18 April 2014

Catatan kehamilan: Awal dan Akhir TM II

Assalamualaikum :) mau cerita lagi soal masa kehamilan.. Katanya Masa kehamilan antara minggu ke-21 sampai ke-27 sering disebut-sebut sebagai ‘periode bulan madu kedua’ untuk alasan yang sangat menyenangkan: soalnya, mual-mual sudah jauh berkurang,emosi lebih stabil. Pada masa ini juga saya mulai merasakan aksi ‘bermain bola’ nya cadebay didalam perut hehee..
Kali ini saya nulis nya ala ala artikel deh ya.. Buat ngerangkum perubahan apa lagi di trimester kedua kehamilan saya ini?

1. Mual mereda
Yupss bener.. Saya sudah tidak mengidam lagi tapi malah kemauan makan makanan yang sebenarnya harus saya hindari itu makin menigkat. Jadi kadang suka bingung. Masa' pernah suatu waktu saya pengen banges minum cocacola atau sprite dan fanta. Padahal sbnrnya itu gak boleh dikonsumsi bumil.. Tapi saya minum loh dikit seteguk asal "cinna" (rasa ngiler) lewat aja trus udah. Hhha dan yg paling tak bisa saya hindari : sambel :p hehehe.

2. Gerakan Cadebay terasa sekali.
Hampir sepanjang trimes terpertama kehamilan saya ini, sebenarnya cadebay terus tumbuh secara perlahan didalam rahim. Sekitar minggu ke-12, barulah dokter bisa mendeteksi adanya detak jantung sendirinya. Meskipun demikian, saya bisa tetap merasakan sesuatu yang jadi pertanda adanya kehidupan di dalam rahim saya seperti:
Antara minggu ke-16 dan ke-20, saya bisa merasakan cadebay bergerak ke sana-ke mari dalam rahim. Katanya Hal ini dikenal sebagai ‘quickening’. Nah dan Menjelang akhir trimester kedua ini, saya merasakan adanya semacam ‘titik-titik’ yang muncul berulang kali dalam perut. Gak terlalu khawatir sih awalnya. Itu cuma cadebay yang lg cegukan ihihihi,. Lalu cadebay juga sudah teratur jadwal tidur dan bangunnya loh.. Biasanya jam 5 subuh cadebay sudah nendang2 saya, bangunin saya. Mungkin didalam dia bilang "ayoo camama... Bangun... Sholat subuh.. Trus makan..makan..makan.." hahaha iya saya terus diminta makan sesuatu, mengunyah tiap 2 jam harus mengisi perut.

3. Sesak napas
Kini, bahkan aktivitas yang biasa-biasa saja atau agak membosankan, seperti berjalan ke kamar mandi, udah bisa bikin napas terengah-engah. Hal ini umum terjadi, kok. Membesarnya rahim membuat paru-paru jadi terdesak naik, sehingga sulit bagi udara untuk keluar dan masuk secara bebas. Juga pada saat ingin tidur mau balik kiri ke kanan atau kanan kekiri harus perlahan.

4. Bentuk tubuh berubah
Di minggu ke-24 cek lg ke dokter alhamdulillah berat badan naik jadi 55KG dan cadebay juga jadi 635gram, kata dokter its normal :) alhamdulillah. Tapi saya mulai merasakan adanya fenomena lain dari kehamilan, yaitu Stretchmarks.saya sih berusaha tenang-tenang saja, deh! Soalnya Kebanyakan stretchmarks atau garis-garis tanda melarnya kulit ini akan memudar sendiri setelah melahirkan katanya. Tapi tetap saya cegah dengan sering2 mengolesnya dengan baby oil. Kata ummi bagus :)

Jadi... Itu dia beberapa catatan kehamilan saya di terimester kedua. Trimester kedua adalah masa yang paling asyik selama kehamilan. Karena itu, saya nikmati aja :) Apalagi, bisa menikmati gerakan dan perubahan menakjubkan dalam rahim setiap hari. Diterimester inilah cadebay aktif aeaktif2nya bergerak .. Tinju sana tendang sini.. Guling-guling dan lain-lainnya. Subhanallah

No comments:

Post a Comment