07 July 2013

Meet Darwis Triadi & Kristupa Saragi in one Day


Assalamualaikum wr.wb 
ni sebenarnya late posting loh udah telat sebulanan heheheh sebenarnya ini tanggal 15 Juni Kemarin, jadi ceritanya info acara aku tau cuma dari broadcastan teman2 fotografer karena emang pada dasarnya biasanya sih gitu ada event semua dikabarin di broadcast aja, tapi sebelumnya rencana kedatangan bang Kristupa Saragih emang udah aku denger kabarnya di Line obrolan group FNet se Indonesia yang memang kita bisa kontekan langsung sama bang Kristupa dan teman2 FNers di kota lainnya, saya di invite kak Agri waktu itu heheh jadi sempat kenalan sama Bang Kristupa dulu. awalnya bang Kristupa udah tiba sehari sebelum acara dan beliau sempat ngabarin di Line pengen ngajakin makan pallu basa tapi sayangnya saya ngantor dan gak sempat ikutan. acara ini di Intel Amazing Dual Core digital photography, dimana pihak intel mengundang bang Kristupa untuk menjadi juri lomba kolase foto dan membawakan workshop tentang tekhnik dasar photography. jadi pagi itu (weekend) itu acara dimulai jam 10 pagi udah motret-motret loh. lokasinya di atrium karebosi link.

setelah mengarahkan model yang difoto para peserta fotografer, bang Kristupa juga ikutan larut dalam motret2 bareng peserta workshop, beliau dan kameranya nyatu banged, semangat juga memotret bareng kami sekaligus nge direct model dan para fotografer. bang kristupa aslinya energik banged kalau motret oh udah menjiwai emang, yang saya kagum dari bang Kristupa ini beliau mudah berbaur.
di akhir workshopnya, bang Kristupa memutarkan sebuah video ke kita semua peserta workshop isi video itu kebanyak behind the scene pemotretan yg bang kristupa jalani, beliau bekerjasama dengan para TNI negeri Indonesia untuk mendokumentasikan masa-masa pelatihan mereka. jadi seorang fotografer juga harus menyatukan diri dengan apa yang ada disekitar objectnya. begitu kata bang Kristupa. ada juga video testimoni dari beberapa fotografer senior untuk mengucapkan selamat ulangtahun untuk Fotografer.Net yang ke sepuluh tahun dan ini jadi tahun kedua saya bergabung dengan Fotografer.Net yang ownernya bang Kritupa sendiri :)
terimakasih bang Kristupa Saragih yang sudah menyempatkan hadir di Makassar untuk kembali memberi semangat para fotografer muda yang ada di Makassar. semoga Fotografer.Net semakin jaya. 
kemudian pukul 12.00 tepat event Intel Photography selesai, hari itu bang Kritupa sempat makan siang dulu baru katanya take off balik lagi ke Jogjakarta. always waitingfor you in Makassar Bang :)
====================================




Darwis Triadi 
Digital Photography Workshop by Diandra
Hari yang sama, tapi jam dan lokasi yang berbeda, di Makassar juga kdatangan sang Maestro Fotografer, Pak Darwis Triadi yang Fenomenal hadir membagikan pengalamannya di dunia fotografi yang sudah selama tiga puluh tahunan lebih. selain berbagi pengalaman, beliau juga memberi prakter kerja sederhana sebuah kamera digital yang semakin berkembang tiap tahunnya. semua orang juga pasti tau bagaimana hasil karya-karya pak Darwis triadi selama ini, Apa sebenarnya rahasia di balik karya-karya Pak Darwis Triadi?

Bagaimana teknik pencahayaan Pak Darwis Triadi dalam menghasilkan karya-karya yang penuh emosional? semua dipaparkan beliau saat itu dengan sangat jelas dan kami semua yang hadir dengan khidmat mendengarkan dan mengamati. waktu itu aku duduk paling depan dong hehehehehehe,,,,,

ada juga sesi tanya jawab mulai dari soal pengalaman memotret sampai soal tekhnik , semua di jawab lengkap dengan tips tips nya oleh pak Darwis Triadi. ini loh moment yang paling saya dan teman2 semua nanti2kan bisa berjumpa langsung dengan pak Darwis Triadi yang fenomenal di bidang Fotografi negeri Indonesia.Pak Darwis Triadi mengawali workshop dengan kalimat “Saat ini telah terjadi revolusi dalam dunia Photography” jelasnya. Dan paparanpun berlanjut menjelaskan kisah kamera analog menuju digital, hingga trend photography kedepan yang akan dekat dengan konsep mobile photography.Lebih lanjut, Pak Darwis Triadi menyimpulkan bahwa photography itu adalah mengenai bagaimana memanfaatkan cahaya secara optimal. “Foto = Cahaya” begitu tulisnya pada kertas flip chart yang menjadi media presentasi. “Sederhana sekali ya…” gumamku dalam hati :)
Pak Darwis juga menambahkan, untuk memanfaatkan cahaya dalam photography cukup perhatikan 3 (tiga) hal saja, yaitu: ISO, F, dan Speed. Dan jangan terlalu dipusingkan dengan variable lain yang bersifat teknis.

“Biarkan hal teknis nan canggih itu difikirkan oleh pabrikan si-pembuat kamera. Yang kita lakukan adalah meng-explore skill photography kita, terutama pada saat menentukan komposisi, karena tidak semua orang punya kemampuan ini” jelasnya.

workshop terus berlanjut sejak pukul 16.00 wita hingga pukul 19.00 tapi sayangnya saya gak bisa ikutin sampai selesai  karena udah harus pulang jam sgitu heehhehee..... padahalnya setelah itu pak Darwis Triadi memotret langsung model2 yang disediakan panitia untuk memberitahukan tekhnik pengambilan gambar sesuai lighting yang ada. dan juga teman-teman FM3 (Fotografer & Model Muslimah Makassar) sempat berfoto bareng dengan beliau, saya gak sempat karena udah pulang duluaann aaaaaaargghh...... tapi gak apa-apa yang penting udah sempat saling sama sama pak Darwis Triadi.
jadi teman-teman yang punya gairah dibidang fotografi jangan ragu untuk berbaur dengan teman2 yang punya gairah yang sama, rajinlah menghadiri workshop-workshop yang digelar setiap club fotografi. manfaatnya banyak sekali tentunyaa.. sampai jumpa di liputan lainnya. ^_^ fotografer master siapa lagi yang akan saya temui yaaaa. hehehehe cant wait :)
=======================================



No comments:

Post a Comment