Girls In Tech : Womanpreneur Digital Acceleration 2018 Kota Makassar

23 November 2018
Salam semua
Bulan Oktober lalu, tepatnya tanggal 20, saya dan teman-teman menghadiri event digital marketing yang diselenggarakan oleh Female Geek Indonesia chapter Makassar. 
Jadi ini tuh sebuah program yang diinisiasi oleh Girl in Tech Indonesia yang didukung oleh Facebook #SheMeansBusiness. Nah Girls in Tech ini meminta bantuan penyelenggarannya ke Female Geek Makassar.

Di Makassar sendiri ada komunitas IT khusus perempuan, id di instagram tuh @femalegeekmakassar. Komunitas ini ada karena sinergi dari PHP Indonesia sebagai salah satu komunitas IT terbesar di Indonesia. FemaleGeek PHP Indonesia adalah salah satu komunitas yang terdiri dari perempuan-perempuan "STRONG" yang cinta dan bergelut dalam bidang IT. Komunitas ini diprakasai oleh perempuan-perempuan aktif yang berkecimpung dalam dunia IT yang sudah ada sejak tahun 2016, keren yaaa... perempuan-perempuan IT hehe. 

Nah event ini namanya Womanpreneur Digital Acceleration yang mengadakan kelas digital marketing di 3 kota besar, yaitu Jogjakarta, Bali dan Makassar dalam bentuk setengah hari workshop. Ya mulai jam 09 pagi sampai jam 17.00 sore. 

Jadi kita ngapain aja selama setengah hari itu? 
Bertempat di Hotel aston, ruang seminarnya, ada banyak womanpreneur yang hadir waktu itu, mereka daftar lewat link yang di share di akun Female geek dan Girls in Tech itu, saya juga ngeshare link pendaftarannya, dimintai tolong oleh mbak Fina dari Girls in Tech untuk mengundang atau mengajak teman-teman blogger dan temen yang punya usaha atau bisnis. 

Kelas itu dibuat khusus untuk perempuan yang ingin memulai bisnis mereka atau yang sudah punya bisnis pengen lebih mengembangkannya lagi. 

Sejak awal konfirmasi pendaftaran kami diminta untuk membawa laptop, karena pelajarannya via sharing modul di link yang dibagikan saat kelas dimulai. Bener-bener IT deh ya hehehe belajar digital akses semua.

Nah pertama itu kita buka link yang di share, sebenarnya bisa pakai hape tapi buka pakai laptop lebih enak. Kita membaca modul materi sembari trainer menjelaskan satu persatu. 

Kita mengetikkan Url dan langsung masuk ke sebuah platform yang sudah dikurasi khusus untuk kebutuhan pemilik bisnis. Isinya tentang pemasaran digital berbasis Facebook dan Instagram.

Kita bisa memilih topik yang kita inginkan untuk terlebih dahulu dipelajari, lalu ada kuis di dalam beberapa modul pelajaran itu dan juga link menuju best study case di facebook dan Instagram. Pokoknya e-learning ini keren banget heheh saya baru pertamakali ngikutinnya.

Nah saya mau share nih poin penting dalam menajalankan bisnis melalui Instagram, apa aja itu? 
  • Menggunakan Insatgram bisnins profil, instagram fo business. Kenapa? biar gampang dapat insight data biar kita tau kapan waktu dan sasaran yang tepat untuk memulai bisnis itu, selain itu, bisa langsung terkoneksi ke facebook page.
  • Perlihatkan Profil kita. Fokuskan informasi instagram profile pada unieq selling proposition brand kita. Gunakan juga link di dalam profiel instagram untuk kepentingan marketing, kita bisa mengganti tujuan link berdasarkan kebutuhan, ke website kah atau ke ecommerce lain.
  • Gunakan Hastag. Untuk meningkatkan bisnis, ini wajib loh, bukan cuma di postingan tapi juga di profile bio. hastag yang digunakan harus tepat sasaran jangan kebanyakan tapi sasaran gak jelas. hastag utama yang sebaiknya digunakan ketika membahas mengenai produk ialah hastag #yourbrandname ya nama brand, dan hastag popular yang berkaitan dengan produk. 
  • Pembuatan Konten. Buat konten yang merepresentasikan brand yang kita miliki. kita bisa menawarkan bentuk konten 
    • behind the scene, bentuk konten BTS ini membawa audience mengenal lebih jauh mengenai brand dan bagaimana produk di produksi.
    • Collaboration Konten. Kalau konten bentuk ini bisa membangun kolaborasi dengan pemilik akun brand ain yang menunjang brand yang kita miliki.
  • Analisa Kesuksesan. Pastikan kita terbiasa untuk melakukan analisa data untuk mengukur effort digital yang sudah kita lakukan. 
Sedangkan hal menarik yang perlu kita perhatikan untuk beriklan di facebook adalah :
  • Kita harus tau tujuan marketing. Untuk memilih digital marketing yang efektif, kita harus tau tujuannya. Apakah awareness, apakah download apps, apakah engagement atau conversation. Masing-masing akan memiliki cara marketing yang berbeda juga loh.
  • Pengetahuan tentang target market. Kepada siapa kita berkomunikasi? Ini cukup krusial untuk kita mengerti untuk bisa merasakan pesan yang tepat untuk mereka. Di dalam facebook sendiri, nantinya kita dapat menargetkan pada target market inti, target market yang serupa ataupun melakukan penargetan pada target market khusus.
  • Jangan takut mencoba. coba untuk melakukan optimasi atau perubahan berdasarkan perfimra yang kita pantau. baik dari sis materi, konten, ataupun iklan yang kita lakukan dalam facebook. 

Setelah agak serius belajar itu, sharing dan tanya jawab, ada yang menarik di acara itu, kita diminta menuliskan tentang inspirasi bisnis kami masing-masing di kertas yang kemudian dikumpul dan siapa yang ceritanya paling inspiratif dapat hadiah ehheheh. 

Ada beberapa teman yang dapat hadiah, termasuk Nunu yang berbisnis Makeup Artist, Widewi yang berbisnis wadrobe muslimah. Ada juga aisyah yang persis saya, sering dicibir tidak mampu menggeluti bisnis fotografi dan design grafis karena kita perempuan. Padahal mereka salah besar, justru kalau perempuan berhasil, semua pasti menang. hehehe #SheMeansBusiness. 



19 comments on "Girls In Tech : Womanpreneur Digital Acceleration 2018 Kota Makassar"
  1. dari judulnya aja udah kebayang gimana woman rules the world banget ya. jaman sekarang perempuan juga harus melek digital dan menguasai beberapa teknologi buat jadi womanpreneur

    ReplyDelete
  2. Wah, seneng banget deh kegiatan di Makassar banyak ya. N sharing spt ini bikin kita jadi makin pinter ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku udah searching2 event digitalisasi huehuehueheuheue

      Delete
  3. Waah acaranya bagus banget kak. Kok jakarta enggak masuk yaaa 😂😂 pengen ikutan juga deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jakarta ada loh malah puncaknya bikin event banyak2-banyak mereka tuh programnya

      Delete
  4. Seru acaranya Kaak, dapet banyak ilmu dan jadi terinspirasi plus termotivasi pastinya yah. Bisa diterapin ke blog juga ilmunya nih :D

    ReplyDelete
  5. seru yaa! belajar banyak tentang marketing digital, di jakarta sering ada acara sejenis tp aku blm pernah ikutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ikutan mbak di jakarta pasti lebih seru lagi

      Delete
  6. Seru bgt deh women empowering kayak gini!! Banyak dpt insight baru, relasi, networking ilmu baru. Lengkap yahhhh kak!

    ReplyDelete
  7. Seru banget pasti kalau ketemu sama yang sama-sama geek yah. Bisa ngorek bareng!

    ReplyDelete
  8. Keren banget event ini, sebagai bukti majunya perempuan sekarang. Tapi koq saya gak ikutan yaa waktu itu?

    ReplyDelete
  9. Senang sekali bisa ikutan acaran ini. Banyaknilmu yg bermanfaat yg kita dapatkan khususya dalam pemanfaat digital untuk bisnis.

    ReplyDelete
  10. Hashatag juga perlu ditulis di bio. Oke, noted. Ternyata ngaruh di' buat bisnis. Sayangnya saya nda bisa ikut event ini karena ndada laptopku. Mudah-mudahan bakal ada lagi dan sa bisa ikut deh...

    ReplyDelete
  11. Bagusnya di acaranya, sayang saya tidak ikut padahal mau juga belajar. Semoga di even selanjutnya.

    ReplyDelete
  12. Ooo Girls in tech ini komunitas yang diprakasai oleh perempuan2 yang berkecimpung di dunia IT. Leh uga nih ikutan komunitas ini, bisa belajar coding dan optimasi sosmed. Ku suka lihat style qiah kalau datang ke event selalu menyesuaikan dengan acaranya, #patutdicontoh.

    ReplyDelete

Auto Post Signature