Cerita Traveling Naik Bus Dari Surabaya Menuju Jogjakarta

14 January 2019

Salam semua, mau cerita tentang liburan pernikahan saya dan suami kami jalan jalan ke kota Surabaya dan Yogyakarta. sebenarnya tujuan awal sih ke Yogyakarta tapi kita beli tiketnya tujuan surabaya dulu baru dilanjutkan ke Yogyakarta.

ini kali pertama saya jalan-jalan ke luar provinsi berdua aja loh. biasanya dilarang sama orangtua hahahhaa... keluar kota aja harus bareng keluarga, kalau ke jakarta biasanya dibolehinnya sama keluarga, sama temen pun kalau rame2 tetap ga di ijinin hehehehe.. jadi exited banged pas dapat liburan nikahan jalanjalan. udah ada yang jagain :)

Nah tiba di Surabaya itu siang, saya dan suami menginap di hotel vini vidi vici di sekitar pasar baru Tunjungan plaza. Sengaja kami memilih dari Makassar ke Surabaya untuk menuju Yogyakarta, karena pengen ngerasain liburan di dua kota gitu.

Sempat jalan keliling kota Surabaya, kebetulan suami pernah bertugas di Surabaya jadi dapat pinjaman motor dari temannya. setelah capek keliling surabaya malammnya kami dinner di Tunjungan plaza tempatnya menarik :) plaza yang kebanyakan resto dan cafenya, swalayan dan tempat shoopingya kurang mendominasi.

malam itu cuma makan dikit di situ, entah mungkin karena capek jalan2 jadi agak jetlag dikit heheheh tapi setelah reda, baru nafsu pengen makan bebek goreng, diantarlah saya ke Tugu pahlawan yang disana ada warung bebek goreng, antriannya rame dan nommm nommm noommm gurihdan enak banged :)

Baca juga : Kuliner Bali, Bebek Tepi Sawah

Keesokan harinya, pagi-pagi kita udah harus cekout hotel karena mau melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta kita memilih naik bus karena kalau naik kereta itu,terjadwal. Bisa aja adanya malam sementara saya dan suami pengennya berangkat pagi jadi milih naik bus aja. sebelum cekout kita sempat breakfast di Hotel. saya suka pekarangan dalam nya hotel V3 ini bernuansa ala Maroko.
"Sayang, terminal bus nya jauh?" tanyaku ke suami
Suami jawab santai, "Di Surabaya semua dekat, karena gak ada macet"

Saat sampai di terminal bus bungarasih Surabaya, orang belum ramai, karena pagi itu pukul 08.00, suami sudah beli tiket langsung di loket, kalau sekarang bisa di Joglosemar Travel. Saya sedikit cemas, karena perjalanannya katanya makan waktu tujuh jam, hiks.. saya paling gak suka sebenarnya perjalanan darat yang jauh. Tapi karena masih pengantin baru nih ya, jadi oke aja, yang penting bisa bobo di pundak mu ya suamiku. HAHAHAH.

Baca juga : Liburan Mudah Ke Bali

Saat naik ke bus, kami diberi sepotong kertas berisi nama menu makanan dan minuman, disuruh centangin menu itu, ada nasi campur, nasi soto ayam, nasi ayam lalapan, dan untuk minuman ada pilihan es teh manis, es jeruk, dan es kelapa.

"Sayang tadi yang menu makanan untuk makan di bus? padahal kan kita bawa ini bekal di tas" ya saya belanja di supermarket cemilan buat perjalanan. Suami jawab "Ndak tau juga sayang..." HAHAHAHA ini ternyata pertama kalinya juga suami naik bus ke Yogyakarta, dia yang ajak karena saran dari temannya juga.
Sepanjang jalan, saya cuma liat sawah kiri kanan, kurang seruh sih sebenarnya, uhf, untung ruangan bus nya menyenangkan, kursinya bisa direabahkan sedikit, dan banyak bekal yang membahagiakan.

Tapi menjelang siang, sudah jam 13.00 bus berhenti di sebuah rumah makan besar banget halaman parkirnya. Nama daerahnya Ngawi. Ternyata itu tadi gunanya kita mencentang makanan, turun dari bus, menuju rest area di rumah makan itu, masuk sana udah langsung diteriakin "NASI CAMPUR SIAPA??" nah suami angkat tangan, dibawain deh nasi campur ke kita, karena kita centang menunya tadi, kita gak menunggu lama makannya.

Sopir dan kernet sudah memberi aba-aba untuk naik kembali ke bus, setelah waktu istirahat kurang lebih 30 menit, eh tapi ada juga yang berganti bus dari kabupaten Ngawi ini. Ngawi dekat dengan kabupaten Sragen, tiap ada gate kabupaten, kernet akan teriak, dan ada juga penumpang yang turun.

Kurang lebih tepat 7 jam, perjalanan. Karena saya sediakan bantal leher untuk tidur, jadinya saya tertidur cukup lama, dengan membayar 70ribu perorang sampai lah kita di kota Yogyakarta tepat setelah magribh.
Saat sampai di Jogja, saya dan suami sempat kebingungan mau naik apa lagi ke hotel, waktu sama-sama pertama kalinya kami ke Jogja.

"Sayang, saya tanya-tanya dulu tukang ojek ya tentang hotelnya." usul suami.

Tahun 2013 belum bikin planning mau nginap dimana, tiket beli langsung di lokasi, ga kayak sekarang udah bisa online pesannya HAHAHHAAHAH jaman ya jaman.

Akhirnya karena informasi dari tukang ojek, kami juga ikutan naik ojek jadinya, tapi untung mas ojeknya mau tukeran motor, jadi saya tetap di boncengin sama suami, dan mas ojek semotor juga sama ojek yang satu.

Dibawanya kami ke hotel dekat keraton, nanti saya review hotelnya juga deh, cari fotonya dulu :)

Jadi ya seru juga kok naik bus ke Jogja, perjalanan memang lama tapi kita santai aja, karena ruangan bus nya besar dan kursinya nyaman. Harga tiket bus nya juga murah. Intinya jangan lupa cemilan aja, karena dari rest area tadi, agak jauh lagi sampai tujuan.

Trus cerita kami di Jogja bisa teman-teman baca di sini ya : Hello Prambanan Jogjakarta

46 comments on "Cerita Traveling Naik Bus Dari Surabaya Menuju Jogjakarta"
  1. wah seru, bulan madu..anak anak gak di ajak tuh mak..kasian...
    tapi gpp, kadang kita memang butuh me time dengan pasangna..

ReplyDelete
  2. enaknya bis emang g ada jadwal saklek ya, kita bisa naik kapan aja, gak kayak naik kereta atau pesawat yg bikin riweuh takut telat

3. Wah tetiba pengen jalan2 naik bus juga setelah baca ini kak :)

4. Wah seruuu yaa..tahun ini merencanakan ke jogja juga, semoga bisa explore jogja dan dapat penginapan oke

ReplyDelete
  5. ihiiiyy, jalan-jalannya menyenangkan ya walau 7 jam itu ndak kerasa doong, secara pengantin baru gitu, hihih..
    banyak sayang-sayangnya, *upsss :D

saya pernah naik bus juga, tapi dari Solo ke Surabaya, jalannya malam, pas tiba Subuh-Subuh sekalii, mana sendiri pula, huhuhuh

ReplyDelete
  6. nah iya mba aku juga kalau naik motoran mendingan aku sama suami si abangnya sama bang lain wkwkwk ga suka yes hahaha seru nih jadi pengen liburan

Replies
    1. iya gak tau tuh suami cerita nya gak enak udah nanya banyak ke tukang ojek trus gak di pakai ojeknya hahahaha jadinya gitu tukeran

7. kocak xD

kalau saya sih lebih suka naik kereta daripada bus, pemandangannya lebih asik. tapi dulu waktu dari surabaya ke jogja malah nggak naik bus atau kereta. pakenya mobil pribadi. punya temen wkwkwk

ReplyDelete
  8. aku pernah ngalamin naik bus dr surabaya ke Solo.
    terminalnya udah bagus udah kaya bandara.
    waktu itu aku dr lombok naik pesawat dan lanjut naik damri ke terminal bungurasih.
    yah, lumayan lama juga sih. tapi ga selama dr Jakarta-Padang. dulu 3 hari 2 malam. kalau sekarang cuma 2 hari semalam bisa tembus.

1. huah mbakkkk berhari2 yaaa di kendaraan ga sanggup akuuuuuu
      eh tapi kan ya mampir2 ya di rest area ya

Delete
  9. Asyik baget bisa berdua ama suami jalan jalan mba. Aku belim terwujud nih. Hhehe. Tapi kayaknya seru deh dari Surabaya lanjut ke Jogja ya mba :)

ReplyDelete
  10. so sweett banget kak sama hubby nya, smeoga langgeng yah dan next time bisa jalan-jalan ke negeri impian, India, amiiinn.

1. HAHAHHAHAAH Iyaaaaaaaaaa
      mau banget ke indoa
      bukan soal belum ada uangnya
      tapi waktunya aja
      nunggu suami cuti
      kan gaboleh jalan2 keluar negeri berhari2 tanpa mahram hehehe

Delete
  11. Mbak, kok ngojek sih? Kan bisa ngegrabcar #bukan promo. Iya kemarin ceritanya aku sama teman2 ngegrab. Tapi pas Jogja lagi macet2nya deh. Jadi paling enak ya ngojek biar cepet. Itu kalau naik travel lebih cepet jalannya

1. 2013 dulu itu belum ad agrab car hahaha
      trus suami juga udah ga enak banyak tanya sama tukang ojek tapi gak pakai

Delete
  12. Saya udah lama banget gak naik bis AKAP. Tapi, anak-anak saya lagi pengen ngerasain naik bis katanya. Jadi inget setelah baca postingan ini :D

ReplyDelete
  13. Ya ampyun mupeng. Aku naik bus antar kota itu masih impian secara tinggal di kepulauan. Hahaha apalagi berdua suami bsa senderan ahaii

14. Asiknya bulan madu bareng suami, enggak ribet juga yaa haha..
    Semoga makin mesra sama pak su yaaa bun hihi

ReplyDelete
  15. Waah hebat lho mba bisa betah ngebis sby-jogja. Aku nyerah deh kalau naik bus, pegelnya berasa banget, trus biasanya langsung masuk angin hahaha

1. iya itu dia mbak gapernahhhhh
      baru kali itu hahaha
      untung sama suami ya

16. Mantul mbk jalAn-jalanya aku juga suka banget sama namanya

ReplyDelete
  17. Hahahaaa, ngakak baca ceritamu Qiah. Ya emang sih kalo pergi sama suami, semua terasa menyenangkan ya. Apalagi ada pundak yang siap but bersandar

18. Hotelnya oke punya yaaaa mbak, interior dan suasana yang terlihat di foto comfy gitu...
    Boleh juga deh bisa masuk bucketlist. Kalo mau ke Jogja, ke Surabaya dulu hehe

Btw, we love your blog. Ujame ffalaaaawww ya hehe

ReplyDelete
  19. Wah seru liburan berdua aja, aku dulu awal nikah sempet jg jalan2 berdua walau dekat2 saja dan masih kebayang deh asyiknya hahaha...jd pengen mengulang deh..

20. Mbak kalo ke Jogja lagi kabari ya. Biar bisa meet up. Blogger Jogja banyak lo

1. Mauuuuuuuu mau banget serap ilmu sama blogger-blogger jogja

Delete
  21. Mbak, itu konsep makan pakai wajannya unik banget. Restonya juga instagramable ya, lampu-lampu bergantungan. Soal naik bus, gimana, Mbak, kalau suruh ngulang lagi naik bus kapok nggak?

ReplyDelete
  22. Samaan ya kita kemarin ke Jogja juga tapi aku gak sempat foto Tugu Jogja itu.

23. Ak pilih kereta mba nggak kuat naik bus lama-lama, keluarga mabokan hihihi. Anak-anak juga sudah nagih lagi minta le jogja tahun ini

24. Perjalanannya seru bangeeet mba..dan lumayan lama juga ya hehehe..tapi Kalau bareng misuaaa mah seruuu - seruuuu aja atuuuh hehehe. Aku seksrang lagi di Jogjakarta niiih mba

ReplyDelete
  25. Aku udah jarang mbak naik bis utk perjalanan jauh. Ke Senarang dr pekalongan aja aku udah jarng. Hehe. Tapi dulu emanf nyenengin sih naik bus

26. pemandangan di atas kolam ikannya bagus banget. bikin betah dan pingin foto-foto ya jadinya

27. aku sepertinya udah nggak kuat duduk kelamaan di dalam bis karnea kondisi lututku. waktu masih muda mungkin kuat

ReplyDelete
  28. Udah lama pengen ke Jogjakarta tapi belum kesampaian. Ide naik bus boleh juga ya menikmati perjalanan.

29. waktu studi banding kampusku tahun 2007 lalu, saya dan teman-teman juga naik bus dari Surabaya ke Jogjakarta :)

30. Saya belum pernah ke surabaya yaampun. Sekalinya ke jatim, ke jombang aja hehe. Kalo yogya, karena pernah tinggal beberapa bulan di sana, jadi kangen pengin tinggal lagi di sana. Dan seringnya kalau pergi-pergi, naik kereta karena trauma naik bis mual terus bisnya jelek. Padahal itu saya naik bis terakhir pas kecil, tahun 90-an (YA IYALAAAAH ga sebagus sekarang).

Mbak, pesen saya cuma satu kalo ke yogya. Hati-hati kangen balik lagi :D

ReplyDelete
  31. Wah lumayan juga tuh mba perjalanan darat dari Surabaya ke Yogya naik bis. Lmumayan encok maksudnya hehehee... Kayaknya ada kereta loh, lebih nikmat naik kereta sepertinya. Tapi ya tak apa lah ya, kalau pengantin baru mah apa2 enak aja asal berdua ;)

32. Foto2ny acakep2 amat mbaaaak. Kusukaaa! Maap malah oot, hihihi. Perjalanan naik bus memang selalu punya kisah sendiri. Dulu aku naik bus dari Jakarta ke Klaten sendirian pas lagi hamil. Nekad dan emang harus sih waktu itu. Sekarang bisa jadi cerita sendiri buat anak2. :)

33. Asiknya jalan2 berdua suami...seru juga ya naik bus apalagi sekarang ada tol ya jd naik bus juga ga makan waktu banyak

ReplyDelete
  34. Penasaran bagaimana supir busnya kak, ngebut pakai super nggak. Aku pernah parno naik bus antar kota. Aku jadi pengen nyoba ngerasakan naik bus lagi deh. Nggak sabar menanti cerita selanjutnya deh tentang hotel di dekat keraton

35. Wahh akhirnya jalan jalan ke jogja nih, wuehehe, dah jalan jalan jauh nampaknya :v

36. Kangen deh naik bis berlama-lama. Dulu zaman sekolah, karyawisata naik bis itu favorit banget. Sekarang udah lamaaaa banget gak ngerasain.

ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.