16 May 2016

Maritage Indonesia

Assalamualaikum wr.wb
Tanggal 11 Mei kemarin, saya di undang sebagai blogger untuk menghadiri sebuah jamuan makan malam bersama dengan Sosialita Maritage Indonesia, di benteng Fort Rotterdam. Yang di mana, di sana juga akan hadir Pak Wlikota dan Deputi-deputinya. Undangan ini resminya dari Dinas Pariwisata Kota Makassar, tapi saya di email via kak Eryvia.  Nah, sebelum saya report jalan acaranya, saya perkenalkan dulu apa itu Maritage Indonesia?!

Maritage Indonesia
‘Multicultural Art and Heritage for International Development’ atau MARITAGE Internasional adalah wadah global untuk mitra multisektoral dalam upaya berbagi nilai seni warisan budaya yang dapat berkontribusi pada pengembangan masyarakat. MARITAGE Indonesia memiliki 3 orang dewan pembina yaitu : Ibu Sri Rejeki Suryo Sulisto, Ibu Kartini Basuki dan Ibu Christine Barki

Sejak berdirinya di bulan Agustus 2013, sudah banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Antara lain: tahun 2014 membantu memasarkan hasil kerajinan binaan CSR Pertamina dalam pertemuan para buyers di New York, USA mengirim designer muda yang mendapatkan beasiswa dari MARITAGE Korea, pameran Giving Back Art & Design oleh perupa Ibu Astari Rasyid di Busan, Korea, Christmas Concert. Di tahun 2015, menyelenggarakan acara Kartini Day dan Wisata Budaya “SOLO yuukkk…”. Dan di tahun ini, mengadakan kembali Wisata budaya dengan tema “MAKASSAR yuukkk…”

Jadi begitu :) tim Maritage ke Makassar selama 5 hari dan mereka sudah punya jadwal tersendiri, termasuk menghadiri event Celebes Beauty Fashion Week di Gelaran Femme tahun 2016 ini. Tanggal 10 kemarin itu hari pertama mereka tiba di Makassar, dan Gala dinner ini jadwal di hari kedua tim Maritage. 

Benteng Fort Rotterdam sebagai salah satu landmark kota Makassar, menjadi pilihan tim Maritage untuk melaksanakan outdoor dinin. Jadi kita dinner ala gardening session, fort rotterdam pun di sulap bak restoran bintang 5 oleh Dinas Pariwisata Kota Makassar. Saya datang bersama suami dan sesampainya saya di sana, sudah ada teman-teman blogger juga, dan tamu undangan beserta tim maritage sudah di sambut masuk ke rotterdam dengan iringan tari tradisional "gandrang bulo" dan tabuhan gandrang mangkassarak.
Acara pertama itu langsung makan, HAHA! serius! ada pasinlirik (bisa baca di sini tentang pasinrilik) sebagai moderatornya bilang, "Tamu undangan kami persilahkan mencicipi makanan yang sudah di sajikan" kemudian saat para tamu undangan makan, Pasinlirik itu kembali berujar, "Kalau ada makanan manis-manis, itu artinya perempuan makassar memang manis semua..." dengan irama bicarany ayang mendayu, hihihihihik! tapi sayangnya, lupa foto makanannya -_-" 

Setelah makan bersama, Pak Dhani Pomanto, Walikota Makassar memberikan kata sambutan kepada tim Maritage Indonesia, yang kesemuanya mengenakan dresscode "baju bodo" yang simple dan dimodifikasi, tampak juga para ibu sosialita tim Maritage mengenakan pinang goyang dan kalung khas untuk hiasan baju bodo mereka, Cantiknyaaaaaa. berkelas memang :))

Dalam sambutannya, Pak Wlikota bercerita tentang keadaan kota Makassar kini, tentang infrastruktur kota, tentang reklamasi, dan tentang polemiknya juga dikit hihih. Pak Dhani juga bilang kalau Kota Makassar dengan pemandangan matahari terbenam (sunset) yang terindah di Dunia, diambil dari pantai Losari, Pantai Akarena pada wktu yang berbeda-beda) Sebagai kota yang setara dengan kota metropolitan Ada ratusan hotel mulai bintang lima hingga nonbintang, restoran, dan rumah makan dengan kekayaan kuliner yang khas. Sebagai kota terbesar di Sulawesi dan memiliki bandara udara internasional maka Makassar merupakan pintu gerbang menuju obyek wisata populer lainnya di Sulawesi, Maluku, Papua dan khusus di Sulawesi Selatan dapat dijangkau dengan jalan darat ke tempat ,obyek wisata lainnya yang menyimpan kekayaan alam dan budaya peradaban Manusia.
Yang saya suprise itu saat Pak Dhani Pomanto menyampaikan tentang Festival F8 (Food, Flower, Fashion, Film, Fiction Writer, Fussion Jazz, Folk & Fine Art) yang katanya akan diselenggraakan pada tanggal 8 Sepetember 2016 nanti, BIG EVENT kan yaaaaaaa.. bakal banyak object foto! Makassar keren deh kalau banyak acara seninya hihihiiw!!
Setelah sambutan pak Walikota, selanjutnya adalah penyerahan cinderamata dari Tim Maritage Indonesia untuk kota Makassar. Lalu acara di tutup dengan tarian 4 etnis khas sulawesi dan Paraga. Kemudian finishing dengan foto bersama. 
Keren ya eventnya, ini invitation paling "cantik" deh pokoknya yg pernah saya accepted sebagai tamu undangan blogger. Semoga saya sebagai blogger yang berdomisilli di Kota Makassar juga bisa ikut membantu dalam bidang promosi wisata Kota Makassar, tidak hanya ke tim Maritage Indonesia, tapi juga ke semua pembaca blog saya se-Nusantara, hehehehe. Anywaym big thanks for Dinas Pariwisata Kota Makassar. Jangan bosan undang blogger ya untuk meningkatkan efektifitas promosi Pariwisata kota Makassar. hehehe. See u at the next event report ^^

9 comments:

  1. Orang cantik memang harusnya diundang ke acara cantik :)

    ReplyDelete
  2. Eeeeaaa eeeaaa gollaiiπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ makaaaaasiy invitationnya kak Er 😘

    ReplyDelete
  3. seruuuuu acaranya dan fotonya bagus

    ReplyDelete
  4. Seru banget mba qiah, ditambah fotonya cakep2 ih...

    ReplyDelete
  5. mbaaaaaaakk handriatii apakabar? heheh makasiiy yaaa

    ReplyDelete
  6. acaranya ramai banget, shootnya bagus-bagus mbak :)

    ReplyDelete