03 March 2017

Beauty Class Mustika Ratu

Assalamualaikum wr wb semua apakabar ? semoga sehat selalu ya.
Postingan kali ini mau report event beauty class yang diadakan oleh Melia Hotel Makassar dan Mustika Ratu. Saya mendapat invitationnya via message instagram +Meliá Makassar untuk dapat menghadiri event ini, yang dimana akan menghadirkan Runner Up Putri Pariwisata Indonesia 2016, Intan Aletrino. Gadis cantik itu tak lain dan tak bukan adalah brand ambassador dari Mustika Ratu.

Begitu mendapat invitationnya, seperti biasa, saya izin suami dulu sebelum mengiyakan bisa datang atau tidak. Akhirnya pun diizinkan dan saya langsung mengabari pihak Hotel Melia Makassar. Tapi sayangnya ya kita disuruh bawa alat makeup sendiri hahahah kupikir sudah disediakan gitu kayak makeup class biasanya. Jadi ya sore itu saya bawa alat makeup saya seadanya aja.

Saat sampai di sana, acaranya belum mulai, setiap peserta masih duduk-duduk kenalan. Ada yang termasuk sebagai tamu hotel melia yang beruntung mendapat voucher beauty class, umum, dan beberapa MUA makassar dan beauty enthusiast yang mendaftar. Di dalam ruangan disediakan meja untuk 3 orang, saya memilih meja depan yang masih kosong. Di atas meja tersedia cermin kecil, handuk, apron, baskom berisi air, lulur wajah dan masker yg di tuang dalan piring kecil, serta spon pembersih wajah.

Kurang lebih ya sejam, peserta lain menunggu kursi penuh oleh peserta lainnya lagi yang datang terlambat, tumbenan juga saya yang menunggu, biasanya saya yang ditunggu (eh trus bangga? wkwkwk) Acara pun dimulai dengan MC pembuka yang langsung dibawakan oleh tim hotel melia, Uda Vicky. "Maaf ya Ibu-Ibu dan Mbak-mbak sudah menunggu lama, dan pasti sudah gak sabaran untuk memulai beauty class ini. Sebelum praktek-prakteknya dimulai, kita perkenankan dulu Bapak Branch Manager Mustika Ratu untuk memperkenalkan kembali tentang Mustika Ratu"

Parahnya, saya lupa nama bapak dan ibu yang memoderatori event beautyclass ini HUHUHU! yang jelasnya mereka kembali mengingatkan kita tentang Mustika Ratu, produk kecantikan asal dan 100% asli Indonesia. Menurutku ya cukup berani karena ditengah-tengah kekinian ini para beauty enthusiast sedang kecantol-cantolnya sama produk-produk luar negeri, korea, london, paris dan lain sebagainya. Walhasil melupakan produk Indonesia ini. 

PT. Mustika Ratu Tbk merupakan perusahaan yang memproduksi kosmetik dan media yang bermarkas di Ibu kota Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1975 sudah ada saat saya belum lahir dan orangtua saya belum menikah. hihihihik. Saya kenal Mustika Ratu ya dari Ummi yang suka pakai lulurnya, waktu saya kecil masih SD-SMP gitu saya juga dipakein lulurnya setiap sebelum mandi. Ternyata bukan cuma lulur saja produk Mustika Ratu ini loh.
Mustika Ratu memiliki slogan “Pusaka Indonesia” dimana Mustika Ratu sebagai brand dan produk yang memberikan perawatan kecantikan secara holistic yaitu kecantikan luar dan dalam melalui tradisi Indonesia. Dimana kecantikan dari luar dilakukan dengan melakukan perawatan dengan menggunakan produk personal care dan dari dalam adalah dengan menggunakan jamu.

Dan saya benci jamu, HAHAHAH padahal jamu merupakan ramuan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan alam yang diracik tanpa menggunakan bahan kimia sebagai aditif (bahan tambahan). Jamu sering disebut sebagai ramuan tradisional karena jamu memang sudah dikenal sejak jaman nenek moyang sebelum ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan obat-obatan modern masuk ke Indonesia. Nah kemasan perawatan dalam mustika ratu ini bukan dipikir seperti jamu yang dituang langsung ke gelas sama mbak-mbak jualan jamu gendong, bukan loh! huehehe, tapi jamu yang sudah di saring dan dicampur ekstrak buah-buahan dan lain sebagainya hingga menghasilkan khasiat yang disesuaikan. Misal produk pelangsingnya tuh :)

Pendiri Mustika Ratu, DR. BRA. Mooryati Soedibyo mempelajari keterampilan meramu bahan-bahan alami untuk dibuat jamu untuk perawatan kesehatan serta kecantikan sejak Beliau masih kecil dari dalam istana Keraton Surakarta. Saat ini Mustika Ratu sendiri telah memiliki lebih dari 40 jenis jamu yang bermanfaat untuk pelangsing, penurun kolesterol, detoks, penurun asam urat, mengatasi gangguang sulit tidur, jamu untuk perawatan khusus wanita, jamu untuk perawatan khusus pria, perawatan kesehatan mulut dan gigi, serta minuman (ready to drink) kesehatan. Banyak bangett kan?? dan yang terbaru inii ada whitening dan alat makeup nya juga.
Saat class sudah dimulai, kami para peserta diminta untuk mengangkat kulit mati yang ada di wajah. Dengan cara melulur wajah, menggunakan lulur yang sudah disediakan di meja tadi. Ada beberapa tip untuk treatment wajah, agar wajah terlihat lebih segar, antaralain :
  • Saat bangun tidur, jangan langsung mencuci muka dengan sabun, tapi sebelumnya gunakanlah toner atau pembersih wajah. Angkat sisa minyak di wajah dengan kapas yang sudah diberi toner. Diamkan sebentar lalu barulah mencuci muka menggunakan sabun pencuci muka.
  • Untuk yang senang keluar rumah dan berada di daerah tropis, kalau keluar rumah gunakan selalu sunblock wajah, minimal SPF +30 
  • sebelum tidur, saat selesai membersihkan wajah dengan toner, cobalah untuk lulur wajah dan mengangkat kulit mati di wajah, baru kemudian bersihkan dengan sabun cuci muka
  • Sempatkan untuk rajin masker wajah, karena masker wajah ibarat memberikan dessert ke kulit wajah, bikin segar dan ringan. 
  • Setiap cream/gel yang akan di usap ke wajah, gunakan punggung tangan, jangan telapak tangan, dan jari yang di gunakan untuk mengusap, jari manis dan jari tengah.
Saya mencoba lulur wajah, lumayan banyak deh ya kulit matiku di wajah, pas banget pula taplak mejanya hitam, jadi kelihatan skali ituh di foto hahahaha. Setelah lulur, kita diminta maskeran slama 15 menuit dan setelahnya, melakukan pijat wajah. Katanya untuk yang sering senyum itu biasa ada garis senyum di wajah harus rajin di treatment dengan pijat wajah, biar tidak berkerut.
Setelah proses treatment wajah yang dibawakan tim Mustika Ratu selesai, muncullah calon putri Indonesia perwakilan Sulawesi Selatan, Fifit Yani, dan Intan aletrino, Runner Up Putri Pariwisata Indonesia 2016. Mereka berbagi pengalaman tentang kecantikan, dan mendemokan cara makeup ala mereka masing-masing, katanya kalau di karantina Putri Indonesia itu harus kilat dan rapi dandannya, nah Intan dan Fifit berbagi hal itu, semua harus serba buru-buru tapi tidak asal-asalan. 

Saya suka sekali saat Intan ini berbicara, elegan dan tidak tampak terbata atau seperti tidak tau apa yang mau dibicarakan depan kami, berbeda dengan Calon Putri Indonesia asal Sul-Sel ini, sepertinya masih nervouse dan kurang improvisasi, apalagi memang peserta kurang respon dan antusiasnya saat itu, cuma fokus ke makeup class aja. Tapi untungnya Intan dan beberapa tim Mustika Ratu bisa menghidupkan kembali suasana dengan mengadakan beberapa kuis berhadiah.

Setelah sharing-sharing dengan putri-putri, ada sesi foto-foto dan makan-makan, lalu saya pamit pulang lebih dulu, peserta yang lain masih ada yang bertanya-tanya tentang produk-produk mustika ratu.
sampai jumpa di event report selanjutnya ya :)
wassalam ^^
thankyou Melia Hotel Makassar

5 comments:

  1. yang ikutan beauty classnya gak banyak yaa...mungkin bener-bener tamu undangan. jadi penasaran coba lulur mukanya. biasanyakan hanya coba lulur badan aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iiiya kak Lia termasuk sepi nih acaranya, padahal sharingnya lumayan bagus ji hehehe..

      Delete
  2. Intan makin cantik aja hehe. Tipsnya juga bagus nih makasih sharingnya kak

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  3. Seru ihhh makanannya juga kayaknya enak >.< *salah fokus* hahaha

    ReplyDelete
  4. Cieehh... MC nya Uda Vicky? Hahaa..ratna mana ratna

    ReplyDelete