27 June 2016

Kelas MAM : Content Kreatif Blog

Assalamualaikum wr.wb.
haloo shalihat, pembaca blog ku semoga puasanya tetap lancar dan berkah ya. Kegiatan kalian di bulan ramadan apa saja sih ? khusyuk ibadah di rumah aja atau kian eksis berkegiatan sosial di luar rumah? hmmm.. semuanya sama baik ya yang pentin gniat kita juga baik. Kali ini saya mau sharing soal Kelas MAM (makkunraina Anging Mammiri) yang ke 4 nih. Iya loh sudah yang ke empat kali diadakan. Dan sebagai ketua kelas saya sudah menyusun rencana kegiatan kelas MAM yang sebelumnya sudah saya laporkan ke ketua komunitas blogger kami, kak Nunu tersayang :D kelas MAM yang pertama, kedua, dan ketiga, adalah kelas mengenai "kenapa nge blog?", "bagaimana memulai ngeblog, dan menulis yang baik sesuai EYD. 

Jadi berikutnya apa? Nah ini juga termasuk materi pentin gloh buat saya. Tentang membuat konten kreatif di blog kita. Whos the mentor ? Saya tentu saja langsung kepikiran sama kak Vita Masli. Seorang blogger muslimah yang saya kenal karena sama-sama di Kumpulan Emak Blogger, dan juga IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis), first time kita ketemuan itu di event "Mother Care" di XO suki Trans Mall. Pas ketemu di situ saya baru tau kalau kak vita tenyata belum Emak-Emak, dan juga belum Ibu-Ibu loh, padahal kukira sudah! hehehehe, soalnya liat blog kak vita kebanyakan membahas tentang si triplets korea itu, Daehan Minguk Manse. Hihihik. 

Setelah itu, saya mem follow dong blog kak Vita, dan kami juga sering sharing barneg, ikut kompetisi blog bareng, curhat bareng soal dunia blogger dan komunitasnya. Pokoknya kak Vota sudah malang melintang di dunia perbloggingan. Dan yang membuat saya lebih tertarik blog kak vita dibanding blog yang lain itu karena kak Vita konten blog nya tak melulu soal tulisan! Kesukaan saya sama kak vita sama, membuat infografis dan minimal harus ada foto dalam postingan blog. Sayakan pantang posting kalau ga ada fotonya di blog HAHAHA!

Awal mengajak kak Vita untuk menjadi pemateri dalam kelas MAM ke 4, sempat ditolak. Tapi saya yakin deh kak Vita pasti ga pelit ilmu orangnya, jadi saya bujuk lagi, terus dan terus sambil mencocok2an waktu dengan teman-teman peserta di kelas MAM. Soalny akak Vita selain seorang PNS (yang kini sudah terima THR 13-14*wkwkw) kak Vita juga mahasiswi pascasarjana yang lagi sibuk ujian. Tapi alhamdulillah, sudah ketemu waktu yang pas dan saya segera bikin flyernya dan mengabarkan ke teman-teman peserta kelas MAM di group Line. 
Awalnya soal lokasi kami maunya sih ada tempat yang mensponsori gitu biar skalian kami review, tapi karena pihak tempat yang sudah saya mintain emailnya gak pernah respon WKWKWKW! jadi yasudah, cari tempat yang compitable aja, menurut saya itu di kedai papa ong, soalnya di sana ada ruangan khusus vip yang cocok untuk kami. Karena sekalian mau buka puasa jadi kelas dimulainya jam 2 tapi karena ibu-ibu yaaa datangnya pada telat hihihihik. ba'dha ashar baru kelas dimulai.

Kak Vita memulainya dengan berkenalan ke semua peserta kelas yang hadir, termasuk menyebutkan alamat blog masing-masing. Selanjutnya kak Vita mulai membahas tentang kenapa sih blog kita perlu di isi dengan konten kreatif? Karena ternyata Konten tidak melulu berisi informasi yang berupa teks, tapi sudah meluas dan melebar menjadi bentuk gambar, foto, suara, video atau film pendek loh.

Kita juga harus membuat konten dengan memikirkan pembaca. KARENA PEMBACA BLOG HANYA INGIN DIMENGERTI hahaha. Disebabkan tuntutan jaman dimana tingkat mobilitas makin tinggi, teknologi makin canggih, orang-orang lebih memilih mencari informasi lewat gadget tapi tidak punya banyak waktu untuk membaca. Tulisan yang kreatif dan unik akan memikat pembaca hingga selesai, bahkan mungkin membagikannya pada orang lain. The more you give, the more you (will) get. Jelas kak Vita. Ada juga yang namanya The Power Of content.
Tentang foto, kita tidak boleh asal mengupload foto di blog kita loh, sebaiknya gambar atau foto tidak menyalahi hak cipta, kita harus menggunakan foto yang diambil sendiri atau yang secara hukum legal digunakan. Kak Vita juga membagikan situs-situs mana saja yang bisa memberikan kita gambar/foto secara gratis dan mengizinkan kita untuk digunakan di blog.

Ini ada tip dari kak Vita untuk membuat konten kreatif, sebenarya pada dasarnya membutuhkan keahlian tersendiri sih ya...

"Perbanyak membaca agar diksi bertambah, banyak jalan-jalan untuk melihat sesuatu yang mungkin tidak di’lihat’ orang lain, perluas pergaulan, tambahwawasan dan belajar melihat sesuatu dari sudut pandang berbeda."

Dan ini hal penting saat kita bertekad untuk membuat konten kreatif blog : 
Sabar. Membuat konten kreatif tidak bisa asal sekali jadi.

• Teruslah bereksplorasi dari apa yang kita bisa.

Berguru dengan mereka yang lebih ahli

• Konten yang dibuat harus sesuai mudah dipahami pembaca dan mempunyaiinformasi yang akurat agar pembaca dapat tercerahkan dan blog terjaga kredibilitasnya.

Saya tidak berhasil menyimak semua tips yang kak Vita share, termasuk saat membuat infografis pakai apa bagusnya dan situs-situs yang membantu kita membuat infografis, saya buatnya biasanya via photoshop, tapi katanya ada yang paling simple. Juga soal responsive blog dan tambahan-tambahan tips lainnya. Soalnya saya bawa AbangZAM ikut kelas T_T jadi dia sesekali (berkali-kali) minta gendong keluar, diajak main keluar. huffffft hahahahaha. 

Waktu buka puasa sudah tiba, Pesanan makanan yang kami order sebelumnya, sudah diantarkan, saat berbuka puasa, abangzam datang jadi saya bisa kembali berbaur dengan para MAM kita lanjut sharingnya, kemudian membahas tenteng agenda undangan dari WARDAH BEAUTY untuk gathering bersama. 
Terimakasih atas partisipasinya di kelas MAM ke 4 ini ya all MAM yang sudah hadir. Untuk informasi kelas MAM ini tidak dikenakan harga tiket atau biaya pendaftaran lainnya, siapapun mau ikut, silahkan langsung saja bergabung di komunitas anging mammiri, dengan begitu teman-teman bisa otomasi terinvite di MAM. Saat kelas kita memilih cafe dan sistem bayar masing-masing pesanannya, pemateri juga dengan senang ikhlas dan baik hati tidak meminta biaya sharingnya hehehe.. its just only seru-seruan sambil menimba ilmu, silaturrahim, dan eksis heheheheheheh.
sampai jumpa di kegiatan MAM berikutnya ya. ^^

Instagram : @kelasblogMAM
twitter : @paccarita 

5 comments:

  1. WAh kalau di Semarang mungkin ane mau ikutan ngumpul mbak :D
    ohh ya kalau ada cownya maksudnya. Hehehe

    ReplyDelete
  2. Gak nyimak aja udah bagus begini ulasannya qiah :)

    ReplyDelete
  3. harus banyak baca sama eksplorasi! noted mbak qiah :D

    ReplyDelete
  4. Vita << ibu tirinya Daehan Minguk Manse. Huahahaha.

    ReplyDelete
  5. makasi sharing ilmunya mbk! wlaupun g gabung d MAM, tp lewat tlisan ini jd tw :D

    ReplyDelete