19 April 2015

Parenting Talkshow : Tidak Ada Alasan Untuk Tidak Menyusui

Asslamualaikum wr.wb
Sejak jadi seorang ibu saya lebih sering meminati acara-acara parenting, minimal ikut seminarnya. tapi di Makassar tuh ya jarang sekali aada acara parenting. nah minggu lalu saya sempat di tag sama teman tentang acara seminar parenting tapi sayang sekali saya melewatkannya karena berhalangan hadir. sedihnya... =(( padahal tajuk acaranya bagus. Dan kemudian beberapa hari lalu saya dapat broadcast BBM dari Mom n Jo Spa Baby Makassae tentang "Parenting Talkshow" dengan tema "Persiapan Sejak Dini dalam memberikan ASI eksklusif untuk Bayi 0-6 bulan dan memperkenalkan MPASI bagi sikecil pada Usia 6 bulan" langsunggg saya dafffftarrrrrr... sudah lama sekali pengen ikut seminar yang bahas-bahas tentang ASI, saya pernah bertanya-tanya ke beberapa member AIMI Sul-Sel kapan ada acaranya tapi sayangnya belum ada. sebab anak pertama saya "Kalah" dalam memberikan ASI eksklusif untuk AbangZAM =(( nah makanya kehamilan kedua ini pengen mempersiapkan bahan juangnya.

Rupanya acara ini diselenggarakan oleh Mothercare dan ELC (Early Learning Center) juga loh yang ternyata merupakan agenda hari kedua setelah kemarin di acara Makan siang bersama Media dan Blogger dalam mempersentasekan Brand baru. yang bekerjasama dengan RS AwalBross Makassar, Urbanmama, dan Mom n Jo. tapi saya sudah reservasi duluan lewat Mom n Jo via BBM. 

jadi Sabtu kemarin, 18 April saya datang (tapi telat* ratu ngaret memang) acara dimulai jam 10.00 wita tapi saya tiba disana jam 11.30 wita >,< padahal durasi cuma 2 jam. jadi setelah registrasi di Ruang Auditorium lantai 9 RS AwalBross, dikasih goodie bag dan kotak breakfast, diprsilahkan masuk dan sampai didalam saya mendapati Dokter Spesialis anak, Dokter Fith Dahlan sedang menjelaskan tentang Posisi saat menyusui yang benar. untunglah dalam goodie bag ada modul fotocopyan tentang apa yang dr. Fith Dahlan, SpA bahas dan jelaskan di pagi hari itu.
berikut yang menjadi pembahasan dr. Fith :
  • Apa sih ASI eksklusif itu ? bayi hanya diberi ASI saja tanpa campuran atau tambahan cairan lain seperti susu formula, jeruk, madu, air, air teh, air gula, dan tanpa tambahan makanan seperti pisang, pepaya, bubur susu, biskuit dan atau nasi tim.anjuran untuk memberikan asi ekslusif sudah bukan hal yang baru lagi.
  • Kapan sih Waktu pemberian ASI eksklusif buat si Buah Hati ? berikan bayi kita hanya dengan ASI saja tanpa makanan atau tambahan cairan lain selama 6 bulan.
  • Keuntungan pemberian ASI eksklusif untuk Bunda Apa sih Bu? mengurangi pendarahan setelah melahirkan dan mengurangi terjadinya anemia, menjarangkan kehamilan, mengecilkan rahim, mengurangi kemungkinan menderita kanker, lebih ekonomis, tidak merepotkan dan hemat waktu, serta memberi kepuasan bagi ibu.
  • Apa manfaat dan tujuan ASI eksklusif pada Ibu dan Bayi? menjalin hubungan kasih sayang antara ibu dan anak, mengandung zat kekebalan tubuh mencegah bayi dari berbagai penyakit infeksi seperti diare,batuk pilek,radang tenggorokan, dan gangguan pernafasan. aman dan terjamin kesehatannya antara ibu dan anak. tidak akan pernah basi, mempunyai suhu yang tepat dan dapat diberikan kapan saja dimana saja saat bayi butuh.
  • Bagaimana menyusui yang benar agar ASI lancar? nahh... bagian ini yang saya dapati langsung dr. Fith jelaskan. beliau bilang produksi ASI akan naik apabila cara dan  posisi menyusui kita sudah benar. bagaimana itu ? berikut slide show nya yang saya capture.

sedangkan cara menyusui yang benar waktunya itu kita sebaiknya tetekkan bayi segera setelah dilahirkan (selambatnya setengah jam) , biasakan mencuci tangan dengan sabun setiap kali ingin menyusui, perah sedikit kolostrum atau ASI dan letakkan didaerah puting dan sekitarnya, ibu duduk atau tiduran/berbaring dengan posisi santai. cara agar mulut bayi segera terbuka adalah menyentuhkan puting susu pada bibir atau pipi bayi. berikan ASI dari satu payudara sampai kosong sebelum pindah ke payudara lainnya.
selanjutnya sesi tanya jawab. karena sudah datang terlambat dan mungkin melewatkan beberapa pembahasan lain, saya jadi bergeming untuk bertanya. apalagi saat moderator bilang "Mungkin ada yang mau bertanya dan mengutarakan tentang pengalaman pribadinya seputar ASI?" saya dapat giliran sebagai penanya yang ke empat, setelah sebelumnya ada yang pertanyaannya sama dengan benak saya. bedanya ibu itu melahirkan operasi caesar, sedangkan saya Normal dan ASI kami sama-sama baru keluar saat 3-5 hari berikutnya. apakah itu memang sering atau biasa terjadi terhadap beberapa ibu? sampai pada akhirnya ibu mengalami stress dan sedih berkepanjangan karena bayi nya sudah lapar menangis-menangis dan ASI belum keluar. dan karena hal itulah biasanya terjadi pemberian susu formula :(( 
pengalaman abangZAM begitu soalnya, ASI saya keluar 5 hari setelah melahirkan dan karena orangtua saya tidak tega melihat cucu pertamanya menangis-menangis kelaparan dan enggan membiarkannya menguning, dijejelin lah abangZAM dengan susu formula sama kakek neneknya :((
dr. Fith Dahlan sepertinya mengerti betul maksud pertanyaan saya sehingga beliau menjelaskan dengan cermat. bahwa semua hanyalah KESALAHAN PERSEPSI ibu. dr Fith bilang mulai terimester akhir kehamilan ibu, ASI itu sudah mulai berproduksi dan dipersiapkan sebelumnya, begitu pada saat bayi lahir semua sudah siap dan ADA. jangan berpikir ASI tidak ada. setiap ibu yang sudah melahirkan sudah mempunyai stok ASI dan memang ketika dipencet biasanya tidak terlihat atau hanya setetes saja yang keluar, namun saat bayi mengisap atau menetek, ASI sebenarnya mengalir. lebih lanjut dr. Fith bilang bahwa ibu jaman sekarang ingin langsung ASInya lancar dilihat kasat mata. mau langsung ASInya banjir. padahal produksi ASI itu disesuaikan dengan kebutuhan bayi itu sendiri. saat baru lahir bayi masih menyimpan cadangan makanannya sendiri jadi  belum terlalu banyak membutuhkan ASI. 
kadang Ibu tidak rileks dan tidak tenang saat menyusui karena selalu berpikir ASInya tidak cukup. itu akan menghambat produksi ASI sebenarnya.jadi sebenarnya bukan soal ASI baru keluar beberapa hari setelah melahirkan tapi lebih kepada kesalahan persepsi seorang Ibu. seorang Ibu harus rileks dan tenang saat menyusui agar organ tubuh ikut membantu peningkatan produksi ASI.

selanjutnya ada penanya setelah saya yang menanyakan tentang solusi bagi ibu yang memiliki flat puting, yang membuatnya sulit untuk menyusui bayi. pertanyaan ini dijawab langsung oleh pihak Mothercare yang memiliki solusinya. Mothercare memiliki sebuah produk untuk membantu ibu dalam proses menyusui dan memberikan ASI eksklusif untuk bayinya. untuk soal flat puting, Mother memiliki Natural touch silicon teats dengan merk Avent yang bisa membantu ibu yang memiliki flat puting. caranya cukup menempelkan siliconnya ke puting hasilnya akan tetap sama. ada juga nipple yang dirancang menyerupai puting dan aroela payudara ibu sehingga membuat bayi tidak bingung puting, ini cocok untuk ibu yang bekerja tapi tetap ingin memberikan ASI eksklusif pada bayinya. jadi benar kan sekarang tidak ada lagi alasan untuk tidak menyusui dan memberikan ASI eksklusif pada bayi :) karena semua kelengkapan breast feeding dan bottle feeding lengkap ada di gerai mothercare.
pukul 13.00wita acara selesai, tapi tidak selesai begitu saja, pihak Mothercare membuka lapaknya sekalian dan mempersentasekan kepada ibu-ibu yang hadir siapa tau ada yang langsung mau beli dan ternyata dalam goodie bag itu ada lagi VOUCHER belanjanyaa... jadi bisa skalian pakai vouchernya untuk berbelanja di mothercare. kalau kehabisan dengan stok  yang mothercare bawa ke RS Awal bross masih bisa jg langsung berkunjung ke tokonya yang di Mall trans makassar lantai tiga. disana lebih lengkap dan vouchernya masih berlaku kok sampai sebulanan. than....... foto bareng session :D
With PUPUT, teman lama yang akhirnya jumpa di parenting club ini
Ketemu lagi dengan Emak Blogger Makassar dong. mbak +dweedy ananta dan mak +Aida Al Fath 
terimakasih Mothercare dan ELC (Early Learning Centre) yang sudah menjadikan weekendku keren sebagai seorang ibu :D eheheheh.. jadi semacam kebanjiran goodie bag dan voucher. terimakasih juga untuk mom n jo atas voucher diskonnya. nanti kapan-kapan mau bawa abangZAM kesana :D

No comments:

Post a Comment