27 November 2016

Antara Traveling dan Holiday

Istrinya jarang travelingan, tapi suaminya suka traveling. Repot gak kira-kira tuh ? hahaha… 
Yup saya ini sama sekali belum banyak makan asam garam kalau soal traveling, jangankan keluar kota, dalam kota saja saya jarang bepergian. Kalau ungkapan “kurang piknik” sudah ada sejak dulu, maka saya lah yang kena. Iya memang saya ini jarang piknik di luar kota. Saya suka bosan perjalanan jauh, dan kurang asyik diajak kalau berkendara jauh. Waktu SMA saja ada liburan khusus ramah tamah perpisahan, ke Malino, tidak dapat izin dari alhamrhum Datok saya waktu itu. Hihihi ya kebanyakan juga sih memang Karena tidak diizinkan jadinya berimbas ke pribadi saya yang akhirnya malas melakukan perjalanan jauh. 

20 November 2016

Ngeblog, Saya Tidak Sendiri

"Apa lagi kau daftar itu Qiah?"
"Blog. Bagus ini, kita bisa cerita panjang lebar di sini aktifitasta, seru."
"Na sudah ada Friendster itu, ko cerita di situ saja. Macam-macam kau daftar semua, gila warnet kau nanti ceu!" 
Itu potongan percakapan saya dan sahabat saya di masa kuliah, sesaat setelah saya membuat alamat blog saya : Qiahsendiri.blogspot.com
Nama itu yang langsung tercetus di kepala saya, dan nama itu saya pakai sebagai alamat blog saya selama 6 tahun lamanya (2008-2014) sebelum akhirnya berganti menjadi Qiahladkiya.com (2015-sekarang)

Kenapa saya membuat blog? darimana tau apa itu blog? 
Saya tau blog dari percakapan-percakapan yang ada di YM (Yahoo Messenger) saya chatting dengan teman-teman yang sudah lebih dulu mengisi blog, dan memberikan alamat blognya ke saya lewat YM itu. Saya pun membacanya dan merasa, Seru! itu yang pertamakali saya rasakan ketika membaca sebuah blog yang berisi aktifitas keseharian mereka dan pemikiran-pemikiran meraka. 

Saya mau buat juga ah! 
Tekad saya pada waktu itu. 

14 November 2016

Jangan Jadi Istri Over Sharing

Tahun ini usia pernikahan saya memasuki yang ke 3 tahun, masih terbilang seumur jagung memang, pengalaman yang kami kecap selama ini belum apa-apa dibandingkan dengan jalannya pernikahan Mbak, Kakak, dan teman-teman skalian yang sudah belasan tahun, menempuh golden age anniversary, atau setengahnya mungkin hehe. Lingkungan pertemanan saya tidak berbatas ke yang seusia saya saja, saya juga berbaur dengan kakak-kakak keren yang usia pernikahannya sudah belasan dan puluhan tahun dari saya. Saya biasa dapat wejangan-wejangan penting dari mereka, tentang bagaimana menjaga keharmonisan rumah tangga, hubungan dengan suami, mertua, ipar, merawat anak, dan lain sebagainya. Tentunya ini setelah Ummi dan tante-tante saya :) 

Alhamdulillah juga genap setahun saya dan suami tidak LDR-an, menetap di Makassar. Sudah tidak jauh-jauhan lagi kayak 2 tahun kemarin, bolak-balik Jakarta-Makassar hehehe. Tapi ya semuanya bisa di handle kok, sebagaimana kita ketahui, sekarang tuh sudah masuk era digital, social media pun sudah banyak yang jadikan sebagai profesi. Cinta bisa bersemi, jadi menikah, dan lain sebagainya juga tidak lepas dari bantuan digital. Apalagi kalau cuma pisah jarak, bisa telponan, whatssapp-an, line video call, dan saling stalking timelline sosmed masing-masing. 

Perihal sosmed ini, saya dan suami punya kesepakatan penting, suami tidak menghalang-halangi saya bersosmed, tapi suami saya punya aturan yang dia terapkan untuk saya. Apa saja itu ?

08 November 2016

Kakak Idola Adik. Benarkah ?

"Ini anaknya ya?" Tanya beberapa orang yang saya temui kalau ke Mall
"Iya ini si Adeknya, ini Abangnya..." Sambil tarik abangzam, sulungku.
yang nanya jadi kaget bin ketawa, "Haaa? ini dia adek? kok ga mirip ya bersaudara... trus beda berapa tahun ini mereka?"
Dengan senyum manis nan berbangga hati, saya jawab : "Beda 10 bulan aja..."
Yes Mom, jaman masih gadis, saya tidak bisa membayangkan bagaimana nanti Saya sebagai seorang Ibu menghadapi anak. Waktu gadis ya mikirinnya kapan nikah? HAHA! Pas Alhamdulillah bertemu jodoh, hidup saya mulai berubah. BOOM Life nya adalah saya cepat diberikan keturunan. Dan lanjut lagi selesai nifas, langsung isi lagi. "Rencana memang ya Moms? Atau kebobolan?" itu banyak yang bertanya seperti itu, tapi ya mau dijawab gimana. senyum-senyum aja.
"Kasihan anak pertamanya, nanti kasih sayangnya terbagi..."
"Kasihan anaknya gak bisa ASI dong..."
"Hati-hati loh Moms, bisa berpengaruh juga sama kesehatan rahim..."
Enesbrah ... endesbrah ... bla.. blaa.. dan banyak lagi asumsi-asumsi tentang Ibu yang melahirkan dari jarak dekat. 

05 November 2016

Dilarang Offline Mode

Yuhu foto di atas tanda larang buat saya memang. Saya termasuk orang yang tidak bisa kalau dalam semenit saja, tidak connect internetnya. Ini memang lebay tapi serius. Selain karena memang tuntutan, saya juga merasa kalau internet itu adalah hak saya.  Internet saya harus Online terus! Meskipun internet termasuk gaya hidup, masa kkni, internet sudah jadi kebutuhan sekunder bagi orang banyak dan primer bagi saya.