IMUNISASI IPD

25 December 2014
Assalamualaikum wr. Wb
Usia babyZAM sudah pas 5 bulan, imunisiasi kali ini sebenarnya imunisasi lanjutan dari imunisasi bulan ke empatnya.  Hanya saja ada vaksinnya yang tidak boleh berbarengan dengan vaksin IPD ini..jadi harus menunggu 6 minggu setelah imunisasi bulan ke empatnya.  Jadi hari kemarin babyZAM ditemani nenek umminya ke RSIA bunda Aliya untuk di ncuss lagi di paha huhuhu sabar ya nak biar sehat. :) Berat badannya di usia 5 bulan sudah 7,1KG dan panjangnya masih tetap, 63cm. suhu tubuh 36 derajat celcius
Saya share disini ya pentingnya imunisasi IPD reblog dari www.tanyadok.com nah silah dibaca yaa all mama. 
___________________________________________________________________

Saat ini sedang marak informasi mengenai vaksinasi IPD sebagai vaksinasi tambahan untuk anak-anak. Apa sebenarnya vaksin IPD ini? Perlukah untuk diberikan? 
Sebelum kita membahas mengenai vaksin IPD, tentu lebih baik kita mengenal apa itu IPD dan apa saja penyakit yang bisa diakibatkan olehnya pada anak-anak. 

IPD atau Invasive Pneumococcal Disease adalah sekumpulan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri tipe Pneumococcus atau Streptococcus pneumonia. Sebenarnya bakteri ini termasuk pada flora normal yang tinggal di dinding hidung dan tenggorokan tanpa menimbulkan gejala apapun. Tapi pada anak kecil dengan daya tahan tubuh yang masih lemah dibandingkan orang dewasa maka bakteri ini dapat berkembang biak menjadi penyakit. 

Lalu apa saja penyakit yang bisa ditimbulkan oleh IPD ini? 
Pneumonia (radang paru) 
Meningitis (radang selaput otak) 
Bakterimia (infeksi bakteri pada darah) 
Selain itu pneumococcus juga sering menjadi penyebab infeksi telinga tengah (otitis media) dan sinusitis pada anak-anak. 

Kenapa vaksinasi IPD ini penting? Vaksin IPD penting bagi anak-anak karena vaksin ini dapat mencegah timbulnya penyakit akibat IPD tersebut. Streptococcus pneumonia ini dikenal sebagai salah satu penyebab infeksi terbesar pada anak di bawah 2 tahun dan infeksi yang ditimbulkannya dapat menyebabkan kematian pada anak (pneumonia dan meningitis). Selain itu anak bisa tuli permanen akibat otitis media yang ditimbulkan dan bakteri ini juga sudah banyak yang resisten terhadap antibiotic jadi semakin sulit untuk diobati. 

Ada berapa jenis vaksin IPD ini ? 
Saat ini ada 2 jenis vaksin IPD yang beredar yaitu : Prevenar atau PCV 7. nah babyZAM vaksinnya yang jenis Prevenar. Vaksin jenis ini dapat diberikan pada anak usia dibawah 2 tahun dan menurut penelitian lebih efektif dibanding Pneumo23 dalam mencegah penyakit. Hanya saja harga vaksin ini lebih mahal (Rp. 850.000-900.000). di RSIA bunda Aliya Pondok Bambu jakarta Timur, babyZAM bayar Rp.885.000,- 

Siapa saja yang harus mendapatkan vaksinasi IPD? 
Memang saat ini di Indonesia vaksin IPD belum diwajibkan. Tapi di luar negeri vaksin IPD wajib diberikan pada anak dengan usia di bawah 2 tahun atau anak berusia dibawah 5 tahun dengan faktor resiko tinggi seperti : Penderita anemia sel sabit dan variasinya Anak dengan limpa tidak berfungsi atau tidak memiliki limpa Anak dengan Infeksi HIV Anak dengan kondisi sistem imun yang menurun misalnya kanker, transplantasi organ, sindroma nefrotik, penggunaan kortikosteroid jangka panjang dll Anak dengan penyakit kronis misalnya penyakit jantung bawaan, penyakit paru kronis, diabetes mellitus, kebocoran cairan otak, penyakit hati dan ginjal kronis. Sebelum dan sesudah implantasi rumah siput (cochlea) di telinga. 

Kapan saya tidak boleh memberikan vaksin IPD pada anak saya? J
angan berikan vaksin IPD pada anak yang alergi saat dilakukan imunisasi DPT karena vaksin IPD memiliki protein pengangkut yang sama dengan dengan DPT.

 Kapan waktu yang tepat memberikan vaksinasi IPD? Sebaiknya vaksin IPD diberikan sebelum anak berusia 6 bulan dengan batas minimal usia pemberian adalah 6 minggu.  Vaksin ini diberikan secara bertahap sesuai usia anak yaitu : 
Usia  6 bulan : diberikan sebanyak 3 kali dengan jarak antar pemberian 2 bulan 
(usia 2-4-6 bulan), kemudian diberikan sekali lagi (booster/penguat) saat anak mencapai usia 14-15 bulan.
Usia 6-12 bulan : diberikan sebanyak 2 kali dengan jarak antar pemberian 2 bulan dan diulang lagi saat anak usia 15 bulan
Usia 12-24 bulan : cukup diberikan 2 kali saja tanpa perlu penguat atau booster
Usia 2-4 tahun : cukup diberikan satu kali saja tanpa perlu penguat 

Bagaimana vaksin IPD dilakukan? 
Vaksin IPD diberikan melalui suntikan intramuskuler (sedalam otot) dengan dosis 0,5ml setiap kalinya. 

Seberapa efektifkah vaksin IPD ini dalam mencegah penyakit? Menurut penelitian yang dilakukan pada anak yang mendapatkan vaksin IPD sebelum usia 6 bulan, didapatkan hasil 90% terhindar dari penyakit meningitis ataupun pneumonia akibat pneumococcus. Hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan efektifitas vaksin IPD dalam mencegah penyakit otitis media. 

Apakah vaksinasi ini aman? 
Vaksinasi ini aman dan walaupun timbul efek samping maka efek samping yang ditimbulkan sama seperti vaksinasi lainnya seperti kemerahan, bengkak, dan gatal pada tempat penyuntikan atau bisa juga demam ringan, rewel atau tidak nafsu makan.  Biasanya akan menghilang sendiri dalam 48-72 jam. alhamdulillah babyZAM tidak terlalu lama rewelnya, kira-kira hanya sekitar 3-4 jam, siang menuju malam aja rewel, tapi kalau sudah tidur, bangun lagi alhamdulillah sehat dan ceria kembali. Tetapi segeralah ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat bila timbul gejala berikut dalam 3 hari setelah vaksinasi yaitu : Bentol-bentol Bengkak pada wajah dan mulut Sesak nafas atau suara serak atau mengi Demam tinggi (> 400C) Anak kejang 

Dimana saya bisa mendapatkan vaksin IPD ini? Vaksin ini sudah dijual bebas di Indonesia hanya saja harganya cukup mahal karena belum menjadi program wajib pemerintah. Jadi perlu atau tidak vaksinasi IPD ini? Seperti kata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi bila dengan vaksin IPD bisa mencegah penyakit berbahaya, kenapa tidak anda berikan pada buah hati tersayang kita kan ? :)

Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature