05 August 2014

Aqiqah-an BabyZAM


Rasulullah bersabda:
 “Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya yang disembelih pada hari ke tujuh dan dicukur rambut kepalanya serta diberi nama.” (H.R. Tirmidzi, Nasa’I, dan Ibnu Majah dari Samirah)

kata pak Ustadz, anak yang baru lahir itu masih milik Allah sampai dia di aqiqah, setelah dia di aqiqah barulah anak itu resmi menjadi anak dari keduaorangtuanya. sebab apabila sang anak itu berdoa sebelum dia di aqiqah, doanya hanya untuk Allah, tidak turun kepada orangtuanya. setelah di aqiqah barulah doanya tercatat untuk keduaorangtuanya. dan pemberian namanya, tercatat di Lauhul Mahfuz pun ketika dia selesai di Aqiqah. :) saya mau menceritakan dibalik nama anak saya. 
Waktu usia kandungan saya Lima bulan, saya sempat USG pertama kali, awalnya USG untuk mengetahui kesehatan perkembangan struktur tubuhnya, dan tentu saja sekalian jenis kelaminnya. Dokternya tanya, sudah tau jenis kelaminnya? saya dan suami jawab, bellum. "Mau tau?" tanya dokter lagi. hehehe iyalah mau tau. untuk dokternya gak nanya lagi "mau tau aja apa mau tau banged?" :p hehe. dan ya akhirnya dikasih tau langsung kalau cadebay waktu itu jenis kelaminnya laki-laki. sampai usia 7-8 bulan saya dan suami sudah siap-siap memikirkan nama yang bagus untuknya. suami mempercayakan saya untuk memberinya nama, saya inginnya namanya berawal dari huruf yang exclusive, hurus akhir seperti X,Y,dan Z :D hehe awalnya kami memilih huruf awalan Y dan pilihannya itu "Yaqdhan" tapi karena suatu dan lain hal gak jadi :D jadinya huruf "Z" gak sampai disitu nyari lagi untuk nama tengahnya, kalau nama akhirnya saya sudah fix. kata suami namanya dua kata saja biar gak panjang-panjang kalau misalnya nanti dapat gelar pendidikan banyak, hehe tapi saya ngotot mau tiga kata ah. heheh mau masukin nama kakeknya, papa dan mertua saya. 

Zayyidan : seorang anak yang memiliki kelebihan yang baikbaik

Ali : seorang yang berkedudukan tinggi . selain itu Ali juga adalah nama almarhum Datok saya, Muhammad Ali daeng Nai . yang nama daengnya sudah diambil suamiku. jadi nama depannya dipakein untuk anakku :) dengan harapan anakku kelak punya jiwa yang bijak dan pengasih serta pekerja keras dan cerdas seperti almarhum Datok . aamiin

Mannaba : gabungan dari dua nama Kakeknya, Mertuaku (Mannan) yang berarti Pemurah, murah hati. dan Papaku (Ismail Naba) yang Naba-nya berarti sebuah berita besar. sedangkan "Mannaba" dalam bahasa makassar sendiri, artinya anak yang memiliki sifat tenang.

 Prosesi aqiqah pertama itu ada "patittili" yang kurang lebih sama dengan "mappacci" itu kepala/ubun-ubun babyZAM di letakkan cincin emas yang ditengahnya dicelup dedaunan yang sudah ditumbuk. kemudian mendoalan babyZAM. ada jugakue kue yang manis manis di letakkan di tempat tidur sebagai syara'nya

 adapun kekhususan yang mencelupkan dedaunan dikepala babyZAM yaitu para nenek buyutnya, dengan maksud agar babyZAM panjang umur seperti mereka, sampai tua :D sampai melihat cucu dan cicit. aamin.

ini nenek2 nya babyZAM :D




3 comments: