Talkshow Fashion Stylist Festival Batik Karebosi Junction: Menjadikan Kain Batik Jadi Outfit Yang Kece

10 December 2017
Minggu ketiga bulan Desember, yang masih dalam rangkaian acara Festival Batik & Tenun karebosi junction, saya diminta sharing-sharing tentang Fashion Batik untuk hangout sehari-hari. Di Karebosi Junction yg ada di lantai 3 Karebosi Condotel Makassar

Sebagai orang yg dikenalnya sebagai fashion blogger di Makassar (( katanya ya! karena sy di kenal sama penyelenggara lewat blog saya - yg katanya jg isinya kayak katalog majalah fashion😅- bukan sy yg ngaku-ngakuin dgn sendirinya 😬))
Sore itu saya bareng adik Yuli dari Maysa yang juga salah satu instagramer yang senang mengupload foto OOTD nya, kami berbincang membahas tentang mix and match batik, MC mulai meminta kami menjelaskan tentang personal style kami masing-masing yang tentu saja tiap orang berbeda. 

Saya awalnya sedikit agak ingin mengubah apa yang mau saya sharing kan, soalnya audience nya kebanyakan ibu-ibu yang usia nya diatas saya, tapi ada beberapa teman komunitas hijabers juga yang hadir, yang saya pikir mereka sudah tau banyak tentang fashion perpaduan batik buar kece.

Sebagaimana kita ketahui, Batik adalah kebanggaan kita bersama sebagai warga Indonesia. tentu saja kita harus banyak belajar mengenakan batik agar tetap modis dan trendi. Bukan lagi busana yang hanya bisa dikenakan pada situasi formal atau malah hanya jadi busana ke pesta pernikahan.

Paling utama, ialah pemilihan corak dan warna. sebaiknya disarankan memilih warna cerah. Misalnya toska, orange, dan fuchsia. Pemilihan corak batik pada model baju batik anak muda menjadi hal yang sangat penting karena akan memengaruhi penampilannya.
jSetelah cuap-cuap gitu,..  jadinya saya ngasih fashion hack kain batik buat dijadiin outer hangout tanpa dijahit, kayak yg saya pakai waktu itu. cuma modal kain batik bahan katun bercorak ringan, bold warnanya, gunting dan satu pentul aja. 

  • Pertama pilih kain batik yang coraknya "cutre" dalam artian tidak bikin kita terlihat tampak lebih tua, pilih yang patternnya sederhana, kecil-kecil, dan warnanya pastel atau sekalian ngejreng, bold.
  • Biasanya kain yang dijual itu 150rb perlembar, sudah diukur sesuai dengan lebarnya, biasa ada yang 1x1,5 ada juga yang 1x1,75cm 
  • Lipat kainnya, 2 kali, kemudian ujungnya digunting, sehingga hasilnya ada lingkaran di bagian tengah kain, itulah yang akan jadi pola lehernya.
  • Pakai kainnya dan biarkan menjuntai.
  • untuk variatifnya sediakan pentul, lalu ambil bagian bawah kain ke bagian tengah badan, lalu pentul dan lihat looks nya :)

Kalau kalian bosan sama design baju batik yang dijual di toko, kalian bisa cari aja dulu kain batik bahan tenun yg kece2 dan lucu2 di karebosi junction yg kainnya langsung produsen dari Yogyakarta, Solo, Cirebon dan Pekalonganz.

Cara itu bisa worthit kalau kallian buru-buru dan gak sempat jahit, atau kalian mau simple wear hehehe, tentu saja kita tetap pakai inner, saya gunakan kemeja putih yang cocok dipadukan dengan warna dan motif apa aja :) selamat mencoba.
2 comments on "Talkshow Fashion Stylist Festival Batik Karebosi Junction: Menjadikan Kain Batik Jadi Outfit Yang Kece"
  1. Ooh jadi, outer yang Qiah pakai itu digunting saja untuk bagian kepalanya? Terus dirapikan di tukang jahit atau bagaimana?

    Ih, keren ya jadinya Qiah. Kalo mamak-mamak usia 40 -50, bagus ji jugakah? Coba modelnya usia 50, ya, seperti apa .... Qiah bisa jelaskan?

    ReplyDelete
  2. Menarik ya, cara bikin outer-nya simpel sekali. Saya juga penasaran, apakah tepinya masih dijahit lagi? Lantas bagaimana membuat outer ini supaya tetap terkesan rapi tanpa jadi gombrong?
    Eh ya, batik birunya Qiah ini motifnya namanya apa ya?

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature