11 January 2017

Oleh-Oleh Khas Makassar Terbaru : Makassar Baklave

Makassar baklave
Salam semua.
Ayo ke Makassar :)
Siapa yang belum ke Makassar? Kota Makassar merupakan kota dimana tempat wisata kulinernya yang sangat beragam. Tidak hanya beragam saja jenis dan macam dari makanan yang ada di Makassar, Makanan yang ada di Makassar itu punya ciri khas tersendiri dan kebanyakan makanan yang ada di kota Makassar asin dan pedas. Tapi banyak juga loh kue khas Makassar yang manis dan sering dijadikan oleh-oleh khas Makassar. 

Nah untuk kali ini, ada oleh-oleh khas Makassar yang terbaru. Apakah itu? 

Berawal dari saya searching tentang kue baklava yang berasal dari Turki, baklava adalah hidangan pencuci mulut yang memiliki rasa khas tersendiri. Tumpukan filo super tipis nan renyah, diperkaya dengan isian yang biasanya berupa aneka kacang dan kismis, yang telah direndam di dalam campuran simple syrup dan kayumanis. Kue ini sedang populer di Turki sana. Kini, tidak perlu jauh-jauh ke Turki demi sepotong Baklava loh. Di Makassar sudah ada dong! Makassar Baklave by Irfan Hakim. Sudah jadi oleh-oleh khas Makassar yang hits.

Saya jadi bertanya-tanya, kenapa Irfan Hakim bikin toko kue di Makassar? Semua tau Irfan Hakim kan? Master Of Ceremony paling populer yang membawakan acara Dangdut Academy. Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari managementnya, rupanya Irfan Hakim punya kenangan manis tersendiri dengan kota Anging Mammiri ini, yaitu kisah perjuangan cinta Irfan Hakim dengan Della Sabrina Indah Putri, istrinya, berawal di Kota Makassar.

Konon, setiap Irfan berniat ngapelin Della, Irfan harus datang ke Makassar dan wajib lapor kepada Papa Della, Arief Budi Sampurno, yang pada waktu itu menjabat sebagai Pangdam VII Wirabuana. Kebayang ya perjuangan Irfan Hakim hahahahah, tapi demi cinta ya sampai akhirnya seperti yang kita ketahui bersama, hingga kini Irfan hakim dan Della sudah membina rumahtangga dan dikaruniai 4 orang anak yang lucu-lucu. 

Tanggal 09 Januari kemarin, saya diundang untuk datang ke soft opening toko kue Makassar Baklave untuk pertamakalinya. Berlokasi di jl Sultan Hasanuddin no 31. Acara soft openingnya sudah dimulai sejak pagi, tapi saya baru berkesempatan datang sekitar pukul 15.00
oleh oleh khas makassar
Lokasi tepatnya ini, karena jalan sultan hasanuddin hanya satu arah, jadi tokonya terletak di sebelah kanan sebelum swalayan glael. Mudah di llihat kok karena plang tokonya  dipinggir jalan itu lumayan besar, dibuat melingkar dan warna yang dipilih juga cukup mencolok, yaitu merah dan gold! menengok ke kanan juga langsung melihat plang memanjang yang berukuran kurang lebih 10 meter, ada foto Irfan hakim memakai baju adat pria Makassar, Jas tutup namanya, lengkap dengan songkok burungnya. Ditambah juga dengan tulisannya "Lagi Hits di Makassar, Cobaki" menurut saya itu sangat berani dan memang lumayan kena! orang-orang akan dibuat penasaran dan benar menyinggahi tokonya. Parkirannya lumayan, akan ada tukang parkir yang membantu kita nanti. 

Di dalam toko hanya ada satu meja transaksi yang cukup lebar, saya membayangkan ada lemari display dan lain sebagainya seperti toko kue pada umumnya, tapi ini beda. Kue-kue yang dijual sudah di packing duluan dalam box. Pembeli yang datang ingin melihat varian rasanya, jadi dibukakan dulu boxnya sama pelayannnya. Dan memang packingnya cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Makassar

Makassar Baklave ini ada 5 varian rasa.
  1. Banana Fluffy, dibuat khusus untuk mengangkat pisang sebagai salah satu buah yang sangat melimpah dan digemari di Makassar. 
  2. Nutty Fruity untuk penggemar kacang-kacangan. 
  3. Royal Chocolate, menyuguhkan rasa coklat spesial racikan chef MAKASSAR BAKLAVE. 
  4. Untuk para cheese addict, jangan sampai tidak mencicipi Rich Cheese MAKASSAR BAKLAVE
  5. Dan yang terakhir, Oreo Blast, pastinya memanjakan lidah dengan rasa khas biskuit bundar hitam manis itu, yang berpadu dengan legitnya keju. Oleh-oleh khas Makassar yang pastinya bakal berulang dibeli!
Tau tidak, baklava yang sudah di modifikasi ini, sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, pastry khas Turki yang bernama filo, ditumpuk berlapis-lapis, menggambarkan lapisan impian dan harapan Irfan Hakim dalam menjalanakan kehidupan rumah tangga bersama Della. Sementara cotton cake yang lembut, menggambarkan kelembutan kasih sayang keduanya. Bermacam variasi isian seperti pisang, kacang, coklat, keju dan biskuit, menggambarkan betapa kaya momen dan romantisme yang Irfan dan Della alami. Semuanya berpadu renyah, manis, legit dan lembut dalam satu gigitan. Keren ya filosofinya hihihihi. 

Siang menjelang sore waktu itu tokonya sangat ramai, pembeli berdatangan, sampai antri dan kehabisan salah satu varian rasa, yaitu Oreo blast. Saya sendiri gak kebagian varian itu, paling enak dan populer loh. Bukan berati juga varian lainnya kurang enak, semuanyaaa enak! punya citarasanya masing-masing. Harganya yang Rp 65.000,- menurutku harga yang pas untuk Makassar baklave ini, karena lapisannya memang tebal dan pokoknya total deh! Harga gak bohong! 

Sambil menunggu antrian, pengunjung juga bisa berfoto di frame yang sudah disediakan dalam toko, berikut dengan propertienya yang lucu. Semua pelayannya ramah dan telaten menjawab semua pertanyaan pelanggan bersoal varian rasa. Sampai hari ini, toko kue Makassar Baklave masih sangat ramai skali loh, antirannya meluber sampai ke pintu depan. Cek saja update-annya di instagram Makassar Baklave.
Saya membeli dua varian, royal chocolate dan nutty fruitty. Tapi belum sampai rumah, saya dan suami sudah menghabiskan duluan royal choco, diminum bersama greentea akhirnya kami kekenyangan HAHAHA memang porsinya besar bisa berbagi untuk 5 orang karena kue ini dipotong jadi 8 slice loh! Baklave varian nutty frutty kami sisakan untuk makan bersama di rumah Ummi saya, ada papa dan adik-adik yang mencoba.

"Kue apa ini? Irfan Hakim si Artis itu ya yang bikin?" Tanya Ummi.
"Bukan dia yang bikin, tapi dia yang punya!" Ujar Papa yang yakin kalau Irfan Hakim gak bisa bikin kue. hehehehhe.. Overall, semua menikmati kue Makassar baklave ini. Papa malah minta dibeliin rasa lainnya juga, penasaran sama yang royal choklat dan oreoblast.

Buat teman-teman yang mau ngasih suprise ulangtahun juga cocok skali ini Makassar Baklave, bukan hanya kue tart, ini pasti lebih seru, dipasang lilin ditengahnya, atau beli 5 variannya dan dijejerin, ahh cantik dan enak. 
Jadi tunggu apalagi, segera dong ke Makassar Baklave biar kekinian juga hihihi gak rugi kok, enak super duper enak! Untuk deliveri kita bisa menghubungi nomor telepon 0411-3623898, selama jam operasional dari jam 7 pagi sampai dengan jam 10 malam Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA).

Oh iya info lagi nih, Irfan Hakim akan mengundang Bapak Dhani Pomanto, Walikota Makassar, pada peresmian pembukaan tokonya hari Minggu, 15 Januari 2017, untuk mencicipi kuenya sekaligus memberikan komentar. Ada acara seru bersama Irfan Hakim dan tentu saja bagi-bagi hadiah untuk para pengunjung toko yang mengunggah foto-foto terbaiknya di akun media sosial MAKASSAR BAKLAVE.

Follow akun-akun media sosial Makassar Baklave, biar dapat informasi promo dan hadiah menarik. Saat ini ada promo diskon 10% untuk tiap pembelian baklave loh! jangan sampe ketinggalan.



26 comments:

  1. Replies
    1. Blum ku foto yg varian oreo mbak lebih bikin ngilerrrr hmmmm hehehe

      Delete
  2. Ga sabar nunggu tanggal 15..sekalian mauka coba royal chocolate 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak smoga tgl 15 gak kehabisanmiq gang oreo dan royal chocolate nya huhuy

      Delete
  3. Sayang sekali Makassar-NTB itu jauh mba hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa delivery TIKI sehari masih bagus kok tahan 3 hari kayaknya

      Delete
  4. Qiah, sukaa kali kakak sama ulasan mu πŸ’•. Plus foto2 na juga loveable banget. Keren banget lah pokoknya πŸ’.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ulasan biasa kok kak awiie masih bagusan teman2 juga hehehehe makasiiy kakaaa syg

      Delete
  5. mau mau mau, namanya unik ya, kapan ya bisa terbang ke makkasar buat icip icip

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa dari turki namanyaaa, hayo mbak ke makassar kutungguin

      Delete
  6. Yaampunn enaknyaaaaaaa ngilerkaa .
    Pengen makan jugaaa biar ikutan hitss~ haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha iya nuu, katany ablum coba blum hitss kita hahaha yuksss ikutka kalo kesana hahahay

      Delete
  7. Mudah-mudahan pas grand launching-nya bisa hadir. siapa tau ada surprise dari Irfan Hakim. Hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa kak ndy ayo barengan, biar dapat lagi baklave enak enakkk..

      Delete
  8. Sepotong itu kaya' langsng kenyang di'.... enaknya gank.. nanti ke makassar mau coba ahh.. hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa kak,, lumayanmi lah hihi.. kaak kalo ke makassar ayo kasih jadi ketemuan hahaha

      Delete
    2. Iaa gank.. mau sekaliqa ikut kelasnya MAM kodong :((

      Delete
    3. iyaaaaa kakk biar kenalan2 juga skalian sama teman yg lain, hihi yuk kaaa monetize blog yeayy \^^/

      Delete
  9. lagi rame juga nih mbak, tren oleh-oleh khas daerah terbaru bikinan para artis :D semoga oleh2 asli daerah tersebut tetep terjaga dan banyak pembelinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee iyaa pada rame ya, tapi iya sih ya aku juga masih sering kok beli dessert daerah yg mmg khas

      Delete
  10. aku belum coba choco royaaal...masih penasaran hahaha

    ReplyDelete
  11. Wah, jadi pengen..
    Tapi kira-kira bsa ongkir enggak ya klau misal ke Jawa DX

    ReplyDelete
  12. Mantap nih, kayaknya harus kesana buat cobain langsung ^_^
    Liburan tengah tahun ini mungkin kali ya :D

    ReplyDelete
  13. enak kak, jadi pengen. berapaan yaa? bagi bagi ding hihii

    ReplyDelete
  14. Harganya kok gak di cantumin deh mbak ? (Kepo Tingkat Dewa)

    ReplyDelete
  15. Duuhh Kak, jadi makin penasaran dan mupeng ini, fuffuuuh. Kata teman antriannya puanjaaaang klo mau coba ini, huuaaa jadi mau ke Makassar :D

    ReplyDelete