Kelas MAM : Link Building

Assalamualaikum wr wb.
Selamat sore semuanya. Yeay bulan desember kelas MAM yang ketujuh. Dan kali ini kelas mam akan membahas sesuatu yang lebih teknis, yaitu tentang link building. Saat saya menghubungi kak nannie untuk jadwal sharing kelas mam, kak nannie mengusulkan materi tersebut, yang memang pada dasarnya para MAM belum mengetahui hal tersebut. Sebenarnya kelas MAM ini sempt terutunda beberapa minggu, karena kak Nanie belum bisa sempat mengisi, sampai akhirnya di tanggal 3 desember, kak Nanie bersedia meluangkan waktunya untuk sharing soal link building ini. Nah, memangnya apa sih link building itu? Silahkan klik, "Lanjut Baca" yaa.. 
Jadi waktu itu suasana kelas MAM bisa dibilang lebih ramai dari biasanya, ada 20an member yang berkesempatan hadir. Kami juga kedatangan peserta special, blogger perempuan dari Spanyol. Usianya sudah terbilang tua tapi beliau tetap punya semangat untuk menulis dan mulai ngeblog lagi untuk kembali mengaktifkan otaknya, katanya.
Bertempat di Peeple cafe, yang menurutku sangat cocok untuk kelas kali ini. Suasana nyaman, santai dan homey. Sayangnya waktu itu hujan deras dan kami tidak menyiapkan mic dan speaker, akhirnya kak Nanie harus berusaha mengencangkan suaranya agar terdengar ke semua member, ditambah lagi ada anak-anak yang kadang ribut HAHAHA namanya juga kelas MAM ya ;) kelasnya para emak-emak ya ada suasana rusuh gegara anak :D

Oke back to : Apa Link Building itu?
Adalah cara untuk mendapatkan backlink dari website/blog lain menuju website/blog kita. Kalau kita ingin mendapatkan banyak pengunjung, maka kita harus menempati posisi teratas di hasil mesin pencarian. Dan supaya bisa mendapatkan rangking yang baik maka kita butuh backlink. Ini untuk blogger yang memang berniat dan ingin mencoba untuk monetize blog-nya, harus paham soal ini.

Singkatnya sih, kak Nanie memaparkan lewat slide materinya, Link building itu Membangun link di website/blog, baik secara internal (internal linking) maupun secara eksternal (external linking).

Ada juga istilah-istilah yang terdapat dalam Link Building, antara lain :
  • Link
  • Internal link
  • External link
    • DoFollow
    • NoFollow
  • Backlink
  • Broken links
Lebih lanjut pun kak nanie menjelaskan bahwa yang terpentin gdari suatu blog posting itu adalah kontennya. Konten adalah rajanya. Dan juga ada tips membangun internal link lewat konten, apa saja itu ?
  • Sisipkan dalam konten
    • Link tersebut harus berada dalam postingan konten yang kita buat, jadi kita harus mencoba membuat postingan yang memang awalnya kita sudah niatkan untuk menyisipkan link tersebut dalam konten kita.
  • Gunakan anchor text
    • Sebaiknya dalam postingan, kita tidak menggunakan url link langsung yang tertulis, tapi ada baiknya kita menggunakan anchor text, tapi jangan dengan kalimat "silahkan klik di sini", "baca di sini", "langsung kesini" sebaiknya membuat paragraph baru dengan judul link tersebut, misal : "baca juga tentang liburan saya di Bali" lalu blok dan kemudian masukkan ekstenal link.
  • Hindari link yang menuju homepage, kontak, dan about me
  • Halaman relevan
  • Dofollow
    • Link nya sebaiknya dofollow, agar tidak menurunkan kualitas blog kita
  • Kenyamanan pembaca
    • hal ini harus selalu di ingat, pembaca tidak akan nyaman kalau membaca postingan yang terlalu banyak menunjukkan link hidup atau banyak tulisan yang terdeteksi link. 
Pembahasan terakhir adalah tentang broken link. Seorang blogger atau pemilik website harus wajib mengecek broken link secara berkala karena Link yang rusak atau Broken Link (link error 404) bisa menurunkan tingkat SEO blog di SERP mesin pencarian google.  Dari kenyaman jangankan pembaca, kita juga kesal kalau lagi jalan-jalan ke blog sebelah outbond Link ternyata bermasalah juga search engine tak menyukai kalau link yang dibuka ternyata broken link dan untuk mengantisipasi semua ini perlu keseriusan loh. Mempengaruhi kualitas blog kita juga. 

Jadi kalau mau cek broken link di blog kita, silahkan langsung ke web http://www.brokenlinkcheck.com/ dan lihat berapa link yang broken atau rusak. Itu harus segera di hapus loh, saya sudah cek dan hasilnya dari 3000 webpages terdapat 124 broken link, cara hapusnya juga harus di cek persatu postiingan itu lalu hapus, begitu terus sampai selesai. Dan akhirnya ternyata saya butuh satu minggu waktu, untuk membersihkan blog dari broken link. Penyebab broken link itu adalah karena alamat blog yang dituju sudah jarang ada postingan, blog nya ganti alamat, dan atau salah ketik url. Syukurlah blog saya kini sudah bersih dari broken link. Berkat kelas MAM kali ini. yeay makasih kak Nanie :-*

sampai jumpa di kelas MAM berikutnya ya
semoga kami-kami makin rajin nge blog
dan makin paham tentang blogging tekhnic
yeaayy siapa ya pemateri berikutnya?
nantikan ^,^

You May Also Like

3 comment

  1. Bermanfaat sekali ya penjelasan Nanie tempo hari.
    Saya hapus2 broken link, toh Qiah ... naik DAku tiga poin. Ada teman blogger yang terpancing ikut bersih2, naik ki juga DAnya 3 poin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kaaaaaaakkk, say ajuga agak kaget liat DA dan PA kuuu kemarin ternyata 30/27 padahal dulu nda sampe 30 lohhhh wah info sangat berharaga juga ini buat ditambahkan di' kak ?

      Delete
  2. MAM excited skali belajar link building walau hujan di luar, bukan jd penghalang upgrade ilmu. Thank u ketua kelas andalan.. ditunggu jadwal kelas MAM berikutnya :)

    ReplyDelete

recent posts