Saat Buka Puasa, Kalian Tim Langsung Makan Atau Tim Takjil Dulu ?

28 May 2018
Kalau baca judulnya, mungkin kalian akan mengira yang buka puasa langsung makan nasi itu penganut paham "balas dendam" setelah menahan lapar dan haus seharian. HAHAHA, bukan kok, tidak kok. 

Jadi ini postingan ringan aja untuk melanjutkan kolaborasi #SannengTalks antara saya, mami ery, dan Teteh Awie. Ya bahasannya tentang menu-menu yang wajib ada untuk buka puasa di rumah. Minggu pertama ramadan kan biasanya kita anteng di rumah ya, saya juga sejujurnya pengen bisa anteng buka puasa di rumah sama keluarga besar atau keluarga kecilku, tapi sayangnya, masih sering juga nafsu keluar jalan bukber-bukber sama teman sekawan, atau juga ngajakin suami makan di luar aja karena malas banget masak kalau bulan puasa ya. HAHAHA padahal hari biasa juga malas.


Buka Puasa Di rumah

Soalan buka puasa ini, memang kita dianjurkan untuk ber-takjil dulu, membatalkan puasa dengan makanan ringan. Kalau kami di Makassar khususnya nih, ada takjil manis dan ada takjil asin. Suami saya sebenarnya gak terlalu menuntuk soal keharusan adanya menu wajib untuk buka puasa, selain kurma ya, tiap ramadan pasti suami beli kurma se-dus-dus-an buat Mama aji di Pare-pare dan buat Ummi di Gowa, juga untuk di rumah. 

Tapi tiap tahun, pemenang untuk takjil buka puasa akan di dominasi oleh takjil asin. Seperti jalangkote, bakwan, panada, kroket dan kawanannya. Untuk es buah, pisang ijo, syrup DHT dan kerabatnya, ngikut. Gak ada takjil manis its okey, tapi kalau gak ada takjil asin, thats a problem!


Dulu waktu belum meikah, di rumah Ummi selalu masak sore hari, nasi, ikan, sayur dan cobek, serta lauk lainnya yang enak-enak banget. Karena ngiler duluan sama masakan ummi, jadinya saya dan adik-adik selalu berbuka puasa dengan langsung makan berat. Akhirnya ya sampe sekarang pun. 

Setelah nikah, saya tetap berbuka puasa dengan langsung makan berat, tapi tetap menyediakan takjil manis dan asin untuk suami juga. Sehat gak sih buka puasa langsung makan nasi ?

Kalau kalian googling, ada beberapa pakar nutrisi yang bilang kalau hal ini sebenarnya gak jadi masalah kok. Ya diusahakan aja jumlahnya gak berlebihan. Jangan langsung di embat gitu., pakai minum dulu, tenangin perut dulu, trus makan pelan-pelan hehe. Biar mencegah terjadinya gangguan pada sistem pencernaan, sebab pencernaan yang semula tidak bekerja selama 12 jam, tiba-tiba harus dipaksa bekerja keras., yang terpenting bukanlah mengisi perut, tetapi menambah energi yang drop jelang berbuka.

Takjil pun sifatnya cuma membatalkan, baiknya juga gak mengonsumsi takjil dalam jumlah besar. Kalaupun pengen makan nasi, disarankan makan setengah porsi aja dengan komposisi yang tetep sama, yaitu protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.
Lauk bukapuasa favorite di rumah itu ya ini :
  • ikan goreng
  • sayur tumis kangkung
  • cobek-cobek
  • lalapan
  • racak mangga

Gak ada makanan rempah-rempah yang berat2 amat kan ? hihiheeheh yang penting itu ya ada cobek aja udah cukup kwkwkwkw. Atau karena saya cuma taunya masak itu yang simple-simple begitu. hhahahhaah gak kayak mommy-mommy yang passionnya emang di dapur, bikin yakinikuta, sayur lodeh, ayam kuning, sayur capcay, daging semur dan lain sebagainya. 

Tapi kalau rajin aja sebanrnya sih bisa juga ahahah cuma emang dasarnya malas ya, kalau saya lagi malas masak, lagi lemes banget gitu, saya akan buka puasa takjil manis dulu juga kok, abis sholat magribh baru masak-masak. 

gimana kalau kalian selama ini? 
share di komentar ya ^^
8 comments on "Saat Buka Puasa, Kalian Tim Langsung Makan Atau Tim Takjil Dulu ?"
  1. Sama mbak. Saya sediakan manis2 buat anak dan suami. Karena mereka setelah berbuka langsung ke mesjid pulang nya mereka baru makan besar.

    Nah saya saat mereka ke mesjid makan dulu. Mereka pulang makan2 baru saya solat.

    Setelah tarawih biasanya ngemil2 lagi. Hehehe...

    Favorit kami berhubung orang sunda makannya gak jauh dari lalap sambal ikan asin. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe adem banget ya liatnya kalo mjereka udah pada pulang dari masjid kemudian makanan udah tersaji di meja..
      gitu aja kita udah kenyang liat nya
      eh hehehehe

      Delete
  2. Wahhh, jadi rindu banget sama masakan rumah kalau kayak gini. Sayangnya lebaran ini aku stuck di kota lain karena harus menyelesaikan sesuatu.BTW, Itu yang gambar makanan di taruh di atas daun pisang mengingatkanku ketika acara makan bersama menjelang perayaan lebaran di kampung. Enak, menyenangkan dan kebersamaannya terasa. Uhhhh,jadi rindu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mbak
      jihad juga itu jadi perantau hehehe semoga berkah dimanapun berada
      iya seru banget ini makan liwed-an lesehan rame2 heheh
      lebih nikmat daripada yang bersantan dan rempah2an

      Delete
  3. Kalau saya sih makan takjil dulu mbak baru makanan berat spt nasi. Lezat2 tuh menunya, jadi pengen ikutan icip2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huehehhehe iya
      Jd kangen ya suasana buka puasa

      Delete
  4. biasanya sih takjil dulu kak... jedanya makannya pun agak lama. ngga langsung makan abis takjil. Kasi santai dulu perutnya. BTW itu makanannya semua buat sendiri kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hueheheh iya ya biasa mmg bgitu jeda jeda perut biar enak hehehe
      Kalau takjilnya beli
      Makanannya iya masak sendiri hehehehhe

      Delete

Auto Post Signature