F8 Makassar 2017


"Qiah, apa itukah F8 acara apa? semacam pasar malam?" Tanya ipar saya yang tinggal di Pare-pare.
Saya langsung jawab "Bukan kak!"
Tapi sambil mikir juga sih, iya ya gimana menjelaskan tentang apa itu F8 kalau ada yang tanya ya? apalagi dengan kalimat tanya "semacam apa?" hehehe. 

Jadi say amencoba untuk menguraikan secara simple-simple saja ya tentang F8 Makassar ini. 

Suatu hari, saya mendapat undangan gala dinner dari dinas pariwisata kota Makassar dalam rangkain event Celebes Fashion Week di Femme tahun 2016 kemarin. (Oh iya kalian bisa baca dengan klik ini tentang Femme dan Gala dinner waktu itu). Dispar Makassar mengundang "Maritage Indonesia" sebuah organisasi yang berisi kumpulan sosialita dan designer indonesia yang memajukan industri perekonomian Indonesia dibidang fashionnya. Singkat cerita, Pak Wali hadir memberikan sambutannya, dan dalam sambutannya itulah pertamakalinya saya mendengar tentang F8!

"Kalau di luar negeri ada F one, maka di Makassar ada F8! Kenapa F8? karena angka 8 adalah angka unlimited, sebagaimana kota Makassar yang unlimited juga pesona pariwisatanya."

Saya menyetujui hal itu. Di Makassar kita bisa mendapatkan kenikmatan wisata yang menarik dan tak kalah dengan ibu kota Jakarta. Hal ini yang ingin dibuktikan oleh Pak Walikota Makassar dibawah pimpinan Bapak Ramadan Pomanto. Saya merasa sejak pak Ramdan Pomanto (yang akrab disapa dengan pak Dani) memimpin kota, terasa sekali banyak kemajuannya. Maka dari itu slogan kepemimpinan pak Dani adalah DUA KALI TAMBAH BAIK


Singkat cerita, F8 adalah sebuah festival yang bertaraf International. Kenapa F8? Karena penggabungan dari 8 huruf F yang diambil dari Fashion, Food, Flora & Fauna, Fiction writer, Fuschion jazz, Folks, Fine art, dan Film Kesemuanya itu merupakan 8 keaktifan kreatif kota Makassar yang diangkat pak Dani untuk ditunjukkan pada dunia bahwa kota Makassar berpotensi besar juga pesona pariwisata dan ekonomi kreatifnya. Iya DUNIA! karena tarafnya memang festival International :)

Percaya gak, kabarnya pernah kota lain mau membuat hal yang serupa, tapi nampaknya gagal hehehe tidak se-spektakuler F8 yang jadi agenda international dalam 2 kali pengadaannya. Ya tahun lalu adalah pertamakalinya F8 digelar, kalian bisa seacrh google dan lihat ketakjuban orang-orang diluaran sana, tentunya dengan kebanggaan bersama warga Makasar. Tahun ini, F8 kembali lagi digelar, antusias warga makin menjadi-jadi loh :) tak terkecuali saya yang sudah gak sabar pengen hadir di hari pertama! 

Opening Ceremony Festival F8 Makassar 2017

Tanggal 6 September adalah pembukaan Festival F8 Makassar ini, saya sudah siap-siap sejak siang, karena mantau di sosmed semua teman-teman media pada share foto-foto di losari. Pukul 14.00 sedang prepare festival kebudayaan seluruh Sekolah yang ada di Makassar, orangtua, guru dan murid semuanya ikut turun di festival kebudayaan ini. Sejak pukul 15.00 jalanan sekitar pantai losari sudah ditutup dan dialihkan ke titik lain, area pantai losari diutamakan untuk para pejalan kaki dan ribuan peserta karnaval budaya. Syukurnya saya datang lebih cepat, meskipun dapat parkiran agak jauh, saya beruntung bisa mengabadikan suasana karnaval lewat foto dan video.

Mulai dari seluruh kelurahan dan kecamatan yang ada di kota Makassar, sampai sekolahan, dan ibu-ibu PKK semuanya turut serta di festival kebudayaan ini, memakai baju adat daerah, makeup, dan lain-lainnya, siang hari matahari masih garang-garangnya karena hari itu cerah banget, demi apa mereka coba? demi kota tercinta, kota Makassar. 

Belum lagi yang menarik perhatian saya, ikut juga para komunitas imigrant dari luar negeri, ada yang dari India, pakistan, china, dan lainnya. Mereka semua ikut festival budaya ini untuk meramaikan pembukaan festival F8 ! Karena apa? ya karena mereka imigrant yang diterima di makassar, stay di Makassar dan tentunya cinta sama Makassar :)

Tabuhan drum band anak-anak sekolahan sudah terdengar, sirine mobil jemputan para tamu undangan juga tak kalah hebohnya berurutan memasuki lokasi acara. Siap-siap untuk rangkaian acara pembukaan festival F8 ini. Saya kembali menuju area panggung utama untuk bertemu dengan teman-teman. 
Saat masuk ke panggung utama kami menyaksikan atraksi Indonesian airfoce jupiter, aerobic team, atraksi shukoi, paralayang dan terjun payung. Juga ada flying board dan banyak lagi deh pokoknya, tujuannya untuk mendekatkan para TNI yang bertugas di Makassar untuk lebih dekat kepada warga Makassar yang tersayang :) 

Saat selesai memukau warga Makassar dengan manuver-manuver luarbiasa pesawat shukoi dan jupiternya para TNI, saya dan Echa berniat jalan-jalan ke booth Food nya, bagian kuliner. Tentunya dong karena memang makanan adalah hal yang paling sering dicari heheheh. Sepanjang zona 1 adalah kejeran booth kuliner semua, dekat masjid terapung. Dan bukan hanya para UKM Makassar yang mengisi booth kuliner. Seluruh hotel yang ada di Kota Makassar juga ikut berperan serta di festival F8 ini, booth kuliner hotel-hotel kini bisa kita santap dengan harga yang lebih ekonomis tapi tidak mengurangi kualitasnya. 

Hotel myko makassar salah satu hotel yang mengisi booth di F8, saat tian di area kuliner, yg jadi perhatian saya adalah kuliner dari hotel Myko ini, kenapa? Karena ada chef Effendy di situ sedang mengolah mie tarik, dibanting-banting dan ditarik-tarik, seru liatnya :D ditambah lagi dengan keramahan para crew hotel myko yang menawarkan kami untuk mencoba satenya. Saya selalu suka sajian hotel myko, saya tau karena pernah berbuka puasa bersama teman-teman di hotel myko. 

Menu yang ditawarkan hotel myko di booth kuliner F8 antara lain : 

Ayam goreng / bakar seharga 35.000
Nasi goreng 25.000
Mie aceh 25.000
Bakso kuah soto 25.000
Sate daging sapi 20.00
Dan es anging mammiri yg segar 15.000

Kalau sudah memesan, kami bisa memilih tempat duduk yg sudah disediakan lengkap dengan meja dan ditambah suasana segar pemandangan masjid terapung. 

Badha magribh saya dan Echa langsung masuk ke area panggug utama, duduk sesuai kursi yang disediakan panitia, saya dan Echa mendapat kursi media, kami dipersilahkan menyaksikan opening ceremony festival F8 yang dimulai dengan tabuhan gandrang bulo dan nyanyian ribuan anak Makassar yg memenuhi stage. Kereennnn!! 
Tamu-tamu dari negara luar sudah berdatangan dengan pakaian daerahnya masin-masing.

Pembukaan dilanjutkan dengan pidato dan sambutan pak walikota, Bpk Gubernur , dan Bpk Tantriawan Munaf, kepala bagian ekonomi kreatif Indonesia.

Simak dulu videonya ya
Saya akan lanjutkan reviewnya kembali setelah penutupan. Hari ini loh penutupannya jgn sampai ketinggalan gak hadir di F8 yg dikhususkan untuk warga Makassar

Baca juga Ulasan 


You May Also Like

10 comment

  1. F8 makin terlihat memukau kalo dilihat dari foto-fotonya Qiah 😍

    ReplyDelete
  2. F8 meriah banget, Mbak. Coba kalau saya dekat sana, ya. Pengen datang deh rasanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangettt mbakk, F8 menggaung dimana-mana
      meriahnya memang meriah beneran bukan settingan hehhe

      Delete
  3. Kerenn acaranyaa kpn ya dibandung ada kayak gini, eh tp jg klo acaranya malem gak bisa dtg jg hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga segera bandung bikin juga ya
      acaranya sbnrnya mulai sore jam 3 udah pada ramai booth2nya dan fashion show nya , cuma memang malam itu acara2 intinya hehe

      Delete
  4. Semoga tahun-tehun berikutnya acaranya semakin keren dengan jumlah pengunjung yang semakin banyak. PeErnya penyelenggara mungkin soal tempat parkirnya yang masih kacau hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini lagi sudah keren banget mi kak ifa hehehe
      pengunjung membludak semoga alternatif jalanan bisa untuk tidak macet ya biar gak mengeluh juga warga ehehhe

      Delete
  5. Foto-fotonya kereeennn {Love.. love.. love} F8 Keren memang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeeeeay makasihhhh evhy sayangnya yaaa gak ketemukiii

      Delete

recent posts