Ayam Tappejo Makassar, Ayam Favorite Para Selebgram Makassar

05 June 2018

Assalamualaikum wr wb 
Mau berbagi cerita keseruan saat grand opening ayam tappejo di Makassar, yang berlokasi di jl sultan alauddin, tepat di seberang kampus Unismuh Makassar. 

Sekarang mungkin ayam goreng tepung sudah bisa ditemukan dimana-mana ya, diberbagaibtempat yang berdasarkan kelasnya juga. Bisa banget kalauu dibilang makanan khas Indonesia itu ayam goreng tepungz 

Dan diseluruh sektor kota, banyak bermunculan rumah makan ayam geprek, ayam gepuk, ayam nganu dan lain sebagainya penamaannya yang pada dasarnya semua sama, ayam goreng tepung. Too mainstreem ya. 

Tapi beda dengan tempat makan ayam tappejo ini yang dimiliki oleh seorang pengusaha muda bernama William, yang membuat saya dan teman-teman blogger lainnya bisa buka puasa bareng. Dimana saat itu bukan cuma kami yang hadir, tapi seluruh selebgram dan youtubers yang ada di Makassar juga hadir buka puasa bareng di grand openingnya.




Selain para selebgram dan youtubers itu sendiri, yang bikin mereka datang adalah dimeriahkannya grand opening rumah makan ini oleh Ismy Amaliah, muslimah makassar yang bersuara khas yang pernah beradu suara di panggung X factor Indonesia. 

Ismy Amaliah hadir menyanyikan beberapa lagu dengan suara merdunya, kami semua yang hadir jadi ikut bernyanyi bersama. Ngabuburit. 
Untungnya saya hadir setengah jam sebelum buka puasa , tapi satu jam setelah acara dibuka heheheheh. 

The Venue 
Rumah makannya tidak terlalu besar, ruko dua lantai yang memanjang, tidak melebar. Gak susah untuk menemukan tempatnya karena plang nama rumah makannya besar, logo kepala ayam dan cabe, langsung kliatan dari jauh. 

Saat tiba di lokasi, saya agak kesulitan cari parkir, karena naik mobil, kalau naik motor bisa langsung parkir tepat depan pintu masuk, karena mobil, saya jadi harus agak jauh parkir ke sebelahnya, kemudian jalan kaki sedikit. Untung saja sih tukang parkirnya standbye selalu. 

Lokasinya strategis karena dilalui angkutan umum yang menuju kampus dan perbatasan kota. Banyak banget kok angkot lalu lalang, bisa minta turunin pas depan jalan masuk rumah makan ayam tappejo. Yang mahasiswa unismuh mah enak, tinggal nyebrang 

Pas masuk disambut ramah sama pelayan yang ada di meja kasir, kasirnya di depan , kemudian ditanya apakah tamu undangan atau pengunjung? Ternyata baru grand opening, ada banyak juga loh pengunjung yang sudah standbye duduk manis di kursinya memesan menu. 

Lantai satu interiornya menyerupai autentic cafe minimalist, jadi gak kayak rumah makan ruko-ruko biasanya, ga ada interiornya sama sekalii. Di ayam tappejo ini selfiable kok tempatnya. Lampu LED yang warm gak terang, dan gak remang juga, makin nambah selera makan tuh. 

Saya diarahkan naik ke lantaii dua, tangga papan yang dihiasi lampu-lampu warna warni. Sampai diatas, ada teras dulu, untuk ruangan outdoor dan area smooking, nyaman banged ya ala-ala nyantai di balkoni rumah melihat suasana riuhnya lalu lintas sambil mesan menu favorite. 

Sudah terdengar MC memulai acara, sudah sapa menyapa sama teman-teman undangan yang lain. Bisa dibilang yang hadir ini entertainment Makassar semua. Penuda pemudi kreatif yang memajukan kota makassar dengan industri konnten kreatif karya sendiri. Keren. 

Karena bawa Maraja, saya milih di dalam ruangan, non smooking, gabung sama teman-teman blogger yang lainnya, di meja lain juga ada Echa, sang jurnalis kekinian. Di depan ada para selebgram Ana’dara dan Hijabsister, setelah sapa menyapa, akhirnya MC menjelaskan sedikit tentang Ayam tappejo ini

The Taste 
Iya benar memang ini ayam tappejo ya ayam goreng tepung, yang membedakan dia dengan ayam goreng tepung kebanyakan adalah, sambelnya! 

Ayam tappejo ini punya 8 sambel master yang istemewa, yang dijadikan pendamping ayam goreng tepung itu dalam sajian piringnya. 

8 super sambel itu antara lain : 
  1. Sambel original
  2. Sambel matah bali
  3. Sambel tumis
  4. Sambel ijo
  5. Sambel nano-nano
  6. Sambel terasi
  7. Sammbel Nona Manis
  8. Sambel kacang 
Kalian sialhkan pilih super sambel favorite kalian untuk menambah kelezatan ayam goreng tepung. Sensasi pedesnya juga bisa di request. 

Saat berbuka puasa, ya akhirnya kami makan ayamnya, di lidahku ini enak. Ayamnya gak hambar, goreng tepungnya memang agak “lemas” tapi gak hambar itu sudah senang saya, soalnya biasanya dapat goreng tepung yang sama sekali ga ada rasanya, jadi rasa kerupuk kue malah. Tapi di ayam tappejo ini pas banged di lidah saya. Ntappssss... 

Saat cobain sambelnya langsung leppp leeppp aja gitu, hahahahha nikmat. Cuma sayangnya waktu itu saya dapat nasi yang terlalu lembek, tapi mungkin ga seterusnya nasinya selenbek itu. Tapi beneran sambelnya Pedess pedesss bikin nagih. 


The Service 
Pelayanannya ramah, cepat tanggap, sopan dan rapi. Untuk rumah makan yang cukup sederhana menunya, pelayanannseperti itu jarang-jarang loh, kelihatan kalau management memang profesional nih. Semua pelayan berseragam loh. 

Biasanya kalau kita ambil tempat di lantai 2, pesanan akan lama datangnya dibanding ambil tempat di lantai 1. Tapi di Ayam tappejo gak, sama rata karena dapur ada di tiap lantai. 

Terimakasih pokoknya untuk rumah makan ayam tappejo karena sudah buka, sudah hadir di kota Makassar, memudahkan pilihan pencarian tempat makan yang langsung pada intinya, gak neko-neko dengan aneka menu . Semoga konsisten dan makin berjaya. 
Silahkan kunjungi instagramnya 
@AyamTapppejoMaster 
Untuk cek detail menu lengkapnya. 
34 comments on "Ayam Tappejo Makassar, Ayam Favorite Para Selebgram Makassar"
  1. Wah kuliner Indonesia banget nih memajukan dunia persambalan. Hehehe...
    Kapan ya buka cabang di Cianjur, biar saya gak terlalu jauh gitu. Orang Sunda pecinta lalap sambal nih. Beneran itu sambalnya gak kuat nahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak aku juga suka bgd lalap dan sambel , sllu ngecess liat lalap dan sambel hihihih.
      Ayam tappejo ini sepertinya cuma akan di makassar mbak

      Delete
  2. Seru ya bisa ngumpul dan makan bareng, lebih terasa kekeluargaannya. Blum pernah nyobain makanan khas Makassar. Pengen deh coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Auoo mbak klo one day ke makassar kabarin aku ajaaaa kuannterbkulineran heheheh

      Delete
  3. Foto-fotonya bikin ngiler euy! Harganya murah pula. Btw, tappejo itu Bahasa Makassar atau bukan ya mbak? Soalnya unik namanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak bahasa makassar heheheheh yg artinya di toyor 😂😂 ga ngerti jg
      Tp mmg murah banget mbak dan rasanya ga murahan

      Delete
  4. Waah,saya penasaran dengan ayam sambal kacang! Semoga ada kesempatan nyicip ayam tappejo 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak yg sambel kacang ituu ga terlalu pedes tp ttp endessss hehehe
      Kabarin kalo ke makassar y mbak

      Delete
  5. Harganya termasuk yang terjangkau banget yaa,,btw itu sambelnya juga lumayan banget banyak macamnya jadi bisa pilih sesuai selera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak murah banget kan yaaa
      Sambelnya ga bosenin
      Habis 1
      Bisa nambah lagi sambel yg berbeda

      Delete
  6. Hampir semua orang suka sambal ya mba. Dan perpaduan sambal dengan ayam goreng ini jadi pengalaman kuliner yang tiada habisnya dikulik. Siapa juga sih yang nggak suka ayam goreng? Maka, dengan tempat yang nyaman, rasa enak, pelayanan ramah dan harga yang terjangkau dapat dipastikan bisnis kuliner ini akan semakin banyak diminati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak dan bangganya yg para pengusaha muda yg turun tangan nangani bisnis kuliner ini ,,
      Ayam goreng pulaa ~

      Delete
  7. Ayam goreng tepung memang sahabat pas buat aneka sambal dan kerennya lagi harga ayam perpotongnya lebih murah dari tumisan kangkung. murah meriah kenyang nih. bikin ngences euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaha bener bangett bang
      Murahhhhh dari kangkung tumis ituuhh haha
      Sambelnya endesss

      Delete
  8. Ayam Tappejo itu ayam geprek bukan sih :) mirip ya mba. Saya belum pernah mengunjungi kota Makassar, jadi penasaran deh dengan kuliner yang ada di sana, pasti lezat2 ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa ayam goreng tepung tp gak di geprek kok hehehehe.. jd fried chicken gt tapi sambelnya banyak macam
      Kabarin mbak klo lg di mks kuajakin kulineran heheheh

      Delete
  9. Duh, jadi penasaran taste ayam Tappe Jo, sekilas bentuknya seperti ayam goreng fast food pada umumnya ya, eh ada sambal nano-nano dan sambal nona manis kek mana juga tuh ya rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa ayam yg lain biasanya sama saos ini sama sambel macam2 hehehe

      Delete
  10. Wah kayak apan nih rasa ayam Tappe Jo ya?
    Saya suka hidangan yang ada sambalnya. Pensaran level kepedasannya kyk apa :D
    Harganya lumayan ramah kantong ya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak di makassar termasuk murah ini tp rasanya berkualitasb. Hehehhe sambelnya ndess

      Delete
  11. Unik ya ayam tepung pakai sambal aneka rasa yg biasanya pakai sambal saos atau keju.. sayang jauh hehe bakal jadi kuliner yg banyak dicari after lebaran ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia hehee biasanya saos ini di lalap pake sambel tumis atau sambel lain 8 jenis hehe

      Delete
  12. Dehhhh 8 jenis sambal hahaha kayaknya harus kuniatkan ke sini 8 kali deh, Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atau bisa 4 kali tyar, sekali datang lgsg coba 2 macam dulu heheheh

      Delete
  13. 8 macem sambel..duh banyak banget pilihannya..pasti rasanya memiliki khas tersendiri ya...

    Rame banget yang datang...bisnis kuliner selalu menjanjikan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, aku aja blum coba ke 8 sambelnya hehehe
      nanti bakal coba hahaha

      Delete
  14. Harganya affordable ya, penasaran sama sambal nano2 kayak apa rasanya 🤔.

    ReplyDelete
  15. Persis seperti ayam geprek ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mamii tp ini ga di geprek jd kayak ke ef ci hehehehhe cuma beda ada pake saos ada pake sambel

      Delete
  16. wah tambah penasaran kak, rasanya ingin segera mencoba, banyak yah macem sambelnya kak harganyapun bersahabat, cocok untuk kantong mahasiswa tempatnyapun dekat dari tempat tinggal saya kak. BTW macam sambelnya itu pedasnya pake level kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa cucok binggo harganya ini
      Sambelnya ini ga pakai level gitu sih tp ada varian yg mmg lbh pedes drpd sambel lain

      Delete
  17. Saya suka sambel hijaunya gang. Pas di lidahku, hijaunya terasa banget dan memang sambal hijau jarang jarangki tersedia di tempat tempat makan. Tapi saya masih mau coba sambel yang lainnya. Sampai 8 sambel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul kak, sambel ijoo itu jarang di makassar tp di sini ada tawwa
      Nanti mau ksana lagii nyoba2in hehehehe

      Delete
  18. Duuuh baca artikel ini jd laper hahahha. Baru liat fotonya aja udah gmna gtu yah, bikin pengen meluncur langsung ke sana..

    ReplyDelete

Auto Post Signature