Soft Launching Femme Makassar 2017

Chair Woman Femme, Perempuan dibalik Femme makassar
Assalamualaikum wr wb 
Foto di atas, saya sedang bersama Ibu Icha Az Lili. Perempuan dibalik pergelaran FEMME tahun ke tahun yang menjadi inspirasi dan idolaku. Saya selalu bilang ke suami, saya bercita-cita pengen suatu saat nanti kayak Ibu Ica ini, direktur utama sekaligus CEO di 3Pro [Event Organizer] kerja keras dan kerja cerdasnya luar biasa. Tapi tetap konsisten mengurus suami dan anak-anaknya. Bersyukur sekali saya didekatkan dengan orang-orang seperti ibu Ica, dengan profesi saya sebagai seorang Blogger, padahal saya mah apalah hihihik. 

Lanjut lagi, semua sudah pada tau kan kalau sekarang dunia fashion sudah menjadi pusat perhatian masyarakat, pastinya ya dalam fashion inovasi dan desain menjadi hal yang penting, kalau ga ada inovasinya, fashion ga akan berkembang, makanya ya sekarang ini banyak design baju yang kreatif-kreatif. karena industri fashion yang semakin beragam itulah, Ibu Icha mengambil peluangnya untuk meretas FEMME [Female On The Move] sejak 2005 silam, sebagai penyelenggara event fashion yang berhasil memajukan perekonomian Kota Daeng di bidang fashion.

Dan karena adanya Femme saya jadi betul-betul merasakan kalau kota Makassar ini punya daya jual-beli di bidang fashion yang sangat besar. Pertumbuhan minat masyarakat Makassar makin menjadi dan sudah tidak kalah dengan yang ada di Ibu kota. Acara fashion di Makassar banyak skali dikunjungi, dan akhirnya, karena adanya Femme ini, lahirlah para designer-designer lokal, dan seluruh dunia jadi tau tentang fashion khas Sulawesi Selatan.

Dari Female On The Move itu, kini Femme berubah menjadi 'International Women Exhibition" tahun ke tahun selalu penuh kejutan. Sayangnya, awal-awal buka, saya tidak tiap tahun menghadirinya, hanya pada saat saya berkesempatan saja, tapi yang tahun 2013 saya lumayan kembali akfit hadir di event femme, bahkan sempat mengisi acara. silahkan diliat ya event femme yang saya hadiri, saya bahas kok di blog saya waktu itu.
Dan tahun 2017 ini, Femme sudah yang ke 12 kalinya dipersembahkan oleh "3Production". Yup Femme akan kembali digelar loh teman-teman. Senangnya saya mendapat invitation sebagai blogger makassar untuk hadir di media conference soft launching FEMME 2017 kemarin, di Fourpoints by Sheraton Hotel, pukul 11.00 wita. 

Saya hadir bersama kakak blogger andalan ; Kak Eryvia, kak Nunu, ada juga ayunda (beauty blogger makassar) dan Tami. Jadi acara presscon ini tuh untuk woro-woro kalau Femme tidak lama lagi akan digelar kembali. Femme juga jadi tanda nih kalau setahun itu tak terasa hahaha, sudah mau Femme lagi padahal rasanya baru kemarin bolak balik fourpoints belanja dan nonton acara panggungnya.

Siang itu acara sudah dimulai, kami registrasi dan duduk di tempat yang sudah disediakan, pun kenalan dengan Pak Teddy, yang tahun ini, media akan sering bertemu dengannya saat acara Femme berlangsung, Pak Teddy dii hier khusus untuk menangani bagian mediasi event femme. Acara pun dibuka oleh MC tetap Femme dari tahun ke tahun, kemudian mempersilahkan narasumber Femme 2017. 

Ada Ibu Icha selaku chairwoman Femme 2017, Ibu Rosmayani Majid Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Ibu Indira (Ibu Walikota) selaku Ketua Dekranasda Kota Makassar, Ibu Ida Nor Haris (Perancang busana) selaku Ketua Iwapi SulSel, dan Bapak Lasta Arimbawa General Manager Hotel FourPoints Makassar.

Tahun ini Femme berupaya untuk mengembangkan peningkatan Usaha Kecil dan Menengah [UKM] yang asli SulSel. Selain itu juga, FEMME tetap bergandengan dengan Celebes Beauty Fashion Week yang sudah tiga kali diselenggarakan yang menjadi event tahunan Dinas Pariwisata Kota Makassar. Iwapi dan Dekranasda juga tetap memberikan sumbangsih acara untuk Femme di Tahun 2017 ini. Nah kira-kira apa saja yang berbeda dari Femme 2016 ya??
femme 2017
femme 2017
femme 2017
femme 2017
"Tahun ini, FEMME 2017 mengangkat tema Generation of Cultural sebagai wujud pembuktian bahwa kebudayaan akan terus diwariskan kepada generasi melalui industri fashion” ujar ibu Ica. “FEMME tahun ini menghadirkan nuansa yang berbeda, unik dan tentunya trend terbaru. Hal inilah yang membuat masyarakat senantiasa menantikan hadirnya event FEMME dan Celebes Beauty Fashion Week”, tambahnya. 

Para perancang atau designer ternama akan hadir dalam event femme 2017, tapi sebenarnya event ini bukan cuma ajang fashion semata loh, tapi juga jadi ajang adu kreasi untuk menampilkan karya-karya terbaik para designer di tanah air termasuk designer sulsel khususnya. Berikut poin-poin pembeda Femme dari tahun 2016 dengan femme tahun 2017 ini.
  • Tahun lalu temanya All About Beauty, Femme 2017 mengangkat tema "Generation Of Culture"
  • Tahun kemarin hanya 12 Designer, Femme 2017 menghadirkan 50 designer Nasional dan 15 designer lokal yang akan mengangkat kain tradisional sulsel sebagai busana fashion yag digemari para generasi masa kini.
  • Digelar lebih cepat pada 29 Maret-02 April, dibanding tahun lalu lebih lambat sebulan dari biasanya.
  • Menyatukan musik dan tarian, jadi tidak hanya fashion saja, akan ada DIVA Indonesia yang tampil menjadikan setiap show dari para designer semakin sempurna. Jadi bukan lagu dari mp3 tapi langsung penyanyinya yang akan hadir.
  • Tahun lalu ada 500 brand fashion dan aksesoris yang mengisi tenant Femme, Tahun ini dikurangi menjadi 300 brand saja. Ini untuk kenyamanan pengunjung soalnya kalau terlalu banyak, jadinya sesak dan agak kurang nyaman, makanya Femme 2017 mulai membatasi dan memberi batas nyaman pada tenant yang akan mengisi booth nya nanti. 
  • Ada fashion show gong pembuka dari designer ternama di Indonesia, yaitu Hengky Kawilarang, dan khusus Femme 2017 beliau melakukan persiapan khusus, merancang busana dengan tema "From Makassar To Tokyo" penasaran gak sih bakal kayak apa ? keren loh saya sudah liat videonya dan mupeng :)))
  • Akan ada lomba model cilik. Jadi para emak-emak yang suka dandanin putrinya yuk bersiap, latihan dehhh biar bisa ikut Femme 2017 
Nah jadi itu beberapa poin pembeda Femme 2016 dan 2017 nanti, saya selalu penasaran dengan rangkaian acara femme, apalagi pengisi panggungnya nanti, dari dekranasda dan iwapi. Senang sekali rasanya saya bisa didekatkan dengan orang-orang hebat, perempuan-perempuan penuh inspirasi yang bisa menghelat event seperti ini.

FEMME, dan Celebes Beauty Fashion Week pada setiap tahunnya mampu menggaet wisatawan ke Makassar loh, jadi jangan kita mengira ini cuma ajang happy-happyan semata, tapi ini juga mejadi wadah promosi wisata dan segala potensi yang dimiliki Kota Daeng tercinta. Sulawesi Selatan khususnya. FEMME, dan Celebes Beauty Fashion Week adalah ruang untuk berpromosi bahwa Makassar juga masuk sebagai kota wisata fashion.

Ibu Indira Jusuf bersama tim Deskranasda kota Makassar juga akan tampil memamerkan segala industri kreasi yang dimiliki Makassar seperti industri eceng gondok, batik lontara, perak dan indistri kreatif kota Makassar lainnya. Nah penasaran kan? bagaimana kesemuanya itu ada dalam satu panggung fashion. Makanya segera ke Femme nanti yaaaaa ! :)

femme 2017
femme 2017
femme 2017
femme 2017
femme 2017
Presscon itu juga diselingi dengan pemutaran video launching Femme 2017, dan ada beberapa tanya jawab media, dan acara press conference ditutup dengan riuhan tepuk tangan membahana, serta pengumuman doorprize handphone. [sayangnya saya belum beruntung T_T] Makan siang sudah dipersilahkan, dan kemudian foto-foto bareng dan bincang santai sejenak. 
femme 2017
femme 2017
FEMME itu adalah ajang dimana seluruh karya anak bangsa ditampilkan. Ibu Ida juga sempat mengkritik pemerintah, dan pelaku industri kreatif di Sulawesi Selatan. katanya sih mereka sama-sama kurang koordinasi, jadi pelaku usaha kreatif di daerah ini mengalami kelambatan dibanding dengan Ibu Kota sana. Ini sama dengan pemikiran saya, pemerintah harus terus mendukung dan mensuport pelaku industri fashion kan ya, nah salah satunya dengan terus mengadakan Femme ini, pokoknya Femme ini jangan sampai gak ada! jangan sampai putus, jangan sampai berhenti. Harus akan ada generasi yang melanjutkan femme terus dan terus!! 

You May Also Like

14 comment

  1. Wiiih keren acaranyaa, cantik2nya yang di foto :*

    ReplyDelete
  2. Sukses FEMME 2017 πŸ‘
    Gak sabar pengen segera shopping di Femme 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iye kak nabung ma ini untuk femme hahah smoga pas diskonnya pas bisa belinya hihihiw. skalian eksis foto2nya

      Delete
  3. Femme tahun kemarin ramee. Tidak sabar melihat kemeriahan tahun ini 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. rame banget bangedd jd agak pongah kita tapi insyaAllah tahun ini katanya bakal rame dan nyaman, tidak sesak :)

      Delete
  4. Waaah, setuju sama kak Qiah! Nabung dari sekarang semoga dapat banyak diskon! Dan *semoga gak khilaf kalau ketemu diskon* : D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngahahahhaha iyaa semoga ga khilaf dan beli yg mmg bakal tau mau dipakai kemana kayak penjelasan ibu ida noer haris kemarin :-*

      Delete
  5. Keren acaranya, suka deh dengan event - event yang berbau fashion :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mbak, saamaa saya juga sukaaa bangedd hehehe

      Delete
  6. Baru tau ternyata femme sudah 12 kali diadakan 😍 sedihku ga bisa ikutan bareng bloger MAM di acara keren ini..Huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. next year kak alfuuuu semogaa bisa diikutkan media femme

      Delete
  7. Wiihh... mantap mentong MAM. Semoga tahun depan Femme makin berjaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan smeoga tahun depan ada kak abby huhehehehe

      Delete