Asokanori Makassar Restoran Jepang Olahan Lokal Dengan Bahan Alami

08 December 2018
Salam semua, 
Udah pada tau semua kan ya kalau saya tuh love banget sama makanan jelang dan korea, kayak shabu-shabu dan yakiniku. Di Makassar sendiri banyak restoran jepang dan korea, Nah for the first time in my home town nih, ada restoran yang menyajikannya dengan olahan bahan-bahan lokal. ini bukan frenchise dan cabang-cabangan resto dari kota lain, bukan.

Asokanori namanya. Terletak di jl tupai no 36 Kota Makassar. Dari depan, plang nama nya sudah huruf Jepang di shape bulat berwarna merah, sebagai logo restonya. Pintu masuknya lewat samping, kita harus melewati koridor menuju pintu masuk, memenuhi banget salah satu ciri rumah Jepang yang dinamai Genkan, genkan adalah tempat dimana orang melepas sepatu mereka. Ketika mereka melepaskan sepatu mereka, orang-orang melangkah naik ke lantai yang lebih tinggi dari genkan. Seperti itu juga kalau kita masuk ke Asokanori, naik ke dalam jadinya. 

Tembok-tembook di koridor itu banyak mural rumah adat jepang dan diatasnya bergelantungan Japanesse wooden lamp yang putih dan cantik-cantik. Saat sudah di dalam, kupikir restorannya akan bernuansa remang-remang kayak restoran Jepang pada umumnya, tapi ini nggak loh, ini terang, shining tapi tetap terasa hangat, warm karena furniturnya yang berwarna kuning kayu yang lembut. 

Saya telat datang, karena macet loh ya bukan karena saya kelamaan dandan dan keluar dari rumah, gak dong, teman-teman blogger yang janjian bareng, sudah pada duluan hadir di sana dan sudah mencicipi menunya. 
Saya langsung menyapa Ibu Ida Noer Harris, sang owner dari Asokanori Resto ini. Yang sering baca blog saya pasti tau kalau saya nge fans banget sama beliau, seorang women empowering, woman preneur yang luar biasa semangatnya dalam memotivasi perempuan-perempuan lain untuk berwirausaha, dan mewadahi mereka semua di Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia, regional Makassar. 
Saya beruntung bisa kenal beliau, dan bersyukur sekali, beliau juga sudah mengenali saya sebagai seorang blogger. Terharu banget. Beliau mempersilahkan duduk, di Meja yang disediakan sudah ada akebonno, nama perlengkapan makan seperti piring, gelas, sumpit, mangkuk yang berwarna hitam-merah, dan juga ada kompor di tiap meja order. 

Suasana Restoran Asokanori Makassar

Ruangannya luas tapi padat. Ada 4 sofa set, dan 6 set meja untuk berempat dan 2 buah meja bar untuk ber4. Melirik ke atas, dilangit-langit banyak origami putih yang menggantung cantik dan manis. Origami ini dibuat langsung oleh Ibu Ida, ada mural tulisan jepang di temboknya yang bisa kita jadikan spot foto keren.

Otentik banget suasana jepangnya karena banyak lampion yang menggantung dengan huruf-huruf Jepang. Katanya semua printilan jejepangan ini dibeli langsung dari Jepang oleh Ibu Ida. Beliau sering ke Jepang untuk urusan bisnis juga. 

Ada ruangan VIP nya juga, berpintu shoji, pintu kayu yang digeser. Ada tatami, alas untuk duduk, nuansanya ceritanya lesehan, bisa untuk 10-20 orang untuk ruangan VIP. 

Restoran Asokanori ini buka minggu lalu, yang awalnya dulu sejak bulan Maret 2018 sudah ada online atau delivery ordernya. Namanya dulu itu Dapur Asokanori, homemade Japanese cuisine yang menggagas konsep yang baru pertama kali ada di kota Makassar, kita bisa pesan makanan jepang yang dimana tim dari dapur asokanori ini mengantarkan Yakiniku dan Shabu-Shabu lengkap dengan kompor portable, peralatan makan sampai sumpit, ke meja makan di rumah pemesannya.

Gak nyampe setahun, restoran Asokanori akhirnya buka, karena permintaan pelanggan online yang terus membujuk Ibu Ida untuk membuka restorannya biar mereka bisa menikmati makanannya langsung di restoran. 

Salut banget, bulan Maret hanya online dan delivery, kemudian di bulan Desember awal sudah berdiri nih restorannya. Takjub saya sama Ibu ida yang super kreatif dan perfectionis sampai detail interior restoran juga diperhatikan dengan baik. Semua pelatakan juga Ibu Ida sendiri yang menghandle.

Ibu Ida juga berterimakasih ke pelanggan dapur asokanori online, karena mereka lah akhirnya restoran ini ada. Karena kalau tidak melihat ekspektasi pelanggannya, Ibu Ida juga ga akan semangat untuk membuka restoran ini. Karena Ibu Ida ini gak punya baground masak memasak, Ibu Ida seorang designer fashion, jadi beralih ke food karena hobi masaknya di apresiasi para pelanggan dapur asokanori ini. 

Menu Yakiniku Restoran Asokanori Makassar

Nah selanjutnya nih kita bahas menunya dong. Sebelumnya kita udah tau pasti ya makanan khas Jepang itu apa aja, nah hampir semua makanan khas jepang itu ada di menu Asokanori restourant. 

Saat diminta duduk, saya sudah akan disajikan paketan yakiniku oleh staf pelayan restoran yang ramah. mereka akan ada terus tak jauh dari meja kita untuk gerak cepat melayani. 

The most menunya adalah Yakiniku,  kita bisa memilih sendiri jenis daging mentah yang diingini, satu per satu menurut jenis atau satu set daging di dalam piring. 
asokanori
Saya diberikan set paket yakiniku yang berisi dua jenis daging sapi, sosis sapi, dan daging ayam.  Kemudian nasi pulen, ocha tea, dan saos marinated, tambahannya bawang putih cincang dan irisan cabe/cengek. 

Kita dipersilakan memanggang sendiri dagingnya, bisa juga sih dibantuin. Alat pemanggang daging ada di meja pengunjung, sebelum dimakan, daging dicelup ke dalam saus yang disebut tare. Saus tare mempunyai 2 jenis yaitu niku tare (saus berwijen) dan soto tare (saus tidak berwijen). Suprisednya nih ya saos ini racikan dari Ibu Ida sendiri loh.

Saya suka seasoningnya, rasanya pas aja gitu di lidah saya meresapnya, biasanya saya dapat saos yang kalau gak asam, agak asin. Nah racikan Ibu Ida di Asokanori ini bedaa, pas banget. Enakkk. Untuk dagingnya pun potongannya gak pelit, atau tipis-tipis banget, agak tebal, panjang dan empuk bangettt. 

Dagingnya ini Ibu Ida Impor dari New Zealand, Australia dan Amerika. Pilihan daging bagian atas yaitu sinderloin, tenderloin, dan wagyu, yang rasanya empukkkk bangett, saya pecinta daging jadi tau banget mana daging yang empuk dan kenyal biasa huehehehe, karnivora woman. Top banget.

Saat dipanggang, kita gak perlu menunggu lama, alat yang digunakan di sini juga bagus dan matangnya cepat, aromanya menggiurkan, saya yang kelamaan di kemacetan langsung memanggang yakiniku set yang sudah disajikan untuk saya. Rasanya nyessssssss lapar hilang, kenyang dengan hati yang senang karena makannya nikmat dengan suasana yang fresh pula. 
asokanori makassar
asokanori makassar

Sushi dan Udon di Asokanori Makassar

Setelah kenyang menikmati yakiniku set, saya disajikan lagi sushi set nih. Siapa yang penyuka sushi? langsung cuss deh ke Asokanori. Sushi pesanan kalian akan disajikan dengan cantik-cantik, lucu menggemaskan dan tentunya enaaaaaak! 

Set suhsi ini macam-macamnya adalah :
  • Black Caviar + Telur Ikan Hiu.
  • Cavier dengan citasa Wasabi.
  • Ikan Tua Mentah
  • Belut Jepang + Telur Ikan Terbang + Keju 
  • Timun, Wijen Sushi
Sekali buka mulut, hap lagsung satu potong sushi, sambil mengunyah sambil merasakan sensasi paduan bahan-bahan di dalamnya. Untuk sushi ini masih menggunakan mirin, tapi kata Ibu Idha Asokanori akan sedang berusaha untuk mencari pengganti mirin, beliau sudah melakukan uji coba meracik mirin sendiri agar sushinya tetap terjamin enak, dan dipastikan Halal, karena Asokanori ini sama sekali tidak menyediakan alkohol ya. Hanya minuman-minuman segar, dan aneka juice. 

Untuk Udonnya sendiri saya belum mencoba sih, tapi teman-teman blogger yang hadir juga sudah mencoba Udon dan Shabu-shabu nya yang katanya kuahnya sedap. Saat sesi bincang-bincang dengan Ibu Ida, kuah shabu-shabu dan udon itu bahan-bahan alami dan lokal juga loh, dari rumput laut dan abon ikan cakalang/tongkol.  
asokanori makassar
asokanori makassar

Menu Lokal dan Dessert di Restoran Asokanori Makassar

Yang gak ketinggalan takjubnya saya ini ternyata di Asokanori ada menu lokal juga loh bukan cuma pure japanesse food. Ada dange bakar yang bisa disajikan bersama-sama dengan yakinuiku tadi, bisa dipanggang bareng. Dange ini makanan khas dari Enrekang, seperti keju daerah gitu, nama sajiannya itu Tropical Chesee salah satu menu andalan juga di Restoran Asokanori.

Cara penyajiannya tuh dipanggang dengan saos yakiniku tadi, lalu bisa dimakan bareng dengan daging atau makan tersendiri, pasti lumer banget di mulut nih, kalau next time ke asokanori saya mau pesan ini. penasaran sama kelezatannya. 

Setelah makan berat, kita disajikan dessert, ice cream matcha yang enak dan seger banget. Katanya untuk dessert di Asokanori ini akan seasonal, akan musiman. Jadi kalau musim hujan, dessertnya akan beda lagi, summer, beda lagi ahhhh bikin penasaran kira-kira kalau datang lagi , deseert nya apa lagi ya menunya. gemeshh. 
asokanori makassar

Harga Menu Restoran Asokanori

Soal harga gimana nih? penasaran ya daritadi. Harga di restoran Asokanori ini pada umumnya sama dengan harga resto Jepang kebanyakan, tapi menurutku ini worth it aja kok dengan rasanya dan kualitasnya, apalagi untuk masyarakat Makassar sendiri yang butuh banget taste lokal. 

Yakiniku set IDR 125.000,-  bisa berdua porsinya
Sushi Set IDR 250.000,- bisa sampai 4 orang 

Untuk Promonya sampai akhirn tahun nanti, akan ada promo khusus untuk para pekerja profesi, seperti PNS, Lawyer, Tenaga Medis, dan pelajar. Selama opening ini juga akan diskon 10% untuk menu yakiniku dan shabu-shabu setnya. 

Selengkapnya kalian bisa cek instagramnya @asokanori untuk update menu dan promonya. 
asokanori makassar
asokanori makassar
 Foto bareng teman-teman blogger di Makassar
ini semuami ini blogger hits di Makassar nah ;) hehuehueh cek mi tulisan-tulisannya mereka dong
sampai jumpa di postingan selanjutnya 

40 comments on "Asokanori Makassar Restoran Jepang Olahan Lokal Dengan Bahan Alami"
  1. Saya suka banget lho dengan interior dari Asokanori ini, so light and clean. Suasana Jepangnya dapat banget! Dan saya baru lihat dekorasi yang di plafond itu unik banget, itu apa ya? Origami berbentuk burung atau apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak itu origami ada bentuk burung ada juga bunga lipat

      Delete
  2. Aduh mbaaa, ngiler banget.
    Aku lagi rasan-rasan kemarin pengen makanan kayak gini karena sering nonton film hahahha jadi beneran pengen. Di Comal belum ada nih kayak di Makassar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. huehhehe iya yaaa , ayo mbak kalau jalan2 ke makassar nanti mampir ya

      Delete
  3. Ya Allah sukses ngiler aku Mbak. Bebakaran daging gitu , harganya juga termasuk murah menurutku. Di Jogja shabu-shabu aja 120ribu/orang lho

    ReplyDelete
  4. Wah, kapan ya asokanori sampai ke Jogja. Udah cleguk cleguk aja liat foto fotonya. Tempatnya juga rapih dan bersih banget ya mba

    ReplyDelete
  5. Astaga, Kendari kapaaan? Pengenta juga.. #Mupeng.. haha

    Salah saya BW sepagi ini, perut langsung berontak. Btw, background ownernya kece sekali, dari Fashion designer merambah ke masak-memasak.. Dehh.. Kerennyaahh..

    ReplyDelete
  6. Anak-anakku yang suka makanan Jepang dan Korea. Aku doyannya kalo udah dibakar kayak itu. Kalo daging mentah dicelupkan di kuah panas, aku gak suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. huehhehe mbak berarti gak suka shabu2 ya kurang menyerap ya di lidah hhihehe

      Delete
  7. Belum ada cabang di Jakarta ya? Jadi ngiler liat foto-foto makannya yang ciamik.

    ReplyDelete
  8. Mantap banget ini resto, instagrambale dan cocok untuk nongki cantik �� yes ada diskon akhir tahun, bisa direkomendasikan sama tmn2 ini, cocok di kantong harganya ��

    ReplyDelete
  9. wuih mba mantul ini sih jadi pengen cobain :) ngiler deh lihatnya

    ReplyDelete
  10. Iya ya Mbak, interior restonya cantik, dan bikin betah. Saya suka sama bagian langit-langitnya. Btw ownernya keren juga ya Mbak. Backgroud awalnya fashion designer, eh pindah haluan jadi pengusaha kuliner.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak sebenarnya gak pindah haluan, cuma memang Ibu ida tuh suka di dapur juga jadi sekalian deh ,

      Delete
  11. Nah, yang bikin saya tertarik itu pengen cobain rasa dange. Karena kalau kuliner Jepang di Jakarta udah banyak dengan rasa yang juga enak. Tapi, gak ada nih yang unik pakai dange begini :)

    ReplyDelete
  12. Bagus ya interior restonya sama kayak di Jepang..Makanannya juga bikin lidah bergoyang euy .

    ReplyDelete
  13. Restonya cakeep..eh saya tuh blom pernah nyobain makanan Jepang..hehe..bisa masuk g ya ntar? Hehe..

    ReplyDelete
  14. Waaah blogger hits Makassar pada kumpul dan menikmati makanan Jepang yang memang juaraaa. Aku suka sashimi dan shabu-shabu jugaaa

    ReplyDelete
  15. Nelen ludah aku akakakakka

    Restonya instagramable banget itu mba. Mbetahi banget

    ReplyDelete
  16. Suasananya udah Jepang banget ya mbak, enak buat tempat ngumpul2 atau akan sama keluarga. Anakku tuh maniak banget sama makanan Jepang & Korea

    ReplyDelete
  17. Yeaaay, pecinta makanan Jepang pasti senang banget ya ini dengan kehadiran resto satu ini. Menunya juga variatif banget yah.. Kereeenn deh Makassar :)

    ReplyDelete
  18. Interiornya cantik, menunya keliatan enak-enak. Pasti betah makan di sini yaa mba.. apalagi kalau sama temen2 sefrekuensi :)

    ReplyDelete
  19. Mba foto2nya sangat menggoda nih :(
    Interiornya bagus banget, apalagi makanannya udh disesuaikan lidah Indonesia ya, sayang jauh.

    ReplyDelete
  20. Makasar ini daerah timur Indonesia yg sangat maju y
    Enggak cm untuk masalah fasilitas uumum tp kuliner juga

    ReplyDelete
  21. Aku kan jd mupeng pingin tau sensasinya yakiniku pake keju lokal. Pasti mantap deh

    ReplyDelete
  22. Keluargaku suka makanan Jepang, dan agak susah nyari restoran Jepang yang halal di Jogja

    ReplyDelete
  23. Yuhuu bertambah lagi tempat makan baru kalau pulangka ke Makassar
    Pasti senang sekali adekku kalau diajak kesini

    ReplyDelete
  24. Aiiihhh senengnya ya ada yang sedia sushi, yakiniku set dan juga udon berbarengan. Biasanya hanya menonjolsatu menu yg lain sampingan ya....

    ReplyDelete
  25. Kalau aku malah kurang suka makanan Jepang dan Korea mbak..aku suka nya makanan Thailand :)

    ReplyDelete
  26. Pagi-pagi udah liat sushi duhh jadi pengen makan sushi. Btw interiornya Jepang smaa Korea banget ya.

    ReplyDelete
  27. wah, aku suka banget makanan jepang dan korea. tapi tanpa ikan ya...hehe.

    ReplyDelete
  28. Sudah halal ya mbak makanan jepangnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pads dasarnya aku suka makana jepang selama dia sudah ada kepastian halalnya

      Delete
  29. Wah bisa jd wish list untuk akhir pekan bersama suami dan anak".

    ReplyDelete
  30. Tambah banyak dibaca ulasan Asokanori saya jadi semakin laparrr. Insting carnivora woman langsung tergerak memcari pemuasan. Yuuk kapan niih Sombere lunch bareng disiniii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhahahahhaah karnivora woman rawwrrr
      ayo deh again again ga bosan ja hahhay

      Delete
  31. Saya juga suka dagingnya, empuk sekali biar nda terlalu lama dibakar. Ditambah sausnya juara rasanya... Mauka coba shabu-shabu sama udonnya deh kalau ke sana lagi...

    ReplyDelete

Auto Post Signature