24 March 2013

Reggae Movement by EXhibitA Entertainment

Assalmualaikum wr. Wb

Kalian pernah dengar ga soal musik reggae? Itu tuh yang asyik asyik gimana gitu iramanya heheheh kalau dengar lagunya dengan refleks kita jadi bisa ikut goyang, tanpa sadar mau ga mau, kalau bukan kaki yang gerak-gerak, pasti tangan yang nari2 kecil hehehe. Musik itu seperti panggilan ke seluruh anggota tubuh. untuk digerakkan. Kalau ga percaya coba deh searching2 lagu2 reggae.

Kenapa postingan kali ini saya bahas reggae? Pada herman gak? Hihihik. Oke begini beberapa bulan lalu di management event organizernya EXhibitA lagi dipercayakan sama salah satu perusahaan rokok, Neslite dari PT Agung Merapi yang mempunyai sebuah proyek event dengan tema Touring Reggae Movement. Jadi ini semacam event tour khusus para pecinta musik reggae di seluruh kota Indonesia. Soalnya sejak 7 desember 2012 lalu Neslite sudah mengadakan movement komunitas Reggae ke berbagai kota, seperti Tangerang, Bogor, Serang, dan Banjarmasin kemudian kota Makassar (kota saya) yang menjadi kota terakhir sekaligus event penutup dari seluruh rangkaian acara touring movement para pemusik reggae ini.

Nah disini, EXhibitA lah yang diberi kepercayaan oleh Neslite ini untuk mengurus segala tekhnis pelaksanaan event, bisa dibilang EXhibitA yang selenggarakan event ini dengan dana dari Neslite. Urus event gak gampang ternyata. Personel management event hanya ada 6-10 mulai dari urus konsep acara, pesan panggung, lighting, lokasi dan izin keramaian di POLDA. nah ini lah yang saya mau ceritakan ke kalian tentang bagaimana ngurus-ngurusnya. kemarin2 saya memang sempat kerja di Event Organizer tapi bukan bagian event konser, hanya semacam event pameran dan seminar. dan ternyata perbedaannya besar skali loh apalagi dari tekhnis kerjanya. bisa dibilang super sibuk bangeedd! 

Sebelumnya saya Perkenalkan dulu kepala Divisi Event Organizer sekaligus multimedia EXhibitA, Pak Jamz Jamaluddin. kurang lebih sudah 5 tahunan lebih beliau berkutat di dunia multimedia. nah disini tugas om Jamz adalah mengkordinasi semua pelaksanaan event, ibarat kata, om jamz yang menggerakkan dan menentukan ke arah mana semua anggotanya harus jalan. soal design banner, baligho, tiket dan lain-lainnya, om Jamz ini loh yang design :) yup yup beliau jg seorang layouter & grpahic designer di Multimedia EXhibitA magazine dan event organizer nya :D 

kalau dilapangan, om Jamz tugasnya memantau semua jaringan anggotanya, mengawasi keamanan dan kelancaran event, bagaimana event dimulai dan diakhiri, semua harus om Jamz yang pikirin hhihihihihihi. soal promosi tiketing juga. kalau ada preman-preman calo yang nyamperin ke lapangan, om Jamz yang hadang hahahah, entah gimana caranya, yang jelas dibalik kelancaran acara itu hasil dari buah pikiran om Jamz yang atur. 

Berikutnya perkenalkan lagi Project Leader nya, Pak Rocky Patrisiana, Pak Ocky ini loh yang bertanggungjawab sama semua kelancaran apalagi kesuksesan event. pokoknya mulai dari perencanaan sampai event selesai. pak Ocky ini juga yang ngurusin masalah – masalah administratif dan persiapan – persiapan kelengkapan, pak Ocky kan emang orang yang sudah berpengalaman, memang sudah diandalkan menangani berbagai event loh. 

Dalam kerjanya pak Ocky ini gak sendirian, pak Ocky punya beberapa anak buah yang bantuin  menangani persiapan venue, promosi, perijinan sampai keamanan, pokoknya bisa dibilang yang paling keren tugasnya karena pak Ocky yang bagi2 tugas ke kita2 hahahaha... di posisinya, tantangan terberat kali ini katanya adalah ngurus soal izin keramaian di Polda. harus bolak balik terus karena administrasi, juga menghadapi bapak polisi intelkam yang "permintaannya" banyak dan berkaitan dengan budget ihihihihi jd ada tawar menawar dulu, dan bayangin kalau event udah H-2 tapi license dari polda belum turun hahahahaha, ribet alakadarnya. tapi karena pak Ocky punya keyakinan besar, dan semangat yang menggebu serta tanggungjawab penuh, akhirnya license dari polda itu turun juga. kalau dilapangan, Pak Ocky yang mengkordinir gerakan tiap gate dan stage. penonton, suporter, sponsorship dan lainnya. dibilang orang kerennya lah pokoknya haha.

Kemudian adalagi nih satu orang, kalian tau gak? soal betapa pentingnya sebuah motivasi yang menghibur kalau pada saat-saat penat dan kepusingan melanda di sela-sela pekerjaan yang belum selesai.kadang memang harus ada satu orang yang bisa menghibur, memotivasi kita. hhehehheeh kenalin, Pache kita :D Muhammad Nurdin, akrabnya sih disapa pache (bapak) hohoho. tugas pache disini selain menghibur dan membahagiakan hati kita semua, biar ga tegang-tegang dan serius amat :p disini pache sebagai Show Director. itu tuh yang bertanggungjawab terhadap kualitas sajian acara, baik dari segi artistik maupun kenyamanan audiens. nah pache ini juga yang tugasnya selalu harus ada didekat Project Leader (Pak Ocky tadi) gak boleh jauh2an dari Pak ocky, kemana2 harus sama-sama bareng, termasuk ngurus surat izin polda itu tuh hahahahhahaa.. 


kalau dilapangan langsung, pache nih kordinator Gate dan keamanan, siapa siapa penonton yang udah punya tiket masuk dan tanda masuk. jangan coba2 masuk kalau gak punya tanda masuk yaaa, dihadang sama pache dan anggotanya loh ahhahahaa, mau manjat tembok juga gak bakalan bisa, ada pache yang jeli menjaga dengan ketat gate nya hahahahahahahah jadi bagian ticket box gak ada yang rugi :p ga boleh masuk-masuk gratis harus beli tiket dong hahaha, kalau ada temen yang mau minta masuk gratis, pache bakalan diomelin sama Project Leader :D juga kalau artis naik ke stage biar gak dikerumuni fans, pache bakalan nurunin anggota keamanan buat jagain artis. aman lah kalau pache yang kordinir security nya .

ehemm... ada satu orang lagi yang begitu berperan penting di sini nih... yang paling manis :p hehehe Pak Ade Cakra Irawan panggilan "sayang"nya tuh Cakke :D bisa dibilang kalau pak Cakke gak ada, event ini gak akan berlangsung, Kalau ngeliat orang yang selalu mondar-mandir di panggung, ngebawa HT dan mukanya keliatan serius, nah dia inilah sang Stage Manager. 
Pak Cakke nih yang bertanggung jawab sama semua aspek produksi acara. pokoknya Keberadaan pak cakke dalam event ini bisa dibilang salah satu inti utama lah, Pak Cakke juga orang yang merencanakan dan mengawasi pembangunan, juga eksekusi akhir dari pembangunan stage/panggung. Kalau ga ada stage manager panggungnya ga bakal berdiri tegak dan artis mau manggung dimana kalau gak ada panggung. hohohohoho bravo pak Cakke. :D sy juga salut loh sama kinerja kerja pak Cakke, profesional banged, lincah dan cakep lah uhuhuhuhuyy... 
trus kalau ada yang tanya saya tugasnya ngapain? saya cuma mensuport mereka semua hahahha, biar mereka pada semangat kerjanya hahahaha. sambil juga mendokumentasikan acara :) masa iya ada event gak ada yang nge dokumentasikan, masa mau dibiarkan berlalu tanpa di abadikan :D alhamdulillah ada saya hohoho.

1 comment:

  1. kereeeen tapi ada yg kurag dari tugas saya kayaknya, tugas utama pula, mendampingi bagian dokumentasi ;)

    ReplyDelete