02 February 2015

6 MONTH BABYZAM

Assalamualaikum, alhamdulillah gak terasa lagi my babyZAM udah 6 bulan. kemarin waktu di imunisasi, dokternya nanya, babyZAM udah bisa apa aja? pertanyaan umum ya.... heheh oh iya sebelumnya memaparkan perkembangan babyZAm (cieh bahasanya eung :p) saya dapat masukan dari beberapa teman yang seusia saya anaknya, kalau kita gak boleh membanding-bandingkan perkembangan anak kita dngan anak lain, karena tiap bayi itu punya kemampuan motorik berbeda-beda perkembanganya, ada yang motorik halusnya lebih cepat dibanding motorik kasarnya, ada juga sebaliknya. yang paling penting itu adalah kita sebagai ibu yang terus ada mendampingi dan menyaksikan tumbuh kembang anak tiap bulannya. 


Jam tidur berubah
usia 3-4-dan 5 bulan jam tidurnya tuh jam 6 sore sampai jam 5 subuh atau paling lambat ya jam 6.30 dan itu terbangun pun kalau saya yang bangunin untuk nenen susu tiap 3 jam. nah sejak usia 5,5 bulan sampai masuk ke 6 bulan sekarang ini, jam tidurnya berubah lagi, jam 5 sore ngantuk, bobo sampe jam 20 atau jam 21. kemudian main terus ngoceh, teriak, guling-guling dll, sampe jam 23 baru udah tepar capek dan pulas bobo, kemudian jam 03 pagi biasanya terbangun lagi ngoceh sebentaran, abis subuh jam 05 tidur kembali dan baru bangun lagi jam 09.00 pagi. (bikin jam tidur mama juga berantakan dah ah terlanjur haha*)

Sudah Mulai Makan
sejak usia 4 bulan lebih, babyZAM sudha menunjukkan tanda-tanda "bisa makan" dengan cara ikutan ngunyah2 bibirnya kalau liat orang makan hihhihk dan alhamdulillah usia 6 bulan ini cara makannya gak ada kendala :) setelah sempat juga saya galau soal menu pertamanya. dan pada akhirnya menu pertamanya itu ikut sama kubu WHO yang langsung memberi bubur saring dan sayuran :D

Eksplore Suara
Pernahkan mendengar anak kecil/bayi mengeluarkan suara dengan nada tinggi penuh kesenangan saat berhasil meraih benda yang diinginkan atau pas dia merasa senang dengan kehadiran seseorang yang dia kenal? katanya Di awal hidupnya, suara-suara yang dikeluarkannya merupakan respons tubuhnya terhadap emosi saat itu.nah pas di usia 4 bulan ke atas, babyZAM ini sering banged teriak, dan kini caranya mengeluarkan suara sudah dengan tujuan lebih jelas. babyZAM akan teriak gembira melengking nyaring kalau berhasil dapat apa yang mau dia pegang. karena suara yang dikeluarkannya adalah sarana untuk mengungkapkan perasaannya atau berkomunikasi dengan orang-orang di sekelilingnya. juga masa bercelotehnya makin menjadi hihi lebih sering, ini memang sangat dinikmati babyZAM sih saat dia beraktifitas sehari-hari. ada ada saja celotehnya.

Mengenal Siapanya
nah babyZAM sudah lebih mengenal anggota keluarga,trus juga biasanya malah takut sama orang yang belum dikenal. babyZAM mulai dapat membedakan wajah orang-orang dekat dalam  kehidupannya. seperti saya, ayahnya dan onda pipinya yang keseharian lebih banyak bersamanya dibanding saudara-saudaraku dan kakek neneknya. katanya sih pada masa ini keterikatannya dengan orang yang dikenalnya  lebih berarti. dia melihat, mendengar dan mengingat orang yang dikenalnya. Di usia ini pula dia mampu mengamati wajah dengan seksama loh, kadang serius banget natap mata saya kalau lagi di ayun. Dari sini dia mulai berkenalan dan akrab dengan orang-orang terdekatnya. ga heran kalau dia mulai sadar wajah orang-orang yang asing baginya. seperti sudah bisa merasa takut terhadap orang asing. cuma mau digendong sama yang dia kenal, jadi tiba-tiba lebih gampang nangis kalau ditinggal sama yang belum begitu akrab baginya. atau kalau mau minta digendong, mutar badan, menolak. hha

Berguling
nah kalau soal berguling, waduh... babyZAM bisa dibilang termasuk aktif skali, haha saya gak bisa ninggalin dia kalau lagi di taro dikasur, biasanya juga selesai memandikannya begitu diletakkan di kasur, dia langsung putar badan, jadi susah dipakein baju. pernah meski kiri kanan ranjang sudah dikasih bantal, tetap saja saya anggap bahaya kalau ditinggal karena babyZAM merangkak perlahan naik ke bantal kemudian bergulling langsung. kalau tidur juga sudah ngambil 1/4 bagian tempat tidur, posisinya sudah banyak gaya. bangun tidur langsung berguling-guling. usia 6 bulan ada bayi yang sudah bisa duduk, tapi ya kembali lagi STOP membanding-bandingkan perkembangan anak dengan anak lain hehe. babyZAM belum bisa duduk sendiri, dia masih lebih senang tengkurap dan berguling berptar 360 derajat di kasur dibanding duduk. tapi dia tetap semangat berusaha duduk meski masih sering jatuh ke samping hhe.

Cilukbaaa !!!
mainan favorite kalau untuk membuatnya tertawa renyah dan nyaring adalah cilukba hahah, babyZAM sudah mengerti mainan ini, dia bahakan bisa mengajak orang sekitarnya untuk bermain cilukba, akalannya kalau lagi disuruh bobo di ayunan dia tarik selimut dan main cilukba, artinya dia belum mau bobo maunya main cilukba dulu hihihik.

ya itulah beberapa perkembangan babyZAM di usia 6 bulannya
semoga semakin aktif
tumbuh kembangnya tidak terhambat ya :)
aamiin, 
wassalam ^_^

No comments:

Post a Comment