Cafe Makassar Instagramable : Masakini Food And Gallery

Salam semua,
Mungkin teman-teman di Makassar sudah pada tau tentang Masakini Food & Gallery yang terletak di jl pengayoman no 34, tentu saja karena cafe ini hits sejak pertengahan tahun 2016 kemarin. Saat soft launching saja sudah banyak beberapa orang-orang ternama di Sulawesi Selatan berkunjung ke cafe ini. Dan seketika itu, di instagram pun bertebaran foto teman-teman yang swafoto ria atau bahkan prewedding di cafe ini. 

Masakini Food & Gallery, nama itu dipilih kak Ryni dan suaminya, sang owner. Saya mengenal kak Ryni Rauf Svindall sejak tahun 2012 saat saya aktif-aktifnya di komunitas fotografi, berkenalan dengan kak Ryni lewat teman-teman komunitas fotografi, saya suka melihat style kak Ryni dengan anak lelakinya, Sondre yang punya wajah "bule" karena ayahnya Sondre memang berkebangsaan Norwegia. Kak Ryni adalah seorang wanita yang aktif dan energik, punya banyak ide dan saat itu memang sedang membantu suaminya menjalankan bisnis furniture yang cukup besar. Sejak hadir dipernikahan saya di tahun 2013, bisa dibilang itulah terakhir kalinya saya berjumpa dengan kak Ryni. Selama ini kami hanya berkomunikasi lewat messenger facebook saja. Kak Ryni sempat membahas tentang rencananya mendirikan sebuah eatery/cafe, mungkin karena kesibukan masing-masing kami jadi jangan kontak. Meski begitu saya masih sering "stalk" ke facebooknya yang lewat di timeline saya :) dari sekian-sekian statusnya saya dapat info kalau kak Ryni sudah jadi Pegawai Negeri Sipil. 

3 tahun berlalu sejak itu, akhirnya kak Ryni mulai memposting sedikit demi sedikit foto bangunan cafe, dan sampai di tengah tahun 2016 akhirnya launching dengan nama Masakini Food & Gallery. Sebuah padanan kata yang bisa jadi "Masak ini..." untuk menyampaikan ke orang-orang tentang makanan yang disajikan, dan juga "Masa kini" yang tentu saja, memang bakalan hits dan kekinian. thats a brilliant name :) 

Setahun berlalu sejak cafe itu dibuka, saya baru 2 kali datang ke Masakini, pertama ya ikutan latah sama teman-teman yang karena liat-liat foto di instagram jadi kebelet juga mau datang kesana hihihi~ biasalah warga sini emang gitu kalau ada tempat hits, lucu, unik, dan kita cekrek-cekrek pasti langsung nanya "itu dimana?" ahahahy. Waktu pertamakali datang saya bahkan tidak sempat untuk foto-foto karena waktu itu bawa anak sih ya dan sedang buru-buru makan karena punya janji di tempat lain lagi. Nah kali keduanya ini saya tidak mau melewatkan lagi foto-fotonya. Kenapa? Karena Masakini ini adalah tempat yang sangat amat Instagramable!!!  

Hari Sabtu lalu [13 Mei 2017] Saya dan teman-teman MAM [Makkkunraina Anging Mammiri] janjian untuk berjumpa sembari lunch ceria, kami lama tak bertemu karena kesibukan mengisi hari liburan bersama keluarga masing-masing. Liburan usai, suami kembali ngantor, anak-anak masuk sekolah, saatnya emaknya "me time" gitu eheheh pilihan kami saat itu Masakini Food & Gallery ini :) 

TABLE &INTERIOR
Dari luar bangunan besar dan luas ini sudah terpampang nyata pastinya ya, itu cafe! meskipun pagarnya di cat RAW style. Saat masuk melewati pagar, layaknya rumah, ada terasnya. Masakini punya juga teras :) yang ada kursi teras dan ranjang vintage diletakkan di taman depan. Saat masuk ke ruangan, akan ada tegel pattern yang berdesign etnhican didominasi dengan warna turqoise yang segar. Interior yang apik dengan tema industrial, setiap meja duduk, beda tema. Bisa dibilang semua ruang dan tempat di Masakini ini adalah tempat foto-foto! hihihihi.

Lantai 1 dan lantai 2 berbeda tema tiap mejanya, kalian pasti bakalan bingung mau duduk dimana, duduk di meja yang bernuansa venice kah? italia kah? eropa kah? atau duduk di kursi yang seakan kita sedang di ruang makeup artist di theatre London? #halah :D tapi serius... pattern tiap kursi unik-unik semua, belum lagi interior dan beberapa pernak pernik hiasan rak yang lucu dan rasanya pengin bawa pulang dan pengen pajang di rumah :D 
THE MENU & PRICE 
Sepenting-pentingnya tempat lucu buat foto, agak penting juga sih kita mengecek menu book nya, saat sudah memilih mau duduk di kursi mana, waiters akan dengan sigap nan ramah menyapa dan menyodorkan menu book. Berlembar-lembar halaman, designnya jelas, tidak bikin kita bingung ini apa dan ini apa, karena sudah ada fotonya yang bisa dilihat sesuai dengan ekspektasi kalian. 

Ada belasan menu makanan, dan minuman, mulai dari juice, moctail, dan coffee [cocktail jjuga tersedia*] kalau teman-teman hanya ingin nongkrong dan ngemil bisa memilih untuk membaca menu starter yang diisi dengan banyak pilihan snacks. Atau sekedar minum juice dan milkshake yang bikin hari jadi lebih cerita, dan atau juga memulai duduk santai dengan hot cappucino yang menenangkan perasaan #cieehh :D
Kalau memang lapar, bisa skalian pilih Indonesian foodnya, seperti nasi goreng, soto mie, bubur ayam, fried chicken, Nasi camput, mie goreng masakini dan sop ubi. Semua disajikan dengan unik dan tetap beda dengan yang lain, seperti nasi goreng sate kemangi, rijstaffel atau nasi campur dengan ayam pelalah, rendang, urap, sate lilit, telur dan gorengan. Karena siang itu kami memang kesana untuk lunch, jadi memesan beberapa menu yang makanan beratnya :) Kalau kalian tanya menu yang rekomended di Masakini, waiters akan menyarankan untuk mencoba Sirloin steak dan Tuna steak nya. 
Kenapa sirloin steak dan tuna steak menjadi menu rekomended di masakini? karena memang, Masakini Food and Gallery sajiannya itu campuran makanan ala barat dengan makanan indonesia, belum lagi kak Ryni dan Suami yang memang dasarnya hobby untuk mix match makanan sampai sesuai dengan selera lidah orang Indonesia, Makassar khususnya. Hehehhe. Jadi siang itu saya mencoba memesan sirloin steak. Dan saya sukaaaa banged sama steak saya yang datang, saya penyuka steak, sesekali mampir cafe yang menyajikan steak untuk mencoba :D dan di Makassar sendiri hanya ada beberapa steak yang saya suka, termasuklah masakini makassar, dagingnya sangat amat empukkkk, belum lagi saos blackpeppernya yang menjadikan santapan steak saya jadi gurih, mashed potato yang lembut dan tidak hambar. Sayangnya sayurannya kurang, saya agak berharap ada bayam atau saei dan brokoli, hari itu hanya wortel, tapi wortel rebusnya enak juga, gurih dan crunchy. Kalau steak tuna pesanan kak Niar, dan kata beliau enak di lidahnya karena ada tumisan bumbu yang agak pedas dituangkan ke atasnya (sambalnya).

Minuman yang cocok kalian pesan setelah makan berat, adalah moctail yang segar dingin dan fresh. ada banyak pilihan mojito. Saya rekomendasikan virgin mojito jika kalian habis pesan steak nya. 

Dan harga untuk makanan dan minumannya, menurut saya semuanya worth it bahkan ini termasuk murah untuk ukuran cafe sekelas masakini. Apalagi nih ya yang paling istimewa dari semuanya, makanan yang disajikan di Masakini Food tidak memaki MSG !!! tapi rasanya tetap enakkk!! keren kan? kalau teman-teman penasaran sama menunya bisa langsung lihat saja di sini dulu sebelum cussss ke Masakini 

Kak Ryni Svindall sempat mengunjungi kami yang terlihat heboh saling foto makanan pesanan masing-masing, dan saling mencicipi juga hhihihi. 

"Gimana makanannya?" sapa kak Ryni kepada kami semua.
Kak Ryni ikut duduk, akhirnya teman-teman yang memang dasarnya blogger jadi banyak bertanya ke kak Ryni tentang proses Masakini ini didirikan. 

Dengan senyum khasnya, kak Ryni menerangkan, "Ini memang impian saya sama suami, saya dan suami suka masak, hobby banget, jadi mikir kenapa nggak bikin cafe gitu, akhirnya ada rejeki mulailah proses pembangunannya, sempat terhambat sih karena ditengah-tengah pembangunan ini saya diterima jadi PNS...jadi sibuk ngantor juga" 

Katanya lagi, pembangunan masakini memakan waktu selama setahun lebih, ketika semuanya rampung, soft launching digelar, rupanya saat itulah tantangan berbisnis cafe mulai dirasakan kak Ryni dan suami. "Saya mikirnya, ketika cafe selesai, konsep matang banyak orang suka, yang penting pengunjung datang, saya sudah bisa duduk tenang, ternyata tidak! Justru kami harus pandai dan cekatan untuk terus berinovasi, menghadirkan menu atau promo yang membuat orang tertarik untuk datang ke Masakini." 

Masakini Food & Gallery itu berbeda dengan cafe lain yang [tarolah misalnya beberapa cafe franchise] sudah punya nama dari sananya, jadi memang branding mereka besar sudah dimana-mana, ownernya memang tinggal duduk manis aja menggaji karyawan, kalau Masakini semuanya memang baru dimuali dari awal dan dengan kekuatan tangan sendiri, bukan franchise darimana-mana. Murni kak Ryni dan suami yang mengurus langsung. Hasil karya dan ciptaan mereka :) Luar biasa kan?

Kids Corner & Mushollah
Nah ini buat emak-emak muda yang pengin santai bareng teman-temannya tapi musti bawa bocah, jangan khawatir bocahnya bosan, di Masakini ada kids corner, ada banyak mainan yang disediakan owner untuk bocah2 kecik yang aktif dan suka main. Mungkin ini mainan kakak Sondre ya, baiknya kakak Sondre mau berbagi mainan ke teman-temannya yang datang berkunjung ke cafe mami dan ayahnya heheheheh. Oh iya di luar di taman Masakini juga ada perosotan-perosotan yang unik yang terbuat dari kayu dan berbentuk kapal layar bajak laut. Mama-mama mungkin bisa duduk di teras sambil menikmati makan minum, obrolan sama teman-teman sembari tidak lepas pengawasan dengan anak yang asyik bermain perosotan di sampingnya. 

Siang itu saya membawa anak kedua saya, Maraja, dia memang aktif dan susah dibilangin, saya agak khawatir dia rewel nantinya, dan saat akhirnya tau ada kids cornernya kakak Sondre, aaaaaaah senangnyaaa dia, saya pun senang HAHAHA. [tapi tetep Maraja naik turun tangga sih*]

"Ada mushollah gak di sana?"
Pertanyaan beberapa teman sebelum berangkat ke Masakini, saya waktu itu cuma menjawab, "sepertinya ada, karena ownernya muslim kok..." ehhehehe dan benar ada loh :) mushollah nya terletak di lantai 3 di dekat ruangan meeting. 

Review nya sampai di sini dulu yaaa :) kalian tidak punya hal untuk dipikirkan lagi kalau mau datang ke Masakini Food & Gallery, secepatnya pada waktu yang tepat kalau mau nongkrong, arisan, ulangtahun, bisa banged semua di Masakini. Apalagi kak Ryni sekarang engen banged tuh ada yang mau reservasi masakini untuk keperluan WEDDING!! Masakini bisa memfasilitasi semua mulai dari dekor sampai makanannya. Siapa tau kalian mau hal berbeda untuk hari bahagia itu :) 

Dan juga sebagai informasi tambahan, karena sudah mau masuk bulan ramadan, masakini punya promo ALL YOU CAN EAT BUFFET yang susah ditolak, kenapa? karena untuk menikmati promo itu hanya dengan harga Rp 55.000,- kita sudah bisa makan sepuasnya saat berbuka puas nanti. Jadi segera masukkan Masakini Food & Gallery dalam list tempat buka puasa kalian nanti bersama keluarga ataupun teman-teman. Untuk reservasi dan tanya-tanya seputar promo bisa langsung telpon ke Call (0411) 8911470 instagram : @masakinimakassar

Masakini Food & Gallery is a resto, arty cafe and souvenir shop. We are lacated at Jln. Pengayoman No.34 , Panakukkan Mas, Makassar. We are open every day, Open ( week days from 10 am - 11 pm , week end 09 am - 12 pm). We serve fusion food, of Indonesian, mexican, asian, indian, european origin. We also have 3rd floor which can be rented for special occasion. 

You May Also Like

6 comment

  1. Replies
    1. thankyouu kk,, ada fotota nyempil tuh satu heheheh "EM"

      Delete
  2. Ya ampun ga sempat eksplor sampai lantai atas..itu storage dari keranjang dan stang sepeda lucu amaaatt 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak diatas banyak yg lucu2 pajangannya hhihih :D

      Delete
  3. Baru baca reviewnya Qiah, fotonya keren 😍😍. Saya sama kaya alfu, salfok sama floating storage yang di gantung di stang sepeda keren banget ya ide nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihii matatih teteh kuu.. makanya di closeup gitu kak haha

      Delete

recent posts