26 September 2016

Tips Merencanakan Resepsi Pernikahan

Assalamualaikum wr.wb
Lagi banyak undangan di rumah nih, undangan resepsi pernikahan teman-teman dan keluarga. Kemarin sepupu saya menikah di perantauannya. Dan acaranya tuh ya di pekarangan rumah aja, bukan karena budgetnya mau ditekan tapi juga karena kkurang info soal tempat-tempat kece untuk resepsian. Ya maklum kalau perantauan biasanya banyak juga pertimbangannya, harus hemat waktu.



A photo posted by Zilqiah Angraini (@qiahre) on


Menikah itu sebenarnya mudah. Yang sulit adalah mengadakan resepsi pernikahannya. Bayangan akan resepsi pernikahan yang mewah sering kali menghalangi niat untuk menikah. Padahal, semua itu bisa direncanakan dengan baik. Barangkali sejak anak-anak memasuki usia baligh, mereka  bisa diajak menabung untuk biaya pernikahan. Kemudian perlu juga memberikan masukan agar menikah dengan persiapan yang matang, termasuk persiapan materi. Bukan berarti menunda-nunda menikah, tetapi bagaimana agar saat tiba waktunya menikah, calon pengantin dapat memberikan yang terbaik untuk para tamu undangan.

Berikut ini saya mau share tips tentang merencanakan resepsi pernikahan, sumbernya dari banyak artikel dan pengalaman pribadi juga hehehe :

  1. Tentukan tanggal dan hari pernikahan. Di Indonesia, ada bulan-bulan tertentu yang dijadikan musim menikah karena banyaknya pasangan yang menikah pada bulan tersebut. Alasan yang digunakan adalah alasan keagamaan. Tentu tidak ada salahnya, tetapi yang perlu diingat, jika ada banyak pasangan yang menikah pada hari itu, barangkali akan terjadi benturan. Bisa jadi tamu undangan mendapatkan lebih dari satu undangan pada hari yang sama, yang mereka terpaksa memilih salah satu atau bila datang ke dua tempat maka uang kondangan pun dibagi dua. Sebaiknya, hindari juga menikah di musim hujan yaitu saat hujan turun sepanjang hari karena bisa mengganggu keberlangsungan resepsi pernikahan. 
  2. Pastikan tamu undangan bisa datang ke resepsi pernikahan. Untuk itu, sebaiknya mengundang tamu yang lokasi kediamannya berdekatan dengan tempat resepsi pernikahan. kalau jauh, tanyakan secara pribadi apakah orang tersebut berkenan datang.  Hal ini untuk mencegah makanan yang terbuang percuma karena hanya sedikit tamu undangan yang datang akibat lokasi tempat resepsi pernikahan yang sangat jauh.
  3. Sesuaikan jumlah tamu undangan dengan makanan dan minuman yang disediakan pada saat resepsi. Jumlah tamu undangan sebaiknya tidak lebih banyak daripada makanan dan minuman yang disediakan. Lebih baik makanan dan minuman itu bersisa daripada kurang. Kalau masih bersisa, bisa dibagikan kepada sanak saudara. Kalau kurang, nama baik si empunya hajat bisa tercemar karena makanan yang kurang akan membuat para tamu mengeluh di belakang. Jadi, kalau mengundang tiga ratus orang, buatlah makanan dan minumannya dua kali lipat dari jumlah tersebut, yaitu enam ratus porsi. Biasanya, tamu undangan membawa pasangan masing-masing. 
  4. Susun jadwal acara resepsi pernikahan. Buat jadwal acara resepsi yang runtut dan tepat waktu. Terutama bila acara diadakan di gedung yang hanya berlangsung beberapa jam saja. 
  5. Pilih tempat resepsi pernikahan yang memadai. Tempat resepsi pernikahan bisa di rumah, masjid, hotel, dan gedung-gedung yang dapat disewa untuk resepsi pernikahan. Jika mengadakan resepsi pernikahan di rumah, pastikan rumah tersebut dapat menampung tamu undangan. Jangan sampai mereka berdesakan atau tidak mendapatkan tempat duduk. Begitu juga jika diadakan di masjid. Gedung-gedung yang dapat disewa untuk resepsi pernikahan harus dipesan beberapa bulan sebelum hari H. Tidak bisa mendadak, karena pasti antri dengan calon pengantin lainnya. 
  6. Gunakan Paket Pernikahan. Ini kalau mau lebih praktis, bisa memesan Paket Pernikahan. Di dalam satu paket sudah terdiri atas: ruangan resepsi, dekorasi pelaminan, katering makanan dan minuman, dekorasi kamar pengantin, bahkan bisa jadi ada tambahan organ tunggal dan MC pernikahan. 
  7. Menikah di Hotel Horison Bekasi
Sumber Gambar : traveloka.com

Nah buat kalian yang juga perantauan kayak sepupu saya, kalau tinggal di seputaran Bekasi, bisa memesan paket pernikahan yang disediakan oleh Hotel Horison Bekasi. Menikah di hotel juga memudahkan para tamu yang datang dari jauh untuk mendapatkan tempat menginap. Mereka bisa memesan kamar hotel melalui traveloka.com yang memberikan penawaran terbaik dan kemudahan pemesanan. Hotel Horison Bekasi menyediakan fasilitas utama seperti layanan kamar 24 jam, wifi di area umum, internet di dalam kamar, AC, resepsionis 24 jam, pusat kebugaran, kolam renang di luar, aula, bar, kafe, dan lain-lain. Terletak di Jl. KH. Noer Alie, Bekasi, hotel ini hanya sekitar 4 km dari Stasiun Rawa Bebek. 
Sumber Gambar : bekasiurbancity.com
Paket-paket pernikahan yang disediakan oleh Hotel Horison Bekasi diantaranya: Tanjung Elok, untuk jumlah tamu undangan di atas seribu orang dengan banyak bonus tambahan seperti MC dan organ tunggal. Tentu saja kalian akan mendapatkan ruangan resepsi pernikahan yang luas, dekorasi  pelaminan, katering, dan lain-lain. Kemudian ada pula Paket Pernikahan Tanjung Ayu bila tamu undangan berkisar antara 500 sampai 1000 orang, dan Tanjung Indah bila tamu undangan berkisar antara 300 sampai 500 orang. Paket-paket tersebut dapat memudahkan dalam merencanakan resepsi pernikahan. Kalian tidak perlu lagi dipusingkan dengan tempat resepsi, katering, pelaminan, bahkan kamar pengantin. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa kunjungi situs ini.

Semoga Tips dan informasi yang saya posting ini membantu teman-teman yang berencana menikah yaaa.. semoga persiapannya lancar jayaaaaaa!! aamiin :)

9 comments:

  1. ada yang kelupaan mbak, jangan lupa tentukan pasangan yang tepat hehehe

    kalo aku prefer yang murah aja resepsinya, sisa uangnya buat beli rumah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya bener kelupaan hihihi
      tentukan pasangan yg mau hidup sederhana resepsinya ya hhihi

      Delete
  2. tipsnya berguna buat yang mau nikah nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciiiee mau nikah ... :D
      semoga lancar yaaa

      Delete
  3. uhuk uhuk

    pas banget si doi minta diseriusin eh nemu artikel ini hahaha

    ReplyDelete
  4. itu bner banget mbak tipsnya.. tapi calonnya? belum adaaaa hahah

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. slam kenal kembali kaaaakk syg heheh ^^

      Delete