28 October 2016

Shabuqi TSM All You Can Eat

Shabu-shabu adalah makanan Jepang jenis Nabemono berupa irisan sangat tipis daging sapi yang dicelup ke dalam panci khusus berisi air panas di atas meja makan, dan dilambai-lambaikan di dalam kuah untuk beberapa kali sebelum dimakan bersama saus yang mengandung wijen. Di dalam panci biasanya juga dimasukkan sayur-sayuran, tahu, bakso, dan lainnya. 

Saya mengenal makanan ini sejak SMA, dan pernah satu kali makan di Resto Makassar Suki yang terletak di jalan Sumba, dulu di sampingnya ada bioskop. Kesana makan Shabu-shabu dan sejenisnya dalam rangka merayakan hari ulangtahun sahabat saya. Dari situlah saya tau cara penyajian dan makannya gimana. Tahun 2015 sudah mulai banyak restoran korean or japanesse food di seantero Makassar. Mulai dari Mall sampai hotel dan Resto Cafe lainnya. Tapi sejak saat makan-makan di acara ultah sahabat saya itu, saya tidak pernah lagi mengunjungi restoran serupa, baik itu X.O suki, Sunachi, Shabu Tei dan lain-lainnya. 

Sampai suatu hari disebuah event, saya mendapat undangan sebagai buzzer acara. Sebelum pressconference dimulai, semua buzzer dan media diundang untuk makan siang di Shabuqi Trans Mall Makassar, dekat starbuks. Dari namanya saya tau, pasti menunya ya sushi dan soup atau paling tidak ya tempatnya aja di Shabuqi tapi makanannya pesan menu prasmanan ala di kawinan. Tapi saya salah. setelah bertemu dengan teman blogger yang lain, saya duduk dipersilahkan duduk.

"Mbak silahkan pesan kuahnya mau yang mana?"

Saya melihat meja teman-teman mereka sudah pada selesai makan, (Ya... again and again ya Qiah telat*HAHA) tapi kok ya cuma ditanya kuahnya? menunya mana ini ya? Sudahlah saya pesan aja yang ada kata "spicy" nya itu, saya kan suka pedas. Setelah memesan, Pelayan meletakkan dua box berisi irisan daging tipis, dan itu di tumpuk diatas box daging teman yang lain. 

"Silahkan makanan lainnya bisa diambil di sebelah sana ya bu...!"

Beranjak lah saya, memilih makanan yang tersaji banyak sekali, mulai dari sayuran, buah-buahan, bumbu, ayam, nasi, gyudon, sushi, dan lain sebagainya. 
Saat saya mencoba kuahnya dan memasak Shabu-nya. SAYA LANGSUNG JATUH CINTA makannya! enaakkkk sedap!!. 

Sayang sekali hari itu saya terlambat jadi tidak bisa menikmati shabu saya dengan seksama (halah*) saya langsung diminta ke lokasi acara untuk meliput dan nge buzz jalannya acara. Tapi saya janji suatu hari akan kembali lagi ke SHABUQI itu, makan dengan tenang dan menikmatinya puas-puas. 

Dannnnn...
Alhamdulillah bisa terpenuhi. 
Saya mencari info dari teman-teman tentang Shabuqi ini, sekaligus menghempas perasaan saya yang lagi suka bangetnya sama kuah spicy hot yang ada di menu shabuqi itu. Info demi info dikumpulkan akhirnya saya janjian dengan beberapa teman blogger MAM untuk kembali ke Shabuqi. Tapi hari itu cuma saya dan kak Ery saja yang berkesempatan, yang lainnya batal menyusul. 

Ternyata di Shabuqi ini All You Can Eat ! kita bisa makan sepuasnya, makan semua makanan yang disajikan dan tanpa batas waktu berapa lama makannya. Bebas puas nikmat! MasyaAllah ya hihihi. Tapi ya itu sistem pembayarannya hitung perkepala, harga disesuaikan dengan pilihan Shabunya. Saya sih pesan yang murah yang US BEEF aja toh tetap sama aja rasa dagingnya bagi saya, hahah yg bedain cuma pilihan soup kita.
Selain irisan sangat tipis daging sapi, ada banyak pilihan yang bisa jadi jenis menu lain juga kok, ada sphagethy, ayam goreng krispy, nasi, bakso, gyudon. Setelah kita mengambil semua bahan makanan yang mau dicampurkan ke dalam soup, kita menunggu soupnya mendidih diatas meja yang permanen dengan kompor listrik.

Untuk minumannya juga banyak pilihan. Ada cola, sprite, fanta, air mineral, ocha tea, nestea. Cube ice juga disediakan kita bebas ambil sendiri. kalau misalkan sudah kenyang makan shabu dan sayurannya, kita bisa tunggu jeda sebentar, istilahnya "marimari poso" : kasih turun-turun dulu makanan  hahahah kemudian bisa ambil lagi buah, atau ice cappuccino, coffee dan sushi. Kalau perutnya masih muat dan masih bisa, boleh lanjut lagi makan shabunya, asalkan soupnya masih ada. HAHAH kan pokoknya tidak ada batas jam makan. ALL YOU CAN EAT! hihihii. 

Tapi ingat, jangan ambil makanannya banyak sekaligus ya. Bisa kena charge kalau ada sisa makanan. Jadi pelan-pelan saja ambil makanannya sedikit demi sedikit kan bisa kok bolak balik ambil nambah lagi nambah lagi heheheh. 
Ini beberapa makanan yang biasa saya ambil dan campurkan. Ada tahu, kimchi (kimchinya enaaaak juaraaaaaaa pokoknya), selada, bakso ikan, shabu cumi, cabe rawit, bawang putih, wijen, daun bawang, sushi, nasi, dan kentang goreng. Minumnya saya suka kalau abis makan menu begini saya minum yang bersoda, sprite hhehe. Kadang juga saya tambah sphagety dan ayam krispi :D
Kemarin juga sempat ngajakin adik saya ke Shabuqi, weekend kemarin katanya mau makan steak yang lagi ada promo include minumannya, sebesar Rp.150.000,- tapi langsung kuajak ke shabuqi aja tinggal tambah berapa udah puas-puasan makannya dan kan gak semua bisa makan steak, duozam mana mau dikasih makan steak, bawa ke Shabuqi dia bisa bebas makan kentang goreng dan ayam krispi, soalnya dia gak dihitung bill, anak umur 2 tahun masih gratis :D 
Sampai jumpa di postingan kuliner lainnya ya.

38 comments:

  1. Eh bener ya,makanan sisa hrus dibayar. Mubadzir emang kdg all you can eat suka pd kalap ngambilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah iyaaa kalap ngeliat makanan banyak dan bebas diambil
      taunya pas diambil kekenyangan , bersisa deh

      Delete
  2. Berarti harus bener-bener bersih tuh piringnya ya?
    Bagus juga tuh peraturannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak harus juga sih , yg penting ga berlebihan aja nyisainnya, seperti misal ngambil makanan tapi gak dimakan.

      Delete
  3. wuih kayak enak banget itu ya,, kalau saya mah biasanya lembaran tempe di cocol ke sambel wkwk

    ReplyDelete
  4. Wah nggak habis kena charge ya :D bawa bontot ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya asal bontotnya dibawah 5 tahun aja mbak hehehehe
      kalau sudah 4-5 tahun biasanya disuruh bayar juga porsi child

      Delete
  5. paling demen deh kalau ada makanan model beginian, All You Can Eat..saya juga pernah diundang salah satu hotel buat beginian..hmm yummy banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedapppp yaa mas, haha alhamdulillah ya semoga sering2 diundang ya

      Delete
  6. Pasti enak banget ini mbak.. tapi harganya waw banget ya..
    Buat beli bakso super dapet berapa mangkok itu ya harga segitu.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada rasa ada hargaa memang, tapi worth it lahh

      Delete
  7. Lihat gambarnya sepertinya enak tuh mbak... bikin ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooo mbak nunuuuuu
      ayo ke makassar kapan?
      ku ajakin hehehe

      Delete
  8. menunya sangar, bikin ngiler aja nih....

    ReplyDelete
  9. kapan-kapan pengen nyobain kesana....itu kita bisa nambah dan makan sepuasnya kan ya?
    sip lah, next week kesana

    ReplyDelete
  10. Belum kuat kayaknya kalau harus dateng ke tempat begitu, khawatir kalap mbak 0_0

    ReplyDelete
    Replies
    1. se kalap apapun ya tetep bayarannya sama, asal jgn di sisain aja

      Delete
  11. wah konsepnya keren tuh konsepnya, jika sisa dikenakan charge biar kitanya juga menghormatin makanan..

    ReplyDelete
  12. kalau saya di restoran all you can eat pasti abis, haha.
    enak banget liat masakan jepangnya.

    sayangnya di kota saya belum ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluang banget tuh mas di kotanya heheh bikin aja usaha kayak gitu tp menu beda dan sistem yg lebih sederhana dlu

      Delete
  13. makasih ka reviewnya. Kaya asik juga buat selfi tapi sayang belum ada yang seperti ini :( hikss

    ReplyDelete
  14. daging merahnya pikin mupeng, pengen negrasain juga tuh

    ReplyDelete
  15. Butuh Berita Terbaru Tentang Otomotif..? berita otomotif terbaru Aja

    ReplyDelete
  16. reviewx keren qia... mengundang selera

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mauki coba kak, ajakkaaaaaa ku temaniki hehehuheuheu

      Delete
  17. hehe mantap mbak..liatnya aja udah bikin laper :-p

    ReplyDelete
  18. Wah kayanya enak nih. Kapan2 bisa mampir

    ReplyDelete
  19. Kira-kira ada promo 150rb setiap tanggal atau hari apa ya Min ?

    ReplyDelete