Asian Games 2018 : Bukan Sekedar Pesta Olahraga, Tapi Juga Unjuk Energi Anak Bangsa

04 July 2018
Salam semuanya.
Sudah siap belum kita menyambut pesta olahraga terbesar di Asia? 
Barangkali ada yang belum ngeh tentang Asian Games itu sendiri? hehe
Jujur saya juga baru tau tentang Asian Games ini loh. Beberapa bulan lau sejak diundang untuk menghadiri sosialisasi Asian Para Games 2018 yang menjadi rangkaian event Asian Games juga. 
Soalnya apa? Saya memang tidak begitu ekspert sama olahraga selain piala dunia, tapi begitu tau kalau Asian Games 2018 ini akan diadakan di Jakarta dan Palembang, saya jadi agak bersemangat.
Indonesia tuan rumah loh di ajang pesta olahraga se-Asia ini. 
Langsung saya auto kepo tentang persiapannya. 



TENTANG ASIAN GAMES

Asian Games adalah ajang olahraga yang diselenggarakan tiap 4 tahun di seluruh Asia. Jadi bukan cum apiala dunia yang empat tahun sekali loh, kalau piala dunia kan sepak bola tuh, nah kalau Asian Games ini seluruh cabang olahraga yang ada di Asia. Asia punya banyak atlet-atlet olahraga, makanya ada Asian Games. 

Tujuan diadakannya untuk menunjukkan kesatuan dan kerja sama antar tiga negara, yaitu Kerajaan Jepang, Kepulauan Filipina, dan Republik Tiongkok. Asian Games ini sudah 17 kali diadakan, dan yang ke 18 kalinya, Indonesia jadi tuan rumahnya lohhh.

Kenal Taufik Hidayat? Susi Susanti? Nah saya kenal mereka di televisi jaman saya SD sampai SMA gitu orang rumah heboh nonton mereka, itu ternyata pada saat Asian Games berlangsung. Kupikir itu pertandingan apa gitu ternyata itu tuh yang namanya Asian Games. Huahhhh ~ seru sekali waktu itu loh. 

Berhubung karena keluarga saya pecinta bulutangkis ya, nontonnya saat pertandingan bulutangkis tayang di televisi. Sampai saya kenal Lin Dan, lawan tandingnya Taufik Hidayat waktu Asian Games tahun 2006 yang di adakan di Jepang. Padahal di Asian games in ada banyak sekli cabang olahraga yang dipertandingkan. Jadi bukan cuma bulutangkis ya.

Tahun 2018 ini kedua kalinya Indonesia terpilih jadi tuan rumah, dulu katanya di tahun 1962. Lama banget yaaaaa akhirnya bisa jadi tuan rumah kembali. 


Indonesia Tuan Rumah Asian Games 2018 

Jakarta dan Palembang

Bapak Jusuf Kalla itu jadi Ketua Dewan Pengarah Asian Games 2018 loh. Beliau sudah menjadwalkan untuk terus meninjau pelatnas cabang bulutangkis di Cipayung, pencak silat di Padepokan Pencak Silat, TMII, dan panahan di Senayan.

Usai melihat dari dekat latihan para atlet nasional tersebut, JK juga akan memantau perkembangan pembangunan arena pertandingan di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan. Di kompleks olahraga yang dibangun untuk menggelar Asian Games IV tahun 1962 itu, JK akan mendatangi Stadion Utama GBK, Istora, lapangan panahan, hoki, bisbol, dan tiga lapangan latihan ABC.

Pokoknya bapak JK akan memastikan program yang berkaitan dengan bidang prestasi dan infrastruktur berjalan lancar. Seperti yang sudah kita tau kalau di bidang prestasi, Indonesia menargetkan raihan 20-22 medali emas demi mengamankan peringkat 10 besar Asia di Asian Games 2018.

Untuk tempat penyelenggaraan Asian Games ke – 18 di Jakarta yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Untuk di SUGBK sendiri olahraga yang diselenggarakan yakni 
  • panahan, 
  • hoki, 
  • tenis, 
  • softball, 
  • baseball, 
  • dan basket. 

Sementara di Palembang sendiri akan diselenggarakan 10 cabang olahraga. Cabang olahraga (cabor) yang digelar adalah
  • basket, 
  • dayung, 
  • kano, 
  • menembak, 
  • panjat tebing, 
  • sepakbola wanita, 
  • sepak takraw, 
  • tenis, 
  • triiathlon, 
  • dan voli pantai. 

PERSIAPAN OPENING CEREMONIAL ASIAN GAMES 2018


Nahhh ini yang paling saya excited nihhh, opening ceremonialnya penasaran pengen liat. Sudah launching juga official theme song nya loh. Dua hari yang lalu kita merayakan 50 hari menjelang #AsianGames2018, konser Meraih Bintang digelar secara meriah malam itu. Sayangnya cum abisa liat di televisi hiks.. Selain peluncuran official theme song Asian Games 2018 yang dinyanyikan Via Vallen, desain medali dan informasi penjualan tiket Asian Games ke-18 juga diperkenalkan di acara ini. 

Di balik kesuksesan #AsianGames2018 terdapat peran ribuan anak-anak bangsa Indonesia. Saat dapat info kalau Bang Wishnu Utama terpilih sebagai penggerak sektor kreatif untuk menyemarakkan seremoni pembukaan dan penutupan Asian Games 2018. Saya tambah excited, penasaran dan gak sabar menunggu. Bahaya kerennya kalau Bang Wishnu ikut ambil peran, HAHAHAH luar biasa, bersyukur tim Asian Games gak salah pilih. Dan ada juga Fashion designer spesialist headpiece, bang Rinaldy Yunardi yang sudah siapin karyanya untuk ditampilkan di pembukaan Asian Games 2018 nanti. 

Seremoni pembukaan Asian Games 2018, kata bang Wishnu, panggungnya adalah panggung terbesar dan tertinggi yang pernah ada dalam perhelatan multi event dunia. KYAAA penasaran banget, saya yang heboh nungguinnya. Belum lagi akan ada parade penari dengan kostum megah karya para designer Indonesia, panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) menggandeng koreografer Denny Malik dan Eko Supriyanto. Untuk kostum para penari, penata busana Dynand Fariz dan Rinaldy Yunandi telah bergabung bersama tim. Katanya akan ada hampir 4 ribu penari. dan 2.500 penari dari 18 SMA di Jakarta. Dan Opening ceremony ini akan dihadiri oleh sebagian besar pemimpin dunia. TAKJUB saya!! Indonesia BISA ! pasti dan harus BISA! 

Tari-tarian Opening Ceremony ini mengusung konsep tari-tarian khas Indonesia yang beragam. Tiap tari di Indonesia akan dieksplorasi dan disajikan dengan cara yang lebih segar. Konsep utamanya tetap pada tema Asian Games 2018 yakni Energy of Asia.

PARA VOLUNTER ASIAN GAMES 2018

Seluruh relawan tersebut akan menjalani proses akreditasi dan dilatih selama satu setengah bulan lamanya tuh sejak tahun lalu. Seleksinya ditangani oleh badan-badan yang sangat ekspert dibidangnya. Dari 21.000 menjadi angka 1574 ini memperlihatkan bagaimana seleksi relawan Asian Games ini ketat banget ya. Pihak-pihak dari kepolisian dan pemerintah juga turut bekerjasama dalam seleksi ini.

Harapannya sih seluruh anak bangsa bisa berpartisipasi menjadi Volunter Asian Games 2018 ini. Panitia menjanjikan uang makan dan uang transportasi, ditambah semua peralatan untuk bekerja seperti seragam, topi, juga sertifikat keikut sertaan. Nah soal seragam ini diresmikan juga sejak tahun lalu. Model dan Designnya di rancang oleh Li Ning. 

Produk Li Ning adalah produk apparel asal China, produk yang sudah berdiri sejak 1990 dan ini yang bakal jadi kostum resmi kontingen Indonesia di Asian Games 2018. Semua atlet harus pakai. karena ini termasuk multievent, bukan single event. Kalau single event ya bisa sih pakai seragam dari produk lain selain dari yang ditentukan INASGOC,  jadi tiap atlet yang hadir wajib memakai prodik Li-Ning. 

 AYO DUKUNG BERSAMA !

Nah gimana? sudah tau tentang Asian Games kan serunya kayak apa, sudah begitu ayo dong yuk, kita sebagai anak bangsa ikut mendukung yuk ajang pesta olahraga se Asia ini. Sebagai tuan rumah yang baik, sukses penyelenggara adalah sukses kita semua. 

Ada banyak keuntungan menjadi tuan rumah di perhelatan akbar ini loh, coba bayangkan bakalan banyak wisatawan asing yang akan datang berkunjung ke Indonesia, bahkan sebelum Asian Games 2018 dimulai. Sebagian dari mereka akan sekalian berlibur ke berbagai destinasi favorit seperti Bali, Jawa Barat, dan Sumatera. 

Tentu janganlah disia-siakan kesempatan ini. Pemerintah  sudah menyiapkan beberapa paket wisata yang sudah  dipaketkan dengan acara Asian Games 2018. Jadi wisman yang datang bisa menonton dan berlibur. Hak siar yang sudah dibeli oleh China, Jepang, Korea, Qatar, dan Amerika Latin juga akan membawa nama Indonesia menjadi sorotan di dunia. Keren kan? 

Saat semua mata memandang Indonesia, sudah selayaknyalah kita bersatu,bergandeng tangan, mendukung kesuksesan pesta olahraga Asia empat tahunan ini. Sebagai bagian dari negeri yang besar ini, yuk kita dukung atlet tanah air yang akan membela bangsa di Asian Games 2018 nanti.

ENERGY OF ASIA DI MAKASSAR

Sebagai ibu kota Sulawesi Selatan, Makassar, Kota yang terkenal dengan istilah “kota daeng” udah lebih dulu ngerasain atmosfer luar biasa dari Asian Games 2018. Seperti yang saya bilang diatas tadi, beberpa bulan lalu sudah ada sosialisasi di Mall-mall tentang Asian Games 2018 ini. 

Bulan Januari 2018,  Universitas Negeri Makassar bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatra Selatan ngadain pemilihan Duta Asian Games 2018. Ada 300 peserta yang ikutan lomba waktu itu loh. Dan terpilih lah si cantik Andi Ratu Ayu Ashari sebagai duta Asian Games 2018.

Akan ada juga parade obor Asian Games 2018 yang jadi rangkaian pelaksanaan, semacam tradisi gitu. Obor pertama kali akan dinyalakan di Stadion Nasional Dhyan Chand pada 17 Juli 2018 dan selama sebulan obor tersebut berkeliling melintasi 28 kota di Indonesia dan kota Makassar dan Bulukumba menjadi lintasan yang dilalui Obor Asian Games ini. Sampai kemudian berhenti di pembukaan Asian Games  18 Agustus 2018. Jakarta

Nah masyarakat Makassar dan perangkat pemerintahan Sulawesi selatan ini wujud nyata kebanggaan terhadap terpilihnya Indonesia sebagai negara penyelenggara dan Jakarta-Palembang sebagai ujung tombak terlaksananya Asian Games 2018. Tergerak dong hati dan semangat ini untuk terus mendukung Asian Games 2018. Ayo bersorakkk !! #dukungbersama.

51 comments on "Asian Games 2018 : Bukan Sekedar Pesta Olahraga, Tapi Juga Unjuk Energi Anak Bangsa"
  1. Siap dukung bersama mbak....semoga kita mrnang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo yo ayooooo
      Junjung semangat sportifitass ayooo yoo

      Delete
  2. Semoga Asian games tahun ini berjalan aman dan lancar,amin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin !
      Semoga penyelenggara terus semangat

      Delete
  3. Sebagai warga negara yang baik harus dukung acara baik ini. Meski tidak terampil dalam bidang olahraga tapi jadi suporter yang baik ini sudah sangat membantu negara. Sukses Indonesia!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak meskipun bukan passionnya olahraga ttp lah harus didukung dari sisi manapun ya

      Delete
  4. Semoga Asian Gamens tahun ini berjalan lancar dan atlet Indonesia banyak baea pulang mendali kemenangan

    ReplyDelete
  5. Semoga Asian Gamens tahun ini berjalan lancar dan atlet Indonesia banyak baea pulang mendali kemenangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin semoga ya mbak
      Bangga kita dgn para atlet indonesia

      Delete
  6. siap dukung bersama, dan saling mendukung supaya sukses bersama ya, gimana juga kita kan satu yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kita harus bangga , sama - sama mensukseskan penyelenggara

      Delete
  7. cabang sepak bola yang pastinya saya tunggu-tunggu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa udah indonesia open udah berapa besar tuhh

      Delete
  8. Kita samaan Qiah, di rumah paling rame dan seru kalau bagian cabang olahraga bulu tangkis. Semoga Indonesia bisa meraih kemenangan di kandang sendiri, doaku untuk Indonesia 🇮🇩 ❤️.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin
      Iya semoga penuhi target jadi 4 besar
      Dukung bersama ! Yeayy semangat

      Delete
  9. Baru tahu, Indonesia dua kali ini jadi tuan rumah ya. Yuk, dukung selalu Asian Games.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa mbakk
      Kita wajib dukung bersama
      Karena sukses penyelenggara itu sukses kita semua sbg anak bangsa

      Delete
  10. Banyak pesta olahraga 4 tahun sekali lainnya seperti olimpiade, Piala Eropa, Piala Asia, dll. Selalu dukung Indonesia untuk jadi juara umum Asian Games

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya betul ! Hampir semua juga deket2an waktunyaa

      Delete
  11. Wah jadi gak sabar pengen cepet melihat semaraknya keramaian berbagai ajang yang diperlombakan hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak paling ga sabar aku sama opening ceremonynya

      Delete
  12. Wah mantaps nih..mendukung banget Indonesia bisa jadi tuan rumah yg baik ..semoga saja ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo dukung bersama
      Sukses penyelenggara sukses kita semua

      Delete
  13. Semoga penyelenggaraan ASIAN GAMES ini nanti sukses, lancar, dan INdonesia menang banyak medali aamiin.
    Memang akan ada banyak keuntungan salah satunya pendapatan utk sektor wisata, juga pedagang2 yg punya produk yg berhubungan dgn Asian Games ini ya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin kita bantu doa
      Semoga banyak untung nya yaaaa. Buat Indonesia yang dijadiin tuan rumah
      Sukses penyelenggara sukses kita smua
      Smoga lancarrr

      Delete
  14. Suka sama judulnya. Berasa ada energi juga untuk yg baca. Aku dukung semaksimal yang aku bisa demi iNdonesia sukses di Asian Games 2018

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbakkk.. iyaaaa semangat mendukung bersama penuh energy

      Delete
  15. Aku belum liat euyy lagunya via vallen, sek lah nanti aku coba liat kata orang2 sih enak.

    ReplyDelete
  16. Ga sabar saya tunggu acara Asian Games ini, apa lagi untuk acara Seremoni pembukaan Asian Games 2018 pasti meriah bangat itu, penarinya aja ribuan ya. Pasti bakal seru ini, wajib ditonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iiiyaaaaaaa semua gasabar
      Tiap2 daerah masing2 udah bersiap sambut dgn acaranya masing2

      Delete
  17. Semoga Indonesia bisa menjuarai banyak yah, cant wait nih saya pengen segera mendukung nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak semoga Indonesia mengulang sejarah kemarin banyak medalinya

      Delete
  18. Menurut aku, even ini memang punya potensi memberi energi luar biasa. Semoga kita bisa mendapatkan banyak kejuaraan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin
      Banget mbak trutama potensi wisata ya

      Delete
  19. adik saya kebetulan juga volunteer. persiapan untuk asian games ini luar biasa. semoga lancar semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaaaa masa kak?
      Keren banget lulua jd volunternya
      Smoga suksess adiknya mbak

      Delete
  20. Semoga sukses Indonesiaa.. Love!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyessss citra
      kenapa ga daftar jd volunterr say? hehe

      Delete
  21. Yay Dukung Asian Games 2018 goo gooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dong yaa,, anak muda harus semangat mendukunghehhe

      Delete
  22. Getar2 semangat menyambut Asian Games makin terasa mbak. Moga saat Asian Games berlangsung dgn aman ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin iya ayo kita dukung bersama biar target tercapai

      Delete
  23. Wah makin tidak sabar ya menyaksikan perhelatan akbar Asian Games 2018

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget mbak apalagi di televisi semua berita persiapan .. kyaaaaa

      Delete
  24. Waw, Wishnutama jadi creative director opening ceremony ya, pasti megah dan ramai ini mba. Semakin nggak sabar lagi aku. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerrrr pasti kreatifff banget dan bakal keren banget

      Delete
  25. Mari kita dukung bersama semoga byk atlet kita yang meraih medali emas nanti ya

    ReplyDelete
  26. Gak sabar pengen liat aksi para atlet Indonesia di Asian Games 2018 ini..

    ReplyDelete
  27. Semoga Asian Games 2018 sukses dan tuan rumah menkajadi juaranya

    ReplyDelete
  28. Pengen deh bisa hadir di opening ag 2018 ini. Hihi Semangat buat atlet2 indonesia. Ina pasti juara!

    ReplyDelete

Auto Post Signature