28 September 2016

Pilih Gaya Hidupmu, Pilih Investasimu !

Haloo, salaam semua :)
Baru liat judul pasti sudah kebayang ya saya mau bahas apa di postingan ini. Bahas investasi! hihihi rata-rata masih banyak yang "gimana gitu" kalau membahas soal investasi, ada yang menganggap investasi itu perlu dihindari, kalau ketemu sama orang yang bicaranya soal investasi mulu, langsung jauh-jauh. Tapi itu dulu loh! Sekarang perkembangan jaman sudah maju, seiring dengan itu juga banyak sekali bangunan-bangunan yang kita jumpai sedang dibangun atau sudah jadi. 

Pada dasarnya, tujuan orang melakukan investasi adalah untuk menghasilkan sejumlah uang kan? gak mau dong ya uang yang ada habis begitu saja. Walaupun memang "rejeki enggak kemana" tapi kita tetap diharuskan berusaha. Sekarang juga bukan lagi soal kerja keras, tapi kerja cerdas! Cerdas berpikir bagaimana melawan inflasi masa kini, ya dengan investasi itu. 

Sebagian besar orang mungkin setuju dengan pernyataan tujuan investasi tersebut. Tapi, pernyataan itu nampaknya terlalu sederhana, tetap diperlukan jawaban yang lebih tepat. Tujuan investasi yang lebih luas adalah meningkatkan kesejahteraan hidup kita. Kesejahteraan dalam hal ini adalah kesejahteraan moneter, yang dapat diukur dengan penjumlahan pendapatan saat ini ditambah nilai saat ini pendapatan masa datang. Hayooooo belajar menghitung emak-emak hahaha!
Sumber dana untuk investasi bisa berasal dari asset-aset yang dimiliki sekarang, pinjaman dari pihak lain, ataupun dari tabungan. Kita yang mengurangi keinginan belanja ini itu, akan mempunyai kemungkinan kelebihan dana untuk ditabung. Dana yang berasal dari tabungan tersebut jika dinvestasikan akan cukup memberi harapan peningkatan kemampuan konsumsi belanja kita di masa datang. Sesimple dan se-straight itu. Dulu waktu saya masih jadi karyawati di sebuah perusahaan besar di Makassar, saya sering diikutkan seminar dan pelatihan tentang investasi, ekonomi, finansial, asuransi, dan lain sebagainya. Tak jarang juga para pakar Financial Planner yang terkenal di Indonesia datang nge-workshop dan memberikan materinya.

Pernah suatu hari di Seminar tentang perekonomian, Bapak pemateri nunjuk saya di sela-sela pembawaan materinya, "Mbak udah punya rencana mau punya anak berapa? mau punya rumah berapa? mau punya apartemen berapa?" 
Lah saya yang ditunjuk melongo, waktu itu masih gadis hahahahah saya blum mikirin itu, dan ya gimana ituh ditanya mau punya rumah berapa? apartemen berapa? wkwkwkwk mana bisa jawab?! 

"Itu semua harus terencana loh Mbak! rencanakan dari sekarang, gajinya ditabung 100.000 per hari, buka tabungannya belasan tahun kemudian, bisa dapat apartemen! semua itu rencana dan komitmen!" 

Jedaaaaaaarrrr! 
betul juga kan? rencana dan komitmen, jadinya investasi. Sebenarnya saya bukan awam juga kalau mau bahas investasi, banyak pengetahuan tentang investasi yang sudah saya peroleh di tempat kerja, tempat berkomunitas, dan bahkan di lingkungan keluarga sekalipun. Jadi menurut saya tujuan khusus orang berinvestasi itu ya akan berpikir bagaimana meningkatkan taraf hidupnya dari waktu ke waktu atau setidaknya berusaha bagaimana mempertahankan tingkat pendapatannya yang ada sekarang agar tidak berkurang di masa yang akan datang.

Kalau mau berpikir sederhana, investasi itu sangat penting direalisasikan sebaik-baiknya, karena memiliki multiplier effect positif terhadap keadaan ekonomi, baik secara mikro dan juga makro. Misal, investasi yang ada dilaksanakan untuk pembangunan lapangan pekerjaan baru, maka jelas hal ini akan berdampak positif pada penyerapan tenaga kerja, pengurangan pengangguran, peningkatan pendapatan masyarakat, dan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum. Belum lagi, investasi yang dilaksanakan di sektor pengadaan dan perbaikan infrastruktur, itu akan berdampak positif pula pada mobilisasi perekonomian yang nantinya dapat bergerak dengan cepat. 

Kalau kata Papa saya, investasi yang menurutnya menarik adalah investasi tanah kosong, seperti yang dipaparkan di infographic di atas, harga tanah tiap tahun naik, belasan tahun kemudian di jual akan untung banyak. Sementara menunggu kenaikan harga tiap tahunnya itu, Papa saya menanami tanah kosong itu dengan padi yang akhirnya jadi beras untuk keluarga makan :) Lain hal dengan Ummi saya, sukanya investasi emas. Kayak Ibu Athira inspiratornya hehehehe. Kalau adik saya yang sudah kerja, udah investasi juga, investasi warisan sih yang sudah dijadiin rumah kost :D 

Saya dan suami juga sering membahas-bahas tentang investasi propertie, pilih tanah kosong atau langsung bangunan aja? rumah atau apartemen. Soal apartemen saya pernah mengunjungi apartemen om waktu di Jakarta, itu katanya investasinya, Om yang perantau, kadang kalau lagi di Jakarta, ga perlu repot menyewa hotel atau kontrak rumah, kan sudah punya apartemen. Om sempat mempengaruhi, "Inves apartemen aja Qii di sini, enak loh kemana-mana dekat ini! kalau gak dipakai bisa disewakan ke orang-orang yang butuh apartemen banyak loh! Pasti passive incomenya menarik, dan harga apartemen ini terus naik tiap tahunnya." Tapi saya cuma dua tahunan di Jakarta pengennya sih di Makassar aja. Sekarang ini saya sedang berinvestasi juga sih, secara halus dan kecil-kecilan, investasi Gear kamera dan lensa. WKWKKWKW! tunggu dollar naik, jualan >o< kalau laku -_-"

Nah diantara semua jenis investasi secara umum tadi, kalian pilih jadi investor apa? Saya kalau misalkan akan berinvestasi, saya kepengennya investasi apartemen kayak om saya. Lifestyle orang-orang sekarang kan pengennya yang kece' dan tetap simple. Karena sederhana itu gak mau repot, EH! hahah salah! maksudnya untuk investasi apartemen itu sudah sesuai dengan lifestyle masa kini, sekarang jamannya sudah simple semua. Dan di Makassar, kota saya tercinta juga ada apartemen keren lohh. Yang dibangun di area residencial yang dikembangkan oleh Developer National persembahan dari Ciputra Group dan Galesong Group.
Hari itu saya dan beberapa teman blogger, mengunjungi kantor marketing apartement Vida View untuk bertanya dan mengetahui lebih luas lagi tentang apartement ini. Ya gak apa-apa dong kalau kita mau inspeksi dulu hehehhe. Kan kalau mau investasi harus punya pengetahuan yang banyak dan detail, gak asal ikut-ikutan. Vida View Apartemen di desain untuk menghasilkan view dan hunian yang modern dan peletakan tower yang tidak saling menghalangi satu sama lain. Dengan desain yang simpel, setiap unit akan mengakomodasi seluruh kebutuhan ruang sekaligus selera estetika penghuni. Setiap unit apartemen memiliki view-view terbaik ke skyline kota Makassar dan memiliki bukaan yang luas di ruang-ruang utama, sehingga pencahayaan alami bias dinikmati sepanjang hari. 

Sampai di kantor Marketingya kami disambut oleh Pak Yushar dan Mbak Angel selaku Marketing in House dari Vida View apartemen. Mereka baik sekali menjawab semua pertanyaan kami sampai ke soal tekhnis bangungan, dan dengan sabar mengantar kami berkeliling-keliling apartemen yang Show unitnya sudah jadi sampai ke yang masih sementara dibangun. Membeli Apartemen sebelum dibangun? kok saya takut ya? saya kan nggak yakin apartemen itu jadi dibangun atau tidak? Kok berani ya beli kucing dalam karung? HAHAHAHA! Kira-kira pertanyaan itu yang terbesit pada benak sebagian orang yang ditawari unit apartemen yang belum dibangun. Vida View ini kan ada 3 tower ya? kata mbak Angel tower yang lainnya sudah habis terjual loh. keren yaa.. Liat aja maket bangunannya, siapa yang ga mupeng investasi apartemen Vida View di Makassar. Alasannya karena Developernya terpercaya!! Developer Nasional yang terkenal, Siapa yang ga kenal Ciputra Group dan Galesong Group?!

 Vida View Apartemen menawarkan 3 tipe unit hunian, yaitu :
  • Tipe 1 Bedroom (21,85 m2)
  • Tipe 2 Bedroom (34 m2)
  • Tipe 2 Bedroom Corner (47,30 m2)

Fasilitas yang disediakan oleh Vida View Apartemen, antara lain :
  • Sky Garden
  • Mini Olympic Pool
  • Kids Pool
  • Children Playground
  • Fitness & Spa
  • Jogging Track
  • BBQ Area
  • Intercom System
  • Multi Function Plaza
  • 24 Hours Security
  • CCTV
  • 1000 Car Parking Lots

Selling Point :
  • Nilai investasi akan terus meningkat
  • Terletak di lokasi yang strategis pusat kota Makassar
  • Memiliki fasilitas bintang 5 yang sangat lengkap
  • Memberi kemudahan aksesbilitas ke segala penjuru pusat aktivitas kota Makassar
  • Vida View Apartemen merupakan Apartemen pertama di Makassar dan yang tertinggi di kelasnya
  • Dikembangkan oleh 2 Developer Nasional ternama yaitu Ciputra Grup dan Galesong Grup. http://www.lamudi.co.id/newdevelopments/vida-view-apartment-makassar/vida-view-apartment-makassar/

 
Saya sudah membayangkan gaya hidup saya tinggal di apartemen nih hihihihi. Untuk harga ini, Mbak Angel dan Pak Yushar memberikan kami flyer rincian harga.

Cara Penuang Tanda Jadi (UTJ) cukup dengan harga Rp. 10.000.000,- pada saat transaksi. Pembayaran KPR FLEXY (Fasilitas Kredit Kedua), LB>70 Uang muka 1 sampai dengan XVIII sebesar 15% /3 setiap bulan selanjutnya. dan Akad kredit setelah bangunan jadi.
Harga jual sudah termasuk PPN 10% instalasi jaringan air  bersih, listrik, dan telepon serta IMB nya. Tapi harga jual belum termasuk biaya-biaya KPR (Jika pembayaran melalui fasilitas KPR), BPHTB (Biaya perolehan Hak Tanah dan Bangunan), BBN (Bea Balik Nama), AJB (Akte Jual Beli) dan biaya notaris PPJB. Ini harganya terjangkau untuk kelas menengah ke atas loh, fasilitasnya kelas bintang lima. 

So, teman-teman, kita tahu kan apartemen sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat kota besar dalam memilih rumah tinggal. Lokasi apartemen yang relatif di tengah kota dan tersedianya fasilitas pendukung dan hiburan di dalam kawasan apartemen menjadikan propertie ini menjadi favorit masyarakat masa kini. Apartemen selain menjadi rumah tinggal juga bisa memberikan nilai lebih dalam berinvestasi. Kata Om saya benar, memang banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dalam berinvestasi di apartemen. Salah satu keuntungan berinvestasi di apartemen adalah nilai sewa apartemen yang tinggi Dibandingkan rumah kontrakan atau kos-kos-an adik saya, apartemen memiliki nilai sewa yang tinggi apalagi jika kita memfurnish dengan perabotan yang menarik dan dengan desain interior yang cantik. Nilai sewa ini mampu menutup angsuran KPA (Kredit Kepemilikan Apartemen) bank lho...
Okelah sebagai penutup saya sertakan Quote Picture ini ^_^ 
Kalau teman-teman sekarang ini investasi apartemen di mana ? :)

30 comments:

  1. Bolehlah fotonya kak.. Calon calon juaranya ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Rabbal Alamin.
      kita juga kakk :D

      Delete
  2. beberapa minggu yang lalu di Malang ada pameran properti tepatnya di MOG, tapi lihat harganya selangit jadi ciyuut semangatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. AYo mas nabung dan perbanyak aset biar bisa investasi apartemen, menarik dan menggiurkan loh keuntungannya , atau pindah Makassar mas biar agak murah hhhehe

      Delete
  3. Aww fotonya syantiekkk ♡♡

    ReplyDelete
  4. Kereeeen....foto n infografisnya juga keceee 😍😍😍

    ReplyDelete
  5. Waaahhh... kereen. Semoga menang yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAllah aamiin kakak abby kuuuu
      makasihhhh :-*

      Delete
  6. Info grafisnya, bikin aku menganga, kakaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahah padahal masih banyak yg lebih bagus kok mba syg
      makasihhh yaaaa :)

      Delete
  7. ngenceees liat apartemennya, mupeng banget deh bisa inves tanah atau rumah gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mbak bikin mupeng bangetsss :D semoga ada rejeki buat investasi yaa hhe

      Delete
  8. Apartemennya keren. Golongan menengah keatas. Kalau menengah kesamping mensing pikir2 dulu hehe

    ReplyDelete
  9. investasi apartemen menarik juga ya, apalagi di jakarta, banyak yg butuh ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bwtul mbak, makin ke sini, orang2 lebih milih apartement drpd hotel

      Delete
  10. Infografisnya bagus banget Mba Qia. Informatif jg postingannya. Mulai banyak apartemen jg ya di Makasaar? Kereen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya niaaa
      iyaaa disamping banyak hotel
      mulai juga mau banyak apartemen

      Delete
  11. Aku pernah invest tanah kavling.. baru 2 tahun untungnya udah lebih dari 2x lipat mbak.. meskipun belinya pake darah n air mata, tapi invest properti itu emang worth it sekali, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiiiiiiiiiih mantapp yaaaaaaaaa mbakk
      suksessss selaluuu ^^
      semoga bisa mengikutin jejaknya

      Delete
  12. Tawwaa ajibbbb fotonya, infografisnya juga, tulisannya juga. Semoga juara Qiahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin kak,, nda ditau pilihan juri hehehe makasihh kak idaaa

      Delete
  13. Bagus juga nih kak investasinya, tapi salah satu yang ngga kalah gokil juga, investasi tanah, kalau ngga emas, itu wiih, mantep deh pokoknya

    ReplyDelete
  14. Kalau investasi memang properti yang bisa paling besar untungnya. Tapi kalau mau ngga ambil pusing dan stabil bisa ambil reksadana

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah menang juara 2 eheheh #Update

    ReplyDelete