Jelajahi Kota Makassar Bersama Blue Bird


Saya mau ceritain nih keseruan gathering media dan blogger awal bulan kemarin dengan bluebird group! Tau kan Blue bird? yup Blue bird taxi yang namanya sudah dikenal para pecinta kendaraan umum, dan yang termasuk sebagai taxi eksklusif. Tujuan dari diadakannya gathering ini adalah sebagai selebrasi launching aplikasi BlueBird yang sudah bisa digunakan di kota Makassar tercinta ini. 

Saya sudah sejak lama sih mendengar "Eh, bluebird sudah ada di Makassar..." dan sepertinya masyarakat Makassar senang akan hal itu. Saya sendiri bukan penyuka taxi loh sebenarnya, saya gak begitu suka dengan parfum mobil oranglain selain mobil sendiri :D ya kali bukan berarti mobilku harum dan bersih se bersih ruangan taxi bluebird sih hehehehe. Nah hal itu yang bikin saya penasaran juga akhirnya, pengen nyobain taxi bluebird. Dan bagusnya sekarang taxi bluebird ini juga mengikuti perkembangan teknologi dengan menghadirkan aplikasi berbasis online.
Pagi itu undangannya pukul 09.00 sampai pukul 14.00, kok ya lama ya durasinya, susunan acaranya apa aja sih ya? penasaran kan? So ya, Pagi itu seperti biasa, saya datang agak terlambat, tapi gak terlambat amat kok, soalnya pas saya datang, baru MC nya memulai hhihihi. Goedang popsa lantai 2 sudah rame teman-teman media berkumpul, kakak-kakak blogger juga sudah sedari tadi asyik menyicip aneka kue dan menyerutup kopi manisnya. 

Jadi Aplikasi My bluebird ini adalah penyediaan layanan pemesanan berbasis online sebelumnya telah diterapkan pada sejumlah kota utama di Tanah Air yaitu, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Bali, Lombok, dan Manado. Dan kali ini Makassar. Diperjalanan menuju lokasi gathering, saya sudah mendownload aplikasinya di appstore IOS saya, dan kelihatannya sih gak jauh beda dengan gaya aplikasi Go-Jek. Tapi nih ya, taksi bluebird bukan ngikut-ngikut juga sebenarnya loh, ternyata taksi bluebird ini termasuk transportasi umum yang lebih dulu menggunakan fitur online, waktu jaman blackberry loh tapi ya memang ga seoptimal sekarang.

Rute perjalanan terlihat, bisa tracking dan call driver, menilai langsung pelayanan pengemudi serta menerima bukti pembayaran melalui email. My Blue Bird dilengkapi fitur untuk pembayaran Non Tunai (Cashless) melalui eVoucher dan kartu kredit. 

Saya melihat ada dua perbedaan antara aplikasi My bluebird ini dengan aplikasi kendaraan online lainnya, yaitu :
  1. Punya fitur untuk memesan taksi tidak pada saat itu. Jadi maksudnya kita bisa pesan untuk satu jam kemudian, atau besoknya, ada tanggal dan waktu yang disediakan untuk mengetahui kapan mau pesan taksinya. Misalkan saya hari ini mau ke goedang popsa, saya cerita-cerita sama teman paling cuma satu jam aja, nah saat tiba di goedang popsa, saya bisa langsung pesan taksi untuk satu jam kemudian. Jadi gak perlu nunggu lama lagi, begitu taksi berikutnya tiba, pamit deh pulang. Seperti itu... atau kalau kalian buru-buru mau ke bandara besok, bisa pesan taksi malam ini, yang penting set waktunya dengan tepat.
  2. Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, hubungan antara sopir taksi dan penumpang [healahh hubungan apaaa coba*] hihi ya sebagaimana kita sering dengar banyak penumpang transportasi online yang sering di teror sama pengemudinya, ada yang digombalin sgala, nah kalau di bluebird, begitu kita turun dari taksi, transaksi selesai, selesai pula hubungan antara pengemudi dan penumpang. Aman dan dijamin nomor hape kita tidak dipermainkan lagi.
  3. Fitur Easy Ride, yang memudahkan customer untuk menyetop taksi Blue Bird secara tiba-tiba gitu kalau memang butuh dan membayar non-tunai cukup menggunakan Aplikasi My Blue Bird

Sesudah kami dijelaskan mengenai manfaat aplikasi My bluebird ini, kami semua tentua diajak mencobanya. Panitia penyelenggara rupanya menyiapkan susunan acara yang lain daripada yang lain nih menurutku. Kami semua tim media dan blogger diajak untuk berjelajah kota Makassar dengan menggunakan taksi blue bird yang diorder melalui aplikasi My bluebird.

Panitia membagi 7 kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 4 orang, dan mempunyai nama kelompoknya masing-masing juga. Dan tiap kelompok mendapatkan guide line jelajah kota Makassar. Tentu saja ini ada hadiahnya, juara 1,2, dan 3. Aturan mainnya adalah :
  • Ada 5 lokasi yang harus kami datangi menggunakan taksi bluebird dalam waktu 90 menit. 
  • Tiap kelompok yang sudah tiba di lokasi, wajib melakukan welfie yang seru di lokasi tersebut, makin seru gaya fotonya makin besar peluang untuk mendapatkan juara. 
  • Tiap anggota kelompok harus posting foto keseruannya di sosial media, yang nantinya akan di nilai tim juri.
  • Total biaya orderan taksi bluebird menuju lokasi pertama sampai kembali lagi ke goedang popsa harus senila Rp.150.000,- kalau lebih, dianggap gagal. Jadi tiap kelompok mendapat jatah 3 lembar voucher 50.000-an
  • Tiap lokasi harus menemui tim panitia yang standbye menunggu di sana dengan props bluebird. Kami harus difoto dan berfoto dengan props tersebut. 
  • Semua foto dan bill perjalanan harus di kirim email sesegera mungkin. 

Saya sekelompok dengan Kak Yanthi, blogger juga. Kak Azho dari media lintas terkini, dan kak Sanovra dari media tribun timur. Kelompok kami diberi nama Silver Bird. Dan setelah mendengarkan dengan baik guide linenya, tiap kelompok diberi ipad untuk dipakai mengorder taksi di aplikasi Mybluebird. Setelah order, sudah ketemu taksinya dengan kode M023 di pintunya. Kami langsung cuss ke lokasi pertama, Museum Makassar.
Lucunya, kami sempat bingung, lah ini kenapa semua kelompok lain kok pada buru-buru banget ya? sementara kami santai-santai aja, malah sopir taksinya yang kalang kabut, tinggal taksinya yang belum berangkat menuju lokasi kedua. HAHAHHAHA.
"Dek cepat diorder lagi taksinya, biar tidak telat..." Kata pak Sopirnya yang kemudian melihat-lihat hapenya, katanya sih siap-siap untuk langsung terima orderan dari saya. 
Saya pun sempat bingung nih, udah order , ada yang terima sopir lain, tapi kok gak muncul-muncul taksinya, sudah 10 menit berlalu, gak ada taksi yang muncul, sementara di aplikasi bilang akan tiba dalam hitungan 2 menit. Dan hape si pak sopir kami juga gak muncul notif permintaan orderan. Kami melongo aja menunggu taksi yang di aplikasi muncul. 

"Dek, atau saya kembali dulu ya..." Pak sopir pamit pergi.

Kami berempat, masih di museum, sudah gak ada kelompok lain yang datang, artinya sisa kami nih yang belum bergerak dari lokasi 1 ini HAHAHAHA, kak Azho uring-uringan sampe baca-baca ulang tuh lembaran guide line, saya sama kak yanthi duduk aja mainin ipad, kak Novra malah sibuk posting ke instagram. 

Gak lama begitu, pak sopir tadi kembali lagi, "Dek naik maki, ternyata ini terusji dipake taksinya, tapi tetapki bede share perjalanan ke email." Sahutnya.

Akhirnya kami kembali naik taksi pak M023, saya mulai share journey lokasi 1 beserta foto bareng kami ke email penyelenggara. Lanjut lah kami ke Lapangan Karebosi, lokasi kedua. Benar saja ada tim panitia yang menunggu membawa props sign bluebird dan siap-siap juga fotoin kita. Kok tadi di museum gak ada ya panitianya jadi kebingungan deh kita. Saat di lokasi kami tuh cuma berfoto aja, abis foto lanjut lagi jalan naik taksi HAHHAHA. 
  • Lokasi 1 : Museum Kota Makassar jl balaikota
  • Lokasi 2 : Lapangan Karebosi jl Ahmad Yani
  • Lokasi 3 : Monumen Pembebasan Irian Barat [Mandala] jl Jend Sudirman
  • Lokasi 4 : Masjid Terapung jl penghibur
  • Lokasi 5 : Fort Rotterdam Jl Pasar ikan

Untunglah bukan kelompok kami sih yang terakhir tiba di tempat kumpul. Saat tiba ternyata bill taksi yang harus kami bayar adalah Rp.67.000,- alhamdulillah gak lebih 150.000 hahahah ya kan kita juga gak berlama-lamaan, cuma macet di jl penghibur aja di area pantai losari yang waktu itu lagi ada event F8. Saat tiba, kami makan siang dulu, sudah ada beberapa kelompok lainnya yang tiba lebih dulu.


Selesai makan, MC acara memastikan semua kelompok telah kembali, ipad dikumpulkan dan mbak MC mengajak tiap kelompok untuk maju ke depan menyorakkan yel-yel kelompok masing-masing, HAHAHA harus kudu banget bikin yel-yel dadakan! Untung di kelompokku kak Azho sudah punya idenya wkwkwkkw.. Selain itu kami diminta bercerita tentang gimana sih pengalaman jelajah tadi, seru apa gimana? Kak Azho cerita tentang kebingungannya kami yang pertama tadi, sekalian bilang kalau sopir yang kami dapat tuh baik bangedd, keren! hahahay

saatnya mengumumkan kategori juaranya. Ada banyak kategori juara ternyata loh. "Menangjaki ini, liatimi, menangjaki, tojengka, fotonya yang lain ndak terlalu ji..." Kak Sanovra optimis sehabis liat layar monitor yang menanyangkan slide foto para kelompok lain. HAHAHHA. Dan ternyataaaaaaaa...Benarrr kami juara duaaa dongg!! Kelompok silver bird juara 2 ahahhay
Ini dia kategori juara dan hadiahnya : 
  • Live tweet terbaik hadiahnya voucher senilai 700K : Kak Ama, blogger makassar
  • Cool post photo voucher senilai 500K : Kak Sanovra, media tribun timur
  • Juara 1 voucher senilai 4juta rupiah : Kelompok Pusaka 
  • Juara 2 Voucher senilai 2juta 500ribu rupiah : Kelompok SilverBird
  • Juara 3 Voucher senilai 1juta rupiah : Kelompoknya kak Yudi dari media bisnis sulawesi [lupa namanya*
Yeay senangnya dapat voucher banyak buat pakai jasa bluebird nih, kata mbak MC nya nanti meski ke indomaret order bluebird aja, EH ahhahahay. Terimakasih Bluebird group sudah mengajak kami jelajah seru kota Makassar. 

Nah untuk warga makassar yang doyan angkutan umum bisa coba download aplikasi bluebird ini, order taksinya, nikmati perjalannya.

You May Also Like

12 comment

  1. Asyik banget bisa ikut gathering bluebird ini Kak! Kok bisa kak? Gimana ceritanya? Aku baru tahu juga kalau ada aplikasi Bluebird ini. Hm, di Padang ada gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini diundang sama tim bluebirdnya ,
      memang di padang belum ada mungkin yaa
      Makassar aja baru tahun ini nih,,
      tunggu aja siapa tau nanti giliran di padang peluncuran aplikasinya.
      makasih mbak udah mampir di blog ku :)

      Delete
  2. hahaha.. ya ampun, ada drama order taxi ternyata taxinya ituji yang memang dipake selama acara. tapi yang penting juara 2.. Selamat atas juaranya kak qiah and team.. dehh bisami kemana-mana pake taxi bluebird :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkw iya nah sempat bingung, kelompok lain tawwa na tau memang mi kasianna kodong sopir taksi bolak balik,
      semoga bisa sempat dibagi2 vuochernyaaa yeaayy

      Delete
  3. Serunya. Selamat Qiah dapat voucher, bisa diorderkan blue bird ke mall. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kak inart,, nanti dibagi2 vouchernya, hahah MAM jadi duta blluebird dulu bede hahaha

      Delete
  4. Deh bisa sy bayangkan keseruannya itu Qiahhh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa kak seru ki nahh hahahhaha baku sibuk foto2 diajak pak sopirnya ..

      Delete
  5. Ngebayangin serunya acara bareng bluebird bikin baper aku nih, mbak Qiah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mbak semoga di kotanya nanti ada juga yaaa

      Delete
  6. Serunya jalan-jalan bareng blue bird. Makin mudah dengan aplikasi. jadi pengen jalan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa jd gak perlu berdoa minta semoga pas keluar pas nemu taksi untung2an. Sekarang sdh ada aplikasinya :)
      Makasih mbak udah bertandang ke blog ku

      Delete