10 Tahun Blogger Makassar

Assalamualaikum wr.wb
Komunitas Blogger Makassar Anging Mammiri kini, sudah merayakan Satu Dekadenya. Ulangtahun yang kesepuluh tahun. Menurutku ini adalah usia yang lama untuk persatuan sebuah komunitas. Dan  terhitung, tahun kedua saya bergabung di komunitas ini. 


Anging Mammiri adalah komunitas blogger yang berbasis di Makassar. Semua mungkin sudah pada tau ya, heheh scara ini komunitas blogger yang terkenal memang di Makassar. Komunitas ini secara resmi berdiri sejak November 2006 foundernya adalah kak Rara. Jumlah membernya di facebook sudah ribuan dan bukan cuma dari kota Makassar, tapi dari daerah juga loh, misalnya Pare-pare, Toraja, Sinjai dan lainnya. Latar belakang anggota pun beragam, dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, karyawan, freelance sampai profesional. Sejak didirikan hampir 10 tahun lalu, Anging Mammiri sudah banyak melakukan beragam kegiatan. Seminar tentang blog, workshop blogging sampai talk show tentang blog menjadi salah satu agenda tahunan Anging Mammiri. Selain itu setiap bulan Anging Mammiri juga menggelar acara Tudang Sipulung, sebuah acara bulanan yang berisi obrolan santai tentang berbagai topik dan bukan hanya tentang blog. [text proposal]


Tema yang diangkat dalam satu dekade Anging Mammiri adalah "10 Tahun Hepi-Hepi". Tema ini merepresentasi orang-orang yang tergabung dalam komunitas ini, yang selalu menjadikan blogging sebagai kegiatan yang menyenangkan sekaligus memberi manfaat dan kebahagiaan kepada orang lain. Ada banyak rangkaian acara sebelum hari puncak acara dilaksanakan. Diantaranya :
Semua member Anging Mammiri ikut meramaikan untuk hepi-hepi, dapat hadiah ya cuma bonus, intinya memang ingin hepi-hepi untuk semangat ngeblog. Sponsor demi sponsor pun berdatangan. Persiapan acara yang matang dari panitia-panitia hebat, ada Tari, Tami, Afaath, kak Evhy, Ratna, Kak inart, ulmonah dan lainnya (maaf ya kalau ga disebutkan satu-satu) Mereka kompak dalam bantu membantu, ada yang jalan, ada juga yang monitoring menghandle. Saya meski masuk tim sibuk-sibuk, bantuannya cuma ngedesign apa yang perlu di design untuk keberlangsungan acara demi acara sampai hari acara puncak.
Hari H pun tiba, 25 November jam 16.00 wita bertempat di wooy.do cafe jl ahmad yani. Hujan deras dan angin kencang sore itu tidak melunturkan semangat 45 teman-teman AM untuk menghadiri acara puncak ini. Begitupun para sponsor yang diundang, mereka datang meramaikan dengan hepi-hepi. Dan membawa kadonya masing-masing untuk nanti ditukarkan kepeserta lain. Di gorup MAM ada kesepakatan untuk memakai dresscode berwarna kuning, karena sesuai dengan baju seragam AM tahun 2016. Rundown acara pun dimulai. Untungnya saya sudah datang saat waktunya diminta untuk sepatah kata tentang adanya satu program baru dari AM yang sudah dijelaskan oleh Nunu, ketua AM. Apa sih itu ? tentang MAM ini loh... heheheh


Saya didapuk sebagai ketua kelas di MAM, MAM ini ibaratnya mama angkatnya Pacca (icon blogger makassar) ahahhaah membernya adalah mama-mama dan gadis-gadis yang tergabung dalam AM itu sendiri. Tidak banyak sih penjelasan resmi yang saya sampaikan, cuma tentang bagaimana kami para MAM ini hepi hepi ngeblog, itu aja heheheh. Tapi MAM memang rusuhhhh.. jejeritan, heboh, senang, hahahah karena MAM happy ngeblog, berada dalam satu komunitas yang mendukung passion kami, dan kami para MAM yang tidak kebagian jadwal kegiatan AM malam hari, bisanya di weekday, akhirnya diberi ruang untuk bereksplorasi di dunia blogging di Makassar. Terimakasih ya Pacca, MAM love you... 
Harapannya ke depan, semoga kelas MAM makin aktif dan eksis, sampai akhirnya bisa memberikan kontribusi yang nyata untuk kota Makassar tercinta. Semoga MAM kian terus menghadirkan perempuan-perempuan inspiratif yang ada di kota Makassar untuk saling berbagi ilmu di dunia blogging dan lain-lainnya. Semoga MAM bisa terus kompak dan meskipun ada persaingan (kalau ikut lomba) tapi tetap saling support dan saling menyemangati, humble kepada sesama, bukan bikin status nyinyir, status tidka terima kalah dan malah cari-cari kekurangan teman trus di masukin #pathdaily. HAHAHAH kan kasian jadinya gak ada yang mau temenin. Pan kita ngeblog hepi-hepi dan jalin hubungan baik dengan orang punya passion yang sama dengan kita, silaturrahimlah, bukan malah nyari saingan.

Ah... saya hanya kordinator, bukan ketua apa-apa, rasanya memang masih belum pantas disebut ketua kelas gitu yaa hehehe, cuma pembantu komunikasi dengan pemateri-pemateri dan membantu menyusun jadwal aja, atau paling tidak saya bantu menentukan dresscode di tiap event atau kelas, yap! apa-apa musti dresscode deh kalau setuju, biar seruuuu, kalau di foto klihatan bagus nan kompak. Uhuy. 

Acara selanjutnya itu adalah pemotongan tumpeng dan kue ulangtahun yang dipersembahkan oleh kak Inart doubleyoucakes. Saat ketua AM, Nunu memotong tumpeng, diberikan kepada kak Rara selaku founder. Tari, sebagai ketua panitia acara memotong kue tart diberikan pada Nunu.

Nunu mulai make a wish : "Semoga AM makin hits, makin berjaya, gointernational, membernya hepi-hepi ngeblog, rajin-rajin posting, dan kurangi dramanya...." 

"Jangann!! jangan! jangan dikurangi dramanya..." sela kak Rara

Kemudian kami semua tertawa, hehehehe.. meski saya dan member baru yang lainnya belum begitu ngeh tentang "drama" ini, tapi melihat para sesepuh AM ngakak ceria ketawa lepas, ya kita ikutanHAHAHA. 

"Semoga makan-makannya selalu ada, yang penting kita semua bisa makan!!!" penutup make a wish nya Nunu. hahahahhahay.
Kemudian, tak disangka, kak Iqko selaku MC acara memanggil para MAM juga untuk ritual ala-ala potong kue. Jadinya semua MAM majuuuuuuuu dong hahahha. Adzan magribh pun berkumandang, acara ishoma dulu.
Setelah ishoma, Suasana acara ulangtahun ini menjadi hangat dan aaaaaaahhh so sweet, karena kehadiran teman dari Ruang Baca membawakan satu lagu akustik yang tetap terdengar syahdu meski tanpa mic. Semua orang masih mau mendengar dua orang personel itu. Mereka masing-masing memegang alat musik akustiknya, dan sembari bernyanyi. Tapi sayang sekali durasinya sudah lewat dari rundown hehehehe.
Lalu ada banyak games unuk bagi-bagi hadiah voucher dan goodie bag dari sponsor, pacca yang ultah, pacca yang bagi-bagi kado. yihaay. Games nya berlangsung seru dan aktraktif. Karena pertanyaan dari panitia acara lucu-lucu


  • Siapa yang alamat blognya 10 huruf?
  • Siapa blogger yang postingannya, terlama?
  • Blogger yang bisa menarasikan satu benda menjadi benda lain.
Acara yang paling ditunggu-tunggu adalah pengumuman-pengumuman. Saya pantang pulang duluan nih sebelum pengumuman hahahaha, mau liat kak Lia juara dan mau tau siapa pemegang blogger award tahun ini. 

Tak disangkanya, ada belasan nominasi blogger perempuan pilihan juri (daeng ipul, oppa lebug, bunda mugniar) saat acara, diperkecil menjadi 3 besar, and guest what? nama saya ada diantara jejeran nama blogger senior. Itu, itu saja bikin saya terharuuuuu, meskipun yakin memang bukan saya yang akan menang karena ada nama kak Nanie di situ, kak Nanie pan idola dan inspirasi saya dalam tulis menulis perbloggingan. Yeayy tentunya kak Nanie dongggg! 
Senangnyaaaaaa acara puncak ini berlangsung seru dan berhasil bikiin happy semuanya...!! sayangnya setelah pengumuman award dan pengumuman pemenang lomba blog ulangtahun AM dibacakan, saya langsung pulang hahahahahhaa.. suami sudah menunggu lama di luar ternyata :D dan neneknya duozam juga sudah menelpon sejak tadi. jadi ya tidak foto bareng :( tapi gak apa-apa yang penting semua happy.

Semoga para blogger makassar bisa terus berkembang dengan prestasi dan karya kreatif ya. Harapan kalian apa nih untuk blogger makassar ? ^^

You May Also Like

12 comment

  1. Iyek ndak apa-apa ji, Kak. Ndak apa-apa ji ndak ada fotoku ndak ngambek ja'.

    *lompat dari tebing*

    ReplyDelete
    Replies
    1. fotomu ada di foto rombongaaaaannn gang malah saya yg tidak adaaaaaaa huhu hiks.. kita ndag ketemu pas acaraaa ;(

      Delete
    2. Oh iya dih ada palek di foto terakhir hahaha ndak kuliat ki untung belum pa' lompat.

      Iya, kak kita belum sempat bertemu telat ka' datang cyan :(

      Delete
  2. Btw selamat ulang tahun, paccaaaaa. Akhirnya setelah sekian lama jadi tamu pacca di ultah 10 ini bisa ma' jadi panitia haha senangku. Congrats dih buat Tari dan jajaran perempuan-perempuan perkasanya bisa bikin ulang tahunnya pacca jadi meriah dan menyenangkan seperti ini. Semoga ke depannya komunitas ini semakin hepi dan bikin hepi.

    ReplyDelete
  3. huwaah keren ya AM masih eksis, apa kabar TPC ya, hahaha, komunitas blogger surabaya gak terlalu kedengeran suaranya, atau aku aja yang udah jarang gabung ya xD blogger lawas yang nggak ngeksis lagi xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa mba ?? ayoo cari anggotANYA jeehehe

      Delete
  4. Replies
    1. Maaakaasih mbak Noniii kunjungannya ke blog saya dan pujiannya buat foto post hehe

      Delete
  5. Mbaak foto jepretan kamu bagus siih.. itu pake kamera apa :D
    Tadi juga baca soal komunitas blogger ini di blog kak mugniar.

    Aku tau mbak rara :D
    Dia mozila representative, dan temenku juga di mozila. Hihi..
    ternyata dia founder komunitas blogger makassar toh .. keren kali :D

    ReplyDelete