UthiesFood, Pelopor Paru Goreng Rica Khas Makassar

Assalamualaikum wr. wb 
Teman-teman yang di Makassar pasti sudah tidak asing lagi dong sama menu jeroan favorite satu ini, Paru goreng rica! Saya sudah pernah post soal Paru goreng rica ini sebelumnya, di sini. Tapi ya karena ketagihan sama sesuatu yang enak, lezat, gurih, postingannya juga lagi dan lagi :D dan kali ini saya melakukan pendekatan ke sang owner Uthies Food online shop, penjual paru goreng rica pertama di Makassar yang sekarang ini sudah jadi icon kuliner oleh-oleh khas Makassar

Saya kan langganan nih ya, jadi pengen juga coba kenal-kenal sama ownernya, hihihi dan ternyata ownernya ini yang langsung turun tangan menggoreng dan meracik serta meramu paru rica sampai akhirnya jadi dalam satu kemasan lucu cantik. Biasanya kan owner kuliner olshop tuh bukan dia yang masak langsung, paling mungkin cukup sebagai suplier, tambah kagum deh saya, dan tambah "jleb" juga karena berpikir apa cuma saya yang gak bisa masak di dunia ini T_T saya share ya tentang owner Uthies Food ini :)

Ide Jual
Namanya Hastuti Sudirman, seorang dokter umum yang cantik. Memulai jualan paru rica karena awalnya memang Mbak Uthe suka makan paru, saya pun paru lovers tapi sama sekali gak kepikiran untuk bisnis kuliner olshop jualan paru hihihi ada ya ide brilliantnya. Kemudian Mbak Uthe juga ini doyan sama yang namanya pedes, rica-rica, dan serba sambel pokoknya, dari situlah ide memodifikasi paru goreng asam menjadi paru goreng rica-rica. Dan sebelum menjualnya, Mbak Uthe ini masakin untuk teman-temannya yang sering datang bertamu ke rumahnya, karena dorongan teman-temannya juga yang merasa kalau di Makassar dan bahkan di Jakarta belum ada yang jual paru rica seperti itu, akhirnya Mbak Uthe memulai untuk berani coba menjadikannya bisnis jualan online. 

Mulai Sejak Kapan ?
Mbak Uthe pertamakali mulai mencoba menjual hasil gorengan paru ricanya itu sejak tahun 2008. Tapi karena waktu itu Mbak Uthe masih sibuk kuliah, media sosial masih terbatas, serta kurir pengantaran juga masih susah, jadinya Mbak Uthe cuma menerima pesanan dari kalangan teman dan keluarga terdekat saja. Setelah menyelesaikan pendidikan Dokter, Mbak Uthe pun kembali aktif dan rutin mengurus usaha kulinernya paru ricanya lewat media sosial yang menurutnya memberikan banyak kemudahan.

Kualitas Bahan Makanan
Mbak Uthe memilih jeroan paru dari sapi lokal Makassar yang di kirim dari Kupang, tentunya itu masih fresh karena sudah banyak sekali suplier paru sapi yang terpercaya, jadi Mbak Uthe menyuplai tidak hanya pada satu suplier saja, dipilih yang mana yang dagingnya fresh tanpa macam-macam.

Suka dukanya jadi penjual paru goreng rica
Saya sangat suka dengan cara berpikir Mbak Uthe, katanya sebagai penjual makanan online itu punya suka duka memang, sukanya iut paling pertama adalah bisa berbagi rezeki dan berkah melalui makanan. bersosialisasi dengan para driver online. Dan mengenal lebih banyak orang dan di kenal. Kayak [sama saya ya Mbak Uthe akhirnya kita kenalan hihihihihi.] Dan makin banyak relasi bisnis,teman.menghasilkan uang tambahan sehingga bisa hidup lebih mandiri pun bisa berdonasi ke orang-orang yg membutuhkan tiap bulan.

Tapi dukanya itu terasa ketika stock paru sapi nya kurang, kosong dan harga bahan naik sementara kebutuhan per hari sangat banyak. Kadang juga Mbak Uthe suka rempong dan galau sendiri karena melayani keingin costumer yg berbeda-beda, ada yang musti cepat proses masaknya karena mengejar jam makan, musti sabar menghadapi costumer yang kadang ngedumel udah ga sabar pengen mencicipi paru rica untuk makan siang, sementara slow respon chat karena banyak sekali chat yang masuk. HOHOHO! Mbak Uthe juga biasanya bete dan butuh liburan karena waktunya sepenuhnya habis di dapur. cup..cup..cup.. :D
Packing dan Pengiriman
Tau gak sekarang ini orderan paru goreng rica Uthies Food perhari rata-rata 200 toples untuk ukuran toples kecil, ukuran toples sedang dan toples besar sekitar 3-4 lusin Loh! BUANYAKKK YA! Pengirimannya juga luar kota Makassar hingga pelosok-pelosok daerah bahkan sampai Luar negri tentunya karena paru rica uthiesfood di jadikan oleh oleh khas sulawesi dan bekal untuk umroh dan haji. Cucokk buat bekal travelling. Tinggal bawa nasi putih dan paru rica ini udah kenyang ndesss.

Kenapa ga buka toko ?
Mbak Uthe sebeanrnya sudah punya rencana kedepannya akan membuka sebuah toko yang menjual paru rica kemasan ini dan sekaligus di situ juga bisa sekalian menyediakan menu lainnya terutama Soto Paru. Wah bakal ditunggu-tunggu banget ya buat paru lovers makassar huhuhuy apalagi pecinta pedeeesss ndessss. Semoga kedepan, rencananya terwujud ya. Tapi untuk sekarang juga gak ribet, kalau pesan kan sudah ada gojek yang bisa mengantar hehe.

Apa Tidak Takut Tersaingi?
Persaingan adalah wujud nyata dari berbagai dunia yang dilakoni manusia. Dikarenakan satu sama lain memiliki keunggulan dan kelemahan tertentu, maka timbulah persaingan tersebut. Sejak woro-woronya jualan Paru rica Mbak Uthe di Makassar melejit di sosial media, banyak nama lain yang menjual menu yang sama juga, tapi Mbak Uthe sama sekali tidak takut tersaingi, karena masing-masing rejeki semua sudah di atur. Kalau soal usaha kuliner itu yang ditantang adalah soal selera, dan ntuk selera itu berdasarkan selera masing-masing orang karena berbeda-beda tentunya. Saya pernah pesan paru rica di tempat lain sebelumnya, tapi rasa gurih dan pedesnya kurang pas di lidahku, dan setelah memesan di Mbak Uthe, senangnya minta ampun karena gurih asin dan pedasnya pas di lidahku.

Banyak juga yang jualan paru rica lain, malah bikin mbak Uthe senang karena makin banyak yang terinspirasi dari uthiesfood karena sememamngnya Mbak Uthe yg pertama menjual paru rica bahkan di mana-mana dulu nya belum ada. Namanya pun mbak Uthe yang tentukan sendiri karena asal Mbak Uthe dari papua yang bahasa sambelnya itu adalah RICA. Selain itu sekarang mbak Uthe sudah banyak reseller di berbagai kota dan daerah, juga ada sistem dropship yang bisa membatu orang mencari uang tambahan tanpa modal.
Jadi begitulah perbincangan saya dengan sang owner Paru rica, mbak Uthe, bu dokter yang kece dan pintar masak. Selain paru rica, di Uthies food juga ada cumi teropongnya loh, digoreng asam dan sambel cobeknya ndesssss... dan menurutku juga worth it antara harga dan porsi, dengan harga Rp. 60.000,- Sudah bisa makan 2-3 orang menunya. Sudah ya ah tak perlu berlama-lama di sini segera kepoin instagram UthiesFood dan segera pesan menu pilihan yang bikin cinna' :D

You May Also Like

15 comment

  1. akhirnya punya temen yg gak bisa masak wkakaka

    ReplyDelete
  2. pru goreng aja enak dan aku suka, apalagi di rica rica hehe pasti tambah uwenak itu

    ReplyDelete
  3. Keliatannya enak banget Mba Paru Goreng Richanya, poto Mba Qia emang selalu mantap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh Niaaa makasih ya
      iya paru goreng tuh enak
      doyan akuunyaaa :D/

      Delete
  4. boleh bagi resepnya ga bun? hehe

    ReplyDelete
  5. Sepertinya enak tuh paru ricanya, boleh minta resepnya gak mbak???

    ReplyDelete
  6. bicara soal makanan bikin laper aja, tapi kayaknya yang satu ini boleh di coba juga :D

    ReplyDelete
  7. Wah..ketemu juga yang dicari..tapi itu lho kak..resepnya kok..rahasiaaa...hhh padahal pengen coba buat sendiri..hhh

    ReplyDelete

recent posts