Press Conference Pasar Tiban Makassar By Anne Avantie

Salaam semua.
Teman-teman dan seluruh kerabat yang mencintai Karya Anak Bangsa, dan merasa kalau sudah masuk waktunya untuk belanja busana untuk kondangan, kebaya!! ini waktunya kalian semua bersiap untuk suatu pergelaran yang besar dan memikat hati. 
Apa sih? 
Akan hadir PASAR TIBAN dan FASHION SHOW TUNGGAL Anne Avantie di Kota Makassar. Kota Makassar ini adalah kota yang ke 10 yang jadi tempat pelaksanaan dan diselenggarakannya Pasar Tiban dan Fashion show tunggal Anne Avantie. 
Dimana? Kapan? dan Bagaimana? 
Sebelumnya baca dulu yuk ...

πŸ’“πŸ’“πŸ’“


Siapa yang gak kenal sama Anne Avantie? semua kalangan pasti kenal sama beliau, seorang designer kebaya yang terkenal di Indonesia bahkan sampai ke kancah Internasional. Ada banyak designer yang terkenal juga, semua punya ciri khas masing-masing, Bunda Anne pun begitu, beliau dikenal dengan ciri khas busana kebayanya. Kebaya Anne Avantie. Yang ramai terlihat di majalah-majalah terkenal, dipakai para selebrity tanah air. Kita semua tau tentang kebaya bukan? Kalau jaman dulu yang pakai kebaya dibilang agak katro, karena hadirnya Anne Avantie ini maka semua yang pakai kebaya pasti akan terlihat glamour, lebih dari itu esensi nilai memakai mebaya akan membuat kita terlihat berwibawa. Karena Bunda Anne Avantie yang berhasil menciptakan perubahan mind set kita di dunia mode.


Ada lagi yang teristimewa dari Bunda Anne. Beliau juga banyak mengadakan pelatihan dan workshop keterampilan dan kewirausahaan untuk berbagai kalangan, mulai dari pelajar, penjahit, hingga ibu rumah tangga. Selain aktif mengadakan program subsidi silang dan pelatihan gratis, Bunda Anne juga sering diminta untuk menjadi narasumber di berbagai acara. Pada tahun 2004, 2005, dan 2008, Ibu Negara, Ny. Ani Bambang Yudhoyono memberikan penghargaan "Kartini Award" kepada Bunda Anne atas kontribusinya dalam mengembangkan industri kecil. Pada tahun 2008, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia, Meutia Hatta memberikan penghargaan kepada Bunda Anne sebagai "Wanita Indonesia Bisa" atau "Indonesian Woman Able". 

Kenapa semua penghargaan itu bisa Bunda Anne dapatkan? Saya menyaksikan sendiri waktu pergelaran Femme 2016 di kota Makassar yang menghadirkan karya-karya beliau yang luar biasa dan slelau berbeda dengan yang lain. Tau tidak kalau Bunda Anne ini hanyalah tamatan Sekolah Menengah, memulai usaha design kebaya dengan otodidak, tidak mempunyai latar belakang pendidikan busana sama sekali (Mungkin juga waktu itu tidak ada pendidikan formal untuk jurusan design busana) Bunda Anne memulai dengan hanya dua buah mesin jahit bersama dengan karyawannya. Melalui bukunya, Anne Avantie Karya & Cinta, beliau menulis bahwa karyanya dikloning dari sabang sampai merauke, dari kelas kambing sampai kelas kakap, dari kelas penjahit sampai kelas designer. Tapi beliau mengungkapkan betapa hatinya bersyukur ia dipilih Tuhan sebagai saluran berkat untuk banyak orang.


Beberapa waktu lalu, info mengenaik Pasar Tiban by Anne Avantie ini berseliweran di timeline instagram saya, saya excited tentunya siapa yang gak penasaran mau liat baju-baju ready to wear-nya Anne Avantie yang di labeli Anne Avanti Mall. 

Akhirnya Senin siang, saya dapat undangan pressconference event Pasar Tiban ini, Pukul 11.00 saya sudah tiba di gerai UKM Trans Square Makassar yang berada di basement. Dapat clutch bag motif batik dan note book tentang Pasar Tiban Anne Avantie. Bersama dengan media dan blogger lainnya, kami diberitahu banyak hal tentang pasar tiban ini oleh Pihak penyelenggara yang mewakili Bunda Anne. Siang itu Bunda Anne menyapa kami semua hanya dengan lewat telepon, beliau belum bisa hadir di press conference tapi berjanji akan hadir saat acara Pasar Tiban itu berlangsung.

πŸ’“APA SIH PASAR TIBAN ITU ?
Lanjut soal Pasar Tiban, Tiban itu bahasa jawa, ketiban! gitu hehehe.. (CMIIW) arti sebenarnya adalah dadakan! Namanya Pasar Dadakan atau pasar yang tiba-tiba diadakan dalam jangka waktu tertentu saja, kalau istilah kerennya sih, Bazaart gitu.

Bunda Anne sudah menggelar pasar tiban hingga 9 kali. Pasar Tiban merupakan bentuk ungkapan cinta Anne Avantie kepada Indonesia. Anne ingin memberi kontribusi untuk Tanah Air, salah satunya dengan mendukung para pelaku UKM yang selama ini kesulitan mendapatkan akses kepada pembeli. Dan Pasar Tiban yang ke 10 ini dilaksanakan di Kota Makassar. Selama 28 tahun berkarya, Pasar Tiban Makassar adalah pasar tiban yang pertama digelar di luar pulau Jawa. Karena selama 9 kali diadakan hanya di pulau Jawa saja.

Kenapa akhirnya Bunda Anne menggelar di Makassar ? Selain untuk membantu dan mengedukasi para pelaku UKM di Makassar, Bunda Anne ingin mengobati kerinduannya waktu menggelar fashion show di Makassar saat event Femme 2016 lalu, beliau tidak sempat datang menyapa ribuan penggemarnya yang memenuhi ballroom show waktu itu. Dan paling penting adalah, ada Event Organizer yang siap membantu Bunda Anne untuk mewujudkan impian Bunda Anne itu. Siapa lagi kalau bukan EO yang sudah profesional menggelar event fashion, 3PRO ENTERTAINMENT

Di Pasar tiban Makassar akan ada ratusan koleksi Anne Avantie yang akan di jual, bukan hanya kebaya, tapi ada juga baju yang ready to wear karena pihak Anne Avantie Mall juga akan ambil bagian di sini. Anne Avantie berkolaborasi dengan orang yang ahli di bidang teknologi informasi untuk membuka market place  AnneAvantieMall.com untuk memasarkan produk-produk heritage. Ada 5 kategori yaitu UKM, UKM plus, ready to wear, Private Collection, dan Selebriti Signature.

Ibarat kata semua yang ada di Anne Avantie Mall itu kini dihadirkan lewat pasar tiban ini secara offline. Semua orang bisa secara langsung melihat semua koleksi itu, dan tentu saja membelinya dengan sef

πŸ’“WAKTU & LOKASI PASAR TIBAN ?
Saat press conference, hadir Ibu Imelda, selaku General Manager Trans Square Mall Makassar. Beliau bilang saat tim pelaksana Anne Avantie berniat melaksanakan pasar tiban di luar pulau jawa, maka Mbak Imel langsung antusias. "Pokoknya Bunda Anne harus bikiin Pasar Tiban itu, di sini! di Mall TSM ini. Management kami siap membantu" tutur mbak Imel mantap. 

Memang sudah gak diragukan lagi kalau ada event bazaar belanja dengan skala besar, TSM lah tempatnya, mall di Makassar yang menawarkan kenyamanan berbelanja dan tempat santai bersama keluarga yang lengkap. Dan paling penting adalah lahan parkir terbesar yang dimiliki. Tentu saja fans Anne avantie bakal membludak datang ke TSM nantinya. Lokasi tepat pasar tiban ada di Central Atrium. Booth pasar tiban akan dirancang dan didekorasi sesuai dengan tema pasar tiban sebelum-sebelumnya, yaitu heritage. Namun yang khas dipelaksanaan ke 10 ini adalah, pasar tiban akan mengangkat produk lokal khas Kota Makassar itu sendiri. Mulai dari suasananya, hiburannya, dan kulinernya juga. 

Pihak managemen TSM sudah bersiap untuk pasar tiban ini mulai dari jam buka mall sampai tutup mall. 15-24 Agustus 2017 akan jadi hari sibuk management TSM dan managemen Anne Avantie sendiri. Segala persiapan acara panggung, acara workshop dan lain-lain, tentu sudah dipersiapkan dengan matang. Pokoknya kalau datang ke pasar tiban di TSM gak akan bosan. 

Akan ada banyak hal yang seru di pasar tiban. Ibu-ibu yang ingin berbelanja tapi harus membawa anak, akan ada kiddy land by pasar tiban, bapak-bapak juga bisa ngopi-ngopi, dan yang pastinya suasana dan dekorasinya akan instagramable akan cantik untuk berfoto dan selfie-selfie ria. Pihak penyelenggara memastikan itu. Pasar tiban ini memang lebih ke family gathering akan seru bila mengajak keluarga.
Ikka Marisa Roberta (Head Project Pasar Tiban) - Fuudy Syarief (Creator Event Anne Avantie) - Goharmin (Talent managing director)


πŸ’“ACARA YANG ADA DI PASAR TIBAN
Apa saja sih acara panggung yang akan ditampilkan sebagai hiburan berbelanja? banyakkk dong pastinya. 
  • Workshop UKM & Komunitas
Kita gak boleh melewatkan workshop pengembangan UKM yang akan dibawakan dan dimentori langsung oleh Bunda Anne. Beliau akan memberikan pengarahan dan sharing pengalaman tentang bagaimana memaksimalkan nilai produk jual dari kelas lokal ke kelas internasional. Juga bagaimana cara memulai usaha hingga menjadi besar, Luar bisa bukan? Dan semua itu free! gratis!!! Bunda Anne memang tidak mengkomersialkan acara ini, jadi semua fasilitas dan seluruh jalannya acara, bebas untuk umum dan gratis!
Untuk teman-teman yang punya komunitas dan ingin mendapatkan slot khusus komunitasnya untuk workshop bersama Bunda Anne, bisa langsung menghubungi panitia acara saja di nomor yang tertera di flyer acara, diatas tadi :D hehehe. Jadi saat sesi workshop komunitas ini (untuk 30 orang) teman-teman bisa bebas berbagi, bertanya jawab bersama Bunda Anne. 

  • Talkshow & Fashion Show
Pengunjung yang datang berbelanja, yang kebingungan untuk memilih, bisa sambil menyaksikan fashion show tiap brand yang memajang koleksinya di pasar tiban ini. Akan ada 50 model Makassar yang sudah di audisi beberapa waktu lalu, mereka akan menampilkan baju-baju dan aksesoris yang dijual di pasar tiban ini. Kalau liat modelnya bisa langsung mendapat gambaran mau beli baju dan aksesoris yang mana bukan? 
Untuk talkshow nya sendiri, akan ada pada jam tertentu yang sudah di schedule kan oleh penyelenggara. Bisa jadi pilihan pas untuk datang nonton talkshow sekalian berbalanja. Karena guest start yang bakalan hadir adalah fashion people yang ternama di Indoensia yang akan sharing-sharing tentang kecantikan dan fashion. 

  • Family Gathering- Meet & Greet Anne Avantie
Di pasar tiban nanti, bunda Anne Avantie yang akan langsung menjaga stand, jadi kalau kita datang berbelanja, kita bisa bebas menemui beliau untuk sekedar berfoto, tanya jawab dan lainnya. Di pasar tiban kita tak ada batasan antara penjual dan pembeli, semua bisa berbaur dengan nyaman. 



  • Kegiatan Sosial
Bunda Anne Avantie juga akan memberikan beberapa sumbangan untuk yang kurang mampu, beliau kana membagikan 100 kursi roda penyerahannya secara simbolis di panggung pasar tiban ini. 

Ternyata nih ya, gak hanya pasar tiban saja yang diselenggarakan oleh Anne Avantie di Makassar, akan di sengelenggarakan juga FASHION SHOW TUNGGAL Karya Bunda Anne dengan tajuk Inspirasi Cinta. 

πŸ’“FASHION SHOW INSPIRASI CINTA 
Untuk pergelaran fashion show tunggal ini, persiapannya bisa dibilang luar biasa juga. Karena apa? Menurut pemaparan Ibu Icha Azlili, Beliau dihubungi Bunda Anne untuk membantu mengurus persiapan event fashion show Inspirasi cinta Anne Avantie ini. Ibu Icha mengaku senang sekali menerima tawaran itu, karena itu adalah impian ibu icha untuk menghadirkan show Anne Avantie ke Makassar. Karena banyak yang mencintai dan mengagumi karya beliau di Makassar. Buktinya ada pada waktu event penutupan Femme 2016 lalu. 1500 orang yang hadir di ballroom untuk menyaksikan fashion show Anne Avantie. Pada saat itu Bunda Anne tidak sempat hadir, makanya untuk mengobati kerinduannya itu, Bunda Anne ingin menggelar fashion show di Makasar. Ibu Ica tidak mau melewatkan kesempatan itu. Bersama dengan timnya, 3Pro entertainment, beliau akhirnya akan mewujudkan impian tersebut pada tanggal 19 September 2017 mendatang.

Kali ini, Four Points Hotel Sheraton menjadi venuenya. Bapak Lazta Arimbawa selaku general manager hotel fourpoints berani memberikan jaminan kesiapan venuenya untuk pergelaran ini. Satu ballroom yang dipesan, berubah menjadi 3 ballroom. Four points hotel memang sudah paling cocok untuk melaksanakan pergelaran fashion show yang eksklusif dan memuat ribuan orang di dalam ballroomnya. 

"Pengunjung fashion show nya nanti hanya undangan, Bunda Anne tidak ingin dikomersialkan, jadi kami akan memberikan undangan untuk hadir ke pegelaran tunggal Bunda Anne nanti..." Ujar Mas Fuddy Syarief  - Creative Director Event Anne Avantie "Kali ini, saat pengunjung datang nonton fashion show, ada red carpetnya, jadi fashion people dan para guest star dan beberapa tamu-tamu undangan VVIP dan VIP seperti pejabat dan loyal costumer Bunda Anne akan lewat di situ, di redcarpet jadi teman-teman media bisa say hi dan foto-foto juga." Lanjutnya.

Kalau seandainya kita bukan tamu VVIP dan VIP, gimana cara dapat undangannya?
"Caranya, cukup belanja apa saja di pasar tiban 500.000,-  di TSM periode tanggal 15-18 September itu, kemudian di sana ada gerai untuk menukar struk belanja dengan undangan. Dapat 2 undangan langsung loh..." Begitu jawaban Mbak Ika Marissa selaku Head Project Pasar Tiban 

Jadi silahkan prepare untuk tanggal 15 mendatang bu ibu sekalian, begitu pintu Mall TSM dibuka langsung meluncurlah menuju area pasar tiban, catat scedulenya, pantengin sosmed TSM atau Anne Avantie di Instagram atau sosmed lainnya, jangan sampe ketinggalan. Ajak seluruh kerabat keluarga dan teman-teman untuk belanja di pasar tiban. Kapan lagi coba belanja kebaya karya Anne Avantie yang rate harganya dimulai dari 100.000 rupiah aja, apalagi tanggal segitu sedang musim-musimnya kondangan kan? kejar koleksinya di pasar tiban segera. Bukan cuma busana kondangan atau kebaya, tapi koleksi Anne Avanti Mall yang ready to wear, dan beberapa aksesoris keren lainnya juga ada. Semua karya anak bangsa. Made From Indonesia !
Ibu Ica CEO 3Pro - Bpk Lasta GM Hotel Fourpoints - Ibu Imelda GM TSM mall
INFO ACARA PASAR TIBAN DI MAKASSAR
Fashion Blogger Makassar dan Pelaksana Acara
Sampai ketemu ya kita di Pasar Tiban dan Pegerlaran fashion show tunggal Bunda Anne
udah siapin kamera loh saya nih
kita jumpa-jumpa dan foto-foto tentunya ^^

You May Also Like

14 comment

  1. Keren banget reviewnya, lengkap!
    Bikin kita makin gak sabar tunggu acaranya berlangsung 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Excited bangedddd kak september di makassar full event fashion 😍

      Delete
  2. Menarik banget acaranya. Apalagi Anne Avantie memang keren banget semua karyanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mba kita kita yg di makassar gak sabaran banget sama acara ini

      Delete
  3. keren ya acarnya, mbka avanti ini aku suak desai bajunya elegan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semua hasil karyanya amazing mbak kalo bunda anne avantie ..

      Delete
  4. Memang di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya, ada yang namanya hari pasar. Jadi pasar tidak buka dan ramai setiap hari. Btw kira2 kita bisa ngeliput fashion shownya nggak ya ? *ngarepbanget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah di jakarta liat gitu juga kak katasuami pasar malam sih ahahah jadi adanya cuma pas mereka bikin event

      Bisa dongs kak nanti qt diundnag dikasih id card di tempat media kayak femme

      Delete
  5. Seperti biasa, kak Qiah kalau mereview pasti detail dan lengkap. πŸ˜‚πŸ˜‚

    Siap-siap menyimak review acara Pasar Tiban dari kak Qiah nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaha makasih tamiii
      barnegan nah nanti kitaaaa

      Delete
  6. Aku sukaaaa banget dengan kreasinya Ibu Anne ini. Duh, berharap supaya beliau segera dilirik sama NYW yah supaya bisa makin hitsss dan Indonesia makin kece. Thanks untuk reviewnya mba cantikkkk *mwahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iiiyaaaa semogaaaa.. aamiin
      mbak ros cantik pake kebaya uy <3

      Delete
  7. Mbak Anne Avantie, huhuhu aku envy to the max liat tulisan ini T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kesempatan ikut nanti di pasar tibannya tari yuk yuk

      Delete

recent posts