Siang Seru Media & Blogger Bersama Bosowa Semen

Salam semua. [maafkan saya baru update tulisannya-karena kemarin lgsg update VLOGnya]
Ibu ketua blogger Makassar, hari itu nge share sebuah list event, katanya dari Bosowa yang ingin mengadakan gathering bersama Media dan Blogger serta bersama-sama melakukan kunjungan ke pabrik semennya di kabupaten Maros. Sebagai mantan karyawan di perusahaan besar itu, meskipun bukan di bagian industri semennya, saya pengen daftar jadinya heheh. Tapi katanya quotanya hanya sampai 10 blogger saja. 

Baca juga kenangan waktu kerja di Bosowa : Ulangtahun Bosowa ke 40 tahun

H-2 akhirnya saya di email pak Danny, kordinator acaranya nanti, senang akhirnya kepilih ahahah padahal alasan pengen ikut tour pabrik bosowa ini cuma karena "pernah bekerja di bosowa" untung gak saya lanjut akhirnya resign karena abis nikah BAHAHAHA. Email itu isinya minta konfirmasi kehadiran, saya tentu izin suami dulu sebelum membalas. Kebetulan juga suami saya baru-baru ini sering jalan ke pabrik itu, bakar cakar ilegal di sana katanya. 
Saya bercelutuk, "Ini mungkin ada produk semen barunya bosowa jadi adakan gathering begitu," 
"Bukan produk baru, tapi pabrik baru..." Kata suami. 
oooooohahaha. Akhirnya saya ngeh. Suami juga sempat cerita sedikit bagaimana sikon di pabrik bosowa nanti. Lokasinya yang ternyata melewati Rammang-rammang Maros. 

Karena sudah di izinkan, dan suami bersedia nemani duozam dulu hari itu karena libur kantor, akhirnya saya pun membalas email konfirmasi. Seluruh blogger terpilih dimasukkan ke group whatsapp dan dibagikan rundown. 

Sabtu, 29 Juli 2017 pukul 08.00 sudah harus berkumpul di menara bosowa, untuk bareng-bareng naik bus ke lokasi pabrik di Maros. Seperti biasa juga, saya datang terlambat, jadi sisa nunggu saya baru bus nya akhirnya berangkat, teman-teman dan kordinator acara termasuk para karyawan bosowa semen sudah menunggu di bus, padahal sebelumnya kumpulnya di lobby. 

Saat sudah duduk di bus, yang ada dalam bus hanya khusus blogger dan beberapa bosowa crew, yang ternyata senior saya di kampus dulu. Kak Panjank panggilannya. Di bus yang satunya lagi, khusus teman-teman wartawan. 

Perjalanan dari menara bosowa ke kantor dan pabrik bosowa semen di kabupaten maros, memakan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit. Saat melewati tempat wisata Rammang-rammang, tanda bahwa lokasi bosowa semen sudah dekat. 

Saat memasuki gerbang bosowa semen, masih tampak seperti tanah kosong belum ada bangunan apa gitu yang menandakan kantor atau pabrik, yang terlihat hanya gundukan batu-batu karst yang sudah dihancurkan, dan dari kejauhan terlihat bangunan tinggi menjulang. Masuk ke dalam lagi, ternyata sudah terlihat lebih asri dibanding dengan saat masuk tadi, gersang. Kak panjank pun menjelaskan sambil bus tetap berjalan.
"Ini kantorku nih..." tunjuknya.
"Oh ada kantor juga? kirain di sini cuma pabrik, dan kantornya semua di menbos (menara bosowa sudirman) tadi." Saya melirik kiri jendela, ada beberapa gedung yang tidak bertingkat, berjejer. 
Kak Panjank melanjutkan penjelasan, "Iya kita sudah 5 tahun di sini berkantor, gak ada alfamart dan indomaret di sini, kalau mau jajan ya harus beli di gadde-gaddenya warga di luar sana. Tapi memang ada sebagian yang tetap berkantor di menbos juga."
Bus mulai berbelok masuk seperti ke dalam kompleks, dan bus pun berhenti tepat di gedung yang namanya CCR (Central Control Room) ruang atau kantor tempat memantau semua mesin-mesin pabrik yang vital. 
Kami pun turun dari bus masing-masing, terlihat semuanya langsung diarahkan masuk dan naik ke lantai dua, tapi saya berjalan santai dulu, pelan-pelan sambil melihat sekitar. Ya ini nih kantor yang sering di shoot sama media celebes tv yang cuma bisa dilihat di televisi akhirnya datang juga saya kesini. Suami juga pernah cerita kalau dia pernah berkunjung kesini, entah berkunjung atau memeriksa gitu ya hihihihi. 

Saya pikirnya kami semua langsung diajak ke pabrik, gathering di pabrik HAHAHA ternyata diterima di kantor CCR dulu untuk saling kenalan sama bosowa crew dan mendnegarkan sedikit penjelasan tentang acara ini.

Bapak Dani sebagai moderator menyapa kami semua dengan ramah, beliau meminta untuk mencairkan saja suasana seminar dan gatherin gini jadi kita gak perlu serius-serius amat. Perkenalan pun dimulai dengan langsung mempersilahkan Managing director Bosowa semen, bapak Rahmat Kaimuddin. 

Bapak Rahmat Kaimuddin memulai dengan menceritakan tentang bagaimana beliau bisa ada di bosowa, bekerja di bosowa sampai sekarang. Bosowa adalah singkatan dari Bone Soppeng Wajo. Nama-nama kerajaan bugis itu dipilih Bapak Aksa Mahmud untuk sebuah perusahaan swasta nasional yang didirikannya sejak tahun 1973 di Makassar, Sulawesi Selatan. 

Bosowa bergerak di 6 grup usaha yaitu otomotif, semen, pertambangan dan energi, jasa keuangan, properti dan pendidikan. Selain menjalankan grup usaha intinya, Bosowa juga menjalankan sejumlah proyek perintis di bidang media, olahraga dan agrokultur. Bosowa juga melakukan kegiatan CSR di bidang pendidikan, kemanusiaan dan keagamaan, serta sosial dan kebudayaan.
bosowa semen
Bapak Rahmat Kaimuddin terkhusus menjelaskan tentang bosowa semen, yang rupanya telah melakukan proses rebranding dari SEMEN BOSOWA menjadi BOSOWA SEMEN, dibalik aja sih heheheh. Sekian infografis ditampilkan di layar, mulai dari pabrik-pabrik bosowa semen yang ada di Indonesia, ternyata bukan cuma di Makassar loh, ada di Banyuwangi dan Batam juga.Proses penambangan batu kapur hingga jadi sebuah semen, hingga ke packingnya. Pak Rahmat juga membahas tentang kapasitas produksi semen dan rencana perluasan pasar, curhat juga soal persaingan industri semen yang ada di Indonesia, memaparkan apa itu program CSR perusahaan, juga tantangan yang di hadapi oleh Bosowa Semen.

Tau gak, pak Rahmat juga mengaku bosowa semen mengalami penurunan pasar di tahun 2017 ini tapi hal itu tidak membuat direksi dan seluruh karyawan bosowa semen jadi pesimis, justru itu yang membuat makin optimis untuk lebih berinovasi, berkembang dan bekerja keras. Akhirnya pun penjualan kembali stabil, mantap !!!

Selanjutnya ada sesi tanya jawab dan penjelasan mengenai CSR perusahaan, jadi CSR ini semacam bentuk kepedulian dan tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat sekitar. Jadi CSR ini semacam fungsi sosial perusahaan agar memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan dan peningkatan kualitas SDM di masyarakat sekitar. 

Selanjutnya kami bersama bapak direksi bosowa semen keluar dari gedung kantor CCR dan bersiap menuju pabrik bosowa semen yang baru, pabrik line II. Kami tetap naik bus, diatas bus sambil dijelaskan tentang pabriknya dan prosesnya secara singkat oleh beberapa bapak direksi bosowa semen yang ikut naik di bus tim blogger. 

Pabrik yang terletak di Kabupaten Maros, ini merupakan pabrik utama Bosowa Semen. Pabrik ini merupakan pabrik semen terintegrasi dan berada di lokasi tempat penambangan batu kapur yang merupakan bahan baku utama pembuatan semen sehingga memudahkan pengambilan bahan baku. Pabrik Maros juga memproduksi clinker sendiri dengan kapasitas 4 juta ton per tahun dan semen dengan kapasitas produksi 4.2 juta ton per tahun.
bosowa semen
bosowa semenbosowa semen
bosowa semen
bosowa semen
Media dan blogger makassar
Setelah puas keliling-keliling pabrik, dan mendengarkan penjelasan bapak direksi bosowa semen, kami kembali memutar ke arah kantor CCR tadi, dipersilahkan untuk sholat dhuhur di masjid yang terletak tepat di depan kantor CCR tadi. Setelah sholat dhuhur, kami diminta kembali naik ke lantai 2 ruang meeting tadi untuk mengambil goodie bag. Yeay GOODIE BAG!! HAHAHA isinya baju merah bertuliskan bosowa semen dan berlogo PSM. Sekedar informasi buat yang belum tau, mungkin ada yang belum tau kan? kalau bosowa semen ini adalah sponsor resmi PSM MAKASSAR loh huehhehe. 

Selanjutnya kami gak langsung pulang, acara terakhir adalah makan siang! dan makan siangnya di empang milik bosowa, tambak ikan milik bosowa group yang musti menempuh perjalanan 2 jam dari pabrik tadi. Lumayan jauh ya, letaknya pun tidak di pinggir jalan, tapi berliku masuk belok-belok jauh hahaha. Tapi sampai di sana, semua lelah dan rasa lapar terbayarkan. Suasananya yang rindang, cantik untuk berfoto berpose OOTD-an huehhehee. Masuk ke dalam, disambut sama para pelayan yang sudah standbye di sana dengan baju seragam tshirt putih bertuliskan bosowa. 

Belum lagi makanan yang disajikan, seafood, sayur mayur, dan sambel, minuman dingin pun. Ahhh kami semua sampai tak karuan mau duduk dimana akhirnya ya lesehan saja bareng-bareng teman media dan tim bosowa. 
empang bosowa
menu empang bosowa
bosowa semen
Setelah kenyang makan siang bersama, kami sempat ngobrol-ngobrol sebentar, meluruskan kaki sebelum lanjut naik ke bus perjalanan pulang kembali ke menara bosowa. Katanya sih ada acara nonton bareng lagi, nonton bareng pertandingan PSM hari itu. Tapi gak wajib, yang mau langsung pulang ya wis pulang. Sepanjang perjalanan pulang ke menara bosowa, semua diam aja di dalam bus, sudah capai akhirnya tertidur huuehehe, capek atau kekenyangan kali ya. hihihi. 

Terimakasih bosowa semen atas invitationnya hari itu, karenanya saya jadi tau tentang seluk beluk bosowa semen, sebagai warga masyarakat yang stay di Sulawesi Selatan harusnya berbangga ada bosowa semen yang telah menjadi salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. Komitmen pemerintah untuk melakukan pembangunan infrastruktur berskala besar ditambah dengan terus meningkatnya kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal, dapat menjadikan Indonesia sebagai salah satu pasar konstruksi terbesar di dunia sehingga kebutuhan pasar semen dalam negeri diperkirakan akan terus mengalami peningkatan.


Selanjutnya saya mungkin akan memposting lebih detail lagi tentang bosowa group ya di blog saya untuk saya share ke pembaca blog saya. Gak apa-apa sesekali ngomongin soal industri, siapa tau ada yang cari info dan dapatnya di blog saya, kan jadi berkah, atau ya buat bahan bacaan anak-anak saya kelak, skalian ikut buat lomba #EH eheheheh .

You May Also Like

16 comment

  1. Masih berasa serunya yah qiah.. 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh iya gang kak telat posting kodong tp mmg masih kebayang ini sampe deadline eh hahaha

      Delete
  2. Berasa jadi anak sma lagi, yang lagi field trip yaa. Ini salah satu blog visit yang akan selalu saya ingat. Selain karena menambah pengetahuan dan pengalaman, pun karena nge-trip nya bareng kalian anak kelas MAM 😍💐.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget mbak awie, jadi kayak belajar geografi dan fisika kimia gitu hahahaha
      nge tripnya sambil foto bergaya ala blogger ya hahaha

      Delete
  3. Pengalamannya seru banget ya, Kaka. Banyak informasi tentang dunia perindustrian yang bisa digali. Maksih udah sharing pengalamannya.

    Salam kenal juga, ya. :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, sesekali lah bahas industri gitu huehhehe

      Delete
  4. Huaaa jadi pengen baca ulasannya kak Qiah lagi deh tentang Bosowa. Yang tulisan yang ini saja udah lengkap banget lho kak menurut saya. Narasinya semua dapet. Gimana yang part 2 nya? Hehe. Kereeen kak Qiah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. doain yani semoga bisa selesaikan wkwkwkw..
      makasih yani yaa,, yani jg goodluck ya nanti buat lombanya

      Delete
  5. keseruannya masih sangat terasa..ah mau lagi jalan2 bareng qiah dan teman2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal diatur aja kak lina waktu ta
      scara kita kan berkarir ki
      haha

      Delete
  6. ikut acara ini langsung berasa study tour apaagi pas turun ke lapangan, asli lain kali harus ka bawa topi dan masker

    ReplyDelete
    Replies
    1. say akemarin waktu ini lupa bawa kacamata dan topiii gang pokoknya kayak memang mau piknik hahahahahhaha

      Delete
  7. Keren mbak..
    Catatan ngetripnya tercatat dengan rapi. Aku suka.

    ReplyDelete