Sepanjang Waktu Terlindungi Bersama Mustela Bebe

Anak saya yang kedua, Maraja, pernah terkena gejala imptigo bullosa. Iritasi kulit yang parah dan hampir mirip dengan cacar air, iritasi itu disebabkan oleh bakteri, berupa lepuh atau bercak luka terbuka pada kulit, yang kemudian menimbulkan kerak berwarna kuning atau cokelat. Meskipun itu tidak mengganggu aktifitasnya tapi tetap saja saya yang melihatnya merasa sedih.

Saya merasa tidak memberikan perlindungan untuk kulitnya dengan baik dan tepat. Sejak dia bayi saya memilihkannya skin care yang kekinian, yang orang banyak pakai pada umumnya, yang sering-sering ada di etalase toko baby, "Ini aja, kan sama aja semua kulit bayi..." Ternyata tidak loh bunda sekalian. 

Untung tiap anak bayi, kulit adalah bagaikan pelindung tubuhnya. Meskipun sebenarnya kulit bayi yang strukturnya masih sangat halus dan lembut, memiliki fungsi yang sama dengan kulit orang dewasa. Di awal kelahirannya, kulit bayi belum sesempurna yang kita bayangkan. Justru terlihat seram kan bunda? hehe, saya search beberapa artikel dan ternyata penyebabnya :
  • Permukaannya berselaput vernix caseosa, berfungsi sebagai pelindung kulit di dalam rahim. Lapisan itu bertahan pada minggu pertama, setelah itu mengelupas, seolah-olah bayi berganti kulit. Setelah lapisan itu luruh, barulah muncul kulit bayi yang sebenarnya.
  • Terkadang ditumbuhi bulu-bulu halus yang disebut lanugo, yang dibawa sejak di dalam rahim.
  • Kulit tampak keriput, permukaannya lebih tipis sehingga pembuluh darah dapat membayang.
  • Berwarna kemerahan, kemudian berubah menjadi kuning akibat produksi bilirubin di dalam darah. Warna kuning akan hilang dalam 2X 24 jam. Pada beberapa bayi, kulit baru lahir berwarna sangat merah, biru atau pucat, yang menandakan adanya gangguan kesehatan, misalnya kurang pasokan oksigen.

Meski struktur dan komponen kulit bayi baru lahir sudah lengkap, sebagaimana organ tubuh bayi yang lain, kulit tersebut belum berfungsi sempurna,  misalnya:
  • Produksi kelenjar keringat lebih sedikit, jadinya bayi jarang berkeringat. Itu sebabnya, kita harus mengupayakan suhu tubuhnya stabil dengan memastikan bayi tidak kedinginan atau kepanasan. Dibedong kalau AC menyala, atau bedongnya dilepas kalau suhu ruangan normal tanpa AC
  • Kulitnya  masih rentan terhadap iritasi, infeksi dan alergi,  karena zat imunitas pada kulit belum kuat dan struktur kulit lebih renggang serta tipis.
  • Kulit masih sedikit memproduksi melanin (pigmen yang berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari) sehingga kandungan air pada kulit lebih cepat menguap dan lebih mudah terbakar sinar ultraviolet.

Seiring pertumbuhannya, kulit bayi mengalami pekembangan, yaitu lapisan pelindung vernix casiosa sedikit demi sedikit terlepas, lapisan kulit menebal meski tetap halus dan lembut, kulit berwarna kemerahan, kelenjar keringat mulai berproduksi normal dan zat imunitas pada  kulit semakin kuat.

Kulit bayi ibarat penguhubung mereka dengan dunia luar. Ada kulit bayi yang mudah kering dan cenderung eksim, ada kulit bayi yang tidak toleran dan mudah teritasi, ada yang sering ruam karena popok. 

Anak saya dua, jadi sedapat mungkin saya bisa mengetahui perbedaannya. Yang kulitnya sering terbilang rewel itu adalah Maraja. Sejak dia kena imptigo bullosa itu saya terus mengorek informasi tentang skin care anak yang mempunyai formulasi hyppo allergenic. Bunda yang lain sering kan baca tulisan Hyppo allergenic dibeberapa produk-produk skin care anak? Hypo allergenic berarti “meminimalisasi munculnya alergi”. Adanya istilah Hypo allergenic pada produk perawatan bayi berarti produk itu menggunakan seminimal mungkin bahan baku yang bisa menimbulkan reaksi alergi.

Mungkin akan ada yang bilang, "Anak saya pakai yang ada tulisan hypoallergenic tetap aja gatal-gatal tuh..." Penggunaan produk Hypo-Allergenic tidak berarti 100% bebas dari resiko alergi, namun reaksi yang terjadi akibat beberapa bahan baku pada kulit bayi yang sangat sensitif dapat dibatasi sampai level minimum. Dokter kulit yang menangani Maraja waktu itu juga bilang kalau untuk perawatan kulit bayi sehari-hari, dianjurkan untuk menggunakan produk yang sudah teruji hypo-allergenic. Karena kulit bayi baru lahir masih sensitif sehingga memerlukan perhatian dan penggunaan produk yang sesuai kebutuhan.


Akhirnya bertemulah saya dengan Mustela Bebe yang mengandung bahan aktif alami Avocado Perseose, untuk memperkuat kulit bayi sehingga lebih tahan terhadap iritasi/kemerahan dan menjaga kekayaan stem cell yang berperan dalam menjaga kualitas kulit, sekarang & seterusnya. 



Ya, mungkin akan ada yang bilang, "Telat banget merawat kulit anaknya, seharusnya memang dari bayi ngasih yang terbaik buat anak." Gak apa-apa, kalem aja :) makanya dari itu saya mengambil kesalahan sebagai pengalaman hidup yang akan saya share ke bunda-bunda semua di blog saya ini. Jangan kayak saya ya bunda, nanti anak kena infeksi kulit baru bergerak mencari skin care yang the best dan memang sesuai kebutuhan kulit anak.

Kenapa Mustela Bebe?

Karena dengan formulasi hypoallergenic & teruji secara klinis, Mustela bebe menggunakan bahan alami, dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti alcohol  & paraben sehingga Mustela Bebe aman dipakai dari bayi baru dilahirkan (newborn).
  • Produk Mustela merupakan hasil dari keahlian dermatologis  di Laboratorium Expansience. Produk yang ada secara cermat dinilai sebagai bagian dari uji klinis atau uji penggunaan di bawah kontrol dermatologis dan pediatrik untuk menunjukkan keamanan dan keefektifannya.
  • Spesialis Produk yang Natural. Mustela mengambil bahan-bahan alami yang baik atau yang berasal dari alam: Misalnya, produk Mustela Bébé rata-rata mengandung 92% bahan yang berasal dari alam.
  • Aromanya Menyenangkan. Ya Aromanya membangkitkan semua indera dengan lembut, jadi bisa meningkatkan bonding ibu dan anak. 
  • Tanggung Jawab Merk. Merawat anak-anak juga melibatkan perawatan lingkungan di mana kita tinggal. Pada setiap tahap sepanjang siklus hidup produk, Mustela melakukan segala sesuatu untuk meminimalkan dampak yang dimiliki pada lingkungan. Botol Mustela, misalnya, semuanya bisa didaur ulang. Kardus kemasan yang digunakan berasal dari hutan yang dikelola secara lestari, dan formulasi busa Mustela Bebe semuanya biodegradable.
  • Dukungan Untuk Orang Tua Baru dan Calon Orang Tua. Mustela tidak hanya berkomitmen pada produknya, melainkan juga pada orang tua. Selain itu mustela juga mendukung orang tua baru dan calon orang tua untuk menemukan kebahagiaan sebagai orang tua. Selama ini, Mustela telah memberikan banyak saran yang dikembangkan dengan berkerja sama dengan ahli kesehatan dan perawatan bayi professional. Setiap hari, Mustela membantu orang tua muda memberikan bayi mereka perawatan yang dibutuhkan, serta membimbing dengan harmonis saat mereka tumbuh.
  • Komitmen Sosial. Yayasan Mustela dibangun dengan dukungan dari Fondation de France dan berkomitmen untuk mendukung para profesional kesehatan yang terlibat dalam perawatan bayi: sejak tahun 1982, juga telah mendukung inisiatif penelitian di pediatri, dengan menyediakan profesional kesehatan bayi, pediatrik dan kebidanan, serta sebagai penunjang asosiasi lain yang terlibat di bidang yang sama.
  • Distributor Terpercaya. Mustela ini didistribusikan langsung oleh PT. Interbat. Sebuah perusahaan farmasi yang ternama, dan yang memastikan bahwa produknya untuk terus memenuhi standar lokal dan internasional yang ketat. Saat ini, PT. Interbat memproduksi lebih dari 270 produk yang berbeda dalam berbagai dosis dan bentuk dan dianggap sebagai salah satu produsen farmasi papan atas di Indonesia loh. Dalam dekade terakhir, PT.Interbat telah terus-menerus masuk dalam lima besar produsen farmasi Indonesia.
Produk Mustela
Yup, Melalui keahlian dan penelitian spesifik terhadap kulit bayi, produk Mustela terbukti aman, efektif, semakin alami, dan senantiasa melindungi perkembangan kulit anak setiap hari. 

Produk Mustela ada banyak macam loh bund, mulai dari masa kehamilan sampai kebutuhan sehari-hari anak hingga usianya 3 tahun nanti, sampai kulitnya benar-benar tumbuh dengan matang. Saya pernah menggunakan produk mustela untuk menghilangkan rasa gatal-gatal di perut waktu mengandung Maraja. Katanya sih rambut Maraja bakal lebat, jadinya gatal deh perutnya. Padalah, selama hamil dan setelah melahirkan, tubuh akan mengalami banyak perubahan yang meninggalkan tanda di tubuh. Nah, untuk membuat kulit tetap terlihat cantik dan tetap membuat bunda nyaman selama hamil, kita bisa menggunakan Mustela 9 Month. Produk ini merupakan serangkaian produk yang diformulasikan secara khusus untuk kulit calon ibu (sedang hamil) dan untuk ibu baru (setelah melahirkan). Oleskan pada pagi dan malam hari di perut, payudara, pinggul, dan paha, lalu pijat hingga meresap sepenuhnya. Jika melahirkan melalui operasi Caesar, tunggu hingga beberapa minggu sebelum mengoleskannya pada bekas luka yang ada di perut.
 
Kalau untuk keperluan sepanjang harinya Maraja, yang saya gunakan antara lain :D

1. Bangun Tidur, Massage dengan Mustela Massage Oil
Saat bangun tidur, Maraja saya biarkan dulu bermain setelah dia minum susu. Biar keringatnya keluar di pagi hari. Ummi sering mengajarkan saya untuk memijat bayi sebelum dia mandi. Karena beberapa diantara banyak manfaat memijat bayi adalah untuk memperlancar sistem pencernaan, pernapasan, dan peredaran darah. Saya menggunakan Mustela Massage Oil. Yang pasti ini aman dipakai sejak bayi baru lahir.

Mustela Bébé Massage Oil diformulasikan khusus untuk digunakan sejak bayi baru lahir. Sangat sensorik sehingga membuat pijatan menjadi lebih mudah dan mudah meresap di kulit, tidak lengket dan licin dengan teksturnya yang unik. Melembabkan kulit, memberikan nutrisi dan membuat kulit lembut dan kenyal berkat serangkaian eksklusif minyak tanaman dermo-protective yang kaya akan minyak esensial.

2. Mandi dengan Mustela Dermo-Cleansing Atau dengan Gentle soap with Cold Cream - nutri-protective
Mustela Bebe Dermo-Cleansing gel ini kayak sabun plus bisa shampoo juga. Sangat cocok untuk menjaga kebersihan bayi sehari-hari, Membersihkan kulit dan rambut bayi dengan lembut. Formula bebas busa menjaga kehalusan kulit dan kulit kepala. Kandungan emolien menjadikan kulit lembut dan lembab. Tidak pedih di mata. Kalau Maraja lagi gak saya shampoin, saya cukup mandi menggunakan sabun batang Gentle soap. Gentle soap with Cold Cream - nutri-protective
Wajah dan badan - 150 g bar Membersihkan dengan lembut dan menyeluruh. Memelihara dan menenangkan kulit. Melindungi sumber daya penting pada kulit anak. Tentunya ini aman dipakai sejak bayi baru lahir.

3. Bermain bersama Mustela Hand and Body Hydra Bebe
Mustela Hydra Bébé® body lotion dirancang untuk perawatan sehari-hari.
Vegetal oil and vitamins E and F melembabkan kulit secara instan untuk jangka waktu yang lama. Shea butter membuat kulit menjadi kenyal, lembut, dan halus dengan sempurna. Aman dipakai sejak bayi baru lahir.

Senang banget rasanya tiap pakein Maraja lotion ini, kenapa? karena wanginyaaaa... wanginya bikin nyaman, jadi pengen pelukin Maraja terus hehehe. Wanginya tuh kayak wangi lulur salon spa bunda, dimana saat kita hirup itu jadi relaks gitu hehehehe. Dengan teksturnya yang ringan dan tidak berminyak, jadi langsung diserap dengan cepat oleh kulit. Menjadikan kulit lembut, kenyal dan wangi. Tersedia dalam kemasan botol yang dapat memberikan dosis yang tepat setiap saat.Sehabis mandi, Maraja wajib saya pakein lotion, karena kulitnya kering. Saya aplikasikan bukan cuma pada pagi hari. tapi sore jelang malam juga, pokoknya kalau Maraja selesai cuci-cuci. Kemasan botol tersedia ukuran 300ml & 500 ml.

4. Ganti Popok dengan Mustela Barrier Crem
Sebelum tidur, saat ganti popok Maraja, saya oleskan dulu Mustela barrier cream. Bair bobonya nyenyak, gak ada rasa gatal. Pokoknya bund, setiap mengganti popok, oleskan tipis krim ke kulit bayi yang sudah dibersihkan di sekitar area popok. Ini harum dan mudah digunakan serta dibersihkan, Mustela Barrier Cream  menyerap dengan cepat dan merata. kemasan dalam format tube (mudah disimpan di dalam tas untuk mengganti popok kapan saja). Bahan utama dari alam: Zinc oxide: memberikan efek perlindungan. Vitamin F: menyembuhkan ruam popok dengan cepat. Shea butter: melembutkan dan menenangkan kulit. So pasti aman dipakai sejak bayi baru lahir.
Nah, jadi itu beberapa produk yang saya pakai untuk menjaga dan melindungi kulit Maraja sepanjang hari. Mulai dari bangun tidur, beraktifitas, sampai mau bobo lagi. Ayo rawat rutin kulit anak dengan varian produk Mustela Bebe. Pokoknya Mustela Bebe #MustelaTodayForTomorrow melindungi anak saya, hari ini dan besok ^^

Bunda yang lain jangan sampai telat ya merawat kulit anak kita sejak dini. Untuk bunda-bunda yang pengen tau lebih banyak lagi jenis produk Mustela Bebe ini silahkan klik akunnya, untuk harganya bisa langsung melumcur ke websitenya



You May Also Like

12 comment

  1. Waaaah paket lengkap buat yang udah punya anak, terimakasih informasinyaaa. Noted :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga notedya gak disimpan lama2 yaa hhihihihi :D

      Delete
  2. Bagus deh sharingnya Qiah, saya jadi bisa banyak belajar dari tulisan ini. Suka sama tulisan dan grafik photonya 😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaaaaaaaaahhh mbak awiee..seadanya aja ini haha
      love :-*

      Delete
  3. Paket perawatan bayi yang lengkap banget, mba. Kayaknya buat anak umur 8 tahun juga pas ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak tergantung kulit anaknya , kalau masih biasa alergian bisa dicobain aja dulu :)

      Delete
  4. Lengkap ya rangkaian produk Mustella.
    Untuk harganya gimana, mam?
    Btw, foto2nya keren deh. Syukak! 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganua dan infonya bisa dilihat langsung di websitenya kak :-* instagramnya juga,

      Delete
  5. Wah untung sudah ketemu Mustela ya sekarang. Produk yang bagus buat kulit anak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa mbak ^^ udah tau akhirnya nih makanya di share

      Delete
  6. yg massage oilnya kepake banget di aku hihi...
    senang buat pijat2 si Abim :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa mbakk yg doyan pijit2 pasti senang yaa pakai message oil, harum jugaaaa

      Delete