01 December 2015

Saluran Cerna Terganggu Karena Alergi Susu

Assalamualaikum wr.wb
Tiga minggu lalu, anak saya yang kedua, Maraja sudah berusia 6 bulan, sudah saatnya Mpasi dan ganti susu lanjutannya. Disini saya menemui kesulitan, awalnya Maraja minum susu formula yang standart dengan merk Morinaga, tapi saya berencana kalau dia sudah 6 bulan, saya mau ganti ke Procal, biar kayak abangnya, kuat dan lincah. Tapi sayang, tidak cocok untuk Maraja. Abangnya dulu sebaliknya, tidak cocok dengan susu Morinaga, cocoknya pas di Procal. 

Dan ini lah beberapa gangguan yang  muncul pada Maraja karena tak cocok dengan susu formulanya, antara lain :


Gangguan Saluran Pencernaan
Maraja sering muntah, setiap habis minum susu, perutnya menjadi kembung, lima menit kemudian pasti susu yang sudah diminumnya itu dimuntahkan kembali. rewel, gelisah terutama pada malam hari, Maraja tidak bisa tidur, sampai jam tiga subuh cuma nemani dia bolak balik badan di kasur, kasian meski ngantuknya bukan main, matanya tetap terpejam. Selain esesnya berwarna hijau, bau, keras, dan berlendir.

Kulit Sensitif. 
Timbul bintik kemerahan seperti biduran di pipinya, telinga dan bagian ruam popok atau yang tertutup popok. Selain itu juga daun telinganya suka gatal. Untuk ini saya cuma memberikan dia salep meufurosan, dalam 3 hari bintik merah semaunya hilang. 

Gangguan Pernapasan
Napasnya Maraja tak teratur, seringkali terdengar suara grok-grok, terkadang disertai dengan batuk, terutama pada waktu malam dan pagi hari, sedangkan siang harinya tidak.
Maraja jadi lemas, sudah pernah dibawa ke Dokter sama kakek-neneknya, tapi cuma diberi anti muntah, tapi tetap saja masih muntah, seminggu kemudian akhirnya saya bawa ke RS. Siloam bertemu dengan dokter Ilham Lie. Saat di periksa, berat badan Maraja turun 200gram, dari 8,3kg di usia 6 bulannya, jadi 8,1Kg. Maraja anteng saat diperiksa suster, tapi pas diperiksa dokter, dia mulai nangis. Mungkin karena suster yang mendampingi dokter, memegang tangannya jadi tidak bebas, dia marah hahhaha.

Saya menjelaskan kronologi keadaan Maraja sama dokter Ilham, dan dokter ilham juga menjelaskan secara rinci, bahwa memang Maraja ini alergi susu. "Saya sudah ganti susunya dok, tapimaish tetap juga begitu." ungkapku


"Untuk susunya ini agak berbeda dengan susu biasanya, jadi Maraja harus dikasih lapar dulu baru dikasih susu, supaya dia mau minum. Biasanya bayi tidak mau minum kalau susunya bau dan pahit. Mungkin fesesnya nanti akan agak kehijauan, itu tak masalah ya bu..." Dokter Ilham menjelaskan dengan seksama. "Kalau ada apa-apa hubungi saja saya, kalau telponnya tidak saya angkat, tolong kirim sms ya bu!" lanjut dokter Ilham sambil menyerahkan kartu namanya.
Saat keadaannya mulai membaik, saya juga sudah mengganti kembali susunya ke susu sapi, ahamdulillah perutnya bisa menerima susu sapi, tapi harus dengan memberikan dia airminum, biar susunya tidak tinggal di dada dan langsung turun ke perut.
Setelah beralih kepada susu formula yang aman, biasanya gejala alergi susu sapi akan menghilang dalam 2-4 minggu. Keadaan Maraja sekarang sudah membaik, doakan biar lebih baik lagi ya.. semoga sehat walaafiat. aamiin ^^

7 comments:

  1. semoga anaknya selalu di berikan kesehatan terus mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasihhhhh doanya., aamiin aamiin

      Delete
  2. cakep banget dede maraja, sehat sehat ya, cepet sembuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak tetty : masyaAllah hehe.. Mbak juga yaaaaa sehat2 selalu calon dedenya Kifahhhh.. :-*

      Delete
  3. Dokter Ilham Lie emang TOP... Dari bayi smpe skrng anak aku umur 2 tahun gak prnh ganti dokter...

    ReplyDelete