07 May 2014

KELAS INSPIRASI 2014

Assalamualaikum wr. Wb. 
Senang rasanya bisa menjadi bagian dari sebuah program mulia ini,  Kelas Inspirasi.  Yang jadi salahsatu program "Indonesia mengajar" awal mulanya ada beberapa teman facebook yang men share tentang kegiatan ini di timeline facebook,  saya iseng2 buka websitenya dan mendapati berbagai hal yang membuat saya takjub,  salut,  dan bangga terhadap orangorang yang berada dibaliknya. Silahkan langsung baca di websitenya ya www.kelasinspirasi.org  Telusir terus akhirnya sy sampai disebuah kolom dimana kelas inspirasi ini mencari penginspirasi dibidang fotografi dan videografi.  Ada formulirnya,  ada syarat dan ketentuannya.  Saya isi,  kemudian diajak bergabung :) 
Hari itu saya diterima menjadi pengajar,  pemberi inspirasi sebagai fotografer kepada anak-anak sekolah dasar,  memberikan mereka pemahaman bahwa profesi pekerjaan bukan cuma jadi dokter,  polisi,  insinyur,  dan lainlainnya.  Seorang fotografer juga adalah sebuah profesi pekerjaan yang bisa menghasilkan, yang bisa juga mereka sebut sebagai cita-cita :) dsini saya sebagai relawan pengajar,  namanya relawan tak ada imbalan apapun dengan ikhlas kita meluangkan satu hari kerja kita untuk memberi inspirasi ke adik2 kita.  Makanya slogannya itu "sehari cuti,  seumur hidup menginapirasi" 

Sebelum mengajar, terlebih dahulu semua pendaftar yang lolos diajak briefing di gedung telkomsel,  disana dibagikan kelompok dan lokasi mengajar.  Satu lokasi sekolah ada 5 sampai 10 jenis profesi.  Saya dapat di wilayah SDN Rappocini, bersama dengan 8 relawan pengajar lain yang profesinya ada sebagai apoteker,  suster, karyawan BPOM,  asisten dosen, jurnalis radio, dan atlet karate,  termasuk saya fotografer :) pagi jam 08.00wib kami sudah harus hadir di sekolah. Jam mengajar durasinya 15 menit perprofesi. 
Pengalaman saya mengajar mereka seru sekali,  tiap kelas berbeda semua tanggapannya heheh ada yang senang dengam fotografi,  ketawa karena melihat dirinya ada didalam kamera,  takjub karena baru benar-benar menyentuh alat foto dengan tangannya langsung,  ada yang aktif bertanya ada yg narsis juga hehe..  Cara saya mengajar itu dengan memperkenalkan mereka "ini kamera" fungsinya,  manfaat dan kelebihannya.  Saya jg menjelaskan, dengan alat yg kita sebut sebagai kamera kita mengabadikan sebuah momen,  dan yang membuat kamera ini menghasilkan uang adalah karena momen telah kita tangkap, yang telah kita abadikan satu kali langsung dan tak terulang.  Disitulah nilai jualnya. Setelah selesai mengajar,  ada closing ceremony dimana semua siswa diajak keluar untuk menuliskan namanya dan citacitanya di spanduk dan ballon.. Setelah di recording oleh pendokumentasi kita.
Jenis-jenis cloaing ceremony ini ada banyak,  masing2 tim katanya punya ide kreatif tersendiri,  dan tim saya sepakat untuk mengajak anak-anak menuliskan namanya dan citacitanya disebuah kertas yang dimasukkan dalam balon gas.  Kemudian diterbangkan bersama ke langit,  berharap mereka bisa menggapai terus cita-citanya yg setinggi langit itu. :) hows sweet...  
Ayooo... Bersama bangun mimpi anak bangsa.  Jaya terus program kelas inspirasi,  dan untuk semua para inspirator2 yang rela meluangkan waktunya untuk bercertia dan memotivasi anak-anak agar menemukan cita-cita mereka masing-masing.  


No comments:

Post a Comment