  30. aku juga suka dengan Sasha kak, enak banget dipakenya. Mulut terasa enteng. Btw, aku salfok sama foto kak kia disini, berasa ngeliat anak ABG hehehhe

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah ya, memulai bulan ramadan dengan sebuah kebiasaan baik. Semoga terus berlanjut di hari2 berikutnya.

    ReplyDelete
  32. Wah asuik banget zaman skrg tuh pasta gigi halalnya sdh banyak alternatif ya..

    ReplyDelete
  33. karena udah sering baca review sasha, akhirnya sore tadi pulang kerja aku mampir beli serasa dihipnotis ambil sasha tapi aku ambil yang varian whitening eh lagi diskon pulak senengnya :p

    ReplyDelete
  34. Harus dicoba nih karena halal dan siwak kan memang bangus banget buat gigi. Thank you review-nya mba.

    ReplyDelete
  35. Aku juga udah pake Sasha, Mbak. Iya ga terlalu pedes ya. seneng deh bisa dpt manfaat siwak

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah semenjak ganti pasta gigi yang ada kandungan siwaknya ini aku jadi bahagia mba, hehehe merasakan beneran hijrah

    ReplyDelete
  37. Siwak ternyata oke bangeet untuk kesehatan gigi dan gusi kita ya mba.. aku sudah pakai kedua varian ini juga

    ReplyDelete
  38. Padahal siwak ini udah ada dr kapan2 ya mba. Sekarang brand udh lbh bisa mengolah n manfaatnya banyak unt kita. Nice bgt 😍

    ReplyDelete
  39. Bener banget ka Qia, akupun pakai pasta gigi sasha.. InshaAllah lebih percaya diri dengan nafas segar seharian sambil menjalankan salah satu sunnah yang dianjurakan ya ka yaitu mengandung siwak dan daun sirih alami.

    ReplyDelete
  40. Lihat foto-foto kak Qiah di postingan ini imut banget kayak abege, alhamdulillah, saya juga kemarin udah beli psta gigi sasha, ikutan kak Qiah pakai pasta gigi halal

    ReplyDelete
  41. Aku pun pakai sasha yang emas di rumah. Enak banget bikin gigi kesat dan wangi seharian. Plus selama puasa kemarin kok ya nggak bau lho mulutnya.

    ReplyDelete
  42. Alhamdulillah skrg bersiwak jadi tenang karena ada produk halal Sasha yg bisa kita pakai. Pengin nyari Sasha ini.

    ReplyDelete
  43. Aku mulai rutin juga pake sasha. Malah kusimpan letaknya supaya ga dimainkan ama anak2 di wastafel. Sebab enak dan segar rasanya

    ReplyDelete

Auto Post Signature