Pesona Tak Berbatas Festival F8 Makassar 2017

Silahkan membaca postingan sebelumnya 
Opening Ceremony F8 Makassar 2017 

Saya masih excited dengan sisa kemeriahan Festival F8 kemarin. Tau gak? F8 Makassar Masuk Calender Of Event Indonesia. Event besar di Kota Makassar F8 ini mencakup Fashion, Food & Fruit, Fusion Music, Fiction Writer, Folk, Flora & Fauna, Fine Art dan Film.

Alhamdulillah ada getar haru yang saya rasakan saat mengetahui bahwa F8 telah masuk ke kalender festival nasional Kementerian Pariwisata 2018. Seperti yang kita ketahui biasanya event festival bisa menjadi acara tingkat nasional minimal harus digelar tiga kali, tapi sekali lagi Alhamdulillah F8 ini yang baru cuma dua kali digelar, sejak tahun 2016 kemarin, sudah dimasukkan ke kalender Event festival Indonesia. Jelas ini salah satu prestasi yang membanggakan untuk Kota Makassar. Saya sebagai warganya tentu merasa senang dan bersyukur ya. 

Makassar dikenal dengan nama Jumpandang atau Ujung Pandang, sejak tahun 1999, 13 Oktober berganti nama kembali ke Makassar yang juga dikenal dengan Anging Mammiri. Sekarang ini Pemerintah Kota Makassar sudah semakin maju, terasa sekali bukan? pariwisata kota Makassar sudah tidak bisa dianggap "remeh"an saja. Kalau kalian ke Makassar gak akan ditanyain lagi, "Mau ngapain?"

Makassar juga dikenal dengan kota Sombere' dan smart city. Sombere' itu memiliki makna cerewet, terbuka dan terlibat dengan siapa saja. Sudah terlihat dari sejarah Makassar yang sudah terkenal sejak abad ke 15 sebagai salah satu kota Bandar rempah-rempah dan menjadi kantor terbaik dunia 32 perusahaan asing asal Asia Timur hingga Eropa Utara.


Kekuatan ekonomi masih berlanjut sampai abad ke-21 sekarang, Makassar menjadi bintang paling berkilauan di Indonesia Timur dalam hal bisnis dan pariwisata. Makassar secara konsisten menunjukkan kalau Makassa juga bisa mengikuti kemajuan perkembangan "elit"nya sebuah kota. Ya dong ya, Makassar kan ibukota provinsi Sulawesi Selatan. Bahkan Makassar juga baru-baru ini menjadi salah satu dari 10 destinasi pariwisata terbaik di Indonesia. Makassar kota Dunia! Ya bangunan tinggi nan megah, mall yang semakin bertambah, area piknik dalam kota dan lain sebagainya. 

Berawal dari semua itulah, Pemerintahan kota Makassar di bawah pimpinan Bapak Ramadani Pomanto (yang akrab disapa pak Dani) menggelar event skala international ini, Festival F8 yang dimulai ditahun 2016 kemarin yang laporan beritanya ada diseluruh penjuru Indonesia bahkan Dunia. Keberhasilan event international di Kota Makassar ini dilihat dari betapa antusiasnya seluruh warga makassar dan instansi-instansi perkantoran, ikut bergabung dan terlibat di dalamnya, karena event F8 bukan hanya semata untuk hiburan, tapi ada edukasi dan bernilai transaksi yang bisa membantu perkembangan ekonomi para UKM kota Makassar. 

Di F8 kita bisa melihat banyak ragam budaya, ragam life and style, ragam atraksi, ragam penjualan, dan lain sebagainya. Makassar memiliki semua "the best"nya 8F yang disebutkan tadi. Di festival inilah kita bisa melihat semuanya. Ibarat F8 ini wajahnya kota Makassar. 
F8 Makassar 2017 ini digelar selama 5 hari, lebih lama dua hari dibanding tahun lalu. Dan kali ini lebih banyak panitia yang terlibat, EO tebraik di Makassar semua bergabung bahu membahu memberikan konsep dan ide kreatifnya dibagian panggung dan proses jalannya acara. Panitia dari Pemkot yang menggandeng seluruh pak lurah dan pak camat yang ada di Makassar, mengerahkan semua warganya untuk ikut menjadi bagian di event besar ini. Bahkan kata Papa saya, alumni SMP Negeri 5 Makassar angkatannya yang menjadi sahabat DP (Dani Pomanto) walikota, ikut membantu dan terlibat juga menjadi panitia. 

Personel keamanan, dikerahkan untuk menjaga slogan "Makassar Tidak Kasar" selalu siaga menjaga zona event sepanjang anjungan pantai losari. Personel kebersihan yang selalu standbye untuk menjaga "Makassar Tidak Rantasa" selama festival F8 berlangsung.

"Wah acara apa nih Qiah? kayaknya seru..."

Tanya teman-teman saya yang di luar Makassar ketika saya mulai mengupload foto-foto saya di festival F8 ini. Saya selalu bingung mau jawabnya bagaimana, hehehe...  saya cuma bisa bilang ini event tahunan kota Makassar yang terbesar dengan skala international. Heheheh.

Bahkan sampai para pengisi acaranya juga mengaku kalau panggung F8 ini spektakuler! kenapa? karena besar dan dibuat permanen!!! Pak Walikota membuatkan kita sebuah panggung terapung. Panggung pertama diatas laut! Pak Walikota keceeeeeee!! Karena tekadnya untuk meneruskan festival F8 ke generasi-generasi berikutnya, makanya panggung F8 dibuat permanen! gak bongkar pasang lagi, biar para wisatawan yang berkunjung ke Makassar bisa tau, kalau festival F8 itu adalah gelaran tahunan terbesar kota Makassar. 
10 September kemarin, saya berniat kembali menghadiri penutupan F8 ini, saya sempat mengajak suami dan Maraja untuk ikut keliling-keliling zona, hari terakhir loh sayang sekali kalau melewatkannya. Saat badha magribh, kami mengunjungi zona kuliner, disana berjejeran booth kuliner yang bersorak mempromosikan jualannya untuk dibeli pengunjung F8 yang memang saat itu, membludak! Mungkin karena hari terakhir, semua makanan dan minuman seperti dibanting harganya, murahhh semua, jalan-jalan desak-desakan jadi tak berarti karena udah makan dan minum hemat serta kenyang hehehee. 

Badha Magribh, suami dan Maraja saya minta untuk pulang saja, karena pengunjung sudah semakin tak terbendung, dan saya perlu meliput acara penutupan, jadi masuk ke panggung utama sendirian, dan sampai di tempat duduk, barulah bertemu dengan rekan-rekan media yang begitu siap dengan gear nya masing-masing.

Acara penutupan ini dimulai dengan alunan musik india, yang kemudian muncul pasangan muda mudi dengan tarian india klasik, menari dan menyenangkan seluruh pengunjung yang hadir. Disusul lagi dengan 2 penari wanita yang tinggi nan semampai, dance dengan irama india modern. Mereka adalah penari yang datang dari Bali. 

Dilanjutkan dengan nyanyian merdu "Sulawesi Pa'rasanganta" oleh pedangdut Makassar, Maharani yang cantik dengan busana khas Haji Younan, rumah busana pengantin Makassar yang ternama. Ada pula fashion show karya terbaru Ida Nur Haris dan Formal fashion show dari Adjie Nitinegoro yang khas dengan batik tulisnya yang mewah dan menawan. 

Malam makin panjang, yang paling ditunggu dari closing ceremonial ini adalah konser Anji! Dunia Manji, yang membawakan lagu-lagunya dengan romantis, ramah, dan keceeeee. Ini pertamakalinya saya menyaksikan langsung konser Anji secara gratis!! Seluruh warga Makassar menikmatinya tentu saja!
Acara ditutup dengan lagu terakhir dari Ari lasso. Ada pak Wali yang memberikan speech penutupan, Beliau menyimpulkan kalau F8 in untuk warga Makassar!! membawaka kota Makassar kepada Dunia bukanlah pekerjaan mudah. Saya yakin pak Walikota selama masa jabatannya, sudah sangat berusaha keras. Walikota yang tidak kalah dengan beberapa pemimpin kota lainnya yang sedang hits dibicarakan media karena program kerjanya, Seperti Wali Kota Surabaya Tri Risma, Gubernur Jakarta Ahok, dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Nama Danny Pomanto masuk dalam 10 tokoh Revolusi Mental yang dibahas dalam buku "Lima Pilar Revolusi Mental". 

Kalau soal melayani warga Makassar, Pak Dani gak pernah setengah hati. Contohnya aja nih saat  perayaan HUT Makassar ke-408, Pak Dani langsung turun ke jalan memberikan makanan untuk para petugas kebersihan dan membantu para petugas itu menyapu jalanan di sekitar Pantai Losari. Siapa yang tidak tersentuh melihat ketulusan hati pak walikotanya? sampai akhirnya pun warga Makassar  ikut membantu Pak Walikota dengan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman. Alhasil, Kota Makassar pun menjadi salah satu kota terbersih di Indonesia dan Kota Daeng ini pun menerima penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) yang kedua kalinya!!!

Nama Danny Pomanto gak cuma menggaung di Indonesia, sejak berhasil menyelenggarkan pertemuan Asean Major Forum (AMF) di Makassar, banyak negara-negara tetangga yang ingin menjalin kerja sama dengan Pemkot Makassar. Salah satunya Australia, Makanya saat di F8 kemarin ada booth khusus untuk Negara Luar.
Jangan lama berpikir untuk datang ke Kota Makassar ya, jangan tanya lagi "mau ngapain" kalau kalian hendak berkunjung ke kota Makassar. Makassar adalah kota yang dicintai, kota yang dikagumi, Makassar sekarang sudah dua kali tambah baik, tambah maju, mohon jangan biarkan Makassar mundur lagi :)

You May Also Like

12 comment

  1. semoga Makassar terus berinovasi dan makin bersinar namanya di mata dunia.. maju kotanya, maju warganya ya mba.. Aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betull, makassar mulai tidak dipandang enteng memang sejak kepemimpinan pak Dani, kemajuannya pesat

      Delete
  2. Bangga menjadi warga Makassar yang di kenal dunia melalui Festival Makassar F8 yang telah kali kedua dilaksanakan. Event termegah ini selalu menyisakan rindu untuk secepatnya bertemu kembali dengan Makassar F8 di tahun berikutnya. Sukses Makassarku... dua kali lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa kak menyisakan kenangan bangeddd pengen segera menyaksikan keseruan acaranya lagi pasti banyak ide ide baru pak Dani,

      Delete
  3. Sukaaa bava reviewnya 😍
    Sebagai warga kota, semua program kerja Pak Danny memang harus kita dukung demi membawa nama Kota Makassar hingga ke kancah internasional!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak kebayang nanti gimana jadinya Makassar setelah kepemimpinan pak Dani ,, agak agak ragu gituuu

      Delete
  4. Foto-fotonya keren banget kak Qiah.. Saya setuju banget! Makassar gak boleh mundur lagi!

    ReplyDelete
  5. Banyak sekali hal menarik, berapa mi saya baca tuisan, semuanya meuliskannya secara berbeda. Qiah juga. Thanks for share, Qiah. Makassar tak boleh mundur lagi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kak saya juga baca-baca,,
      ada banyak angel yang bisa dituliskan
      sayangnya keterbatasan qt sbg mamak2 cuma bisa sanggup hadir beberapa hari aja.

      Delete
  6. Kerennya ini acara F8, sayangnya saya tidak bisa melihat secara langsung. Untung baca tulisan ini, rasanya seperti melihat dan merasakan langsung kemeriahan acara F8.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kak awie bisa ikutan seru2an dan menenggelamkan diri di keramaianF8 nanti someday lah yaaaaa 😁

      Delete

recent posts