Ngobrol Penuh Inspirasi Bersama Tiket.com


-

Senang rasanya ketika menerima email bahwa saya terpilih menjadi 50 peserta blogger yang berhak ikut disebuah acara "Ngopi [Ngobrol Penuh Inspirasi] Bareng Tiket.com" Kenapa? Karena acara ini menghadirkan pembicara-pembicara keren di seputar dunia blogging. Ditambah lagi, di acara ini juga tentang bagaimana menarik sebuah brand untuk melirik blog kita, agar blog kita berpenghasilan. Keren kan? trus pada penasaran dong siapa pengisi di acara keren ini? Ini dia :
Cuaca pagi itu sedang hujan deras, tapi dengan penuh semangat, saya tetap prepare, termasuk preparing mengantar anak-anak ke rumah neneknya dulu hehhe. Apalagi semalam sudah janjian sama teman-teman MAM [Makkunraina Anging Mammiri] pakai dresscode biru biar fotonya nanti bagus #eh hohohoho. Lokasinya di Hotel Melia. Hotel Melia ini memang hotel yang lagi hits di Makassar, karena view sunset place-nya yang keren. Sampai di hotel, saya menitip valet parkiran, mumpung valetnya gratis dan saya sepertinya sudah terlambat, bergegas lah naik ke lantai 7, langsung registrasi ulang, kemudian dapat form feedback yang nantinya akan ditukarkan dengan goodiebag, dan ada juga kupon doorprize.

Saat saya masuk ruangan, di panggung, sudah ada Pak Gaery Undarsa memaparkan tentang Tiket.com. Saya pun mengambil tempat yang kosong di depan. Tiket.com dimilik oleh PT Global Tiket Network adalah sebuah toko tiket online yang berbasis di Jakarta dan berdiri pada tahun 2011. Semalam juga saya sempat membahas ini sama suami, katanya memang tiket dot com ini sudah lama, web online booking pertama yg ada di Indonesia, suami pun sering booking tiket pesawat lewat aplikasi tiket dot com di handphonenya. Ya maklum dulu, sebelum pindah tugas ke Makassar, suami perantau, sampai kami menikah kemarin juga sempat Long Distance, jadi ga bisa lepas dari aplikasi booking tiket pesawat.

Yup, Tiket.com adalah sebuah situs dimana kita bisa menemukan informasi lengkap mengenai tentang segala macam tiket yang kita butuhkan. Mulai dari tiket pesawat, kereta api, tiket konser dan acara lain nya dan juga jasa penyewaan mobil, Lho!. Kita juga bisa booking hotel yang kita target untuk melengkapi traveling kita. 

Rangkaian acara ini sudah pernah diadakan di 6 kota besar di Indonesia, dan kali ini untuk pertamakalinya tim tiket dot com roadshow ke Makasar, kenapa Makassar? Kata pak Gaery, Makassar ini memliki jumlah pengguna terbanyak nomor satu di luar pulau Jawa. "Makassar punya virtual penetration yang oke." Ungkap pak Gaery. Tiket.com ini online travel agent, web full booking, yang mencakup 80 hotel di Makassar. Beliau juga menceritakan alasannya mendirikan Tiket.com, yakni karena Ingin memberikan solusi untuk Indonesia. Indonesia punya future yang bagus dari segi digital. Perolehan untung dari bisnis e-commerce seperti ini, hampir nol persen, sedikit sekali loh. Tapi karena memang kita bener-bener ingin yang ingin ngasih solusi longtern untuk memudahkan orang Indonesia dalam bepergian" Tegas pak Gaery. 
Saya terkesima. Ada ya orang begini yang bisa sukses karena memang tujuan utama mendirikan perusahaan adalah untuk menemukan solusi bukan cari untung! Salut! Dan alhasil, pencapaian Tiket.com sampai saat ini sangat luar biasa. Banyak meemperoleh penghargaan. Tahun 2015 kemarin Tiket .com berkembang secara signifikan dengan peningkatan penjualan kurang lebih 3.5 Million tiket/booking, dan bagi saya itu adalah penjualan paling besar yang pernah sy dengar, superrr!! Kurang dari 4 tahun Tiket.com sudah mendapatkan prestasi sebagai penjual tiket online no. 1 di luar Jawa dan mengalami pertumbuhan hingga 141% di 5 Kota. Tiket bermitra dengan lebih dari 90.000 hotel di 6000 destinasi. Tiket menjamin kemudahan membayar dengan menyediakan sekitar 14 macam metode pembayaran. Kita dapat memesan tiket apa saja yang anda butuhkan melalui situs resmi Tiket tadi dan bisa didownload di smartphone kita, android ataupun ios. Dulu hanya dalam waktu 6 bulan, download apllikasinya sudah mencapai 1 juta download. Luar biasa bukan?!

Apa yang membedakan Tiket.com dengan Online Travel Agent lainnya?
Nah, sekaran ini kan banyak starup lokal yang sebenarnya bukan buatan anak negeri, beda dengan Tiket.com ini asli dan 100% Indonesia. Maksudnya, Tiket.com merupakan salah satu startup buatan anak negeri, memiliki ratusan karyawan anak Indonesia, dan juga mempunyai Customer Service yang online selama 24 jam setiap harinya. Semuanya serba Indonesia.  Sekarang memiliki kantor di kota besar Indonesia yakni Jakarta, Jogjakarta, bali, dan rupanya pak Gaery sedang menarget untuk membuka cabang kantornya di Kota Makassar ini.
Ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh tiket.com, awalnya memindahkan konten menjadi mobil, traffict meningkat tajam, dan tiket.com ini mengembangkan loyalitas dari segi harga, dan terus menginovasi sistem networkingnya. Pak Gaery sadar, orang Indonesia senang bikin grouppie secara mobile. Blogger saja punya group whatsapp masing-masing, heheh. Dari situ idenya, tiket.com punya networking B2B solution. Ini adlah ke-agen-an travel dari tiket.com yang menyasar para komunitas, UKM, online market, corporate, dan Travel Agent, dengan sistem reseller.

Dengan bergabung menjadi Agen Tiket.com, kita dapat menikmati banyak keuntungan lewat berbagai penawaran terbaik untuk bisnis Travel Anda setiap bulannya. Pak Gaery juga bercerita tentang seorang partner agnet tiket.com yang dalam usia 25 tahun sudah mencapai omset sebesar 200 Milyar. WOW! hanya dengan modal nekat dan terus konsisten! Kalau teman-teman berminat menjadi partner travel agent tiket.com kemungkinan besar bisa se-sukses itu juga lho! Atau para blogger nih yang biasanya bekerja dengan menerima jon affiliate program. Tiket.com punya penawaran yang menarik, ada komisi setiap transaksi lewat pemasangan banner di blog kita. Keren kan? 
Demikian penuturan dari pak Gaery selaku Co-Founder 7 Chief Communication officer tiket.com. Kemudian Mbak Nuniek selaku moderator mempersilahkan pembicara selanjutnya, yang paling ditunggu-tunggu juga oleh teman-teman blogger Makassar yang hadir hari itu. Adalah kak Mugniar Marakarma. Blogger Makassar yang saya kenal sejak tahun 2012, yang juga seorang ibu dari 3 orang anak. Pendidikan akhir S1 Teknik Elektro Universitas Hasanuddin (1992 – 1997). Mulai ngeblog tahun 2006 tapi hanya sampai tahun 2009. Lalu aktif ngeblog lagi dan masuk ke dalam belasan komunitas blogger/penulis sejak tahun 2011 hingga sekarang.

Saya selalu senang mendengarkan penuturan kak Niar kalau membahas tentang blog, seperti dicharger lagi semangat ngeblognya. Kak Niar ini mengelola 4 blog, tapi yang paling sering di isi adalah blog pribadinya di www.mugniar.com yang selalu saya buka dan saya jadikan inspirasi tulisan. 

"Kini, ngeblog itu skalian mengumpulkan receh" kata kak Niar. Tapi banyak yang bilang kalau untuk mendapatkan penghasilan dari blog, blog kita harus memiliki sebuah nieche dan satu tema khusus. Hal ini ditepis oleh kak Niar. Kak Niar mengaku dirinya adalah seorang "Blogger Gado-gado" yang menulis apa saja, tidak terikat pada satu tema, pokoknya menulis apa saja yang kita sukai, lalu menjadikannya sebuah konten. Di sesi inilah kak Niar membagi kiat-kiat Magnetize dan Monetize blog! apa saja itu? 
"Kekuatan terbesar blog adalah Our self Our content!" tegas kak Niar.

Untuk menarik para brand agar melirik blog kita itulah, kita harus memperkuat konten. Konten adalah raja. Untuk itulah, kita harus memiliki beberapa hal ini : 
  • Bloggernya “berdaya”. Tiap blogger harus berpotensi untuk mengembangkan dirinya
  • Kekhasan konten (niche?). Namun ini tidak begitu penting, yang penting kita bisa menunjukkan siapa diri kita lewat gaya menulis kita.
  • Pesan tulisan sampai kepada pembaca. 
  • Tulisan memikat.
  • Tampilan menarik tidak selalu harus cantik.
  • Gaya menulisnya mudah dimengerti.
  • “Ornamen” pendukung tulisan.
  • Jujur jangan akting. No copy paste! Ini adalah unsur penting, karena akan ada orang yang menilai kita lewat tulisan kita. 
Kalau blogger sering mandeg idenya, "ah nulis apa ya? gak ada ide nih" 
blogger harus hati-hati nih, karena bisa jadi itu cuma menambah rasa malah untuk nge-blog. Karena kata kak Niar, Ide itu ada dimana-mana. Termaksud : 
  • Kejadian di sekitar kita.
  • Cerita tentang anak-anak.
  • Buku/majalah/koran/ blog orang lain.
  • Trend di media sosial.
  • Teman atau keluarga.
  • Berita hangat di televisi/media mainstream lainnya.
  • Mengapa (tidak) setuju terhadap sesuatu.
  • Dan lain-lain.
Proses adalah keharusan!
Tidak ada orang yang kemarin bikin blog, dan sudah menghasilkan rupiah banya, semua itu butuh proses. Dan memang tiap blogger itu HARUS berproses. Yang sudah terkenal pun masih tetap harus berproses loh. Tidak tinggal diam, harus terus mengupgrade. Kak Niar menuturkan apa saja yang perlu di upgrade oleh seorang blogger, yaitu :
  • Belajar terus.
  • Blog walking.
  • Sabar.
  • Cari gaya khas dalam menulis.
  • Tentukan target.
  • Nikmati proses.
  • Konsisten.
  • Mengusahakan agar pembaca blog bertambah.
  • Jam terbang berpengaruh.

Persiapkan senjata blogger!
  • Hardware
  • Software
  • Brainware
  • Perilaku
  • Berkomunitas

Kak Niar juga mengingatkan agar tidak menuntut hak terlebih dahulu sebelum memberikan hasil yang berkualitas, karena berproses itu adalah keharusan, menciptakan tulisan berkualitas itu tidak instan. Terus belajar menulis. Bagi kak Niar, nge blog adalah sebuah passion yang dia temukan mulai tahun 2011 dan menseriusinya. Ngeblog bukan hanya sekedar menulis, nge blog jadi ajang persahabatan lewat jalan kodar bareng teman komunitas blog, dan blog itu bisa menggerakkan! Berkomunitas itu sangat penting sebagai sumber informasi untuk mengkaryakan para blogger.
Blogger juga bisa menjadi partner affiliate dan buzzer di media sosial untuk menyebarkan informasi penting. Pemilik produk suka memperhatikan hal-hal yg sering kita angkat di media sosial kitas, jadi bukan hanya jumlah followers. Dan jalur rezeki blogger itu memang harus lihai manfaatkan media sosial/ email, komunitas, dan jemput bolanya! Jangan berdiam diri saja. Kekuatan media sosial pun penting mengangkat dan menjadikan blog kita populer. Jadi kalau abis posting sesuatu di blog sebaiknya itu di share ke sosial media, agar banyak orang yang berkunjung ke blog.

Soal rejekinya blogger,rejeki itu tak selalu  hitung-hitungan fee berupa uang, tp bisa juga berupa dampak jangka panjang. Pertemanan dan link! Kata kak Niar, usahakan dijaga kontinyu nya, jangan selesai bekerjasama sudah selesai di situ, tetap jaga pertemanan, jangan saklek di urusan harga, karena pertemanan di dunia blogging itu juga suatu berkah. MOnetize blog boleh, tapi jangan terlalu fokus mencari uangnya, blog itu punya lebih banyak manfaat lain. Perluasan netrowking bisa menambah keuntungan lebih dibandingkan mendapatkan fresh money.

Selesai membahas tentang Through Empowering and Magnetizing Content ala kak Mugniar, beliau menyerahkan kelanjutannya kepada moderator acara, Mbak Nuniek. Siapa yang belum kenal sama Mbak satu ini? Mbak Nuniek ini adalah seorang blogger dan influencer Indonesia. Yang sempat menjadi viral di instagram karena atasannya yang cuma seharga Rp. 50.000,- tapi bisa tetap tampil keceeeeee! keren! Tapi jangan fokus di situ. Mbak Nuniek ini seorang blogger yang menciptakan personal brand nya sendiri. 

"Enaknya jadi moderator nih karena bisa bertanya duluan sama narasumber, hehe. Saya mau tanya ke mba Niar, soal rate card, apakah mba Niar membuat itu juga?" Tanya Mbak Nuniek.

Kak Niar membuat ratecard juga ternyata dan itu baru dibuat tahun 2012 ini. Sebagai tambahan dari Mbak Nuniek, bahwasannya penting untuk seorang blogger membuat ratecard-nya sendiri. Mbak Nuniek bercerita dia membuat blog itu tahun 2002 dan karena putus cinta, jadi ngeblog semacam diary saja, kemudian mulai monetize blognya di tahun 2010. Selanjutnya, Mbak Nuniek mulai membangun personal brand! Selama ini, beliau hanya dikenal sebagai seorang istri direktur, lama kelamaan, Mbak Nuniek ngeblog dan membuka diri ke publik untuk membagi informasi penting yang bermanfaat untuk orang banyak. Akhirnya pun Mbak Nuniek dikenal sebagai dirinya.

Tips membangun personal brand di blog kita, dari Mbak Nuniek :
  • Membuat rate card blog
  • membuka diri tapi mempertahankan image pribadi jika ngeblog
  • Memperluas jaringan untuk menambah wawasan
  • Rajin ikut event
  • Aktif dan kreatif

Acara selanjutnya, adalah sesi tanya jawab. Para peserta sangat antusias sekali ingin bertanya ke Moderator dan para narasumber yang keren-keren tadi. Mbak Nuniek sudah mempersilahkan penanya dan langsung dijawab oleh narasumber.
  1. apakah Tiket.com berlaku fluktuasi harga tiket last minute? Pak Gaery Undarsa menjawab : Real price on real time baru bisa dilihat saat check out tiket di apps. Di tiket.com ada fitur khusus.
  2. Apa itu ratecard blog ? Mbak Nuniek menjawab : Rate card semacam harga yang kite berikan ke klien, dan itu berisi data fakta-fakta blog dan sosial media kita. Seperti traffict, google analystic. Di ratecard juga kita harus menampilkan postingan-postingan blog yang pageviewnya tinggi. Bikin ratecard sebaiknya di Canva atau Pdf file. 
  3. blog sebaiknya domain blogspot/wordpress atau ganti domain nama sendiri? Kak Mugniar menjawab : Kalau memang serius, sebaiknya kita menunjukkan keseriusan itu lewat menjadikan blog kita Top Level Domain, dan memang brand biasanya hanya mellirik blog yang sudah TLD ke dot com, dot net, dan lainnya.
  4. Kenapa blog kurang respon pembacanya ? Bagaimana tips-nya? Kak Niar kembali menjawab : Mau tidak mau, kita harus bergabung dgn komunitas untuk meningkatkan diri dan mengenal banyak orang yang berada di passion yang sama. Tipsnya juga kita harus sering share tulisan kita di blog ke sosial media. Share post blog juga jangan asal share, setidaknya berikan deskrip tentang postingan kita itu.
Masih banyak lagi yang mau ditanyakan oleh peserta lain, tapi sayangnya, Mbak Yosi, MC acara, sudah menutup sesi tanya jawabnya. Dan akan melanjutkan dengan acara seru berikutnya, yaitu pengumuman live tweet dan doorprize. Pak Gaery diminta untuk mengambil nomor kupon doorprize di wishball. Dan menyebut nomor yang dipegangnya. Sayang sekali bukan nomor kupon saya T_T padahal hadianya lumayan, vouchet tiket.com senilai Rp.500.000,- yang bisa langsung digunakan tanpa minimal pembelian. Begitu juga hadiah lomba livetweet dan facebook share.



Lagi- Saya terkesan dengan Mbak Nuniek, yang memberikan apresiasi dan rasa terimakasih yang tinggi untuk orang-orang yang membantunya di acara ini. Beliau memperkenalkan teman-temannya kepada para peserta Ngopi Bareng Tiket, biasanya kan ya acara-acara seperti ini, orang-orang belakang panggung gak muncul, tapi Mbak Nuniek beda! aaaaaaah love..lovee deh Mbak Nuniek. Bahkan katanya, kalau ada acara seperti ini, sebisa mungkin peserta jangan monoton, abis acara langsung pulang, cobalah untuk mengajak para pengisi acara untuk sekedar ngobrol dan diskusi lagi. 
Setelah dipersilahkan makan siang, kami foto bareng khusus MAM [Makkunraina Anging Mammiri] dan lalu saya jadi teringat adik saya yangdi Bogor mau wisuda, dan kami sekeluarga berencana memang kesana. Kenapa gak pesan hotel dulu ya di aplikasi Tiket.com
Kerennya aplikasi tiket.com ini ada informasi review dan beberapa foto-foto untuk setiap pencarian hotel murah yang kita mau. Keren! OH iya, mumpung saya ingat, Tiket.com bulan ini lagi banyak promo lohhhh!! langsung cek saja yuk di website tiket.com. banyak tiket murah loh!

Jadi kesimpulannya, saya senang dan bersyukur sekali bisa ikut acara ini, Banyak ilmu yang saya dapat tentang magnetize dan monetize.

  • Mulai dari pak Gaery yang menginfo tentang affiliate program tiket.com dengan blogger. Pasang widget tiket.com dan dapatkan komisinya. 
  • Mbak Nuniek memberi tau tentang personal branding untuk meningkatkan kualitas dan menaikkan rate blog kita di mata bran
  • Dan Tip dari kak Mugniar tentang memperkuat konten sebuah blog agar dilirik brand.
Perfect weekend! Weekend yang penuh inspirasi. Thankyou Tiket.com ;)

You May Also Like

27 comment

  1. Detail! Sungguh detail! Keren bisa nguoas acara serinci gini...gudluck qiah 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe makasih kak linaaa,, blom ji rinci ini juga huhu keburu deadline mi

      Delete
  2. Ganteng yaa #ehh wkakakaka . Suka banget deh pembahasannya dan seperti biasa suka liat foto2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul kak lia, papamuda #eh hahahahha. Makaaaasih kak Lia cuuu

      Delete
  3. Juara ini..tojeng.. Saya juga salfok sama yang ganteng itu 😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaaaa alfu tnyata sama judultaaaaa memang diii hahaha ka alfu duluan ternyataaaa.

      Delete
  4. saia jadi suka tengok2 tiket dot com setelah ikut acara serupa mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa yaaa mbak , akhirnya pun saya download apps nya hehehe

      Delete
  5. Kereeenn qiah.. calon pemenang kayaknya nih 😀😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ughlalaaa gollai kak abby hehehehe aamiin semoga kak hahah

      Delete
  6. Foto-foto apapun itu, kalo dipercantik pakai tangan manisnya Kal Qiah, pasti hasilnya cetaaar. Tulisannya juga informatif banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaah kak ndy hahah makasih kaaak, goodluck juga buat qt kak postinganta juga keceee

      Delete
  7. lengkap bangte , makasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga kunjungannya ke blog saya hehehe...

      Delete
  8. Betul tawwa dih kata mba Nuniek, harus aktif ikutan event, banyak hal bisa dibawa pulang :D ulasan yg lengkap Qiah ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iiiiyesss kk bisa kenal2 juga dengan yang lain dan buka networking di event2 juga biar diundang terus hehehhe . Makasih kak nanie

      Delete
  9. wah boleh juga nih, kebetulan google adsense belom approve heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama niihhhhh google adsense saya malah blm ngajuin hihihik

      Delete
  10. wah asik bener nih, kapan tiket.com main ke solo ya..mau dong acara ngopi2 bareng beginian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah SoLo blum yaaa?
      Heheh ditunggu aja mas
      Semoga roadshow lagi ke wilayah2 lain

      Delete
  11. Setuju, saya salut dengan cara Mbak Nuniek menghargai orang2, termasuk yang membantunya di belakang panggung ...
    Ulasan yang keren Qiah .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak baru pertama liat ada event yang panggil orang belakang panggung heheheh, salut mbak Nuniek ^^
      makasih kak Niarr

      Delete
  12. Aaaah aku setuju banget sama kak niar. Hihihi
    Kalau di tanya niche blog ku apa.. kadang aku bingung lho mau jawab apa.
    Traveling ada. Kuliner ada, beauty talk ada, curhat ada.. Bahkan cerita yang kayak mbak nuniek awal bikin blog pun ada. cerita galau. Hahahaha

    Tapi untuk monetize blog aku belum serius, karena kalau monetize masih pusing mikirin seo dll. Sekarang saat ini ngeblog untuk bikin pikiran lega aja.

    Eh seru ya bisa ikut acara offline kayak gini,
    emang gitu sih.. kita bakalan semangat ngeblog kalau ada temennya. Ya dengan ikutan komunitas komunitas gitu.

    Eh ya ini pertama kalinya mampir. Saya sukaaa sama blognya.
    ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  13. seru yaa acaranya.. ilmu emang harus selalu di apdet.. sampai kapanpun belajar itu penting..

    ReplyDelete
  14. Pas lihat judulnya langsung tertarik untuk baca karena sebagai orang yang hampir tiap tahun ke luar kota dengan trasnportasi udara tiket.com jadi salah satu online market place favorit saya untuk berburu tiket murah dan promo, hihi.

    Seru banget acaranya mba, apalagi ada tips untuk blogger sangat berguna untuk newbie like me.

    Salam kenal ya mba, dari Enny di Jambi ^_^

    ReplyDelete
  15. Wah acaranya seru >.< kenapa dak daftar ka waktu itu di? 😂 *ketika penyesalan selalu datang terlambat*

    ReplyDelete