Selamat Hari Blogger Nasional Tulisan Pertama Tentang Merayakan Hari Blogger di Tahun 2018

27 October 2018
Ada juga ya hari blogger nasional ? 
Well ya kita tau sekarang banyak sekali perayaan hari yang di nasionalkan di Indonesia, untuk menghargai dan mengapresiasi. Jujur ini pertamakalinya saya membahas tentang hari blogger nasional itu sendiri, meskipun sudah lama jadi blogger (cie, anak lama ciee...) 

Blog saya sudah berusia 10 tahun, tapi saya baru merasa dibilang sebagai "blogger" itu di tahun 2015, saat saya pertamakali mengganti alamat blog menjadi domain berbayar (dot com) dan menulis sebuah postingan sponsor di blog saya, di tahun yang sama juga saya mulai join ke komunitas-komunitas blogger yang ada di Indonesia dan khususnya di Makassar, di 2015 juga pertamakalinya saya mengikuti lomba blog dan beberapakali menang. 

baca di sini : Tentang Domain Baru 


Saat itu saya mulai berani menautkan profesi "Blogger" di balik nama saya. Semua orang pasti menjadi blogger berawal dari sebuah hobby nya menulis dan mengabadikan kenangan hidup, sama seperti saya pun begitu. 

Teman saya taunya saya ini suka nulis sembarangan dan posting foto banyak-banyak, mulai dari kegiatan-kegiatan seru yang saya jalani, kisah-kisah cinta teman-teman saya, keseharian saya di kampus, kegalauan hati saya, hingga sampai kepada tentang pernikahan saya.

Saya tipe yang membuka diri ke publik, jadi saat menemukan wadah blog ini saya senang sekali, karena ada tempat untuk mencurahkan semuanya tanpa harus digubris. 

Baca juga nanti : Awal mula saya Nge Blog

Balik lagi ke soal hari blogger nasional, kalau saya baca-baca tentang artikelnya kenapa sampai ada hari blogger nasional?

Mungkin yang masih baru dalam dunia blogging, yang sering tanya kenapa bisa ada juga hari blogger nasional ? 

Pada awalnya dikenal dan diperingati sebagai Pesta Blogger yang diselenggarakan pada tanggal 27 Oktober. Pada tanggal 27 Oktober 2007, bisa dibilang sebagai tonggak ditetapkannya Hari Blogger Nasional.

Waktu itu Bapak Muhammad Nuh yang masih jadi mentri kominfo dan membuka sebuah acara yang digagas untuk mewadahi para blogger yang tersebar di seluruh Indonesia. Sejak saat itu, Beliau mencanangkan bahwa pada tanggal 27 Oktober ditetapkan sebagai Hari Blogger Nasional deh. 

Saya sendiri kurang tau siapa-siapa mereka tapi karena sudah mendengar dan sudah baca beberapa cerita teman-teman blogger Makassar yang juga turut meramaikan pesta tersebut, akhirnya mulai kenal siapa yang "senior" hihehehe

Dulu waktu saya rajin ikut lomba blog, saya malah sempat mikir, 
"Waahh inikah dunia blogging yang sebenarnya?" HAHAHAH 
soalnya apa? kita harus mikirin tentang konten. 
Design grafis yang bagus dibikin untuk di posting sebagai bahan pelengkap lomba yang mendapatkan nilai poin lebih banyak dibanding hanya sekedar tulisan, foto dan sampai videopun dibuat untuk di posting ke dalam blog. 

Awal saya ngeblog sekedar cerita remeh temeh, langsung dianggap seperti hal receh masa lalu. Di situ saya mulai paham, blogger di jaman sekarang memang sudah berevolusi. Blog sudah bisa jadi profesi, pilihan menjadikan blog sebagai profesi dan hobby, ada di tangan blogger itu sendiri. 

Saya sendiri sebenarnya bingun bagaimana menjelaskan profesi blogger ini ke keluarga saya, dan teman-teman dekat saya, tapi lama-lama mereka akhirnya mengerti sendiri, saat mereka bepergian ke suatu tempat dan mulai bingung, mereka buka google, dan tak jarang mendapat jawaban dari hasil telusur ke blog orang-orang. 

Ingin membeli barang atau mengkonsumsi sesuatu, mereka bisa membaca reviewnya lebih dulu di blog orang-orang sebelum memutuskan untuk membeli.

Saya sedikit berbangga diri ketika tau kalau teman saya dapat informasi bermanfaat dari blog saya, sampai merasa terbantu karena sudah membaca blog saya. Gak jarang juga mereka akhirnya memutuskan untuk singgah di cafe yang sama dengan yang pernah saya review di blog karena beberapa pertimbangan yang sama yang sudah saya ulas di blog. 

"Qiah pernah ke sini di? boleh minta link blog nya? saya ada rencana mau kesana juga, mau baca-baca dulu blog qiah"

"Kak Qiah saya akhirnya ndak jadiji juga rayakan ulangtahun anakku di panti asuhan karena masih yang ke satu ji, untung saya baca blog ta dulu"

"Qiah makasih sudah nulis tentang patah hati, akhirnya saya juga bisa tegar sedikit"
eh
HAHAH iya testimoni seperti itu sering saya dapatkan di komentar blog atau di message media sosial saya. Saya senang sudah bisa menjadikan blog sebagai profesi saya, dan mendapatkan penghasilan dari situ walaupun belum sampai ke level yang memang profesional, karena saya sadar pekerjaan utama saya adalah sebagai Ibu Rumah Tangga :D

Masuk ke dunia pertemanan blogging

Sudah 3 tahun saya serius dalam dunia blogging, saya juga sudah berkecimpung di komunitas blogger yang ada di seluruh Indonesia, pastinya khusus di Makassar.juga Saya menemukan keluarga baru, teman yang se-frekuensi dengan kita, saya menemukan mereka :) yang membuat saya tidak sendiri di dunia blogging.

Baca juga ya : Ngeblog Saya Tidak Sendiri

Komunitas Anging Mammiri membuat saya menjadi semakin semangat nge blog, padahal ada masa dimana saya sempat bosan dengan blogging ini, tapi karena ada komunitas AM saya jadi mulai bersemangat kembali. Saya mulai mengerti tentang tekhnis-tekhnis blogging yang bukan hanya sekedar menulis dan membuat konten.

Lebih dari itu ada yang namanya design template, Domain rating, alexa rating, bounce, memasang google analytic, Link Building dan SEO tools. Semua saya pelajarin pelan-pelan, video konten, yotuube channel dan linked ke media sosial lain, semua harus di optimasi.

Kebayang kalau saya tidak bergabung di komunitas AM saya akan menyerah untuk pelajaran tekhnis blog itu. Soalnya apa? lelah say mengurusi semuanya, belum lagi topik tulisan, eh harus juga ngerti tekhnisnya.

Bersyukur sekali saya ada kelas yang sering di adakan di komunitas AM ini, kalau tidak mengerti, bertanya ke para member, jawaban akan diulas bersama di group. LOVE BANGET. Kita saling support. Berbeda dengan cerita yang saya dengan tentang komunitas blogger lain yang saling tutup-tutupan info job, info kelas dan lain sebagainya, semua sendiri-sendiri. Ah tambah bersyukur deh jadi bagian di komunitas Anging Mammiri yang kompak selalu

Baca lagi : Tentang Bergabung dengan Anging Mammiri

Lama seseruan bareng dengan komunitas AM, mulai sering ada yang tanya tentang bagaimana memulai ngeblog? semua saya arahkan untuk ikut komunitas dan kelas yang AM adakan, alhamdulillah jadi makin banyak blogger-blogger baru yang bersemangat untuk mendedikasikan blog nya untuk sharing dan to be a profesional.

Saya pengen blogger makassar itu makin banyak dan makin jaya, juga saling support, dan lebih mengedepankan kebersamaan, memupuk kuantitas untuk bersama membangun kualitas.

Lebih dari itu juga saya pengen dunia blogging ini jadi passion yang dinikmati, bukan malah kita yang terbebani dengan ngeblog, saya juga kangen sama tulisan-tulisan organik para teman-teman blogget yang lainnya, yang lebih membuka diri di blog dengan menuliskan hal remeh temehnya untuk dibaca dan menghibur, jadi ada keseimbangan antara passion dan profesi untuk blogger itu sendiri. Semoga saya bisa mengimbangi juga ya.

Selamat Hari Blogger Nasional Untuk Semua Blogger di Indonesia

baca juga tulisan Mangkawani, teman blogger makassar yang cerita tentang awal mula dia ngeblog di link ini : Awal Mula Mangkawani Ngeblog
32 comments on "Selamat Hari Blogger Nasional Tulisan Pertama Tentang Merayakan Hari Blogger di Tahun 2018"
  1. Saya bisa masuk Anging Mamiri karena diajak Qiah, makasih ya qiah sayang. Salah satu kebahagiaan seorang blogger memang ketika tulisannya dibaca dan dikomen oleh orang lain. Rasanya tuh ada manfaatnya banget yaa. Selamat hari bloger, fashion blogger andalanku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Qiah sudah lama sekali ngeblog tapi baru monitize kurang lebih 3tahun ini ya. Berkat gabung sama AM, aku juga belajar monitize setelah gabung di AM dan bergaul dengan blogger2 kece seperti qiah. Makasih ya udah ngajarin aku.

      Delete
  2. Selamat Hari Blogger Nasional, Qiah sayang.
    Teruslah berkarya dan menginspirasi sesama blogger dan para pembacamu semuaaa... 😘

    ReplyDelete
  3. Selamat Hari Blogger Nasional yaa, salaam kenal dari Yogyakarta

    ReplyDelete
  4. Saya dulu juga mikirnya ngeblog itu ya sekadar nulis. Ternyata segala perintilannya juga penting banget untuk diperhatikan. Setuju juga kalau mendengar kalau tulisan kita bisa bermanfaat buat orang lain itu bikin kita bahagiaa... Jadi makin semangat nulis deh.

    ReplyDelete
  5. Selamat HarBlogNas kakak Qiah...

    Sumpah... saya baru tau beberapa hari lalu loh tentang HarBlogNas. Ternyata ada juga toh.

    Semoga blogger makassar makin hits. ^_^

    ReplyDelete
  6. Qiahhhhh.. dunia blogger mungkin yang bikin kita sampai sekarang komunikasi di'.. mungkin klo saya gak ngeblog dengan jarang domisili yang jauh, stak di say hey aja hahahah..


    untuk semuanya makasihh qiah nahhh... ilmu dan informasih berharga, dan setiap bantuan semoga Allah yang balas dek.. berkah buat usia blognya.. Aminnn

    ReplyDelete
  7. Selamat hari blogger nasional Qiah. Saya jadi ingat pertama kali bertemu ma Qiah di acara IIDN, dikenalkan sama Ida Basarang hehee.. saat itu lagi hamil besar hihihii...

    ReplyDelete
  8. Selamat hari blogger juga Mbak Qiah, dimana kita baru bersua di dumay, semoga suatu saat berjumpa dalam acara kopdar, hehe

    ReplyDelete
  9. Senang sekali bisa mampir ke tulisan ini Ka Qiah.

    Aku masih baru nih di dunia blog. Masih banyak belajar banget. Senangnya punya komunitas yang bisa saling membantu memang. Bahagia rasanya.

    ReplyDelete
  10. Selamat hari Blogger juga kak untukmu ya. Ingat buat blogspot setelah wawancara KEB aku. Tapi ya tak cuekin aja habis buat. Buka lagi ya baru 2 tahunan ini

    ReplyDelete
  11. Selamat hari blogger, Kak.
    Semoga terus menginspirasi ya...
    Ga cuma di AM tapi dimana-mana. Aamin

    ReplyDelete
  12. Iya selamat Hari Blogger ya Mbak. semoga karya kita semakin bermanfaat dan berguna bagi pembaca. Amin...
    Semoga komunitas blogger makin sukses juga.

    ReplyDelete
  13. Selamat hari blogger nasional
    Semoga tetap besinergi dan tak henti menebar inspirasi, jika dahulu kertas medianya. Saat ini digital lha wadahnya

    ReplyDelete
  14. Selamat hari blogger nasional. Semoga tulisan kita mengabadi dan bermanfaat untuk orang banyak. :)

    ReplyDelete
  15. Kereeenn! Mantab djiwa artikelnya! Semoga kita bisa jadi bloger yg lebih baik lagi ya
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  16. dulu saya heran ngapain sih orang nge-blog, bukannya sia-sia nulis di blog, memangnya ada yang baca? sekarang saya baru tahu ngeblog mengasyikan. dan ternyata ada hari blogger nasional, haha.. asyik juga ada yg rayain.

    ReplyDelete
  17. Blogging memang seruuu.. hobi yang sangat menyenangkan. Selamat Hari Blogger Nasional :)

    ReplyDelete
  18. Selamat hari blogger. Semoga semua blogger bisa menulis konten kreatif. Ayo bantu masyarakat mendapat bacaan bergizi

    ReplyDelete
  19. Selamat hari blogger mbak, semoga kita semua semakin produktif ya dalam memberikan informasi yang menarik

    ReplyDelete
  20. Jadi flashback ke masa saya ngeblog tahun 2012..tulisan pendek, bahasa nggak baku.. Geli hahaha

    Tapi alhamdulillah semenjak ikut komunitas blogger saya bisa mengembangkan skill menulis dan mengolah informasi.

    ReplyDelete
  21. Senang yaa dapat testimoni positif dari para pembaca. Rasanya enggak nyangka tulisanku dibaca orang. hahhaa.

    ReplyDelete
  22. Happy Blogger Day too mba Qiah. Seru banget ya perjalanan ngeblognya.kakau aku masih 2 tahun seriusin menulis di blog, tapi udah punya blog dari 2008. Dari ngeblog, saya nggak perlu kerja lagi dari balik meja, tapi dari balik handphone.

    ReplyDelete
  23. Selamat Hari Blogger Nasional Kak, semoga semakin menebar manfaat dan tidak berhenti untuk terus belajar.

    ReplyDelete
  24. Happy blogger mba ,wah lama jg yah ngeblog sdh 10 tahun aq baru itungan bulan karena baru diseriusin akhir tahun 2017. Pasti banyak pengalaman seru yah dalam nulis blog

    ReplyDelete
  25. Dunia blogger menyenangkan ya bisa menambah wawasan dan juga memperluas pertemanan. Saya mulai ngeblog dari 2001 cm mulai aktif lg di awal tahun 2016

    ReplyDelete
  26. Selamat hari blogger Mba Qiah, semoga makin bisa menebar manfaat buat banyak orang

    ReplyDelete
  27. selamat hari blogger...nggak nyangka blogging bisa punya banyak temen dan saudara..

    ReplyDelete
  28. Semoga semua kita bisa terus saling support sampai selamanya ya Qiah :*

    ReplyDelete
  29. Jadi blogger itu memang menyenangkan yaa kak. Aku juga appreciate saat ada peringatan Hari Blogger Nasional. Semoga saja profesi blogger itu bisa dikenal luas dan menjanjikan masa depan yang lebih baik :)

    ReplyDelete
  30. Woah, ternyata udah lama banget ya mbak Qiah ngeblog. Kalau udah 10 tahun berarti udah sejak 2008 ya. Ngeblog itu memang mengasyikkan mbak. Selain bisa ngeluarin berbagai pikiran dan ide-ide, dengan ngeblog kita juga bisa membantu orang lain yang mungkin saja butuh atas informasi yang kita tulis. Btw, selamat hari blog nasional mbak!

    ReplyDelete
  31. aku punya blog dari 2011, jaman SMA kayanya orang yang punya blog itu keren. akhirnya ikut-ikutan walaupun nggak tau apa yang harus di tulis. sampai akhirnya setahun belakangan menemukan passion dibidang menulis, baru berguna deh blognya!! hehehe

    ReplyDelete

Auto Post Signature