17 February 2015

Instagram Hastag #KompakersMakassar

Assalamualaikum wr.wb
kali ini saya mau memperkenalkan satu komunitas lagi yang saya gabung didalamnya. namanya #KompakersMakassar. kok pake hastag ya? yup yang dikenal pakai hastag adalah fitur social media Instagram. nah di instagram ada akun @UploadKompakan yang mewadahi seluruh pecinta fotografi dan foodphotography. mewadahi dalam artian berbeda loh, begini.. admin @UploadKompakan tiap hari menentukan sebuah tema foto. dan yang boleh upload foto adalah yang sudah follow dan sudah di accepted oleh admin. cara upload fotonya mengikuti rules paten :
  1. Yang boleh upload adalah member kompakers yang sudah follow akun ini (@uploadkompakan), jangan pakai dua akun
  2. Upload foto hanya satu saja, dan harus karya sendiri jangan pakai karya oranglain
  3. Jangan memberi hastag di foto lama
  4. tidak diperkenankan mengupload foto yang didalamnya terdapat wajah, tubuh, kaki,baik itu obyeknya nenek2 atau anak kecil, apalagi laki2. bagian tubuh yang boleh tampak hanyalah garis tangan
  5. No hewan, no patung, no boneka, no miras
  6. Jangan ada upload foto yang memperlihatkan gambar manusia/makhluk bernyawa
  7. pengumuman tema dilakukan setiap malam
  8. waktu mulai upload adalah jam 5 pagi sampai jam 20.00 wib
  9. upload foto disertakan hastag sesuai tema yang diberikan.
nah seperti itu, jadi yang nge follow akunnya merasa tertantang dan lambat laun merasa asyik mengupload foto di instagram. setelah upload foto apa yang dilakukan admin @uploadkompakan ? mereka meng-Grid foto-foto yang menurut mereka bagus dan punya citarasa seni yang tinggi terhadap tema yang diberikan, setelah di grid fotonya, diupload... lalu? dapat hadiah? No... ini hanya sekedar have fun :) semua just for fun. sekedar berbagi bersama, saling sharing sesama pecinta foodphotography. waktu berlalu, sudah semakin banyak followersnya dan bahkan ada hastag kompakers tiap daerah. termasuk makassar :) kumpulan follower akun @UploadKompakan yang berdomisili di Makassar, hastagnya #KompakersMakassar :) awal saya menemukan hastag itu saya lagi gak di Makassar sebenarnya, tapi di jakarta. dan memang sebelumnya yang tertag di akun instagram saya kebanyakan akun yang #kompakersJakarta . 

berawal dari mbak +Winarni (@winarniks) yang mengajak untuk membuat group line khusus kompakers makassar. pencarian dimulai dengan mengklik hastag #UKmakassar dan #KompakersMakassar akhirnya pun terkumpul lah 46 member wanita wanita pecinta uploadkompakan. kami bukan profesional seperti para fotografer hebat diluaran sana, kami hanya larut dalam kesenangan kami berbagi gambar sembari giat berusaha membuat foto itu terlihat indah dan bagus dipandang. akhirnya pun.... kami dipertemukan dalam satu waktu, kemarin, 15 Februari. Setelah chit and chat via Line group,  kenalan dan saling berdiskusi tentang first meetup ini. Hasil votingnya ttg ganggal dan waktu serta tempat di mamacafe jl. Bau mangga,  diantara 46member yang hadir alhamdulliah 30an orang. Antusias pengen ketemu sahabat baru yang punya kesenangan sama :)
Hari itu saya sebenarnya tidak bisa menghadiri karena bertepatan dengan jadwal suami kembali ke jakarta.  Jadi pengen antar dulu kebandara. Karena kita berangkat badha dhuhur,  tiba dibandara 2 jam lebih cepat dari jam keberangkatan suami,  kata suami gak apa-apa biar bisa sempat tidur di ruang tunggu. Aaaahhhh cerita balada kegalauan ditinggal suami saya switch nanti deh dipostingan berbeda hhehe. Well, merasa masih bisa sempat sekedar mampir di mamacafe untuk menyapa #KompakersMakassar kenalannya baru beberapa minggu pas ketemu kayak lagi reunian (kata kak Yeyen) hehe :) begitu sampai di mamacafe saya disambut ramah sama mereka loh... Senangnya. Tapi sayangnya saya gabisa lama-lama,  setelah saling sapa/fotofoto langsung cuss pulang soalnya babyZAM ditinggal dirumah :D 

Kegiatan meetup kami hari itu adalah tukar kado dibungkus koran (sudah disepakati di group line) dan memasang tagname masing-masing.
Kemudian ada juga loh spot sesi foto setoran untuk tema hari itu,  yaitu Bundar #UKbunderr jadi kak Leiha selaku tim kreatif menyiapkab props dan kue kue di mamacafe sebagai objek temanya hehe... Thankyou kak Leiha,  jadinya kita ga perlu lg susah2 cari objek untjk setoran tema hari itu. 
 

Suka banget sama semangatnya kak Ama yang demi kesempurnaan bird angel view, rela deh manjat-manjat kursi hihihihi..  
Pas pertama datang,  semua wajah terlihat asing bagi saya,  karena belum kenal betul kan hehe. Kecuali wajah yang satu ini,  kak Monalisa Januar...  Kakak kece yang juga gabung di komunitas instamakassar pecinta phone photography. Beliau juga gabung di #kompakersmakassar senang bs sekomunitas kembali sama kak monalisa setelah bareng di @HijabersMKS 3 tahun lalu (♡˙︶˙♡) 
Setelah sesi foto untuk setoran tema,  kami berbincang soal alas foto,  props,  lighting, dan kamera hape serta dslr. Sayangnya saya gak nyimak lama karena sudah harus balik. Sampai sesi tukar kadonya saya gak ikutin lagi. 
20menitan bersmama mereka alhamdulillah yang penting sempat mampir dan menyapa hehe..  Semoga dilain kesempatan,  atau meetup kedua bisa ikut sampai selesai kegiatannya.  Jazakillah ukhti kompakersmakassar (*´∇`*)

No comments:

Post a Comment