26 June 2011

Human Interest

selamat siaang :D (iya siang soalnya saya ngepostingnya siang bolong) heheheh... tiba-tiba pengen nge-blog, bukan buat menuangkan perasaan dan suasana hati, tenang..tenang.. kali ini gak lebay-lebay amat kok, kalau udah single ya single aja (kok promosi status*?) hihihihhi~ everything gone be okay lah :)

okelah kalau begitu sebenarnya saya pengen pamerin foto2 Human interest saya, skalian minta masukan, atau tanggapan juga berupa kritikan yang biasanya bikin sakit hati tapi kalau demi perbaikan tak mengapalah... (loh?) hahah :D alias pengen sharing ^^ yang belum kenal saya, saya biasa dipanggil Qiah... saya ini hoby skali memotret, lumayan bisa menggunakan kamera DSLR canon EOS 40D secaa manual, alamat, saya malah jadi tukang foto di kota tempat saya tinggal, dipostingan sebelumnya saya mengemukakan awal mulanya saya dalam dunia photography (silahkan baca kalau berminat, kalau nggak yaudah :( hiks .. apa deh* hehe)

salah satu jenis foto yang saya sukai untuk di jepret adalah Human interest, kalau yang awam biasanya tau fotografer itu seringnya motret model aja... nggak juga loh, fotografer terbagi dalam beberapa kolase, jurnalistik, modeling, human interest, dan landscaper, nantilah kapan2 saya akan sharing.. untuk postingan ini saya share dulu takingan human interest pertama saya..

Tentunya foto-foto dengan obyek manusia sudah tidak asing lagi di mata kita semua. Apalagi foto-foto ini bisa dengan mudahnya kita jumpai setiap hari di koran-koran, majalah, media internet dan media lainnya. (booo... beli koran, beli majalah ada gue didalamnya... ada temenku didalamnya, ada muka bapak didalamnya, dan lain sebagainya.. eheheh)

Foto-foto dengan tema manusia biasanya tercantum sebagai gambar ilustrasi penguat sebuah artikel. Karena seperti dikatakan bahwa sebuah foto bisa lebih kuat maknanya daripada ribuan kata. cielah.. tapi beneran loh.. makanya kalau motret human interest itu gampang-gampag susah, gampang jepretnya, susah captionnya. kapan caption dan foto tidak nyambung aih rusaklah semua :( gagal... jelek... aneh.. dan lain sebagainya lah (menurut pandangan master)

Foto yang menggambarkan manusia yang sedang beraktifitas lengkap dengan ekspresinya yang tergambar secara detail biasa disebut dengan foto human interest.

Dan biasanya foto-foto human interest yang dapat menggambarkan ekspresi obyeknya dengan kuat selalu disajikan dalam warna hitam putih.

Mengapa? Karena foto hitam putih dapat membawa pemirsanya untuk memusatkan perhatian langsung pada ekspresi obyek utamanya tanpa terganggu oleh kehadiran warna-warna. ini juga salah satu sebab kenapa saya menyukai human interset dan berniat mendalaminya.. hihihih gak perlu susah payah nyari tone yang pas, tone yang enak dipandang.. tapi kehadiran hitam dan putih itu lebih membawa sebuah jiwa!

simak foto-foto saya ya : jangan di ketawain please, sambil lalu sambil belajar juga nih :D ehhee semua foto ini saya take di pasar central-makassar, suatu sore yang ketika saya batal hunting ke pantai buat nyut sunset atau bersiluet2 ria (nanti saya share juga foto siluet saya ya* )


tidak ada yang peduli



semangat



menunggu rejeki



dinamainya tempat ini sebuah Rumah



bersyukurlah kita punya kaki untuk berjalan & bekerja


Nah udah liat kan. hiks.. itu cuma semampuku (/_\) nah, sebenarnya ada juga kategori human interest yang ber-story, yang ada story boardnya, atau lebih tepatnya berseri ceritanya... foku spada satu objek dan disitu shoot terus2 tentang objek tersebut sedang apa dan dimana...

dari berbagai banyak kategori pemotretan, human interest photography menjadi sebuah pilihan tersendiri dikalangan potographer... tadi aku coba googling... n aku dapat banyak referensi tentang apakah itu human interest photography... dan setelah coba aq simpulkan semuanya, inilah hasilnya : human interest photography adalah sebuah model atau gaya pemotretan yang menitik beratkan pada objek utamanya berupa manusia secara individual (sedang sendiri, maupun sedang berinteraksi) dan kelompok, yang utamanya ditujukan untuk menampilkan mood (sedih, senang, tertawa, bahagia, bercanda, berlari, menangis maupun lain sebagainya) dari obyek foto human tadi... nah, itulah menurut ku apa yang disebut dengan human interest photography... dan aku pun sebenarnya baru membaca tentang itu... hahahahah... dan semoga postingan ini bisa membantu kita semua untuk memahami apa itu human interest photography.... salam hangat. salam jepret

2 comments:

  1. saya juga suka fotografi, karena keseharian juga berhubungan dg foto.

    dari foto diatas yg paling saya suka adalah menunggu rejeki, gak tau kenapa mungkin karena ada garis horizontalnya..
    dan menurut saya foto yg pertama kurang dapet, karen terhalangi orang yg lewat itu..
    thansk.

    ReplyDelete