Bahas Tentang Rate Card Blog & Personal Branding Bersama Nuniek Tirta

Salaam semua, beberapa waktu lalu, saya sempat satu panggung dengan mbak Nuniek Tirta dalam eent tentang digital, yang diadakan oleh Panrita Digital yang membahas tentang modern riteal, berlokasi di Hotel Karebosi Condotel. Saya hanya sebagai moderator yang mengajak mbak Nuniek Tirta berdiskusi tentang modern riteal bersama para pemilik UKM. Disaat tengah menunggu giliran kami, saya sempat berdiskusi kecil dengan mbak Nuniek Tirta. Nanti saya bahas di postingan lain ya. 

Mbak Nuniek yang kita kenal sebagai blogger hits yang sudah punya branding dan jadi pembicara tentang keuangan digital dimana-mana. Beliau juga founder of Indonesia Lifestyle Digital Influencer Group, blogger di www.nuniek.com. Saya merasa, sayang sekali kalau cuma saya yang berjumpa dengan beliau nih, mumpung mbak Nuniek ada waktu kosong keesokan harinya, saya mengajak teman-teman Blogger Makassar, anging mammiri, khusus wanitanya (MAM) untuk duduk-duduk cantik berbicara seputaran Rate Card Blog. Ya, tentang rate card blog, yang saat ini masih jadi kebingungan para blogger Makassar untuk menerapkannya.

Jadi, besoknya, kami diberi rekomendasi tempat oleh Pak Djafar, Owner Karebosi Condotel. Saya dan teman-teman MAM yang hadir diberi diskon dan voucher renang oleh beliau. Asyikk yaaaa hehehe. Well setelah saling tunggu, akhirnya semuanya siap naik ke lantai 16, H2O Pool and Bar. kami mengambil kursi di sisi kanan kolam renang, pukul 14.00 waktu itu tapi tetap adem untuk nongkrong. 

Kami memesan menu masing-masing. Sambil menunggu menu pesanan kami datang, Mbak Nuniek meminta untuk kami semua buka perkenalan, akhirnya satu per satu para MAM saling memperkenalkan diri, tentang blog nya, dan tentang ketertarikannya memulai ngeblog. Mbak Nuniek senyam senyum mendengarkan, beliau tampak senang dan excited katanya sih gak kebayang kalau yang datang bakal segitu banyak hehehehe.. ini pun masih ada yang berhalangan. Pokoknya ya kapan lagi coba bisa diskusi ringan tentang blog sama Mbak Nuniek Tirta? :D aji mumpung banged nih blogger MAM :D
Mengenai elemen penyusun media kit dan serba-serbinya, Saya menyalin susunannya dari blog kak Mugniar.com . Hal-hal yang Mbak Nuniek Share ke kami, antara lain, :
  • SHORT BIO. Mau dikenal sebagai siapa? Apakah nama pribadi dulu baru nama blog atau sebaliknya? Mau lebih dikenal blognya atau namanya?
  • Tuliskan tag line. Kalo kayak Mbak Nuniek: "Indonesia Lifestyle Influencer".
  • Jangan lupa perbarui data blog, data follower media sosial secara berkala dan tuliskan tanggal update terakhirnya.
  • Riding the wave. Ngng, bagaimana ya membahasakannya. Kira-kira, kita pintar-pintarlah mengikuti alur kehidupan, kira-kira ada yang bagus buat dituliskan di media kit mengenai peristiwa yang baru kita alami, misalnya. Kayak Mbak Nuniek yang pernah menjadi viral isunya sebagai istri direktur yang humble. Ah, saya kutipkan saja di sini, ya: Virally known with her #superaffordablestyle mission, she inspires many women to live in a lifestyle that they can afford. More than just "Istri Direktur". Itu yang tertera di media kit Mbak Nuniek, moga-moga saya tak salah tafsir.
  •  Jika memiliki prestasi atau pernah menjadi nara sumber/pembicara maka tuliskanlah di dalam media kit. Mengapa penting? Karena blogger itu jumlahnya makin banyak. Kalau banyak yang sama-sama bagus, tentunya yang dipilih adalah yang lebih menonjol, contohnya karena berprestasi.
  • Tuliskan semua akun media sosial beserta jumlah teman dan follower.
  • Harga yang ditawarkan. Service offered, maksudnya tuliskan layanan apa yang bisa kita lakukan dengan harga yang ditawarkan.
  • Google Analytics itu penting nggak penting. Tergantung brand. Ada yang memintanya dan ada yang tidak. Kalau ada yang memintanya maka sertakanlah.
  • Jika perlu menuliskan harga “attending event”, tulislah harga dan waktu yang di-spend menuju ke lokasi acara.
  • Dalam menuliskan angka statistik pengunjung blog, jangan takut jika angkanya masih kecil. Akan menjadi keuntungan kalau lebih tertarget, Misalnya Mbak Nuniek, menuliskan 73% pengunjung blognya perempuan dengan usia tertentu maka bagi brand tertentu, itu menjadi hal yang menguntungkan.
  • Mbak Nuniek menuliskan juga berapa reach media sosial, Instagram dan fan page di media kit-nya.
  • Pernah bekerja sama dengan brand apa saja perlu dituliskan di media kit.
  • Jangan lupa tuliskan nomor kontak yang bisa dihubungi, termasuk akun media sosial mana yang sering digunakan supaya bisa menjawab pesan yang masuk dengan cepat. Jangan tuliskan akun media sosial yang jarang-jarang dibuka, ya sebab kalau ada yang menghubungi tentan info pekerjaan, bisa lewat tanpa kita tahu.

postingan ini akan saya lanjutkan lagi
setelah nya baru saya share2 ya :)

You May Also Like

0 comment

recent posts