Orangtua Cerdas Bergaya Hidup Digital, #GoForIt Aja!

11 October 2015

Teknologi adalah segala sesuatu yang mempermudah kehidupan manusia bukan? 

Dampak teknologi, secara positif tentunya dapat membantu bidang-bidang kehidupan manusia jadi lebih praktis, efektif dan efisien. Kalau kita mempergunakan peralatan teknologi secara efisien dan benar, maka bukan hanya uang yg bisa kita hemat, tetapi juga waktu dan pencapaian kualitas terbaik yg kita dapatkan untuk diketahui banyak orang. Dengan teknologi pula, ramai orang akan melihat bisnis kita yg sedang berdiri tegak dan itu jelas! Kalau tidak punya website, tidak punya blog, tidak punya instagram ataupun akun sosial media lainnya, ya jangan heran kalau menjadi terbelakang!

Jaman sekarang siapa sih yang gak pakai media sosial untuk berintraksi menjalankan kehidupannya sehari-hari? baik itu dalam bidang pekerjaan atau kehidupan pribadinya. Sungguh rugi sekali loh. Disamping kita harus punya sosial media untuk terhubung, yang paling penting kita harus smart menggunakannya. 

Mungkin kalau untuk pebisnis, sosial media memang penting demi keperluan promosi usaha barang atau jasanya. Nah kalau hanya sebagai Ibu Rumah Tangga, atau suami saya yang hanya sebagai Pegawai Negeri Sipil, apa pentingnya sosial media? Penting banget lah! Kami kan sudah jadi Orang Tua yang memiliki dua orang anak yang sedang dalam masa usia emas. Sebagai Orang tua. menurut saya sangat penting untuk ikut berperan aktif di era digital ini. Aktif sebagai pengguna. Bergaya hidup digital. #GoForit aja deh pokoknya. Kenapa? 


1. Untuk Mengetahui Segala Informasi Penting


Walaupun kita bisa dapat informasi dari media lain, tapi media sosial adalah salah satu cara untuk mendapatkan informasi teraktual. Lewat media sosial kita diberikan kemudahan untuk mengakses berita-berita termasuk berita yang baru saja terjadi. Utamanya bukan hanya itu saja, informasi umum lainnya juga kita bisa dapatkan lewat media sosial. Seperti informasi tentang artikel kesehatan ibu hamil, informasi rumah sakit bersalin, tumbuh kembang bayi, Nutrisi dan gizi, atau forum bincang-bincang pediatric (dokter specialis anak) biasanya semua itu di share dan didapatkan di twitter, facebook, blog. maupun media sosial yang lain. Nah! Dengan mempunyai media sosial orang tua tidak perlu khawatir jadi orang tua yang ketinggalan jaman, karena kita bisa up to date dan mengetahui perkembangan dunia.

2. Untuk Komunikasi dan Perluasan Jaringan Pertemanan


Seperti namanya, media sosial memang merupakan salah satu sarana untuk bersosial atau bergaul, kita bisa ngobrol, maupun men-share sesuatu dengan teman, dan kita bisa jadi tau lebih banyak mengenai teman itu. Bukan itu saja, kita juga bisa bergaul dengan orang-orang baru, karena di media sosial ada bermacam-macam orang dari berbagai kalangan, yang dimana kita bisa mendapatkan inspirasi atau pengetahuan baru darinya. Misalnya saya yang suka nge-blog, sejak join di Kumpulan Emak Blogger, Indonesian Hijab Blogger, Urban Mama Blogger, dapat merasakan banyak sekali manfaat untuk saya terutama sebagai orang tua muda yang belum banyak tau tentang cara merawat anak, menjaga kesehatan anak, atau membuat makanan dan permainan edukatif untuk anak, dan lain sebagainya. Kemudian soal Komunikasi, memang salah satu bagian dari bergaul sih, tapi lebih spesifik lagi. Media sosial itu menghadirkan fitur untuk berkomunikasi, seperti messaging, chatting,maupun  video call. Secara personal maupun dalam bentuk group. Belum lagi emoticon atau stiker yang dihadirkan, bisa menggambarkan ekspresi yang ingin kita utarakan saat kamu sedang berkomunikasi.

3. Untuk Edukasi

Tau gak bedanya pintar dan cerdas?
heheh mungkin memang sama saja ya, tapi sebenarnya berbeda loh, orang cerdas bukan hanya pintar, tapi juga pandai memanfaatkan situasi dan kondisi untuk mencari sesuatu yang  mendatangkan keuntungan. Bukan juga untung dalam arti materi ya, beruntung dalam memanfaatkan waktu untuk mencari tau sesuatu yang bisa orang pintar ketahui. Dalam duel otak misalnya, game yang lagi kekinian, ada banyak pertanyaan seputar dunia yang membutuhkan jawaban berdasarkan pengetahuan akademik. Tapi karena kita hidup di era digital, Internet bisa memudahkan segalanya, cari aja jawabannya di google. Semua pertanyaan, akan terpampang nyata langsung jawabannya. Saya mau cari tau tentang berapa porsi gizi yang pas untuk anak usia setahun, seumuran abang ZAM dan susu apa yang bagus nutrisinya, kandungannya dan lain sebagainya, tinggal googling, gak perlu konsultasi ke dokter kalau hanya soal ini kan? ehehehe, hemat waktu, hemat biaya, Orang tua cerdas, cepat, dan tanggap.

4. Untuk Sarana Hiburan

Banyak loh akun-akun yang suka men-share hal-hal lucu di media sosial, makanya media sosial bisa menjadi sarana untuk menghibur kita. Lebih enaknya lagi, hiburan yang kita dapatkan adalah hiburan yang fresh dan bukan joke lama om-om. Jokenya yang lagi teman-teman omongin gitu lah. Gak seru dong kalo gak tau omongan temen-temen kamu? hihihi. Selain itu, untuk orang tua kan bisa memanfaatkan streaming youtube untuk memutar lagu anak jaman dulu, lagunya kak Nunu dan Trio Kwek-kwek, sekarang susah dapat dimana VCD atau kasetnya, haha. Untung ada youtube.
Biar anak tidak dibilangi cuma tau lagu jaman sekarang, iu karena orang tuanya yang jejelin lagu jaman kekinian ke anak. Kalau saya sih soal anak prinsipnya "Let them be a real kids" 

Namun, apa yang terjadi kalau semua itu tidak bisa di akses hanya karena jaringan internet lelet ?Sekarang para Orang tua cerdas bergaya hidup digital, butuh jaringan yang internetnya cepat!

Untungnya, sekarang sudah ada Smartfren 4G LTE Advanced yang bisa membantu para orang tua untuk menjadi cerdas di era digital ini dengan internet cepat. Nah, sekarang, apasih yang dimaksud dengan Smartfren 4G LTE Advanced itu? Cara menggunakannya bagaimana? Bekerjanya seperti apa? Yuk kita simak bersama, mulai dari evolusi sebuah jaringan.
Smartfren 4G LTE Advanced adalah generasi ke empat  jaringan internet di mana kecepatan menjadi lebih tinggi serta jangkauan yang lebih luas dan stabil. Keunggulan utama dari generasi  ini adalah kecepatannya, dimana jika pada jaringan 3G kecepatan rata ratanya berkisar 1-3 Mbps, maka pada generasi ini, jaringan 4G kecepatan rata ratanya berkisar 12 sampai 40 Mbps.

4G LTE ini bisa menjangkau seluruh pengguna secara lebih luas di pelosok tanah air, karena terdapat dua teknologi terbarunya, yaitu  FDD (Frequency Divison Duplex) yang berjalan diatas spectrum 850 MHz. Lalu ada teknologi TDD (Time Division Duplex) yang berjalan diatas spectrum 2.300 MHz., berfungsi untuk koneksi yang lebih cepat karena kapasitas downlinknya lebih besar. Akses internet akan menjadi lebih cepat seperti menonton video hingga tanpa buffering, download file file besar, upload dan lain sebagainya bisa di lakukan dengan sangat cepat. Sumber (tekno.liputan6.com

Biasanya orang beranggapan, internet cepat, pasti memakan quota yang banyak dan tentu saja harganya mahal. Tapi tidak untuk Smartfren 4G ini loh. Seperti ulasan diatas, smartfren juga melengkapi paket internetnya dengan paket yang bernama smartplan limitless. Dengan paket ini kita bisa bebas internetan walaupun quota sudah habis, sampai masa akhir berlaku paket 4G LTE kita, kecepatannya pun bisa di atur sendiri. Lihat skema infografis di bawah ini.
Berbagai macam pilihan menu paket internet yang tersedia, tinggal kita sesuaikan saja dengan kebutuhan kan? Mulai dari unlimited hingga quota yang banyak Smartfren 4G LTE Advanced. Kalau saya pastinya tidak mau berlama-lama lagi menunggu untuk segera menggunakan Smartfren 4G LTE Advanced ini, jaringan yang luas, kencang dan stabil. Untuk suami yang hobbynya main game online clash of clan itu kan termasuk game berat ya? Smartfren ini sudah sangat mendukung dan mampu menjalankan beberapa multitasking tanpa laging. Beribu aplikasi bisa didownload dari Playstore mulai dari yang berbayar sampai gratisan. Dijamin tidak perlu tunggu loading yang lama lagi saat download aplikasi.

Selain smartfren 4G LTE Advanced, ada lagi yang namanya Andromax 4G LTE Ready. Sebuah smartphone yang dikeluarkan oleh smartfren yang sudah mendukung teknologi 4G LTE. Smartphone Andromax tersebut ada lima jenisnya.
Selain smartphone Andromax 4G LTE Ready itu,ada juga sebuag mobile wifi (MiFi) smartfren, yaitu sejenis modem WiFi dengan tekhnologi smartfren 4G LTE Advanced yang berfungsi untuk berbagi internet dengan jaringan 4G LTE. Dapat di koneksikan dengan perangkat PC, Smartphone, Tablet dan perangkat yang mendukung wifi lainya hingga 32 koneksi. Pemakaian pun sampai 10 jam standbye, bikin aktifitas internet lebih lama, lebih lengkap, dan lebih puas tentunya. 

Yuk para orang tua, ubah gaya hidup jadi gaya hidup digital yuk, biar gak jadi orang tua yang terbelakang. Tentunya dengan dukungan dari teknologi Smartfren 4G LTE Advanced.

26 comments on "Orangtua Cerdas Bergaya Hidup Digital, #GoForIt Aja!"
  1. yang saya suka dari beberapa kontennya yaitu infografiknya. semoga bisa menang kak
    Tapi saya boleh saran sih,kalau ada infografik mending jangan ada lagi pembahasannya dibawah, bagusnya infografik semua terus penutup deh.

    bukannya saya melihat ini salah tapi dimana-dimana ingografik kan sudah menjelaskan apa yang ingin dicerita, biarlah gambar menjelaskan itu kata pakar infografik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bimo : iyaaaa bimo terimakasih sarannya, ini sbnrnya sudah agak kurang2i mi penjelasannya dibawah hihihi. Kalau sy infographic sy anggap , biar org malas membaca, ttp bs dapat info . Bgituji kalo sy :D once again makasoh bimo :)

      Delete
  2. Aikh tsakep...akhirnya posting juga mba qiah...semangaaatt! hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Handriati : Iyaaaa aq sempet kebingungan pas daftar akun detik connect itu kelupaan, udah posting dluan tp blm daftar , pas jam 23.00 baru daftar untung lolos moderasi hahahha...

      Delete
  3. Infografisnya keren mbak, iya benar kata mas Bimo kalau sudah ada infografis sebaiknya tidak perlu lagi ada penjelasan di bawahnya. :)

    ReplyDelete
  4. setuju kalau teknologi harus mempermudah banyak urusan lebih cepat dan efisien

    ReplyDelete
  5. Waah keren ulasannya...
    dan infografiknya itu lhooo... jempol deh
    Good luck mak

    ReplyDelete
  6. @Rina Susanti: banget mbak, sekarang siapa cepat dia dapat #eh apa sih hehe makasih ya mbak

    ReplyDelete
  7. Bener banget, jaman sekarang penting banget internetan supaya tetep hits dan ketinggalan info.. bahkan karena LDR sama keluarga, orang tua sendiri jadi ikut-ikutan bikin media sosial :))

    Lumayan juga ya tawarannya.. 150 ribu bisa dapet 8+8 GB sih murah banget itu ya :(

    www.piazakiyah.com

    ReplyDelete
  8. ahhh sama mbak pia, si kakek nenek di makassar jd bikin akun sosmed buat liatin foto2 cucunya ihihihiw. iya mbak ayo dicobain pake smartfren yang sudah 4G LTE Advanced >,<

    ReplyDelete
  9. Suka banget sama infografisnya, rapih. Sukses buat lombanya ya mak. Salam kenal ^___^

    ReplyDelete
  10. @Husna Risalah: salam kenal kembali mak, terimakaaaasih banyak yaaaaaa :-*

    ReplyDelete
  11. info grafiknya simple.. memmbuat orang mudah memahaminya..
    Nice mba.. ^_^
    salam kenal..

    ReplyDelete
  12. Suka bangets dengan infografisnya. Tinggal lihat gambar sudah bisa mengambil semua informasi yang disampaikan. Semoga menang kontesnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasihhh mas into, syukur kalau sdh bisa tersampaikan maksudnya dalam infografis.

      Delete
  13. salam kenal, selamat ya atas menjadi pemenangnya :) salam hermanbagus :)

    ReplyDelete
  14. salam kenal, selamat ya atas menjadi pemenangnya :) salam hermanbagus :)

    ReplyDelete
  15. Internet emang membawa sejuta manfaat ya Mbak, kalo tau cara memanfaatkannya..
    :D

    Btw, selamat ya, jadi salah satu juara lomba..

    ReplyDelete
  16. @Herman Bagus: salam kenal kembali, terimakasih ucapanyaaa

    ReplyDelete

Auto Post Signature