Azhe Rahman, Entertainer Yang Memodifikasi Fashion Etnik Jadi Keren

11 May 2018
Sudah lama juga ya saya gak ajakin nongkrong kece di blog saya, teman-teman dan inspiring people lainnya yang ada di Makassar. Nah di postingan kali ini saya mau cerita sedikit dulu tentang betapa tertariknya saya dengan fashion kombinasi etnik dan casual cotton. 

Kita semua tau kan kalau Etnik Indonesia, negeri kita ini termasuk yang paling diminati dunia, Ada banyak baju dan pakaian lainnya yang menggunakan batik sebagai salah satu kainnya. Contohnya saja seperti batik kombinasi, memadukan antara batik dengan kain lainnya sehingga menghasilkan model baju yang unik dan cantik. Nah baju batik kombinasi ini terus berkembang dan melahirkan banyak karya dari berbagai desainer. Sampai kita bingung mau beli dan pakai yang mana untuk kemana. 

Takjubnya nih ya, saya menemukan keunikan fashion kombinasi etnik ini di Makassar. Mungkin yang biasa terlihat adalah fashion wanita, buat cewek-cewek modis, tapi kalian musti tau juga loh tentang fashion cowok yang pakai tekhnik design kombinasi etnik ini. Saya menemukan AR LOOK COLLECTION di sebuah mall yang saat itu lagi bikin event fashion. Jadi bukan tokonya, hanya lagi fashion show koleksinya aja di situ, ada banyak rentetan nama designer ternama di Makassar yang ikutan waktu itu, tapi saya masih merasa asing dengan nama AR LOOK COLLECTION ini yang ownernya adalah Azhe Rahman. 
Saat saya tau kalau yang bikin AR LOOK ini adalah Azhe Rahman, nambah dua kali lipat deh kagumnya, ya saya selalu kagum sama fashion people :D orang-orang yang membuat saya merasa tidak sendirian di bumi, eh. So, ya sebelumnya saya sudah sering mendengar nama Azhe Rahman di jagad dunia entertain kota Makassar. Kalau ada event, biasanya Azhe ini yang jadi MC nya.

Eksplore lagi, ternyata Azhe juga seorang penyiar radio di Madama, host program acara di celebes TV, seorang penyanyi groupies juga, coreographer modeling juga, dan tentunya fashion designer. Karena itulah saya tertarik untuk ketemuan dengan Azhe langsung untuk sharing tentang passionate yang dimilikinya. 

Azhe Rahman, Owner AR LOOK Collection 

Karena kesibukannya yang padat, saya merasa beruntung bisa juga coffee time ngobrol-ngobrol sama Azhe ini, keliatan dari betapa seringnya dia terima telpon sana sini untuk meeting ini itu, event ini itu. Hehehe. Jadi hari itu, janjian di Anomali Coffee, Azhe janji sama saya untuk sharing tentang project fashionnya yang bikin saya tertarik ini.

Tekhnik kombinasi etnik dengan katun polos, outer, jacket, tshirt bisa kelihatan berbeda dan berkelas. Karena memang Azhe ini lahir dan besar di keluarga yang basicly di dunia textil dan tailor yang lebih peruntukan baju kebutuhan perkantoran. Kedua orangtuanya punya rumah jahit yang sudah sejak lama didirikan, dan dia sebagai anak, mau tidak mau pasti melirik ke usaha keluarganya.

Diantara bersaudara, hanya Azhe yang terjun di dunia entertain, pengalaman di dunia modeling sudah dikecap semenjak duduk di bangku SMA, kemudian lanjut menjadi seorang fashion stylist di Global TV, lalu karena memikili suara yang bagus dan khas, Azhe menjadi penyiar radio, dan menjadi host televisi sampai akhirnya Azhe jadi salah satu MC terbaik di Makassar yang sering di hire event-event besar.

Nah karena profesinya itulah, Azhe jadi sering bikin sendiri outfit untuk kebutuhannya sendiri kalau sedang ada MC, atau saat jadi host di program celebes tv. Karena Azhe pribadi yang selalu ingin tampil beda. Ahhh saya selalu suka orang-orang begini. The uniq people.
Cowok berusia 29 tahun ini sih ngakunya project fashion AR LOOK nya ini baru dibuatnya akhir tahun kemarin dan secara dadakan juga. Karena walnya cuma untuk kebutuhan pribadi, dan saat dipakai show, banyak yang tanya dong tentunya, "Bajunya beli dimana?" 

Tidak langsung dijawab, Azhe juga ngaku kalau dia gak mau penampilannya yang terlihat beda itu ada yang sama-samain. Ya kalau sama, artinya gak beda dong heheheh. Kalau ditanya "Jual gak?" Azhe malah jawab gak mau jual. Pokoknya baju dibikin satu only for Azhe sendiri. 

Seiring berjalannya waktu, Azhe mulai mencoba project fashionnya dengan membuat per model baju per piece, jadi satu model itu satu baju aja adanya, dan karena sering melihat teman-temannya belanja baju di toko, kadang kebesaran sizenya, jadi Azhe membuat yang fit body. Project yang dinamai dengan project "Azhe Rahman Official" ini cuma berjalan selama 3 bulan. Ya karena Azhe membuatnya berdasarkan mood aja, juga karena Azhe bekerja sendiri, belum punya tim. 

Saat ketemu dengan momen lebaran, Azhe mencoba membuat lagi 10 baju untuk dijual online lagi di instagram, dan saat itu antusias teman-teman dan temannya teman, menurutnya luar biasa. Sampai ada pembeli Pre Order dari Jakarta. 

Saat saya ngubeg-ngubeg profile instagram Azhe Rahman ini, mata saya langsung tertuju ke fashionnya Azhe, baju-baju yang dipakainya memang kece, khas, dan limited edition. Saat mengecek, ternyata dibuat sendiri loh di Makassar. Keren yaa. 

Saat ketemuan, Azhe datang membawa tiga style baju yang ada di AR LOOK collection, saya jadi bisa foto-foto dan liat tiap detailnya. Jahitan yang rapi, kombinasi kain yang teratur, dan design yang keren, fix bikin saya jatuh cinta sama AR LOOK collection.

Meskipun pasarnya dibuat untuk cowok, ada beberapa baju AR LOOK collection yang unisex juga kok dan bisa dipakai cewek juga. 
Azhe bilangnya sih dia minder dan gak pedean dengan hasil fashion karyanya ini, makanya dia maju mundur untuk join di Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia khusus Sulawesi Selatan. Karena baru pertama kali fashion show. 

Padahal menurutku ya, design ala AR LOOK ini bisa menjadi jawara di kelas mode etnik casual, tidak kalah dengan para designer yang sudah punya nama besar. Apalagi sasaran pasar AR LOOK collection adalah teenager yang memang butuh penampilan beda dan berkesan ceria dibanding yang diperuntukkan kepada orang dewasa.

Saya sering liat baju-baju kombinasi etnik dan katun polos tapi malah berkesan asal, dan malah terlihat hilang kewibawaannya si kain etnik itu, ini karena tekhnik mengkombinasikannya tidak tepat. Berbeda dengan yang ada di AR LOOK collection, serasa semuanya tepat, lucu, keren, simple, nyaman, elegan , semuanya dapat pokoknya. 
Untuk kalian para teenager yang penuh semangat dan aktif beraktifitas, pilihan mode fashion AR LOOK ini pas banget untuk kalian jadikan sasaran belanja nomor satu di Makassar. Soal harga juga worth it banget dengan kualitas. Silahkan langsung merapat ke instagram AR LOOK Collection 

46 comments on "Azhe Rahman, Entertainer Yang Memodifikasi Fashion Etnik Jadi Keren"
  1. Photonya bening beuttt 👍👍. Designnya unik memadukan gaya ethnic dan modern, ada baju buat cewe juga nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. thankyou tetehh iya benerr keren ya tapi kayaknya dia ga bikin untuk cewek
      tp bisa nih unsex kalau mix match nya bisa

      Delete
  2. suka sekali foto2nya

    ReplyDelete
  3. Wiih, keren-keren tawwa desainnya.
    EH, kayaknya pernah ka' lihat Bang Azhe ini ... di mana yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bang azhe ini dimana2i kak hahah wajar kalau byk sering liat hihi

      Delete
  4. Deeeh mantap desainnya kak Qiah. Ada yang model cewek kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ji dipakai cewek
      kalo model khusus cewek blm bikin dia sih

      Delete
  5. Foto-fotonya WOw banget buu...

    ReplyDelete
  6. Ahh, kak azhe kacenya sahabatku qiah, dehhh sekarang baru tau kalau desainer juga padeng.... taunya penyiar radio aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kah kak ?
      haha banyak profesinya bang azhe hihihi

      Delete
  7. ah kece
    suka motif batiknya tapi pas banget klo dipadupadankan sama warna2 krem gitu
    terlihat old tapi gak ketinggalan jaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ayo mas cobain style kayak gini heheh

      Delete
  8. Beneran deh. Suka sama model batik di foto desain baju ke dua. Pengen beliii.bisa dibeli di mananya ya mba??

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung ke online shopnya mbak , instagram nya @arlookcollection heheh

      Delete
  9. wah keren, orang yang multi talenta. Seabrek profesi mulai dari seorang penyiar radio di Madama, host program acara di celebes TV, seorang penyanyi groupies, coreographer modeling, dan fashion designer. Bisnis AR Look Fashionnya yang katanya 'nggak sengaja' ternyata bagus-bagus juga hasilnya di foto-foto yang ditampilkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget mbakk, seabrek profesi memang digelutin semua .
      jarang nih orang punya gen kayak gini hehehehe

      Delete
  10. Aku kok naksir sama baju yang terakhir, warna dan motifnya bagus! Otw cek ig-nya AR LOOK collection!

    ReplyDelete
  11. Di saat ramai2 berkiblat fashion luar negeri, tapi masih ada anak negeri yg mengekslorasi etnik utk inspirasi adibusana, di situ saya turut bangga.. Suka bgt gaya, motif, dan warnanya... Bohemian

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya dong harus itu mbak, makanya anak negeri harus di suport terus karyanya

      Delete
  12. keren-keren bajunya...produk dalam negeri emang gak kalah keren deh. Alami banget...etnic nya juga menonjol sukak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. betull
      natural look dan khas banget ya

      Delete
  13. Masih muda ya baru 29 tahun,,suka sama baju2nya juga etnik modern gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak masih muda
      belum nikah
      ,makanya menghabiskan waktu untuk berkarya terus

      Delete
  14. Desainer Indonesia sih sebenarnya gak kalah sama desainer2 dari luar negeri. Bahkan aku sering lihat kalau aurtis luar negeri pake desain karya orang Indonesia. Nah, berbicara mengenai masnya, desainnya udah bagus2 banget. Etnik tapi unik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau designer lokal juga punya banyak ide untuk fashion itemnya mereka
      pusat designer di jakarta sebaiknya lirik juga ke nusantara yaa

      Delete
  15. Koleksi fashionnya khusus laki-laki ya mba? keren-keren yah....fashion buat cwo jaman sekarang agak feminin tapi tetep macho keliatannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya tergantung yang pakai ya mbak
      tp ini memang khusus laki2
      tapi unisex juga kalau mau di mix and match

      Delete
  16. Multi talented banget ya. Satu paket lengkap diborong oleh satu orang. Wow deh, karyanya juga bagus, totalitas banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jarang ada orang kek gini
      serba bisa hehe

      Delete
  17. Wah keren ya. Tapi iya, kayaknya desainnya memang cocok untuk anak muda. Ibu2 kayak aku yang kurang pede mah kurang cocok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh iya mbak
      anak muda harus show up

      Delete
  18. Usia 29 udah banyak karya dan dia sendiri multitalenta hebat ya...
    Bisa jadi mentor di wirausaha baru nih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jug aya mbak bisa menginspirasi sekaligus ngebantu anak muda yang lain

      Delete
  19. Keren semangatnya untuk terjun di dunia entertain, dan sudah memasarkan produknya. Sukses terus untuk AR

    ReplyDelete
  20. Sumpah desainnya kece-kece banget. .. Didukung pengambilan gambar yang detail. Makin keliatan jelas emang karya mas azhe berkualitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba shinta
      iya ide cutting nya luar biasa heheh

      Delete
  21. Bagus hasilnya ya, pengen juga bikin baju kayak gitu...mahal ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya bisa diliat2 di instagram nya mbak langsung aja liat harganya juga

      Delete
  22. Keren banget sih idenya. Itu kalau kita pakai misalnya di luar negeri gtu pasti bangga banget. Apalagi kalau ada yang nanya itu motif apa, langsung deh panjang lebar jelasin ttg budaya ya mbak? :D
    Kepoin IGnya ah TFS :D

    ReplyDelete
  23. Saya naksit sm desain poto terakhir mbak, sepertinya cocok tuh buat suami.. tp desain yg lainnya juga keren sih , unik malah. Baru kali ini sy nemuin baju desain buat cowo tp motif tunik modern begini . Aaaa jd mau liat koleksi lainnyaa...

    ReplyDelete
  24. Anti mainstream nih designnya perpadhan etnik & modern. Jadi pengin punya akuuuu 😃

    ReplyDelete
  25. Banyak desainer sukses itu berawal dari keluarga desainer juga ya ka.. karena sejak kecil sudah deket dengan mesin jahit, bahan dan benang, aku suka desainnya ngga harus untuk teeneger ko untuk pria dewasa juga cocok

    ReplyDelete

Auto Post Signature