24 July 2016

Ulangtahun Duozam | Construction Birthday Party at KFC

Assalamualaikum, wr.wb
Sejak lebaran kemarin saya belum update blog nih, uhuhuhu banyak skali alasannya T_T ya maklum namanya mama muda yang punya dua anak super aktif, dan mama mudanya ini belum bisa atur waktu yang efisien. Ya gimana soalnya yang satu tidur, satunya lagi bangun, malem kalau dua2nya barengan bobo, emaknya ngurus suami dong yang baru pulang kantor kecapean dan kelaparan, hahaha. Dan masa-masa itu alhamdulillah bisa dibilang sudah bisa diatasi, jadi bisa update blog barang sebentar. Banyak sekali kegiatan seru yang harus saya abadikan di blog ini, apalagi itu berhubungan dengan cerita tentang DUOZAM. 

Jadiiiii, postingan ini adalah tentang dokumentasi ulangtahun Duozam hihihih. Akhirnya saya bisa merayakan ulangtahun anak saya barengan. HAHA! ya gak apa-apa barengan, bulan lahir merek a cuma beda dua bulan. Si adek, #Maraja masuk usia 1 tahun di bulan Mei, dan si #AbangZAM genap 2 tahun di tgl 24 Juli 2016. Kenapa sih dirayakan segala?
Sebagai orang Muslim tentu kita semua mau untuk tetap berada di koridor syariat yang Allah dan RasulNYA perintahkan. Karena itu saya dan suami juga sempat berdiskusi tentang merayakan ulantgtahun anak kami. Di artikel internet banyak sekali yang mengatakan bahwa merayakan sesuatu selain hari raya Islam (Idul fitri & idul adha) adalah haram hukumnya. Dan merayakan ulangtahun anak termasuk meniru-niru kaum kafir dan itu termasuk menyerupai mereka, dan Haram juga hukumnya! Semua itu betul! Saya tidak mau berdalih-dalih membenarkan tindakan saya dengan mencari pembenaran sendiri, Apalagi sampai di share ke orang banyak.

Ulangtahun anak, bukan termasuk dalam kasus "merayakan" akan tetapi "mengadakan" dan ulangtahun anak yang kita adakan hanya satu kali (tidak berturut-turut/tiap tahunnya) tidak termasuk dalam tasyabbuh (tindakan menyerupai) dengan budaya orang barat yang kafir. Namun hanyalah semacam cara menyenangkan dan menggembirakan hati anak dan keluarga. Kalau yang tiap tahun merayakan, tiap ada peringatan apa-apa dirayakan dengan pesta, tiap saat, tiap tahun diulang-ulang perayaannya, barulah itu dinamakan dengan Tasyabbuh! wallahu'alam. Makanya ini ultah duozam insyaAllah cukup sekali ini :D kalaupun nanti ada rejeki umur panjang, paling lebih ke acara syukuran aja dan itu nanti-nanti lagi kalau belasan atau puluhan tahun. (Aamin! semoga duozam panjang umur dan berkah usia!)

Suami menyarankan, bagaimana kalau diadakannya di panti asuhan aja? Saya berpikir, justru belum saatnya sih duozam yang masih umur 1 & 2 tahun ultah di panti asuhan karena mereka belum mengerti, minimal 4-5 tahun lah baru mereka bisa start pengenalan lingkungan sosial di panti asuhan. Kalau usia 1-2 tahun usianya anak bermain, taunya cuma mainan, happy happy senang-senang, main-main. Banyak anak-anak gembira, bersorak, nyanyi sama-sama. Akhirnya suami oke kan juga... hiks.. maafkan istrimu ya sayang... bukan gak taat mendengar tapi yaa mumpung ada rejeki, mumpung masih sehat, Datok dan Nenek juga masih kuat sehat dan bugar, kita bagi-bagi kegembiraan dan kesenangan sama keluarga, tetangga, teman dan kerabat lain yang anaknya sebaya dengan duozam. InsyaAllah tiap hal ada manfaatnya dan soal perhitungan amal dan pahalanya biarlah MalaikatNYA yang mencatat rahasia :)


Oke next step! yang harus di urus kalau mau ngadain ultah anak :D 
1. Tema ultah
Untuk menentukan tema, saya memperhatikan hal-hal yang disukai duozam selama ini, yaitu mobil truck dan kontainer :))) jadi saya juga cari-cari inspirasi ide ultah anak tentang truck, akhirnya dapat deh ide tema construction birthday party. Perlengkapannya itu sebenarnya sederhana, kumpulin aja mainan truck nya duozam ahahahah. Saya design backdrop acara dan props kue sesuai dengan tema. Gambar props kue kebanyakan saya download aja, trus tinggal edit tambahin nama-nama duozam, di print, digunting dan di isoltip pakai tusuk gigi buat di tusuk ke cupcake. Isolasi busy line (yg hitam kuning itu) beli di jamesons. hihih niat! sampai teman-temannya diminta datang berbaju kuning-hitam huehehheheeh.
2. soal tempat 
ga memungkinkan di rumah, sempit hihihi. Jadi pilihannya di KFC jl ratulangi dan saya memilih lantai 2 karena lebih privacy ruangannya, gak terganggu dengan orang umum yang makan di KFC. booking harinya dan pilih jamnya. Saaya memilih jam pagi, mulai jam 11.00-14.00 wita, kenapa bukan sore? alasan pertama itu karena ayahzam mau berangkat ke jakarta untuk diklat, dan alasan kedua jam sore sudah dibooking HAHA! tapi kalau sore, pasti pulangnya magribh, kurang bagus timingnya buat anak-anak yang 1-2 tahun. Lagipula kenanya hari minggu jadi enak jamnya, pas anak-anak bangun pagi, mandi, lets go ke ultah duozam hehehe.
Kenapa di KFC ? ya identik saja sih KFC ada chaky birthday nya, dan pilihan paket ulangtahunnya juga seru. Ada dua jenis paketnya, Paket thematic (43.500,-/person) dan paket yang satu lg lupa saya namanya (39.000,-/person) Sudah termasuk :
  • MC acara, 
  • hadiah games, 
  • dekorasi (bisa request atau menambah partyplanner dari luar), 
  • Souvenir, 
  • ayam, nasi, puding, dan ovaltine. 
  • Maskot Chaky juga ada tapi badutnya di sini cuma dipakai buat foto bareng aja, abis dadaaddadaaa gitu langsung foto bareng trus selesai. hahah padahal abangzam mau ajak main badutnya AHAHA!
Dan bisa dibilang tim Chaky birthday-nya KFC ini berhasil bikin acara jadi seru dan meriah, lucu dan heboh, hihihihi. MC nya kocak, tim Chaky birthday juga baik-baik dan ramah, kalau ada kekurangan pesanan kita mau nambah, atau kelebihan kita mau dikurangin, boleh aja. Paymentnya belakangan.
3. Birthday Cake
awalnya mau pesan sama teman cake yang saya mau, tapi karena sepupu-sepupu saya menawarkan diri untuk mau bantu buatkan cakenya duozam, jadi yaaa oke aja, saya tinggal beli bahannya aja buat bikin brownies cake choco chrunchy. Saya mau semuanya serba coklat karena duozam suka banget sama coklat, dan tema kuenya juga tentang construction birthday cake. dibuat miring, kasar, dan pokoknya kelihatan kayak lagi pengerjaan mobil truck gitu HAHAHA! duozam ngeliatnya excited juga senang deh walaupun tampilannya gitu tapi rasanya enaaaaaak lohhhhh! thumbs up buat sepupu-sepupukuuuu jago bikinnya >o

Yah kurang lebih tiga hal itu yang menurut saya paling penting kalau mau menyiapkan ultah anak :) so happy mommy this is one of my wy to make my duozam's and his friends happy ^^ Liat ya foto-foto ultahnya.
Terimakasih buat mommy-mommy and daddy yang sudah anter anaknya ke ultah duozam, duozam jadi senang bisa bertemu, kenalan, dan main bareng teman-temannya. Terimakasih kehadirannya, doanya dan dukungannya semua ya. Mohon maaf atas segala kekurangan. ^^

11 comments:

  1. oke juga ide kuenya ;).. seolah bangunan blm jadi gitu ya mba... keren..keren ;)..

    Aku jg trmasuk yg ga suka ngerayain ultah anak soalnya.. pgnnya cuma syukuran di keluarga inti tok..tapi kdg papinya anak2 yg suka bikin acara ngerayain di sekolah ato di manalah... 2 thn k belakang selalu nih kita bikin di sekolahnya.. tp thn ini aku berkeras ga mau.. udh stop raya2in.. :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuenya bisa jadi sebagai dalih kalau kalau emang ga tau bikin kue cantik wkwkw

      iya mbak stop dulu aja di adakannya hehiheihihi
      yang penting doain anak2 aja selalu ^^ salam kenal ya mbak syg
      makasih sudah berkunjung

      Delete
  2. Selamat milad ya adik sayang, moga usianya makin berkah ^^

    ReplyDelete
  3. tema birthday partynya lucuuuk XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. huehuehueh anak cowok dua2nya hihik
      makasih yaaa say udah berkunjung
      salam kenal ^^

      Delete
  4. ultahnya seru ya mom... meski telat tp met ultah buat duozam... moga panjang umur dan sehat selalu..

    ReplyDelete
  5. Seru bgt mba acaranya anak2 pasti senang. Saya jg cuma sekali2 nya rayakan ultah anak, itupun saat anak udah 9 th dan dlm rangka bersyukur serta cuma bagiin snack. Pengen membahagiakan anak Soalnya dia pengen bgt berbagi sm temannya

    ReplyDelete