Saat Buka Puasa, Kalian Tim Langsung Makan Atau Tim Takjil Dulu ?

28 May 2018
Kalau baca judulnya, mungkin kalian akan mengira yang buka puasa langsung makan nasi itu penganut paham "balas dendam" setelah menahan lapar dan haus seharian. HAHAHA, bukan kok, tidak kok. 

Jadi ini postingan ringan aja untuk melanjutkan kolaborasi #SannengTalks antara saya, mami ery, dan Teteh Awie. Ya bahasannya tentang menu-menu yang wajib ada untuk buka puasa di rumah. Minggu pertama ramadan kan biasanya kita anteng di rumah ya, saya juga sejujurnya pengen bisa anteng buka puasa di rumah sama keluarga besar atau keluarga kecilku, tapi sayangnya, masih sering juga nafsu keluar jalan bukber-bukber sama teman sekawan, atau juga ngajakin suami makan di luar aja karena malas banget masak kalau bulan puasa ya. HAHAHA padahal hari biasa juga malas.


Buka Puasa Di rumah

Soalan buka puasa ini, memang kita dianjurkan untuk ber-takjil dulu, membatalkan puasa dengan makanan ringan. Kalau kami di Makassar khususnya nih, ada takjil manis dan ada takjil asin. Suami saya sebenarnya gak terlalu menuntuk soal keharusan adanya menu wajib untuk buka puasa, selain kurma ya, tiap ramadan pasti suami beli kurma se-dus-dus-an buat Mama aji di Pare-pare dan buat Ummi di Gowa, juga untuk di rumah. 

Tapi tiap tahun, pemenang untuk takjil buka puasa akan di dominasi oleh takjil asin. Seperti jalangkote, bakwan, panada, kroket dan kawanannya. Untuk es buah, pisang ijo, syrup DHT dan kerabatnya, ngikut. Gak ada takjil manis its okey, tapi kalau gak ada takjil asin, thats a problem!


Dulu waktu belum meikah, di rumah Ummi selalu masak sore hari, nasi, ikan, sayur dan cobek, serta lauk lainnya yang enak-enak banget. Karena ngiler duluan sama masakan ummi, jadinya saya dan adik-adik selalu berbuka puasa dengan langsung makan berat. Akhirnya ya sampe sekarang pun. 

Setelah nikah, saya tetap berbuka puasa dengan langsung makan berat, tapi tetap menyediakan takjil manis dan asin untuk suami juga. Sehat gak sih buka puasa langsung makan nasi ?

Kalau kalian googling, ada beberapa pakar nutrisi yang bilang kalau hal ini sebenarnya gak jadi masalah kok. Ya diusahakan aja jumlahnya gak berlebihan. Jangan langsung di embat gitu., pakai minum dulu, tenangin perut dulu, trus makan pelan-pelan hehe. Biar mencegah terjadinya gangguan pada sistem pencernaan, sebab pencernaan yang semula tidak bekerja selama 12 jam, tiba-tiba harus dipaksa bekerja keras., yang terpenting bukanlah mengisi perut, tetapi menambah energi yang drop jelang berbuka.

Takjil pun sifatnya cuma membatalkan, baiknya juga gak mengonsumsi takjil dalam jumlah besar. Kalaupun pengen makan nasi, disarankan makan setengah porsi aja dengan komposisi yang tetep sama, yaitu protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.
Lauk bukapuasa favorite di rumah itu ya ini :
  • ikan goreng
  • sayur tumis kangkung
  • cobek-cobek
  • lalapan
  • racak mangga

Gak ada makanan rempah-rempah yang berat2 amat kan ? hihiheeheh yang penting itu ya ada cobek aja udah cukup kwkwkwkw. Atau karena saya cuma taunya masak itu yang simple-simple begitu. hhahahhaah gak kayak mommy-mommy yang passionnya emang di dapur, bikin yakinikuta, sayur lodeh, ayam kuning, sayur capcay, daging semur dan lain sebagainya. 

Tapi kalau rajin aja sebanrnya sih bisa juga ahahah cuma emang dasarnya malas ya, kalau saya lagi malas masak, lagi lemes banget gitu, saya akan buka puasa takjil manis dulu juga kok, abis sholat magribh baru masak-masak. 

gimana kalau kalian selama ini? 
share di komentar ya ^^
35 comments on "Saat Buka Puasa, Kalian Tim Langsung Makan Atau Tim Takjil Dulu ?"
  1. Sama mbak. Saya sediakan manis2 buat anak dan suami. Karena mereka setelah berbuka langsung ke mesjid pulang nya mereka baru makan besar.

    Nah saya saat mereka ke mesjid makan dulu. Mereka pulang makan2 baru saya solat.

    Setelah tarawih biasanya ngemil2 lagi. Hehehe...

    Favorit kami berhubung orang sunda makannya gak jauh dari lalap sambal ikan asin. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe adem banget ya liatnya kalo mjereka udah pada pulang dari masjid kemudian makanan udah tersaji di meja..
      gitu aja kita udah kenyang liat nya
      eh hehehehe

      Delete
    2. Iya Mbak. Ibaratnya masabodo deh makan sepuas dan semaunya. Kalau semua sudah siap terserah. Tinggal saya yg leyeh2 hahaha...

      Delete
  2. Wahhh, jadi rindu banget sama masakan rumah kalau kayak gini. Sayangnya lebaran ini aku stuck di kota lain karena harus menyelesaikan sesuatu.BTW, Itu yang gambar makanan di taruh di atas daun pisang mengingatkanku ketika acara makan bersama menjelang perayaan lebaran di kampung. Enak, menyenangkan dan kebersamaannya terasa. Uhhhh,jadi rindu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mbak
      jihad juga itu jadi perantau hehehe semoga berkah dimanapun berada
      iya seru banget ini makan liwed-an lesehan rame2 heheh
      lebih nikmat daripada yang bersantan dan rempah2an

      Delete
  3. Kalau saya sih makan takjil dulu mbak baru makanan berat spt nasi. Lezat2 tuh menunya, jadi pengen ikutan icip2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huehehhehe iya
      Jd kangen ya suasana buka puasa

      Delete
  4. biasanya sih takjil dulu kak... jedanya makannya pun agak lama. ngga langsung makan abis takjil. Kasi santai dulu perutnya. BTW itu makanannya semua buat sendiri kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hueheheh iya ya biasa mmg bgitu jeda jeda perut biar enak hehehe
      Kalau takjilnya beli
      Makanannya iya masak sendiri hehehehhe

      Delete
  5. OMG! Saya haru baca nih postingan Sanneng Talksnya, hehe...

    Sama lah di rumahku, takjil yang paling laris manis tuh yang asin, terutama jalkot dan kroket. Kalo saya sih sukanya roti goreng isi daging.

    Dan yang pasti kami ngetakjil dulu baru makan makanan berat, setelah Sholat Maghrib.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahahhahaha iya gang mamii msaya jg salah ndak sempat share di line gahahahahah ...
      next sanneng lagiiii bahas apa lagi?

      Delete
  6. Aku mah langsung makanan inti..takjil belakangan mba.., masalahnya udah takut kenyang duluan sama2 yg manis2 dan berlemak.. jadi malas gerak ..n ngantuk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuahahahhahah tosssss mbak
      Gitu jg bisa ya pemikirannya
      Soalnya ngerasa rugii kalo kenyang karena takjil duluan 😂😂

      Delete
  7. Kalau dengan orang tua, buka puasaku dengan kue-kue. Tapi kalau saya yang berpuasa sendiri, bukan di bulan Ramadhan, saya biasanya langsung nasi dan lauk-pauknya. Lebih simple soalnya hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak satu kali kenyang aja di ? Huheheheh

      Delete
  8. Kalau saya langsung makan berat kak. Soalnya kalau takjil dulu keburu kenyang kodong.
    Apalagi kalau ada racca mangga dan sambal terasi, rasanya nikmat sekali kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuuuull indah
      samaan kita
      ahh tahun depan masak bareng deh
      eeh
      hahahahay

      Delete
  9. kalau anak kost, biasanya cari tajil gratis dulu di masjid, baru setelah itu makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyeghhhhh
      dulu juga pernah gitu
      malah biasa di masjid raya
      atau masjid agung
      biar skalian dapat nasi kotak hahahaay

      Delete
  10. Klo saya tergantung sikon sih hehee... kadang takjil dulu, kadang pula langsung makan berat. Tapi klo harus ikut atiran yang benar sih, harusnya makan yang manis2 dulu yah 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahhaha sikon mo kak dii?
      makan ena hahhaa

      Delete
  11. Saya penganut takjil, kalau langsung makan nasi dan teman-temannya biasanya saya teler akibatnya susah salat magrib. Awal buka puasa yah, makan yang manis-manis seperti es buah, teh manis dan kue. Kemudian salat magrib terus siap-siap salat isya dan tarwih. Nah makan masinya setelah pulang tarwih de... Nasib saya saja yang gemuk soalnya jarang makan yang berat-berat, cuma minum es buah satu hingga 3 mangkok eh...sama saja di.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ieee Bunda samaki ummiku kita hehehe
      pulangpi tarwih baru makan berat ki

      Delete
  12. Nah iya. Suka kesimpulannya. Yng terpenting bukan isi perut ya mba tapi soal menambah energi kembali. Hihi.. saya dulu bagian yang malan berat belakangan. Tapi setelah menikah suami maunya berbuka pake cemilan terus shalat terus makan. jadinya sekarang kebiasaan makan berat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihih iyyaaa ya namanya siklus kehidupan
      life style juga ikutan berubah
      menyesuaikan dgn keadaan

      Delete
  13. aku sih takjil dulu, magriban abis itu lanjut makan besar :D

    takjil juga gak tersedia setiap hari sih, ya minimal es es an sih ada, tp yg simple2 aja.. hahaha maklum deh punya tiga balita jadi rempong hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhahaah iya yaaaa biasanya beres takjil dulu baru rempong di dapur,
      jam abis magribh juga biasanya anak2 tenang

      Delete
  14. Saya makan keduanya pas buka puasa, ta'jil sama makan nasi, baru solat hehe.. Soalnya lapar banget pas buka, perut kuli.

    Nggak bagus ya, perutnya langsung dimasukin banyak-banyak. Tapi udah kebiasaan dari dulu di keluarga. Nanti abis tarawih langsung tidur deh, kenyang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuull heheheh
      kebiasaan juga tapi its okay
      jadi ga worry amat ya hihih

      Delete
  15. Kalau saya biasa takjil dulu, sholat trus makan... :) Kalo makan berat takut kekenyangan jadi ngantuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerrr juga yaaa
      gampang ngantuk mas ya

      Delete
  16. Sama kak qiah, kalau sy dan kakak adek di rumah tim makan berat dulu kalo buka puasa, walaupun takjil tetap disediakan mama. Takjil di rumah biasanya dibeli aja, kalau makanan berat selalu mama yg masak sndiri. Masakan mama sendiri emang selalu lebih menggoda yah, jd walaupun ada takjil kita tetap makan yg berat dulu 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa kalau takjil mending beli saja toh
      karena rempong bikinnya deuh mager tawwa heheheh
      tosss tim makan berat

      Delete
  17. Aku takjil dulu mba. Tapi ga gitu suka kolak dkk karena terlalu manis. Jadi paling goreng2an hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidup goreng2an ehehe tim takjil asin!

      Delete

Auto Post Signature