24 March 2015

Kids Distro di Makassar : Little WW

Assalamualaikum, wr.wb
hari tadi sehabis hunting Rumah sakit Bersalin, saya lewat di Jl. Landak Baru dan menemukan toko clothing khusus baby. KIDS DISTRO namanya, kalau dari arah pettarani, posisinya sebelah kanan, tak juah dari UNM Pasca. hmmm.... Distro biasanya identik dengan kalangan remaja, dan dewasa kan ya, nah ini berbeda loh, ini khusus untuk anak-anak. mulai dari bayi hingga usia 12 tahunan. dan isinya lengkap loh mulai dari baju kaos, celana, jeans, denim, topi, sepatu dan tas. design dan style koleksinya lucu-lucu dan keren. produksinya juga limited, gak pasaran dan tiap satu design untuk usia bayi hanya ada sampai ukuran Medium. dan tentunya made in Indonesia.
pasti dibenak, ada nanya : "mahal pastinya ya...?" ihihi semua baju bayi memang dibilang mahal kan ya? di infobunda,com dan dibeberapa artikel tentang bayi lainnya juga sudah banyak menjelaskan mengapa baju bayi mahal? alasan klasiknya karena, makin kecil ukuran baju itu makin tinggi tingkat kesulitannya dalam proses jahitan/pembuatannya. tapi sebnarnya lebih dari itu loh,.
untuk membuat baju anak, biasanya material yang dipilih memang diprioritaskan bisa membuat anak nyaman dalam memakainya. nah kenyamanan itu yang harganya bikin beda drastis sama baju orang dewasa. Selain material dan rumitnya proses penjahitan, detail busana yang cukup susah dikerjakan membuat harga produksi meningkat. Apalagi, tingkah baby yang sering macam-macam, seperti menggigit kancing dan lain-lain membuat produsen busana membuatkan rancangan baju yang mengedepankan sisi keselamatan anak. Dengan segala perhatian yang mendetil tersebut, gak heran kan, kenapa baju bayi lebih mahal daripada baju ayahmama nya :)) hahah.
ternyata beli baju bayi itu nggak cuma diliat model atau designnya yang keren dan lucu, tapi ada juga warning dalam memilihkan atau membelikan baby kita baju. saya searching-searching artikel dan tanya-tanya ke teman-teman (para mama muda gitu) tentang hal ini juga. dan rangkumannya sebagai berikut :
  • Jangan membeli baju dari bahan sintetis seperti nilon dan polyester. Karena bahan-bahan itu tidak mudah menyerap keringat. Akibatnya bayi berkeringat berlebihan. Jika pori-pori kulitnya tersumbat, keringat akan merembes ke kulit di dekatnya. nah ini yang biasa bikin baby kita biang keringatan, katanya sih bagus dan nyaman itu bahan Katun.
  • Jangan membeli  terlalu ‘pas’ di badan ukuranya. Karena kulit bayi masih tipis, belum sempurna, belum ada lapisan lemak tebal seperti orang dewasa. Bahkan hingga usia 1 tahun, lapisan kulit terluarnya (epidermis) 20-30 persen lebih tipis dibandingkan orang dewasa. Sehingga, ketika tergesek, kulit mereka gmudah terluka dan iritasi. Selain itu, baju yang sempit akan membuat bayi sulit bergerak, aliran darahnya jg bs jadi terhambat.
  • Jangan memilih baju berkerah tebal dan kaku yang dapat membuat kulit leher bayi gatal-gatal. Karena baju model seperti itu kalau dipakai di udara tropis apalagi di Makassar, bisa menyebabkan keringat bayi nempel, dan menimbulkan daki.
  • Jangan memilih baju dengan aksesori kancing, tapi, pita, mote dan payet. Ketika bayi kita mulai senang berekplorasi dengan tangannya, mereka akan senang memegang sesuatu kemudian mengenalinya dengan memasukkannya ke dalam mulut. Bila payet, mote atau kancing terlepas dan tercecer, bukan tak mungkin tertelan olehnya.

Lebih jauh, pakaian anak (terutama model pakaian baby boy) harusnya tidak membatasi gerakan badan maupun tangan dan kaki, begitu juga tidak ada tekanan yang bisa melukai bagian dada dan pinggang. Seluruh ototnya harus bebas bergerak untuk menstimulasi pertumbuhan dan aktifitas, yang pada akhirnya menjamin keteraturan dan efektifitas berbagai fungsi otot-otot tersebut. apalah lagi terhadap babyZAM ku yang superduper lincah dan banyak gerak >o< hahaha .. terkadang saya masih suka bingung soal ukuran baju babyZAM kalau lagi belanjain dia baju. biasanya ukuran baju bayi itu pakai usia, baju usia 3-6 bulan, size usia 9-12 bulan dan seterusnya. pernah saya beliin yang sesuai usianya. size ukuran 3-6 bulan eh malas gak cocok, cuma sempat dipakai satu kali. ya satu kali. karena kekecilan -_-.. jadi berikutnya di usia 4 bulan, saya sengajain beliin yang size usia 9 bulan langsung hha lumayan dipakai beneran sampai usia 8 bulan ini :D
nah di Distro Kids ini size nya udah ga pakai usia, tapi pakai S, extra S, M, biasanya pas untuk bayi usia 3 bulan sampai 10 bulan. kalau untuk 1 tahun sudh beda lagi sizenya. tapi beneran lucu-lucu loh designnya. awal berkunjung saya hanya melirik baju kaos saja, range harga untuk baju kaos mulai dari Rp.55.000,- sampai dengan Rp.215.000,- saya suka semua designnya,kalau dipakein ke babyZAM udah kliatan kayak anak muda kecil (apa deh*) gitu hahah. tapi tetap beliinnya yang pas aja buat ukurannya kali itu dapat dua lembar :D yang murah dari harga lainnya hihihi (teteup) ya toh meski baju bayi memang mahal, tapi ga serta merta kita sebagai ibu main beli-beliin aja dan boros di belanjain baju anak, harus punya trick menghemat dan menyiasati agar anak tetap dapat yang terbaik dan ternyaman :D 


No comments:

Post a Comment