29 May 2016

Maysa Course 2016

Apa sih Maysa Course itu? Segera mungkin ingatan saya kemballi ke tahun 2013 kalau ditanya tentang apa itu Maysa Course? Maysa adalah sebuah nama yang sahabat saya, Dara Alvira Munggaran sebutkan ketika dia, saya, Riny, Ikmal, dan Pak Ian berada dalam satu meja untuk membahas tentang sebuah wadah belajar. Sebuah tempat, yang mampu mewadahi beberapa muslimah di Kota Makassar untuk mempelajari tentang dunia modeling. 

Arti dari Maysa itu sendiri adalah "berjalan dengan penuh kebanggaan" dengan maksud dan tujuan menautkannya pada seorang muslimah yang percaya diri berjalan dengan tetap mengenakan hijabnya. Melawan arus dunia modeling yang notabenenya identik dengan perempuan tak berhijab. Kenapa tidak untuk industri fashion muslim, menggunakan model yang memang muslimah berhijab untuk promosi produk/brandnya? dari pemikiran itulah, kami membuat Maysa. 

23 May 2016

FEMME 2016 : Fashion Show Albis & Adelia Pasha

Hari terakhir femme 2016 saya datang sore hari, dan jadwal fashion show yang saya dapat adalah Fashion by Albis bersaudara featuring Adelia Pasha. Siapa Albis Bersaudara? Mereka adalah seorang perancang busana dari Bandung yang membawa hasil rancangannya ke acara Femme tiap tahunnya. Ini sudah tahun ke 5 Albis bersaudara bergabung menjadi peserta tenant dalam Femme 2016. 

Albis bersaudara yang sudah menekuni bisnis pakaian muslimah selama 13 tahun terakhir tahun ini tetap mengutamakan eksklusifitas, dalam semua pakaian yang didesain. Saat ini baru saja merilis 20 koleksi terbaru dengan ciri khas utama pada bordir hand made. Rancangan Albis beraudara memang eksclusive untuk pakaian pesta dan hari raya.

Ciri khas itu berpengaruh pada banderol harga yang lebih mahal dibandingkan produk kompetitor lainnya pastinya :) Selain harga yang lebih mahal, waktu pengerjaan satu potong pakaian menjadi lebih lama.

Opening Cermony Femme 2016

Assalamualaikum wr.wb
Beberapa waktu lalu saya mendapat undangan untuk hadir di sebuah opening cermeony acara tahunan, FEMME 2016. Saya mengenal event Femme ini sejak tahun 2012 saat berkecimpung dengan komunitas Hijabers dan saat bekerja di Media kala itu. Femme merupakan “one stop shopping and knowledge”. Media fashion yang mempersembahkan segala kebutuhan produk fashion, produk kecantikan hingga produk kesehatan untuk wanita dan keluarga dalam bentuk pameran. Visi dari event ini adalah untuk mengangkat harkat/figur kewanitaan dari berbagai segi sudut pandang sebuah kreativitas sesuai perkembangan era terkini tanpa melupakan budaya leluhur nenek moyang kita. Event ini menargetkan seluruh kaum wanita yang belum ataupun sudah mengenal makna dari sebuah fashion, dengan hadirnya event ini diharapkan akan membuat sebuah perubahan bagi kaum wanita seutuhnya.

Femme hanya diselenggarakan di Kota Makassar saja loh, di pulau jawa gak ada. hhehe. Tahun 2016 adalah ke 11 kalinya event Femme di adakan. Tahun ke tahun, Femme terus berimovasi dengan beragam acara dan penawarannya. Terakhir saya mengikuti event femme adalah tahun 2013, sudah tiga tahun sejak itu tidak ikutan atau terlibat lagi di dalamnya, karena pindahan ke Jakarta ikut suami hehe. Akhirnya saat tiba pulang kembali ke Makassar, langsung deh dikasih undangannya :D 

What a beautyfull suprise, saya melihat perubahan besar terjadi di FEMME tahun ini, perubahan yang selain keren, juga megah dan memang menyentuh langsung ke lubuk hati para wanita! 
  1. Sekarang sudah dilaksanakan di Hotel yang lebih besar (parkirannya) ballroomnya. Dari Hotel Clarion ke Hotel four Points by Sheraton (2015-2016)
  2. Gatenya ada dua, Gate fashion dan Gate beauty. Gate Fashion di dalamnya semua booth pakaian jumlah booth juga bertambah sekian kali lipat menjadi 300 booth dan kualitas kelas menengah ke atas. Gate beautynya, Femme kini menggandeng e-commerce Sociolla.com untuk memasang pop-up store tiap tenantnya, kurang lebih ada 100-an produk kecantikan berjejer di sana 
  3. Panggung Fashion Show dan Panggung Talk Show dipisahkan. Ini yang paling menonjol, dulu-dulu femme hanya memiliki satu panggung yang umum, open for publik yang datang berkunjung berbelanja. Dulu sambil belanja kita bisa berdiri-berdiri juga lihat2 fashion show di atas panggung, sekarang, Panggung fashin show Femme 2016 mengambil konsep panggung fashion show international, panggung melamin. Yang dimana model ber-catwalk di tengah antara kursi penonton, dan dibelakangnya ada layar besar sebagai baground temanya. Sebagaimana pertunjukan fashion show internasional berlaku, Femme juga menerapkan aturan dan penjagaan yang ketat mengenai "tidak boleh ada aktifitas keluar masuk saat fashion show dimulai" 
  4. Sekarang di Femme, sejak 2015 sudah menggandeng juga CELEBES BEAUTY FASHION WEEK yang di komandoi langsung oleh Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Kota Makassar.
  5. Openig dan Closing ceremony yang terkonsep dengan baik berkat dukungan para pekerja seni profesional yang terlibat di dalamnya. Event Organizer dan crew yang bloking tugasnya lebih tertata dan terlaksana dengan tegas.


16 May 2016

Maritage Indonesia

Assalamualaikum wr.wb
Tanggal 11 Mei kemarin, saya di undang sebagai blogger untuk menghadiri sebuah jamuan makan malam bersama dengan Sosialita Maritage Indonesia, di benteng Fort Rotterdam. Yang di mana, di sana juga akan hadir Pak Wlikota dan Deputi-deputinya. Undangan ini resminya dari Dinas Pariwisata Kota Makassar, tapi saya di email via kak Eryvia.  Nah, sebelum saya report jalan acaranya, saya perkenalkan dulu apa itu Maritage Indonesia?!

12 May 2016

Workshop & Audisi Muslima Model Muse

Kebutuhan profesi Model Muslimah meningkat seiring waktu bersamaan dengan berkembangnya Industri Fashion Muslim di Nusantara, ZAURA MODELS MANAGEMENT sebagai agency pioneer model muslimah bersama HiLo Soleha mempersembahkan sebuah ajang pencarian model yaitu MUSLIMA MODEL MUSE 2016 yang akan diselenggarakan Audisi serta Workshop di 5 kota yaitu Balikpapan, Medan, Makassar, Surabaya & Jakarta.

Dan pada tanggal 16 April lalu, acaranya diselenggarakan di Kota Makassar, bertempat di Hotel Novotel Grand Saila Makassar. Dimulai pukul 09.00-15.00 wita untuk peserta workshop modeling dan pukul 15.00 wita untuk peserta audisi. 

Dinner With Founder Zaura Models

Assalamualaikum wr.wb
lagi lagi ini postingan telat hehehe, waktu itu saya dapat email dari salah satu founder ZAURA models. Sudah pada tau belum ZAURA models? kalau belum tau silahkan langsung ke websitenya www.zauramodels.com adalah management model muslimah, model yang memang diperuntukkan berjalan di runway dan tetap berhijab. Zaura akan mengadakan Muslima Model Muse diberbagai kota di Indonesia, salah satunya kota Makassay yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 April 2016 

Isi emailnya, saya diminta kerjasama dengan tim Zaura Models yang sudah di provide oleh HiLo Soleha sebagai sponsor event mereka. Kerjasamanya seputar apa dan bagaimana akan dijelaskan nanti pada saat tim Zaura dan Hilo bertemu di Makassar. malam sebelum acara dimulai, saya diajak bertemu, dengan mengajak beberapa teman perwakilan komunitas hijabers di Makassar. Tau sendiri kan komunitas hijabers Makassar cukup banyak sekarang, apalagi yang intens ke dunia modeling. Temtunya akan ada banyak kegiatan-kegiatan postif yang bisa diikuti oleh muslimah di Makassar.